#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak info sekitar Bandar Udara Internasional Putri Juliana
atau Bandar Udara Internasional Saint Maarten)
________________________________________________________________
________________
Kata Pengantar
________________
Para kawan sekalian...!
Ada banyak alasan tentang apa alasan mengapa Bandar Udara
menjadi cukup menarik di Dunia ini. Dan salah satu alasan
itu adalah "Kedekatannnya pada pantai yang menjadi tujuan
wisata".
Seperti Bandar Udara Internasional Putri Juliana
atau Bandar Udara Internasional Saint Maarten Belanda ini.
...dan...
Berikut info lengkapnya.
Selamat menyimak...!
______________________________________________________________
Sekilas info tentang Bandar Udara Internasional Putri Juliana
______________________________________________________________
* Pengertian
Bandar Udara Internasional Putri Juliana (IATA: SXM, ICAO: TNCM)
(atau Princess Juliana International Airport atau Bandar Udara
Internasional Saint Maarten) adalah sebuah bandar udara yang berada
di bagian Belanda dari pulau Saint Martin.
Pada tahun 2007, bandar udara ini menangani 1,647,824 penumpang dan
103,650 pergerakan pesawat. Bandar udara ini melayani sebagai sebuah
penghubung untuk maskapai Windward Islands Airways dan merupakan bandar
udara pusat untuk pulau-pulau sekitar yang lebih kecil (Kepulauan Leeward),
termasuk Anguilla, Saba, St. Barthélemy, dan Sint Eustatius.
Bandar udara ini dinamai dari nama Putri Juliana, yang mendarat di sini
pada tahun 1944 sebagai putri mahkota. Di bagian Perancis dari pulau
ini juga terdapat sebuah bandar udara dekat Marigot, yang bernama
Aéroport de Grand Case or L'Espérance.
* Sejarah
Pada tahun 1942, bandar udara ini mulanya merupakan sebuah lapangan
udara militer. Ia kemudian diubah menjadi bandar udara umum pada tahun
1943. Pada tahun 1964, bandar udara ini didesain ulang dan dipindahkan,
dengan sebuah bangunan terminal baru dan menara pengendali. Fasilitas
tersebut kemudian ditingkatkan pada tahun 1985 dan 2001.
* Modernisasi
Karena peningkatan jumlah penumpang dan perkiraan pertumbuhan jumlah
penumpang pada masa dekat mendatang, Bandar Udara Internasional Putri
Juliana dimodernisasi secara besar dengan mengikuti sebuah rencana
induk 3 fase, dipersiapkan pada 1997
Fase pertama merupakan agenda jangka pendek yang bertujuan untuk
meningkatkan fasilitas yang telah ada dan meningkatkan tingkat
pelayanan di bermacam aspek. Termasuk di dalamnya pelebaran,
penguatan, dan perenovasian landasan pacu, peningkatan kapasitas
memuat dari taxiways, pembangunan sebuah apron baru dan peningkatan
terminal. Fase I selesai pada tahun 2001.
Fase kedua termasuk menangani pembangunan sebuah fasilitas radar
dan sebuah menara pemandu lalu lintas udara yang baru, pembangunan
sebuah terminal yang baru dan lebih modern seluas 27000 m2,
yang mampu menangani 2,5 juta penumpang
per tahun, dan pembangunan sebuah Runway End Safety Area (RESA)
sepanjang 150 m, termasuk sebuah overrun sepanjang 60 m,
pada kedua ujung dari landasan pacu, untuk memenuhi peraturan ICAO.
Menara pemandu lalu lintas udara yang baru dan stasiun radar
tersebut mulai beroperasi pada 29 Maret 2004, sementara terminal
yang baru dibuka pada penghujung bulan Oktober 2006.[4] Terminal
tersebut memiliki 4-5 jetways untuk pesawat besar seperti 747.
Fase ketiga merencanakan perpanjangan dari bangunan terminal
yang baru dan pembangunan sistem taxiway paralel penuh.
Bangunan terminal yang baru juga akan memiliki lebih banyak jetways dan pelayanan dll.
* Landasan pacu dan fasilitas
Karena pendekatan ke Landasan pacu 10 berada di atas air, pilot
dapat menjadi tidak terarahkan mengenai ketinggiannya saat
beroperasi dengan aturan visual flight.
Pemeriksaan instrumen, digabungkan dengan pengalaman dan kehati-
hatian dapat mengurangi masalah yang dapat muncul. Malahan,
pemberangkatan dari Landasan pacu 10 memiliki lebih banyak
"kesulitan" daripada pendekatannya, dengan terdapatnya
pegunungan di jalur pemberangkatan.
Pesawat yang datang mendekati pulau pada bagian terakhir dari
pendekatan terakhir untuk Landasan pacu 10, mengikuti sebuah
glide slope 3°, terbang rendah di atas Pantai Maho.
Gambar-gambar yang berisikan pesawat yang sedang terbang rendah
tersebut dipublikasikan di sejumlah majalah berita di berbagai
belahan dunia pada awal tahun 2000.
Pendekatan yang mengerikan dan kemudahan akses untuk mengambil
gambar yang menghebohkan membuat bandar udara ini salah satu
dari tempat favorit di dunia bagi para pengamat pesawat.
Walaupun dengan pendekatan yang terbilang sulit, tidak terdapat
riwayat kecelakaan besar di bandar udara tersebut, walaupun ALM
Penerbangan 980 kecelakaan 30 mil dari St. Croix pada 2 Mei 1970,
setelah beberapa percobaan pendaratan yang tidak berhasil di
bandar udara ini.
Sejak akhir tahun 2008, landasan pacu 09/27 terlah diganti dan
sekarang memiliki QFU baru yaitu, 10/28.
* Apron
Apron yang utama memiliki luas 72500 m2 dengan 5000 m2 lain di
apron sebelah timur. Untuk menangani kargo, terdapat apron
seluas 7000 m2.
* Terminal
Bangunan terminal 4 lantai yang baru menawarkan ruang seluas
27000 m2. Fasilitas yang tersedia termasuk 42 meja check-in,
8 meja transit, 11 gerbang boarding. Untuk penumpang yang
tiba, tersedia 10 stan imigrasi dan untuk
keberangkatan tersedia 5 stan emigrasi.[8] Bangunan ini juga
memiliki 40 unit kedai.
* Penerbangan pribadi
Untuk melayani pertumbuhan lalu lintas pesawat pribadi,
internasional dan lokal, Bandar Udara Internasional Putri
Juliana memiliki bangunan Fixed Base Operators.
* Menara
Sejak secara resmi dibukanya menara kendali yang baru, PJIA Air
Traffic Controllers memiliki 2 sistem radar yang dapat digunakan
mereka dengan jangkauan sepanjang 50 mil laut dan 250 mil laut.
Pemandu lalu lintas udara bandar mengatur 4.000 mil laut persegi
ruang udara di sekitar bandar. Di samping melayani pendekatan,
kendali menara dan darat di bandar udara, juga melayani kendali
pendekatan untuk Bandar Udara Internasional Clayton J.
Lloyd (Anguilla), Bandar Udara L'Espérance (St Martin, Hindia
Barat Perancis), Bandar Udara Gustaf III (Saint-Barthélemy, Hindia
Barat Perancis), Bandar Udara F.D. Roosevelt (Sint Eustatius), dan
Bandar Udara Juancho E. Yrausquin (Saba).
* Navigasi
Bandar udara ini dilengkapi dengan VOR/DME dan NDB. Jam buka
bandar udara ini adalah dari pukul 07:00 hingga pukul 21:00.[8]
* Di budaya populer
Bandar udara ini tersedia di versi demo gratis dari Microsoft Flight
Simulator X. Di versi penuhnya, bandar udara ini merupakan tujuan
dari misi bernama "Caribbean Landing". Bandar udara ini termahsyur
dalam dunia penerbangan karena kepopulerannya di para penggemar
penerbangan. Banyak terdapat video yang berisikan pesawat yang
mendekati bandar udara ini di YouTube
* Maskapai dan tujuan
Maskapai Tujuan
Air Canada Musiman: Toronto-Pearson
Air Caraïbes Paris-Orly, Port-au-Prince
Air France Paris-Charles de Gaulle, Pointe-à-Pitre
Air Transat Musiman: Montreal-Trudeau, Toronto-Pearson
American Airlines Miami, New York-JFK
Aserca Airlines Caracas
BVI Airways Tortola
CanJet Toronto-Pearson
Caribbean Airlines Kingston-Norman Manley, Port of Spain
Continental Airlines Newark
Copa Airlines Panama City
Corsairfly Paris-Orly, Pointe-à-Pitre
Delta Air Lines Atlanta
Dutch Antilles Express Aruba, Bonaire, Curaçao, Santo Domingo-Las Américas
Insel Air Curaçao, Port-au-Prince, Miami, San Juan, Santo Domingo-Las Américas
JetBlue Airways Boston, New York-JFK, San Juan [mulai 17 Novembertahun?]
KLM Amsterdam, Curaçao
LIAT Antigua, Saint Croix, Saint Kitts, Tortola
St Barth Commuter Saint Barthélemy
Spirit Airlines Fort Lauderdale
Take Air Dominica
Sun Country Airlines Musiman: Minneapolis/Saint Paul
United Airlines Washington-Dulles
Musiman: Chicago-O'Hare
US Airways Charlotte, Philadelphia
WestJet Toronto-Pearson
Winair Aruba, Bonaire, Curaçao, Nevis, Saba, Saint Barthélemy, Sint Eustatius
Winair yang dioperasikan oleh Anguilla Air Services Anguilla
Carter[sunting | sunting sumber]
Maskapai Tujuan
Air Pullmantur Musiman: Madrid
Anguilla Air Services Anguilla
FlyMontserrat Montserrat
Gol Transportes Aéreos Manaus, São Paulo-Guarulhos
St Barth Commuter Saint Barthélemy
Surinam Airways Musiman: Paramaribo-Zanderij
Trans Anguilla Airways Anguilla
* Maskapai kargo
Maskapai Tujuan
Amerijet International Miami, Santiago de los Caballeros, Santo Domingo-Las Américas
FedEx Feeder dioperasikan oleh Air Contractors
Four Star Air Cargo San Juan
Roblex Aviation San Juan
Skyway Enterprises San Juan
________
Penutup
________
Demikian infonya para kawan sekalian...!
...dan...
Selamat malam...!
_____________________________________________________________________
Cat :
Wiki terjemahan
Airpoirt St Maarten Bikini GIRLS ? Amazing Plane landing and Takeoff footage ? Boeing 747 Airbus 1
Airpoirt St Maarten ? Amazing Biggest airplanes Boeing 747 - USAF C-17 - F-AZKU
No comments:
Post a Comment