#SELAMAT SORE PARA KAWAN#
(Menyimak macam berita atau informasi seputar Bandar Udara
Kuala Namo dan Polonia Medan)
_________________________________________________________
Berikut infonya para kawan. Dan Selamat menyimak....!
___________________________
Latar Belakang Pembangunan
___________________________
Lapangan udara Polonia Medan :
- Sudah terlalu tua dengan usia sekitar 70 tahun
- Demi terciptanya keselamatan penerbangan
- Kapasitas Polonia telah melebihi batas untuk
disebut sebagai bandar udara
- Letaknya Di dalam kota
Demikian gambaran latar belakangnya, mengapa bandar udara Polonia
Medan harus dipindahkan ke Kualanamu. Hal ini penulis peroleh dari
hasil menyimak wikipedia.
________________________________________________________
Tempat dan lahan untuk lapangan terbang Kualanamu
________________________________________________________
Lokasinya merupakan bekas areal perkebunan PT Perkebunan Nusantara II
Tanjung Morawa, terletak di Kuala Namu, Desa Beringin, Kecamatan
Beringin, Kabupaten Deli Serdang.
Luas bandara Kuala Namu dan kapasitas
_________________________________
Tahap I bandara diperkirakan dapat menampung tujuh hingga 10 juta
penumpang dan 10.000 pergerakan pesawat per tahun,[2] sementara
setelah selesainya tahap II bandara ini rencananya akan menampung
25 juta penumpang per tahun.
Luas terminal penumpang yang akan dibangun adalah sekitar 6,5
hektar dengan fasilitas area komersial seluas 3,5 hektar dan
fasilitas kargo seluas 1,3 hektar. Bandara International Kuala
Namu memiliki panjang landas pacu 3.750 meter yang cocok untuk
didarati pesawat sebesar Boeing 747, dan mempunyai 8 garbarata.
Walaupun fasilitasnya belum terpasang, bandara ini sanggup
didarati oleh pesawat penumpang terbesar di dunia saat ini
yaitu Airbus A380. Bandara ini juga adalah bandara ketiga di
Indonesia yang bisa didarati Airbus A380 selain Bandara Hang
Nadim dan Bandara Soekarno-Hatta.
__________________________________________________
Maket Bandar Udara kuala namu dan pembangunannya
__________________________________________________
Gambar diatas adala Maket Bandara Kuala Namu, Sumatra Utara, dipamerkan
di sebuah hotel di Medan. Bandara ini ditargetkan mulai beroperasi Maret
mendatang. (JIBI/SOLOPOS/Andi Rambe)
http://www.solopos.com/2013/01/04/maret-2013-bandara-kuala-namu-
medan-beroperasi-364454
http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=409197&page=35&langid=5
Gambar pada saat dibangun :
http://rounhaff.wordpress.com/2012/09/29/kuala-namu-international-
airport-knia-development-progress-part-1/
__________
Insiden
__________
Pada hari Sabtu 18 Mei 2013, sebuah pesawat Boeing 737-400 Malaysia
Airlines yang seharusnya mendarat di Bandara Polonia, nyaris mendarat
di Bandara Kuala Namu. Pesawat ini belum sempat mendarat, akan tetapi
roda pesawat sudah dikeluarkan. Begitu pilot sadar bahwa bandaranya
salah, ia langsung menerbangkan pesawat kembali. Pesawat ini mendarat
di Bandara Polonia dengan selamat.
http://id.wikipedia.org/wiki/Bandar_Udara_Internasional_Kuala_Namu
_________________________________________________
Bandar Udara Polonia Medan di Pindahkan / tutup
________________________________________________
Berikut video beritanya :
Kutipan berita :
NGEBLOG™ NEWS, Bandara Polonia Medan Resmi Pindah Per 25 Juli 2013 -
Per tanggal 25 Juli mendatang, Bandar Udara Polonia resmi pindah.
