Senin, 25 Juni 2012

" M-O-T-C-A-K (Pemahaman dan Macam Jurus " (1) Motcak atau Mosak dalam Ilustrasi Tanya Jawab antara Macam Marga-Marga Batak

#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak info sekitar Seni Beladiri Suku Batak yaitu Motcak atau
Mosak dalam Ilustrasi Tanya Jawab antara Macam Marga-Marga Batak)
_______________________________________________________________________











________________

Kata Pengantar
________________


"Tiba-tiba saja otot saya membesar, abarapun naik saotik ke atas,
sementara kaki kiri saya terangkat 25 Cm sedangkan kedua tangan
siap menerkam sekaligus manyoro dan "Wau...! Eat.....ttttttttttttttt ...
bum....turatang ...burabas...ngok. Alale uma...aaaa.....!" kata
saya mengahiri penggunaan jurus "manuk manyipak halihi" ini".

Para kawan diman-pun berada...!

Jurus "manuk manyipak halihi" ini adalah jurus ciptaan saya pada
saat saya berhadapan langsung dengan "pittu dapur" kami tempoe doloe.
Dan pittu dapur kami ini ruppak tanpa ada perlawanan sementara saya
kena hukuman orang tua akibat penggunaan jurus ini. Hehehehehehe....

Ehem...!

Teringat mengenai jurus "Manuk Manyipak Halihi" saya jadi teringat
pula pada seni bela diri ni halak hita yang disebut "Motcak" atau
"Mossak". Apa, Bagaimana, Mengapa dan Untuk apa "Motcak" ini adalah
isi dari tulisan ini para kawan. Semoga memberi manfaat untuk
tambahan pengetahuan kita dan kalau bisa, sai bisa pula nian "Motcak"
ini sebagai alat pemotivasi keberanian kita di tanah perantauan.
Botima.

...dan...

Selamat Menyimak...!

Oya...!

Postingan ini akan disajikan lewat Proses Tanya jawab dan dukungan
macam Animasi atau-pun ilustrasi Motcak.
______________________________________________________________________

Sekilas info tentang  Motcak Dalam Proses Tanya jawab antara Macam
Marga-Marga di Tanah Batak
______________________________________________________________________




















1. Hal Pengertian Motcak Tanah Batak

Lubis :

Perjelas dulu Regar-ba, apa sebenarnya yang dimaksud dengan Motcak
atau Mosak, apakah ini sama dengan Pencak Silat...?

Regar :

Menurut saya, motcak ini adalah seni beladiri ni halak hita ( Halak Batak)
yang dahulunya sering dipakai dalam melawan penjajah dengan menggunakan
tangan kosong (tanpa senjata) atau pakai Senjata.

Menurut saya Lubis...!

Motcak ini sama dengan "Pencak Silat" dalam pengertian Umum karena Pencak
Silat adalah Seni Beladiri Orang Indonesia Asli. Pencak Silat ini kemudian
di Renovasi atau diperbaharui oleh orang-orang Batak sesuai dengan Situasi
dan Kondisi Tanah Batak itu sendiri atau sesuai dengan Kebudayaannya.

2. Hal Sejarah Motcak sampai ke Tanah Batak

Pasaribu :

Tadi kau Bilang Regar, "Motcak ini merupakan bagian dari Pencak Silat"
Bagaimana hal ini dapat kau ketahui dan bagaimana pula cerita-nya motcak
ini sampai ke Tanah Batak...?

Regar :

Ya iya-lah Pasaribu...!
Motcak itu merupakan bagian atau sub dari Pencak Silat yang mana pencak
silat sendiri telah mulai menyebar di Nusantara sejak Abad 7 Masehi.
Dan pada masa ini, Nusantara ini terdiri dari Macam Kerajaan atau
dengan nama yang bermacam-macam pula.

Yang pengaruh besar dan Kekuatannya besar :

- Kita mengenal yang namanya Kerajaan Majapahit di Tanah Jawa
- Kerajaan Sriwijaya di Pulau Sumatra
- Dan Kerajaan-Kerjaan atau Dinasti lainnya

Yang juga cukup diperhitungkan, karena merupakan bagian dari Kerajaan-
Kerajaan besar tersebut untuk wilayah Tanah Batak kita mengenal yang
namanya "Dinasti Sisingamangaraja dan Dinasti Sorimangaraja".

