Monday, July 9, 2012

"TEMPAT WISATA DI ANGKOLA 1"

"SELAMAT MALAM TAPANULI"
(Melihat-lihat Potensi Wisata di Angkola)
_________________________________________

Para kawan...! Sebelum simanjojak ini dilangkahon di tanah bunda melayu ini, tentu tak ada salahnya melihat- lihat potensi wisata dulu di Angkola hal ini saya rasa perlu mengingat adanya istilah "Hujan mas di negeri orang, hujan batu negeri sendiri, enakan negeri sendiri".

Kakakakakak...tanah bunda melayu memang banyak potensi wisatanya, tapi Angkola juga punya bukan...? Berikut uraiannya.
______________________________________

Pengertian Angkola Secara Teritorial
______________________________________

Para kawan...!

H. Baleman P. Siregar dalam salah satu situs mengatakan mengenai wilayah teritorial Angkola : "Wilayah yang disebutkan "Angkola" sebetulnya sangat luas lebih dari 4.367,5 km2, selain Kecamatan Sipirok dan Kecamatan Saipar Dolok Hole dan Kecamatan Arse termasuk juga Kecamatan Padang Sidempuan Timur/Pargarutan, Kecamatan Batang Toru, Kecamatan P. Sidempuan Barat, Kecamatan Hutaimbaru di lereng gunung Lubuk Raya terus ke Kecamatan Siais dan Kecamatan Batang Angkola. Dengan demikian jelas sudah, daerah mana saja yang masuk dalam wilayah Angkola. Berikut gambaran kondisi alam dan potensi wisatanya :
______________________

Wisata Angkola Sipirok
______________________

Para kawan...!

- Gunung Sibualbuali jelas punya potensi wiwisata. Panorama Alamnya begitu indah dan masih cukup alami untuk disebut wilayah dingin.

- Wilayah lainnya yang masih berpeluang seperti Dolok (gunung) Natambang, Dolok Sanggul, Dolok Tampulon Anjing, Dolok Si ijuk, Dolok Jambur Begu, Dolok Sipipisan dan Dolok Nabara.

- Untuk wilayah yang kita sebut tor antaralain ; TOR Sihombing, TOR Sitimpus, TOR Sibohi, TOR Siringo-ringo, TOR Sinup Bujing, TOR Batu Nanggarjati, TOR Hole dan TOR Saut. Semua i ni tetap punya potensi wisata. Wilayah lainnya yang punya potensi dan perlu diperhatikan :

- Dari Panonduran dan Huraba Desa Bulumario yang letaknya 2,5 km dari Ibukota Sipirok dapat dinikmati pemandangan Teluk Sibolga ketika siang yang cerah dan senja hari. - Padang Lawas dapat dipandang dari Simago-mago begitu luasnya dan sangat jauh. Di TOR Simago-mago ada juga makam pahlawan dengan tugu peringatan menjulang tinggi.

- Dari Adian Rindang kita dapat menatap ke daratan Aek Namampar yakni hulu sungai Batang Toru.

- Ada juga Hotel TOR Sibohi di Kabupaten Angkola Sipirok yang sudah mulai ditata kembali dan ditingkatkan perawatannya. Dalam bidang pariwisata Kabupaten Angkola Sipirok memang sangat potensial. Selain berbagai khasanah pariwisata alam masih banyak keunikan tersendiri yang dapat dikemukakan. 11 kecamatan Kabupaten Angkola Sipirok hampir semua berpotensi sebagai tempat pariwisata.
PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

No comments:

Post a Comment