Seluruh maskapai penerbangan akan terbang dan mendarat melalui
Bandara Internasional Kualanamu. Hal itu ditegaskan oleh Direktur
Utama PT Angkasa Pura II Tri Sunoko yang mengatakan bahwa Soft
operation Bandara Kuala Namu akan dilakukan pada 25 Juli 2013,
dimana pada operasional bayangan ini seluruh kegiatan pindah
secara utuh, dengan kata lain seluruh maskapai penerbangan akan
terbang dan mendarat di Badara Kuala Namu.
http://www.ngeblognews.com/2013/05/bandara-polonia-medan-resmi-pindah-per.html#sthash.IGZ10mTw.dpuf
Video kenangannya dari polonia :
________________________________________
Bandar Udara Polonia Medan untuk TNI-AU
________________________________________
Kutipan Berita :
Sedangkan Bandara Polonia Medan masih tetap beroperasi atau
digunakan oleh TNI-AU dan karena Bandara Polonia Medan itu
memang areal TNI-AU dan Bandara Polinia Medan resmi berpindah
ke Bandara Kuala Namu," kata M Wasfan W, Coorporate Secretary
Angkasa Pura II Pusat.
http://www.ngeblognews.com/2013/05/bandara-polonia-medan-resmi-pindah-per.html#sthash.OSTWPUe6.dpuf
___________________________________________________
Uji Coba Bandara Kuala Namo sebelum di resmikan
___________________________________________________
Berikut Video Pendukung :
___________________________________________
Peresmian Bandar Udara Kuala Namu 25 Juli 213
___________________________________________
Kutipan berita :
Jakarta - Hari ini Bandara Internasionall Kualanamu, di Deli Serdang,
Sumatera Utara, resmi beroperasi. Seluruh penerbangan dari Polonia
dipindah ke bandara tersebut. Meski sudah resmi beroperasi, pelayanan
bandara ini diakui masih belum maksimal.
"Service-nya kami akui masih belum optimal, masih banyak
pengerjaan, debu-debu di beberapa tempat, banyak orang kerja,"
ungkap Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Tri Sunoko
ditemui di sela-sela peresmian Bandara Kualanamu, Deli Serdang,
Sumatera, Kamis (25/7/2013).
http://finance.detik.com/read/2013/07/25/004923/2313576/4/bandara-
kualanamu-resmi-beroperasi-pengelola-akui-layanan-belum-maksimal
KOMPAS.com - Pemerintah akhirnya meresmikan Bandara Internasional
Kualanamu, Kamis (25/7/2013). Bandara yang pembangunannya memakan
waktu enam tahun itu akhirnya bisa menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.
Dengan posisi berhadapan langsung dengan Bandara Changi di Singapura,
Bandara Kuala Lumpur di Malaysia, dan Bandara Svarnabhumi di Thailand
yang spektakuler, tentu membuat bandara Indonesia tidak tertinggal.
Kualanamu adalah bandara yang modern. Bandara ini mempunyai layanan
transportasi antarmoda, sistem layanan bagasi yang otomatis, dan
berwawasan lingkungan. Pemakaian dinding kaca yang masif dan
sirkulasi udara yang baik membuat bandara ini hemat listrik.
Pemandangannya juga indah dan menyegarkan mata.
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2013/07/29/0745324/Bandara.
Kualanamu.Tarif.Kereta.Api.Mahal.
Berikut video pendukung :
_____________________
Biaya Pembangunan
_____________________
Disisi biaya, Kementerian Perhubungan menyatakan pembangunan Bandar
Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara,
telah menghabiskan anggaran Rp 5,8 triliun.
http://www.kaskus.co.id/thread/51f0fe8240cb17c70c000001
_____________________________________________________________
Keistimewaan Bandar Udara Kuala Namu dan layanan kereta api
_____________________________________________________________
Yang membuat Kualanamu menjadi bandara paling modern adalah
layanan antarmoda, yakni layanan kereta bandara. Bahkan, bandara
terbesar di Indonesia, yakni Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng,
hingga kini belum memiliki layanan kereta.
Akan tetapi, dari kebanggaan itu, ada persoalan yang agak mengganggu.
Kereta bandara seharusnya dilayani oleh kereta buatan Korea yang saat
ini belum rampung.
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2013/07/29/0745324/Bandara.
Kualanamu.Tarif.Kereta.Api.Mahal.
