Friday, January 23, 2015

Reklame dan Seluk Beluknya : Bilboard, Baliho, Banner, Spanduk, Brosur, Stiker, Famlet, Neon Box, Neon Sign, Mobile, dll


#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak info sekitar Reklame dalam hubungannya dengan pengertian,
jenis-jenis, Fungsi atau Kegunaannya ternasuk tujuannya)
________________________________________________________________





________________

Kata Pengantar
________________

Tentunya istilah reklame bagi kita bukanlah hal yang baru dan sulit
dipahami meskipun istilah ini berasal dari bahasa Spanyol yang hampir
sama pula maknanya dengan Bahasa Latin.

Hal ini disebabkan banyaknya tempat-tempat usaha yang menyebar di
Nusantara ini baik dalam lingkup kecil maupun besar menggunakan
nama "Reklame" yang kadang mereka padukan dengan nama "Sablon,
dan Percetakan". Bahkan ada juga yang mempadukannya dengan istilah
"Advertesing".

Para pembaca sekalian...!

Postingan ini berisi seluk beluk masalah reklame.

"Selamat menyimak...!"

 ______________________________________________________

Sekilas Reklame dan Seluk Beluknya
______________________________________________________








* Asal kata

Reklame berasal dari bahasa Spanyol yaitu Re dan Clamos sedangkan
dari bahasa latin Re dan Clame, Re artinya berulang-ulang sedangkan
Clame atau Clamos artinya berteriak, sehingga secara bahasa Reklame
adalah suatu teriakan/ seruan yang berulang-ulang.

* Pengertian Umum

Secara luas Reklame bisa di artikan sebagai suatu kegiatan untuk
mengajak seseorang atau kelompok orang mengikuti isi reklame
tersebut. Reklame dapat juga diartikan sebagai suatu sarana yang
memiliki tujuan menjajakan produknya atau membuat barangnya laku
di pasaran.

* Tujuan Reklame 

1. komersial yaitu

Suatu reklame yang digunakan untuk memperoleh
keuntungan

2. Sosial yaitu

Suatu reklame yang semata-mata tidak bertujuan untuk mendapatkan
keuntungan yang berbentuk material.

* Hal Faktor yang perlu diperhatikan dalam setiap reklame

1. Persuasif ( mengajak )
2. Estatis
3. Keseimbangan ( balance )
3. Harmonis
4. Irama ( ritme )
5. Kontras ( berlawanan )
6. Etis ( sopan atau sesuai dengan norma )
7. Edukatif ( mendidik )

Sebelum era globalisasi penyebaran reklame belum begitu meluas,
sehingga pemanfaatan reklame tidak bisa maksimal ( hanya beredar/
diketahui oleh masyarakat-masyarakat tertentu ).Sedangkan di era
globalisasi ini reklame sudah menyebar luas melalui media komunikasi
yang ada yang berjalan seiring dengan perkembangan teknologi.

Sehingga tidak hanya masyarakat atau kalangan tertentu saja yang
dapat mengetahui atau menikmatinya tetapi hampir dilapisan masyarakat
dapat mengetahui dan menikmatinya di era globalisasi ini banyak sekali
manfaat reklame dari hal-hal sederhana sampai modern, diantaranya:

1. Dulu pedagang kaki lima, misalnya menjual bakso mendorong
gerobaknya keliling kampung dan berteriak-teriak untuk menjajakan
barang dagangannya. Sekarang pedagang bakso tidak harus berteriak
untuk menjajakan barang dagangannya, tetapi dia menggunakan fasilitas
reklame yang modern seperti spanduk, papan nama, pemasangan iklam
di radio. Hal ini dilakukan agar laku dan laris di pasaran dikenal
khalayak umum.

2. Dulu barang- barang produksi, contoh: makanan, minuman, peralatan
mandi hanya dikenal oleh kalangan tertentu yang dekat dengan
perusahaan produksi tersebut. Sekarang barang- barang produksi
tersebut tidak hanya dikenal di kalangan tersebut, tetapi telah
dikenal sampai daerah-daerah pedesaan. Dan pengenalan ini
didistribusikan oleh media reklame, contoh: pemasangan poster,
iklan baik di surat kabar, radio, TV, internet dll.

3. Barang-barang teknologi komunikasi kini telah berkembang
sehingga perlu adanya pengenalan terhadap publik.

Contohnya:
- Sepeda motor / mobil
Reklame yang digunakan: Pemasangan iklan di radio, TV, Surat kabar,
penyebaran pamflet, stiker, pemasangan spanduk.
- Hand phone
Reklame yang digunakan: Pemasangan iklan di radio, TV, surat kabar,
penyebaran pamflet, stiker, pemasangan spanduk dan internet.

* Fungsu Reklame

Sebagai media atau alat untuk mempromosikan suatu produk
semenarik mungkin yang sifatnya mengajak untuk memakai,
mengikuti atau membeli produk yang di promosikan

* Hal Pembagian Reklame

a. Menurut tujuannya atau keperluannya

1. Reklame Komersial: bertujuan memperkenalkan atau
   menawarkan barang atau jasa kepada masyarakat.

2. Reklame Sosial: bertujuan untuk memberitahukan atau
   himbauan kepada masyarakat agar berbuat sesuatu.

b. Menurut cara atau media penyampaiannya

1. Reklame Audio:
    reklame yang disampaikan lewat suara yang diterima
    dengan indra pendengaran.

2. Reklame Visual:
   reklame yang disampaiakan lewat tulisan, gambar, atau
   tulisan dan gambar, yang dapat diterima dengan indra
   penglihatan.

3. Reklame Audio Visual:
   reklame yang disampaikan lewat tulisan, gambar dan suara.

c. Menurut tempat pemasangannya

1. Reklame Dalam yaitu reklame yang terdapat di dalam ruangan,
   seperti di dalam toko-toko dan gedung-gedung. Reklame ini dapat
   berbentuk: buku, televisi, brosur, majalah dan lain-lain.

2. Reklame Luar yaitu reklame yang operasinya di luar ruangan,
   misalnya: baliho, poster, pamflet, spanduk dan lain-lain.

* Hal pembagian Reklame visual atau jenisnya



1. Iklan atau Advertensi

Iklan atau advertensi adalah jenis reklame visual yang berfungsi untuk
memberitahukan kepada masyarakat mengenai barang atau jasa yang
dicetak di media massa seperti surat kabar dan majalah.

2.Poster









Poster adalah jenis reklame visual, berbentuk gambar dan tuliasan
yang berukuran agak besar sehingga memudahkan untuk dibaca pesan
reklamenya. Poster biasanya dipasang di tempat umum yang mudah
dilihat orang.

3. Baliho





























Baliho adalah jenis reklame visual yang berukuran sangat besar
dengan tujuan agar lebih menarik perhatian masyarakat. Baliho
biasanya dipasang di tempat yang ramai.

4. Spanduk






















Spanduk adalah jenis reklame visual terbuat dari kain yang memanjang,
dipasang melintang di atas jalan atau diantara dua tiang. Spanduk
dapat berisi informasi atau pemberitahuan, himbauan, ajakan, atau
propaganda hasil produk.

5. Embalase

Embalase adalah jenis reklame visual yang terdapat pada kemasan
atau pembungkus hasil produk yang diperdagangkan. Kemasan suatu
produk mempunyai dua fungsi: sebagai pembungkus atau pelindung
barang produk dan sebagai daya tarik dan pemberitahuan kepada konsumen.

6. Stiket atau Label

Sttiker atau Label adalah jenis reklame visual yang umumnya terbuat
dari kertas berukuran kecil dan biasanya ditempelkan pada tube atau
kemasan produk seperti vitamin, obat-obatan dan lain-lain. Etiket
berisi tentang keterangan atau identitas produk tersebut.

7. Pamflet

Pamflet adalah jenis reklame visual yang berbentuk gambar dan
tulisan pada lembar kertas berukuran relatif kecil, disebarkan
melalui pesawat terbang atau kendaraan darat dan diberikan kepada
setiap orang yang lewat. Pamflet pada umumnya berisi informasi tentang
suatu kegiatan, hiburan dan lain-lain.

8. Neon Sign






















9. Booklet

Booklet adalah jenis reklame visual yang berbentuk buku kecil dangan
jumlah halaman lebih dari dua halaman atau berupa lembaran panjang yang
dilipat-lipat. Booklet dapat berisi informasi tentang suatu kegiatan
pameran karya seni rupa, pendaftaran ke suatu lembaga pendidikan atau
informasi lamaran pekerjaan dan sebagainya.

10. Papan Nama










Papan nama adalah jenis reklame visual terbuat dari papan kayu,
lembaran logam seperti seng atau aluminium, atau bahan keras lainnya,
yang pada umumnya bertuliskan nama instansi atau perusahaan, alamat,
logo dan sebagainya. Papan nama biasanya dipasang di depan kantor/
instansi atau perusahaan.

11. Mobile

Mobile adalah jenis reklame visual yang dipasang dengan cara
digantungkan sehingga mudah bergerak bila tertiup angin atau sengaja
digerakkan tenaga listrik atau mesin.

12. Neon Box





Neon Box adalah jenis reklame visual yang terbuat dari sinar lampu
yang tersusun berwarna-warni.

* Bilboard










__________

Penutup
__________

Demikian infonya para pembaca sekalian, semoga dapat memperluas
wawasan kita di bidang reklame ini yang dengan sendirinya berhubungan
dengan istilah Percetakan, Sablon atau Screen Printing atau
Advertising.

Oya...!

Jika pada masa lampau pekerjaan ini sangat membutuhkan bakat, maka
bisa dibilang saat ini bakat bukan lagi yang utamanya karena banyak
hal telah dipermudah komputer dalam pekerjaannya.

Karena itu...!

Jika anda tertarik untuk membuka usaha dibidang ini, "Silahkan saja".
Semoga berhasil...!

Selamat malam...!

mAbUK hItA LE...!























_____________________________________________________
Cat :



PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

No comments:

Post a Comment