Sunday, April 1, 2012

"WASTRA SIPIROK"

#SELAMAT PAGI TAPANULI#
(Mangaligi Sekilas Keberadaan Wastra di Sipirok) ________________________________________________________

Para kawan, mohon ijin kasih pendapat mengenai macam hal yang berhubungan dengan "Wastra" dengan tujuan untuk menambah pengetahuan sekaligus lebih memahaminya. _____________________

Pengertian Wastra
_____________________

Dongan ale dongan...!

Wastra ninna berasal dari bahasa Sansekerta, yang artinya sehelai kain yang dibuat secara tradisional.

- Karena artinya sehelai kain yang dibuat secara tradisional, maka bisa jadi nama lainnya ulos, abit, paroppa, gobar, batik, songket, saraor pendek saraor panjang, baju pendek baju panjang dan lain-lain.

- Hahahahaha...molo nasala au saraor pendek on sarupo do arokkuo dohot saraor potong ate. Hehehehe....Olo. Tai anggo baju pendek naong arakku, tai baju panjang adong...ate. Olo.
___________________

Proses Dalam Wastra
___________________

1. Martonun

- Untuk dapat disebut sehelai kain, tentunya ada satu proses yang berhubungan dengan benang.

- Untuk menciptakan ulos misalnya, ada namanya "Mangunggas" yaitu suatu cara merapikan/menghaluskan dengan bahan ijuk yang dibentuk sedemikian rupa. Ada juga di sebut "Mangulkul" yang mungkin sama artinya dengan menggulung. Terus ada juga istilah "Manyimatai" yaitu memasukkan manik-manik kesehelai benang.

- Dengan selesainya proses di atas, maka proses menciptakan sehelai kain dengan cara "Martonunpun (menggunakan alat tradisional) bisa dimulai.

- Secara umum, untuk mendapatkan sehelai kain dengan cara martonun membutuhkan waktu 1 - 2 minggu.

2. Mambatik
- Salah satu jenis Wastra adalah Batik

- Di Indonesia, terutama Jawa, motif batik bisa mencapai ribuan jumlahnya. Namun diantara ribuan motif tersebut, ada satu motif yang sangat khas yaitu motif Parang Curiga.

3. Manyongket

Berikut beberapa tempat pembuatan kain songket di Angkola yang mempergunakan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin), al :

ATBM Silangge
ATBM Bunga Bondar
ATBM Padang Bujur.
______________________________________________________

Beberapa Pernyataan Yang berhubungan dengan ATBM ini ______________________________________________________

- Humas dan Protokol Pemkab Tapsel Deni Fauzi mengatakan,Tapsel memiliki sejumlah potensi yang bisa diandalkan. Salah satu yang menjadi andalan itu adalah tenunan Sipirok.

- Paviliun Kabupaten Tapanuli Selatan tampil cukup memukau pada perhelatan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) 2012 ke 41 di Jalan Gatot Subroto, Medan. Perintah Kabupaten (Pemkab) setempat menampilkan potensi kerajinan dan sumber daya daerah yang diklaim tidak dimiliki daerah lain. Dalam kegiatan PRSU tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapsel sengaja memboyong hasil tenunan Sipirok untuk diperkenalkan kepada khalayak luas. PRSU tahun ini diharapkan membuat tenunan Sipirok semakin dikenal luas.Meski tenunan Sipirok ini belum diproduksi secara massal para perajin.

- Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumut (Gubsu) Gatot Pujo Nugroho berkenan meninjau langsung Paviliun Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel). Dalam kunjungan itu, Gatot mengaku kagum dengan potensi sumber daya alam yang dimiliki Tapsel. Dia pun meminta pemerintah daerah terus mengembangkan potensi yang dimiliki Tapsel. Selain sumber daya alam, saya harap sumber daya manusianya juga terus ditingkatkan, kata Gatot didampingi Bupati Tapsel. Para kawan...! Pernyataan diatas adalah sedikit gambaran mengenai keberadaan Wastra ini di Sipirok. Jika ada pembaca yang ingin mengetahui lebih banyak silakan bergabung dengan "Group FB Wastra Sipirok"
___________

Kesimpulan
___________

Berdasarkan uraian singkat di atas, maka saya menyimpulkan keberadaan wastra di sipirok cukup baik dan terus perkembang dengan adanya ATBM tersebut. Sebagian dari hasil produksinya telah sampai ke mancanegara. Semoga kedepannya Wastra Sipirok ini lebih maju lagi lebih serius dalam semua pengelolaannya.

Dengan majunya Wastra Sipirok maka kehidupan perekonomian masyarakatpun dengan sendirinya meningkat. Mari sama dukung dan do'akan. Botima. Tentang Kriya Sipirok ada di sini

Selamat Pagi, Selamat Beraktivitas...!
______________________________________________________
Cat :
* Sampai 23 November 2012 di lihat 48 kali
* Link Lainnya yang berhubungan dengan tempat produksi : Dison / Sahata Institute

No comments:

Post a Comment