_____________________________________________
Menhub coba kereta api bandara kuala namo
_____________________________________________
KA Bandara: Sejumlah petugas kereta api bandara menyambut
kedatangan penumpang pada sosialisasi pengoperasian kereta
api (KA) Bandara Kuala Namu, di Medan. (Foto: Antara/Septianda
Perdana)
Medan, 4/7 (Antara) – Menteri Perhubungan EE Mangindaan dan Menteri
Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mencoba kereta api yang akan digunakan
sebagai transportasi menuju Bandar Udara Kuala Namu di Kabupeten
Deli Serdang.
Hal itu dilakukan bersama rombongan Komisi V DPR RI usai meninjau
kesiapan dan perkembangan Bandara Kualanamu di Deli Serdang, Kamis.
Setibanya di Stasiun Kereta Api Medan, Menteri Pekerjaan Umum (PU)
Djoko Kirmanto memuji penyediaan infrastruktur transportasi darat
untuk mendukung operasional Bandara Kualanamu itu.
http://www.antarasumut.com/menhub-coba-kereta-api-medan-bandara-kuala-namu/
_____________________________________________
Tarif kereta apai dari Bandar Udara Kuala Namu
____________________________________________
Kutipan berita :
Dari perhitungan bersama dengan Kementerian Perhubungan, layanan
kereta bandara ini memungut tarif Rp 80.000 per penumpang.
Tarif ini sudah mengakomodasi seluruh komponen biaya PT Railink,
perusahaan swasta patungan antara PT KAI dan PT Angkasa Pura II
sebagai pengelola. Namun, tarif Rp 80.000 per penumpang dirasakan
tidak adil saat ini. Sebab, kereta yang digunakan PT Railink
saat ini adalah kereta bantuan dari Kementerian Perhubungan.
PT Railink tidak menanggung biaya penyusutan dan bunga atas
kereta buatan PT INKA ini. Namun, PT Railink tetap mengenakan
biaya Rp 80.000. Bahkan, Menteri Perhubungan EE Mangindaan,
ketika ditanya wartawan mengenai tarif kereta api, mengatakan,
tarif awal kereta bandara adalah Rp 50.000. Jika sudah
menggunakan kereta dari Korea, baru boleh Rp 80.000.
Jika layanan kereta mengangkut 20 persen dari 20.000 penumpang pesawat
di Kualanamu, berarti ada 4.000 penumpang diangkut kereta. Jika saat
ini satu penumpang kelebihan bayar Rp 30.000, PT Railink menikmati
kelebihan bayar Rp 120 juta per hari. Tinggal dihitung saja berapa
yang akan dikumpulkan PT Railink saat kereta Korea tiba pada
bulan September atau Oktober mendatang.
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2013/07/29/0745324/Bandara.
Kualanamu.Tarif.Kereta.Api.Mahal.
________________________________________
Transportasi lainnya dari Kuala Namo - Medan
________________________________________
* Bus
Bandara ini akan dilayani bus Damri dari dan ke Kota Medan
dengan waktu tempuh sekitar 60 menit.
* Mobil
Terdapat jalan arteri yang menghubungkan Kota Medan dan Bandara.
Jalan Tol Medan-Kuala Namu saat ini sedang dalam tahap pembuatan.
Direncanakan jalan tol ini akan selesai pada tahun 2014. Jalan
tol ini adalah termasuk jalan tol Trans-Sumatera.
http://id.wikipedia.org/wiki/Bandar_Udara_Internasional_Kuala_Namu
_______________________________________________________
Status FB Saiful B. Sitompul tentang pilihan transportasi
_______________________________________________________
Sehubungan akan dioperasikannya KNIA (Kuala Namu International Airport)
menggantikan Bandara Polonia (25 juli soft operation) maka diinformasikan
khusus kepada teman-teman yang akan bepergian via pesawat melalui
MEDAN dan sekitarnya agar menggunakan alternatif transportasi di
bawah ini.
