Tuesday, May 29, 2012

"HIDUP LEBIH DAMAI DENGAN PUJIAN. BETULNYA...?"

"SELAMAT MALAM PARA DONGAN"
(Mangaligi manfaat pujian pada wanita) ___________________________________________________

" ...engkau baik..engkau cantik...kau wanita, aku cinta" syair Iwan Fals pada si Juwita gadis pujaanya yang punya mata kaya bola pingpong.

"Mata indah bola pingpong, masihkah kau kosong. Bolehkah aku membelai hidungmu yang aduhai..." lanjutnya pula.

Dongan ale dongan...!

Pernyataan di atas adalah salah satu syair yang mengisahkan tentang kecantikan seorang wanita. Syair lainya tentu sangat banyak dan saya yakin semua bahasa ada syair yang memuji tentang kecantikan seorang wanita.
...ooo...anggi boru suti, namanisma anggi parmikimmi. Tiop makkuling kho baya manyubiti, sala-sala saotik torus kho manyarguti... Adalah salah satu syair ni halak hita disamping syair-syair lainnya.

Begitupun dari sisi tinjauan islami, syair tentang pujian pada wanita ini pasti ada, Dongan ale dongan...!

Uraian-uraian diatas memberi gambaran bagi kita, bahwa seorang wanita memang akan merasa senang bila dirinya di puji. Dan wanita itu, bisa saja seorang nenek, ibu, anggi,ito, nanguda, bujing, nantulang, borutulang dongan saripe atau istri. Semuanya itu senang di puji.

Apalagi yang anda sebut Sipujaan hati, si ippol nimata, si ti nodo niroha, si calon parumaen, si tambatan hati, sungguh sangat penting memujinya guna mendapatkan simpatinya.

Dongan ale dongan...! Jika ingin memuji, pujilah ia se ikhlas hati, setulus hati. Dengan kepandaian kita memuji, Insya Allah, kedamaian akan selalu bersama kita.

Selamat malam para kawan...! Selamat memuji...! Kakakakaka...kkk...kkk...betulnya...?
________________________________________________________________
Hendra Rapdohotiahoiaaudohotko, Sri Musliyanti II dan 3 orang lainnya menyukai ini.

No comments:

Post a Comment