Thursday, March 1, 2012

"SILINJUANG DIPARBALOKAN & LUMINDAK LOKKO-LOKKO (1)"

#SELAMAT PAGI TAPANULI#
(Mangaligi Lagu-Lagu Odang S, Yang Bertema Keluarga 1)
___________________________________________

     Dongan ale dongan,  dongan nadua tolu...! pada pagi hari ini, rasanya menyenangkan sekali menyimak. Lau-Lagu Tapsel dari Odang S, khususnya lagu-lagu yang "Bertema Keluarga". Maksud dan tujuannya untuk mencari manfaat positif khususnya dibidang penciptaan keharmonisan berkeluarga. Mengapa tidak,
biasi inda...!

     Dongan ale dongan...! jika ada diantara dongan yang bertanya, lagu apakah yang paling saya minati dari semua lagu-lagu Tpasel, maka saya akan menjawab, "Lagu-Lagu dari Odang S, dengan tetap salut pada lagu-lagu dari Nasir Rambe".

    Dipikiran saya, kelebihan dari lagu-lagu Odang S, khususnya yang bertema keluarga adalah penggunaan bahasanya, seperti beliau sangat hati-hati dalam memilihnya, sehingga meskipun pesannya dalam bentuk kritik yang secara umum tidak begitu disukai orang bisa berbalik jadi menyukai. Dan jika sudah menyukai maka saya merasumsi lama kelamaan akan terbawa pada perbuatan sesuai dengan tujuan pembuatan lagu.

      Berikut beberapa lagu beliau, yang dapat kita ambil manfaat positifnya :
______________________
Silinjuang Diparbalokan
______________________
Tema :
Parbalokan bagi halak hita memang sering menjadi masalah besar, bagi orang-orang tertentu, pergeseran satu Cm saja bisa membauat berantam. Karena itu sungguh sangat bijak sana Odang S, mengangkat tema ini menjadi satu lagu.

Penyajian Pesan :
Dengan ditampilkannya vidio klip bagaimana konflik terjadi, saya merasa inti pesan lagu ini lebih mengena pada pendengarnya. Pesan pernyataan "Hei manuk...! on tu ginjang ni ari ulang bolus-bolus tano ni halaion da, marpikir kho manuk...!" adalah pesan sindirian betapa tidak logisnya manusia ketika berurusan dengan masalah parbalokan.

Harapan :
Jelas, si penyaji pesan menginginkan agar masalah parbalokan dapat diselesaikan dengan damai, diakhir lagu Odang S menyajikannya dengan pesan, " O...anggi moofkon au tarlobi baya dihalak akkang, di hamu hombar balokku tu balok tapade da tapa bidang".

       Dongan...! hati kecil saya berkata, kehidupan yang terlalu sulit tak jarang membuat pikiran kita jadi suntuk, masalah-masalah sepelepun sering dibesar-besarkan. Khusus di bidang parbalokan ini saya berharapseperti halnya apa yang diharapkan pada lagu ini
selesaikan masalahnya denggan-denggan. Jangan sampai rusak parkouman, apalagi namarakkang maranggi. Botima.
________________________________
Lumindak Lokko-Lokko
________________________________
Tema :
"Hudok pupu hudok, anggo tu ho inda tardok. Marsak au marsak, ate-atekku manyiak.
Mamikirkon daganak, ari-ari au marsak. Sikola mangido mattak, okke ari-ari hona songgak. Buku dohot pakean dor namasuak-suak. Ho lalat di angan-angan pupu ari-ari marbukkak". demikian protest sang istri pada suminya dalam lagu ini.

      Ama-ama yang banyak angan-angan di halak hita, sering digambarkan dengan cerita "Simarpulihodong" dan dampak negatifnyapun sudah cukup diketahui. Mengangkat tema lagu ini saya pikir cukup baik guna mengingatkan kembali pada ama-ama agar lebih banyak berbuat dari pada nagan-angan.


_______________
Penyajian Pesan
_______________
Pesan lagu yang ditampilkan lewat vidio klip apa adanya membuat inti pesannya lebih mudah dipahami. Dengan melibatkan perbandingan "Inda idaho halak jepara tu jepara, anakna sarjana boruna doktor anda". cukup menyentuh pendengar lagu untuk kembali bersemangat menjalani hidup.

Harapan :
Dengan tidak fokus mencari kesalahan suami, lewat perkataan, "Paubama caramu muda mandokkon hata" membuat lagu ini tersa nyaman untuk di dengar. Dan rasa nyaman ini bukan tidak mungkin akan memberi semangat pula pada suami untuk melakukan sesuatu seperti yang diharapkan sang istri.

       Dongan...! memanglah tak mudah untuk membuat diri kita ini terusmenerus bersemangat dalam memenuhi semua kebutuhan keluarga, ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Begitupun saya pribadi berharap agar para orang tua halak hita mampu menangani semua urusan keluarganya, hingga kebahagian keluarga itu didapat. Semoga. Amin ya Allah.
________________________________________________________________

Bersambung pada "Mangaligi-Ligi Lagu Odang S (2). Selamat Pagi dan Selamat
Beraktivitas

Enter...!
PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

No comments:

Post a Comment