Wednesday, March 21, 2012

"NAMORA PANDE BOSI "

#SELAMAT PAGI TAPANULI#
(Melihat Sejarah ni Parmarga Lubis)
___________________________________

Dongan ale dongan...! untuk dapat memahami apa, siapa dan bagaimana Namoro Pande Bosi bukanlah hal yang mudah. Hal ini disebabkan :

- Pengetuan sejarah kita terlalu sedikit
- Banyaknya versi cerita yang bukan tidak mungkin telah di dipengaruhi pendapat pribadi penulis sejarah tanpa dukungan fakta atau sumber yang kuat
- Terbatasnya buku-buku sejarah ni halak hita
- Istilah/nama Namora Pande Bosi itu sendiri juga cukup banyak ditemukan pada marga-marga lain di luar marga lubis.

Dongn ale dongan...! pada pagi hari ini saya ingin melihat/ menyajikan informasi untuk para dongan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan "Namora Pande Bosinya Marga Lubis". Untuk lebih mudah dipahami, penulis menyajikan dengan beberapa subjudul dalam bentuk pertanyaan :
_______________________

Siapa Namora Pande Bosi
_______________________

- Namora Pande Bosi adalah nenek moyang orang Mandailing.
- Namora Pande Bosi berasal dari Bugis di Sulawesi Selatan.
- Dalam tarombo marga Lubis yang disusun oleh Raja Junjungan pada tahun 1897, ada juga tercatat bahwa nama isteri Namora Pande Bosi ialah Boru Dalimunte Naparila, artinya puteri Dalimnte yang pemalu.
- Ada juga yang mengatakan Namora Pande Bosi isterinya bergelar Nan Tuan Layan Bolan
- Namora Pande Bosi ini diperkirakan ada pada jaman Surya 946 atau sekitar 1024 M. - Ada juga yang menyebut pada Zaman eskpansi Majapahit tahun Caka 1287 (1365 M) karena Gajah Mada mengetahui suatu kerajaan Mandailing yang tentunya dipimpin oleh seorang terkemuka, diperkirakan adalah Namora Pande Bosi
_______________

Dimana Makamnya
_______________

- Namora Pande Bosi meninggal dunia dan dimakamkan di Hatongga, Hombang Bide - Makamnya ditemui pada tahun 1963 ditengah pesawahan penduduk
- Makam tersebut berada kurang lebih 2km jauhnya dari Jalan Raya Lintas Sumatra yang melalui desa Sigalangan.
- Perencanaan pembangunan jalan dan Balai Makam Namora Pande Bosi telah berjalan selama 34 tahun dari tahun 1963 sampai sekarang
- Jalan sepanjang 1.6 km menuju ke makam itu, telah dibina. Tinggal 232 meter lagi yang perlu dibangunkan.
___________________________________

Apa Bukti Bahwa Beliau Pernah ada
___________________________________

- Brandes seorang sarjana Belanda, meneliti suatu patung patung batara Lokanatha yang berasal dari kerajaan Gunung tua (Padang Lawas) sekitar tahun 1887

- Pada patung tersebut tertulis, ""Heil" Caka-jaren verloopen 946, in de maand Caitra op den derden dag van lichte helft dan de maand of vrijdag, toen heeft Surya, de meester smid did beeld van den, Heere Lokanatha vervaardigd..."

- Terjemahan bebas ke bahasa Indonesia demikian: "Dirgahayu Tahun Caka 946 bulan Caitra, hari ke-3 bertepatan Juma'at dewasa itulah Surya, panda besi, selesai mengukir (patung) batara Lokanatha ini..."

- Pada salinan bahasa Belanda istilah meester smid, yang artinya tidak lain pandai besi, yang sebagian orang menyebutnya Namora Pande Bosi. _____________________________________

Bagaimana Keturunan Namora Pande Bosi
_____________________________________

- Si Langkitang dan Si Baiting adalah anak dari Namora Pande Bosi. (Putra Kembar).
- Si Alogo Raja Partomuan adalah anak dari Si Baitang - Namora Pande Bosi dan isterinya yang bergelar Nan Tuan Layan Bolan mendapat dua orang anak lelaki yang diberi nama Sutan Borayun dan Sutan Bugis.
___________

Kesimpulan
___________

- Dengan mengetahui sejarah ini, maka saya menjadi lebih paham mengapa sebagian orang Mandailing tidak mau menyebutnya dirinya orang Batak (Tentunya ada versi lain yang menyebut mereka adalah orang Batak).

- Maka saya pribadi lebih percaya bahwa keturunan Silakkitang Sibaitanglah yang menjadi penduduk/masyarakat Mandailing dan sekitarnya.

- Bagi para kawan khususnya marga Lubis, jika rezeki dongan terbagi apa salahnya, jalan ke pemakaman tersebut diselesaikan. Anggo tarbagi doda anggia.

- Demikian info dan pendapat saya para kawan, silakan diberi pendapat, saran atau krtik pada tulisan sehingga dapat lebih disempurnakan (Jika ada tentunya, jika tidak, jempol ajapun udah patenla itu). Hahahaha... Selamat Pagi dan Selamat Beraktivitas. Baen hamu nakarasnai dongan parmarga Lubis.

Enter...! Selamat Pagi Para Kawan, Selamat Beraktivitas....!
_________________________________________________
Cat :
* Sampai 1 Januari 2013 dilihat 32 kali PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

No comments:

Post a Comment