Untuk mempertahankan Kerjaan-Kerajaan ini, maka para prajurit-nya-pun
dibekali dengan berbagai macam seni beladiri yang kemudian kita kenal
dengan nama Pencak Silat.

Pasaribu :

Ada ngak hasil penelitian terhadap keberadaan Pencak Silat ini Regar...?

Regar :

Ada...!
Lewat Wikipedia Ind, dikatakan :

Peneliti silat Donald F. Draeger berpendapat bahwa bukti adanya seni
bela diri bisa dilihat dari berbagai artefak senjata yang ditemukan
dari masa klasik (Hindu-Budha) serta pada pahatan relief-relief yang
berisikan sikap-sikap kuda-kuda silat di candi Prambanan dan Borobudur.

Dalam bukunya, Draeger menuliskan bahwa senjata dan seni beladiri
silat adalah tak terpisahkan, bukan hanya dalam olah tubuh saja,
melainkan juga pada hubungan spiritual yang terkait erat dengan
kebudayaan Indonesia. Sementara itu Sheikh Shamsuddin (2005)
berpendapat bahwa terdapat pengaruh ilmu bela diri dari Cina
dan India dalam silat.

Pasaribu :

Oke Regar...!
Tergambar sudah sama saya, bahwa Motcak ini yang merupakan bagian
dari Pencak Silat atau gerakan-gerakan dalam Pencak Silat adalah
Hasil Ciptaan dari Macam Suku di Nusantara yang kemudian menjadi
modal para Pengawal atau pendekar-pendekar Kerajaan-Kerajaan di
Nusantara untuk mempertahankan kerajaannya.

Gerakan-Gerakan dalam Pencak Silat khsusnya untuk gerakan
hampir sama di seluruh Nusantara seperti samanya macam gerakan
hewan atau binatang di Nusantra.

4. Asal Muasal Gerakan Motcak Batak / ditemukannya Jurus

Batubara :

Tadi kau bilang regar, bahwa gerakan-gerakan dasar dalam Pencak
Silat sama di Nusantara, bagaimana hal ini bisa terjadi padahal
terjadi-nya di Abad 7 masehi ketas. taro-la di abad 10 17 Masehi.

Regar :

Begini Batu Bara...!
Gerakan dalam Pencak Silat itu bukan-lah sesuatu yang dikarang-karang
atau dibuat-buat, karena gerakan yang dikarang-karang atau dibuat-
buat belum tentu bisa membela diri, sekalipun gerakan tersebut kuat.
Perlu ada strategi, perlu ada teknik.

Maka...!

Masyarakat Nusantara pada Jaman dahulu itu-pun mempelajari macam
gerakan binatang atau hewan. Dan gerakan yang umum dan bisa sama
itu salah satunya adalah gerakan harimau untuk kemudian disebut
manusia sekarang dengan nama "Jurus harimau" atau "Jurus Macan".
atau Jurus babiat dalam Bahasa batak-nya.

Batubara :

Bisa kau tunjukkan Regar, bagimana bentuk dari Jurus babiat ini...?

Regar :

Ini dia...!
Tengok-la tengok :













5. Hal Asal Kata Motcak
























Simarmata :

Dari mana asal Kata Motcak ini Regar...!
Apakah dari Pencak Silat

Regar :

Manala aku tahu-tahu itu Marmata, dari mana asalnya istilah
"Motcak" itu. Yang aku tahu, istilah "Pencak" adalah Istilah-nya
orang pulau Jawa. Sedangkan "Silat" istilah-nya orang Pulau
Sumatra.

Karena itu...!

Jika boleh di asumsi-asumsikan maka "MOtcak" itu adalah istilah lain
dari istilah "Silat". Marsilat joba = marmotcak joba...!

Simatmata :

Masuk di akal ngak Regar kalau Motcak itu berasal dari penggunaan
istilah pada saat "Marmotcak". yang mana kata "Cak-Cek-Cik- cok-Cuk".

