Tuesday, May 29, 2012

"HEPENG SABAKUL"

"SELAMAT SIANG PARA DONGAN"
(Membedakan keinginan dengan fakta) __________________________________________________________

Sattahuk, sadakar, satakar, sabelek dan sa appang adalah istilah yang sering digunakan halak hita dalam mengukur isi suatu benda. Meski alat ukur isi ini bukan merupakan alat ukur resmi pemerintah RI tetapi di Tapanuli alat ukur ini sampai sekarang tetap saja dipakai karena sudah merupakan suatu keputusan masyarakat tentang ketepatan dan kejelasannya.

Bedahalnya dengan "bakul". meski alat ukur ini cukup jelas, tapi masyarakat kadang membuatnya menjadi tidak jelas karena mereka sering mengukur jumlah hepeng dalam bakul. "hepeng sabakul itu yang mau saya cari" kata sebagian orang. Sebagian lagi berkata, "sugari marhepeng iba sabakul ate ?".

Jika saya bertanya, berapakah jumlah hepeng sabakul...? Hahahaha...berapapun jawaban dongan, pasti jawabannya di "Karang-karang" Dan apapun yang dikarang sesungguhnya "tidak jelas".

Dongan ale dongan...! Kebahagiaan hidup itu ada dalam kejelasan, "Dari pada anda mencari hepeng sabakul yang tidak jelas/tidak fakta, lebih baik cari hepeng 1.000 tapi jelas/fakta.

Hehehehehe... Selamat siang...!,

"Mari kita bikin hidup kita ini dengan penuh kejelasan". Botima. Enter...!
___________________________________________________________
Junaidi Hutasuhut, Chaidir Ritonga dan 12 orang lainnya menyukai ini.

No comments:

Post a Comment