Pilihan moda transportasi dari kota Medan ke Bandara Internasional
Kuala Namu, sbb:
1. BUS Jalur rute 1:
Terminal Amplas - KNIA (Kuala Namu International Airport).(dengan Bus Damri)
2. BUS Jalur rute 2:
Ring Road - KNIA (Kuala Namu International Airport) dengan Bus Bintang Utara
3. BUS Jalur rute 3:
Plaza Medan Fair (jl. Gatot Subroto) - KNIA (Kuala Namu International
Airport) dengan bus Sentosa. Tarif sekitar Rp.25.000,- dengan fasilitas
paling mantap dilengkapi kamar mandi, ruangan khusus merokok, TV dan Wifi.
4. BUS Jalur rute 4:
Merupakan jalur alternatif dari salah satu inti kota Medan - KNIA
(Kuala Namu International Airport).
5. KERETA:
Stasiun Besar Medan (di depan Lapangan Merdeka) - KNIA
(Kuala Namu International Airport). Tarif sekitar Rp.75.000,-
6. TAKSI:
Dari mana saja (Tarif by Argometer)
Catatan:
- Untuk KERETA, dari Maret sd Juni 2013 dengan Kereta produk dari
PT.INKA Madiun. Dan mulai Juli 2013 dengan Kereta produk dari Korea
(eksekutif)
- Untuk Bus SENTOSA melalui jalur Jalan Iskandar Muda, Jalan Gajah
Mada, Jalan S.Parman, Jalan Sudirman, Jalan Juanda, Jalan Sisingamanga
Raja, Tol Amplas, Simpang Kayu Besar (Kuala Namu). Rute pulang Jalan
Sisingamanga Raja, Jalan Juanda, Jalan Walikota, Jalan Diponegoro,
Jalan Zainul Arifin, Jalan S Parman, Jalan Glugur dan Jalan Gatot
Subroto. Rute itu ditempuh 39 km dengan waktu tempuh 70 menit
Rahmat Parlindungan Siregar, Haidir Aswan Siregar, Namora Habibie Harahap
dan 2 orang lainnya menyukai ini.
Penutup
_________
"Alhamdulillah...!" itu mungkin yang ingin diucapakan masyarakat muslim
Sumatra Utara atas selesainya Bandar Udara Kualanamo ini. Atau "Mauli
ate Tuhan" bagi masyarakat lainnya.
Bagimana tidak...! Sejak dicanangkan pembangunannya dari tahun 1991,
baru tahun 2013 ini dapat di operasikan. Waktu yang cukup lama bukan...?
Nah...! terhadap semua ini, angkolafacebook.blogspot.com dan mungkin
saja IKAPSI Medan, Sipirok atau Jakarta atau masyarakat lainnya yang
mungkin suka menyebut dirinya sebagai "anak Medan" mengucapkan :
Semikian info yang dapat disajikan malam ini dan
Selamat malam...!
_________________________________________________________
Cat :
(Menyimak macam berita atau informasi seputar Bandar Udara
Kuala Namo dan Polonia Medan)
_________________________________________________________
Berikut infonya para kawan. Dan Selamat menyimak....!
___________________________
Latar Belakang Pembangunan
___________________________
Polonia Medan |
Lapangan udara Polonia Medan :
- Sudah terlalu tua dengan usia sekitar 70 tahun
- Demi terciptanya keselamatan penerbangan
- Kapasitas Polonia telah melebihi batas untuk
disebut sebagai bandar udara
- Letaknya Di dalam kota
Demikian gambaran latar belakangnya, mengapa bandar udara Polonia
Medan harus dipindahkan ke Kualanamu. Hal ini penulis peroleh dari
hasil menyimak wikipedia.
________________________________________________________
Tempat dan lahan untuk lapangan terbang Kualanamu
________________________________________________________
Lokasinya merupakan bekas areal perkebunan PT Perkebunan Nusantara II
Tanjung Morawa, terletak di Kuala Namu, Desa Beringin, Kecamatan
Beringin, Kabupaten Deli Serdang.
_________________________________
Luas bandara Kuala Namu dan kapasitas
_________________________________
Aibus A380 (Pesawat Penumpang Terbesar saat ini) |
Tahap I bandara diperkirakan dapat menampung tujuh hingga 10 juta
penumpang dan 10.000 pergerakan pesawat per tahun,[2] sementara
setelah selesainya tahap II bandara ini rencananya akan menampung
25 juta penumpang per tahun.
Luas terminal penumpang yang akan dibangun adalah sekitar 6,5
hektar dengan fasilitas area komersial seluas 3,5 hektar dan
fasilitas kargo seluas 1,3 hektar. Bandara International Kuala
Namu memiliki panjang landas pacu 3.750 meter yang cocok untuk
didarati pesawat sebesar Boeing 747, dan mempunyai 8 garbarata.
Walaupun fasilitasnya belum terpasang, bandara ini sanggup
didarati oleh pesawat penumpang terbesar di dunia saat ini
yaitu Airbus A380. Bandara ini juga adalah bandara ketiga di
Indonesia yang bisa didarati Airbus A380 selain Bandara Hang
Nadim dan Bandara Soekarno-Hatta.
__________________________________________________
Maket Bandar Udara kuala namu dan pembangunannya
__________________________________________________
Gambar diatas adala Maket Bandara Kuala Namu, Sumatra Utara, dipamerkan
di sebuah hotel di Medan. Bandara ini ditargetkan mulai beroperasi Maret
mendatang. (JIBI/SOLOPOS/Andi Rambe)
http://www.solopos.com/2013/01/04/maret-2013-bandara-kuala-namu-
medan-beroperasi-364454
http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=409197&page=35&langid=5
Gambar pada saat dibangun :
http://rounhaff.wordpress.com/2012/09/29/kuala-namu-international-
airport-knia-development-progress-part-1/
__________
Insiden
__________
Pada hari Sabtu 18 Mei 2013, sebuah pesawat Boeing 737-400 Malaysia
Airlines yang seharusnya mendarat di Bandara Polonia, nyaris mendarat
di Bandara Kuala Namu. Pesawat ini belum sempat mendarat, akan tetapi
roda pesawat sudah dikeluarkan. Begitu pilot sadar bahwa bandaranya
salah, ia langsung menerbangkan pesawat kembali. Pesawat ini mendarat
di Bandara Polonia dengan selamat.
http://id.wikipedia.org/wiki/Bandar_Udara_Internasional_Kuala_Namu
_________________________________________________
Bandar Udara Polonia Medan di Pindahkan / tutup
________________________________________________
Berikut video beritanya :
Kutipan berita :
NGEBLOG™ NEWS, Bandara Polonia Medan Resmi Pindah Per 25 Juli 2013 -
Per tanggal 25 Juli mendatang, Bandar Udara Polonia resmi pindah.
Seluruh maskapai penerbangan akan terbang dan mendarat melalui
Bandara Internasional Kualanamu. Hal itu ditegaskan oleh Direktur
Utama PT Angkasa Pura II Tri Sunoko yang mengatakan bahwa Soft
operation Bandara Kuala Namu akan dilakukan pada 25 Juli 2013,
dimana pada operasional bayangan ini seluruh kegiatan pindah
secara utuh, dengan kata lain seluruh maskapai penerbangan akan
terbang dan mendarat di Badara Kuala Namu.
http://www.ngeblognews.com/2013/05/bandara-polonia-medan-resmi-pindah-per.html#sthash.IGZ10mTw.dpuf
Video kenangannya dari polonia :
________________________________________
Bandar Udara Polonia Medan untuk TNI-AU
________________________________________
Kutipan Berita :
Sedangkan Bandara Polonia Medan masih tetap beroperasi atau
digunakan oleh TNI-AU dan karena Bandara Polonia Medan itu
memang areal TNI-AU dan Bandara Polinia Medan resmi berpindah
ke Bandara Kuala Namu," kata M Wasfan W, Coorporate Secretary
Angkasa Pura II Pusat.
http://www.ngeblognews.com/2013/05/bandara-polonia-medan-resmi-pindah-per.html#sthash.OSTWPUe6.dpuf
___________________________________________________
Uji Coba Bandara Kuala Namo sebelum di resmikan
___________________________________________________
Berikut Video Pendukung :
___________________________________________
Peresmian Bandar Udara Kuala Namu 25 Juli 213
___________________________________________
Kutipan berita :
Jakarta - Hari ini Bandara Internasionall Kualanamu, di Deli Serdang,
Sumatera Utara, resmi beroperasi. Seluruh penerbangan dari Polonia
dipindah ke bandara tersebut. Meski sudah resmi beroperasi, pelayanan
bandara ini diakui masih belum maksimal.
