Kamis, 21 Juni 2012

"INDUKSI DALAM PROSES BERPIKIR"

SELAMAT PAGI ANGKOLA"
(Melihat salah satu cara berpikir manusia)
_________________________________________________________________

Para anggi 'pun anggia yang masih pelajar...! Pernah dengar perkataan "Nagutgut-gutgutando halak Sipirok/ Padang Bolak ataupun daerah lainnya...?" Jika pernah, apakah pernyataan yang berkesan "seperti kesimpulan" ini benar...!

Jika saya yang harus menjawab, maka jawaban saya "Tidak Benar" berikut alasannya : Induksi adalah salah satu cara berpikir manusia yang mana kita menyimpulkan dari hal khusus menjadi umum :

- Si Laut (Nama yang dibikin-bikin) adalah orang sipirok dan telah terbukti gutgut (Hal khusus)

- Si langit (Nama yang dibikin-bikin juga) adalah orang Sipirok dan telah terbutkti gutgut (hal khusus)

- Si Darat (masih dibikin-bikin juga) adalah orang Sipirok dan telah terbukti gut-gut (hal khusus)

Kesimpulan Umum : "Semua orang sipirok adalah gut-gut".

Para anggi...! Cara berpikir seperti ini tidak bagus/tidak benar, karena tidak bisa 3 orang mewakili keseluruhan (apalagi mewakili ratusan ribu orang).

Dan itulah sebabnya kenapa penelitian itu memerlukan banyak responden (Bahan penelitian sebanyak mungkin sebelum menarik suatu kesimpulan).

Begitupun hal ini akan menjadi benar jika dibilang si Laut, si Langit dan si darat orang Sipirok adalah gut-gut. (Jadi hanya 3 orang dik-e, bukan semuanya. Karena itu jangan percaya pada perkataan "Semua orang Sipirok adalah gut-gut).

 Kakakakaka...kkk...kkk....

Hindari dik-e, mengambilan kesimpulan yang dasarnya tidak kuat hingga tidak salah dalam mengambil kesimpulan. "Jangan pula gara-gara tidak dibeli lomang sama uma di ari poken di bilang uma tidak sayang" Hehehehe...

Selamat Pagi, Selamat Belajar...! Suka · · Bagikan · 11 jam yang lalu · ____________________________________________________________
Suka ·  · Bagikan
Rizki Hannisyah Regar's, Sri Musliyanti II dan 7 orang lainnya menyukai ini. PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar