Monday, July 9, 2012

"ASAL MUASAL KATA SIPIROK"

#SELAMAT PAGI TAPANULI"
(Lebih Paham Dengan Istilah Sipirok)
~ Info tuk para anggi~
________________________________________

Para anggi ataupun anggia, kita tentunya pernah mendengar "Selalu ada alasan kenapa terjadi sesuatu bukan...?" Nah, pagi ini senangnya rasanya menyajikan informasi atau mencari alasan kenapa "Sipirok yang sekarang ini disebut sipirok".

Berikut beberapa info :
_______________

Hayu Sipirdot
_______________

Para anggi...! "Sipirdot" adalah salah satu pohon/hayu yang pada masa lalu sangat banyak tumbuh dikaki gunung sibualbuali. Dari salah satu sumber situs dikatakan pohon ini besarnya kira-kira sebesar pohon jambu aek. Pohon ini juga berbatu/berbuah dan buahnya bisa dimakan dengan rasa "Manis-manis asam".

Buah ini sangat disukai orang belanda. Saya pribadi tidaklah pernah melihat batang pohon ini (Jika ada yang tahu silakan diberitahu-pen), begitupun dari hasil pengalaman dan pengamatan terhadap banyaknya jenis hayu di Sipirok, saya yakin pohon ini benar adanya.
______________________________

Dari Sipirdot menjadi Sipirok
______________________________

Para anggi...! Tak dapat kita pungkiri, dari lamanya negara kita dijajah Belanda mau tidak mau beberapa hal yang kita miliki (budaya/adat, wilayah) mendapat pengaruh dari Belanda ini. Tak terkecuali istilah "Sipirdot". Karena Belanda mengalami kesulitan dalam pengucapannya, maka "Sipirdot itu mereka ucapkan/istilahkan dengan Sipirok" dan kitapun setuju/terpengaruh oleh istilah ini sampai sekarang ini.

Sebagai tambahan, Sipirok adalah salah satu bagian dari apa yang kita sebut Angkola, karena tu kita juga mengenal istilah "Angkola Sipirok" dan istilah "Angkola" itu sendiri bisa maksudnya nama wilayah dan bisa juga nama etnik atau suku.

Para anggi..! Selamat pagi...!(rfs)

Berikut Video pendukung tulisan :


____________________________________________________________
Suka · · Berhenti Mengikuti Kiriman · Bagikan Reg Dol, Rahmad Zufri Sagala, Ikhwan Kurnia Hutasuhut dan 7 lainnya menyukai ini.
___________________________________________
Cat :
*Sumber situs H. Beleman Siregar.
*Sampai 16 Maret  2013 dilihat 100  kali


No comments:

Post a Comment