Regar :

Ah...!
Kau ini Marmata, tapi bisa juga. "Cak Cik Cuk" begitu kata orang batak
dahulu pada saat menggunakan gerakan Pencak Silat ini, untuk kemudian
mereka sebut "Motcak". atau lahir istilah "motcak". Adapun istilah
"Mot-nya" adalah hasil penambahan, namanya juga orang "kan suka mereka
menambah-nambah atau-pun melebih-lebihkan. Iyakan Marmata...?
















Simarmata ;

Iya-pun jadi-lah...!
Tapi bukan saya itu-ba.
Kalau saya apa adanya-nya hidup ini.
Yang susah ya susah, yang melarat ya melarat.


6. Jurus dalam Motcak















Daulay :

Apa yang dapat kau sampaikan dengan nama-nama Jurus dalam
Motcak ini Regar...!

Regar :

Karena Motcak memang banyak terlahir dari hasil pelajaran manusia
pada macam Binatang, maka berikut nama-nama jurus dalam motcak :

1. Jurus babiat/si bolang/harimau/tiger
2. Jurus Alogo/angin/Wind
3. Jurus Bodat/kerek/kera/mon key
4. Jurus Udan/rain
5. Jurus Huting/kucing/cat
6. Jurus Halihi/elang
7. Jurus Lainnya (Para ahli yang tentunya lebih tahu)

Dari semua jurus tersebut, yang paling kesohor dan ternama dan mungkin
juga bayak diketahui oleh halak hita adalah "Jurus Harimau". Dan jurus
ini menurut carito ni oppung sangat ditakuti si bottar mata.

Meskipun saya tahu nama-nama jurusnya, tapi saya tidaklah tahu persis
gerakannya, begitupun dipikiran saya gerakan ini tidak jauh beda/beda-
beda tipis dengan apa yang terlihat di film-film. Ehem....!
Eat....ttttttttttttt. Awas ulu anggia. Hahahahaha...

Daulay :

Iya Pula...!
Tak ada pula di Jurus Motcak itu, "Jurus Beruang, Jurus Pinguin dan Jurus.
Banteng ate Regar...! ini mungkin, karena binatang tersebut tidak ada
di tanah batak.

Tapi...!

Ular atau Ulok-kan, banyak juga di Tanah Batak. Mengapa "Jurus Ulok" ini
tidak ada dalam Motcak tersebut Regar...?

Regar :

Macam mana-nya kau ini Daulay, uluar atau Ulok memang banyak di Tanah
batak, tapi untuk apa lagi di pelajari, bukannya orang batak itu udah
pintar-pintar manguluki Daulay...?

Daulay :

Ehem Regar....!

Selamat malam-lah...!

Tapi tunggu-la dulu, katanya Regar para Guru-Guru Motcak atau Master-
Master Motcak Dulu-dulu itu, pada pintar-pintar juga mengobati berbagai
macam penyakit. Apa betul itu...?
______________

Penutup
______________

Para kawan sekalian dimana-pun berada...!

Demikian ilustrasi tanya Jawab Sekitar "MOtcak Tanah Batak" yang dapat
disampikan lewat postingan ini.

Dan jika pertanyaan si Daulay dijawab maka berikut jawabannya :

- Dalam salah satu situs dikatakan, "Di samping itu, para ahli beladiri
  khas Batak itu juga ceritanya mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

- Dengan ramuan-ramuan tradisional, semacam herbal atau jamu-jamuan
  sekarang, mereka membantu sesama yang sakit, atau menolong rekan

- rekan seperjuangan mereka yang terluka di medan laga

- Semakin tinggi ilmu atau jurus-jurus yang dimiliki seorang Parmoncak,
  semakin banyak penyakit yang bisa disembuhkan. Parmoncak yang sudah
  ahli itu disebut Guru Moncak, dalam bahasa sekarang Suhu /master.

Para kawan...!

Berikut video pendukung tulisan :



....dan...

Selamat malam...!

(...bersambung ke Motcak 2) Link :






















____________________________________________________________________________
Cat :
- Postingan ini telah diperbaharui Januari 2016
http://amzn.to/1VW0ktU
cara membuat link pada gambar cara membuat link pada gambar cara membuat link pada gambar cara membuat link pada gambar PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork cara membuat link pada gambar
cara membuat link pada gambar cara cara membuat link pada gambar cara membuat link pada gambar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar