Saturday, June 10, 2023

Sejarah Lampu Sein dan Harganya

 Sejarah Lampu Sein dan Harganya 





Aku nemu promo menarik di Lazada nih. Yuk coba lihat!

Nama Produk:  LAMPU SEIN SEN DEPAN KIRI LH ISUZU ELF NMR71 NLR55 NMR 71 NLR 55 KANAN / KIRI HARGA SATUAN

Harga Produk:  Rp175.000

Harga Diskon:  Rp175.000

https://s.lazada.co.id/s.P3jRv?cc


*Pemahaman Awal


Lampu sein merupakan salah satu komponen wajib dari sebuah kendaraan. Lampu sein berfungsi sebagai indikator pada kendaraan ketika berbelok yang dibuat dengan tujuan untuk mengurangi risiko kecelakaan. Lampu sein sekarang ini menjadi salah satu perlengkapan yang harus dimiliki oleh semua kendaraan. Lampu ini umumnya berwarna kuning yang akan menyala berkedip-kedip ketika dihidupkan. Dipilih warna kuning sebagai warna lampu sein karena warna kuning dapat terlihat dari jarak jauh di waktu siang hari ataupun malam hari. Selain itu ketika hujan warna kuning juga tetap dapat dilihat dengan jelas.


Aku nemu promo menarik di Lazada nih. Yuk coba lihat!

Nama Produk:  LAMPU SEIN SIGNAL LAMP - ISUZU NKR71 EURO - KANAN/KIRI - CPU 6403

Harga Produk:  Rp155.700

Harga Diskon:  Rp155.700

https://s.lazada.co.id/s.P3QVv?cc

*Sejarah


Pada abad ke-18, kendaraan pada umumnya masih berbentuk gerobak yang dilengkapi tempat duduk. Gerobak tersebut menggunakan tenaga kuda sebagai penariknya. 


Baru menjelang peralihan abad ke-18, Nicholas Cugnot dari Inggris menemukan alternatif lain sebagai pengganti tenaga kuda, yaitu bahan bakar uap. Kemudian dia menciptakan sebuah kendaraan dengan bahan bakar uap. 


Temuan ini menginspirasi para ahli lainnya untuk menciptakan kendaraan yang lebih canggih. Henry Ford dan Gottlieb Daimler misalnya, berhasil menciptakan kendaraan yang disertai mesin penggerak dan mobil dengan bahan bakar bensin. 


Seiring dengan penemuan-penemuan tersebut, penggunaan mobil pun semakin banyak karena dianggap lebih cepat dan efisien. Namun terlepas dari itu semua, penggunaan mobil menjadi masalah karena sering menimbulkan kecelakaan. 


Kecelakaan yang sering terjadi yaitu tabrakan antar kendaraan ketika berada di tikungan. Hal ini dikarenakan belum adanya alat yang diciptakan sebagai tanda ketika mobil akan belok ke kanan atau ke kiri. 


Oleh karena itu, pada tahun 1920-an pabrik kendaraan di Jerman mulai menciptakan lonceng dan peluit uap, kemudian memasangnya di kendaraan produksi mereka. 


Lonceng tersebut berfungsi sebagai tanda ketika mobil akan berbelok. Jika lonceng berbunyi sekali, tandanya mobil akan berbelok ke kanan. Jika lonceng berbunyi dua kali, berarti mobil akan berbelok ke kiri.


 Namun ternyata penggunaan lonceng sebagai tanda belok ini pun tidak efektif karena semakin padatnya aktivitas lalu lintas, bunyi lonceng justru membingungkan pengguna mobil lainnya karena bersahut sahutan sehingga tidak jelas apakah lonceng berbunyi sekali atau dua kali. 

 

Kemudian pada tahun 1930, dibuatlah sebuah alat indikator berupa lampu tambahan kanan-kiri yang dipasang di bagian depan dan belakang mobil. 


Pengguna kendaraan hanya perlu menekan tombol kontak yang telah tersambung dengan lampu indikator. Alat inilah yang dinamakan lampu sein yang masih digunakan hingga saat ini pada mobil dan kendaraan lainnya.

_____

Cat :


Aku nemu promo menarik di Lazada nih. Yuk coba lihat!

Nama Produk:  LAMPU SEN NMAX new 2020 LED SENJA SEIN RUNING 2 WARNA 2 IN 1 YAMAHA RUNNING

Harga Produk:  Rp165.000

Harga Diskon:  Rp153.450

https://s.lazada.co.id/s.P3jy9?cc






No comments:

Post a Comment