"Service-nya kami akui masih belum optimal, masih banyak
pengerjaan, debu-debu di beberapa tempat, banyak orang kerja,"
ungkap Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Tri Sunoko
ditemui di sela-sela peresmian Bandara Kualanamu, Deli Serdang,
Sumatera, Kamis (25/7/2013).
http://finance.detik.com/read/2013/07/25/004923/2313576/4/bandara-
kualanamu-resmi-beroperasi-pengelola-akui-layanan-belum-maksimal
KOMPAS.com - Pemerintah akhirnya meresmikan Bandara Internasional
Kualanamu, Kamis (25/7/2013). Bandara yang pembangunannya memakan
waktu enam tahun itu akhirnya bisa menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.
Dengan posisi berhadapan langsung dengan Bandara Changi di Singapura,
Bandara Kuala Lumpur di Malaysia, dan Bandara Svarnabhumi di Thailand
yang spektakuler, tentu membuat bandara Indonesia tidak tertinggal.
Kualanamu adalah bandara yang modern. Bandara ini mempunyai layanan
transportasi antarmoda, sistem layanan bagasi yang otomatis, dan
berwawasan lingkungan. Pemakaian dinding kaca yang masif dan
sirkulasi udara yang baik membuat bandara ini hemat listrik.
Pemandangannya juga indah dan menyegarkan mata.
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2013/07/29/0745324/Bandara.
Kualanamu.Tarif.Kereta.Api.Mahal.
_____________________
Biaya Pembangunan
_____________________
Disisi biaya, Kementerian Perhubungan menyatakan pembangunan Bandar
Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara,
telah menghabiskan anggaran Rp 5,8 triliun.
http://www.kaskus.co.id/thread/51f0fe8240cb17c70c000001
_____________________________________________________________
Keistimewaan Bandar Udara Kuala Namu dan layanan kereta api
_____________________________________________________________
Yang membuat Kualanamu menjadi bandara paling modern adalah
layanan antarmoda, yakni layanan kereta bandara. Bahkan, bandara
terbesar di Indonesia, yakni Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng,
hingga kini belum memiliki layanan kereta.
Akan tetapi, dari kebanggaan itu, ada persoalan yang agak mengganggu.
Kereta bandara seharusnya dilayani oleh kereta buatan Korea yang saat
ini belum rampung.
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2013/07/29/0745324/Bandara.
Kualanamu.Tarif.Kereta.Api.Mahal.
_____________________________________________
Menhub coba kereta api bandara kuala namo
_____________________________________________
KA Bandara: Sejumlah petugas kereta api bandara menyambut
kedatangan penumpang pada sosialisasi pengoperasian kereta
api (KA) Bandara Kuala Namu, di Medan. (Foto: Antara/Septianda
Perdana)
Medan, 4/7 (Antara) – Menteri Perhubungan EE Mangindaan dan Menteri
Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mencoba kereta api yang akan digunakan
sebagai transportasi menuju Bandar Udara Kuala Namu di Kabupeten
Deli Serdang.
Hal itu dilakukan bersama rombongan Komisi V DPR RI usai meninjau
kesiapan dan perkembangan Bandara Kualanamu di Deli Serdang, Kamis.
Setibanya di Stasiun Kereta Api Medan, Menteri Pekerjaan Umum (PU)
Djoko Kirmanto memuji penyediaan infrastruktur transportasi darat
untuk mendukung operasional Bandara Kualanamu itu.
http://www.antarasumut.com/menhub-coba-kereta-api-medan-bandara-kuala-namu/
_____________________________________________
Tarif kereta apai dari Bandar Udara Kuala Namu
____________________________________________
Kutipan berita :
Dari perhitungan bersama dengan Kementerian Perhubungan, layanan
kereta bandara ini memungut tarif Rp 80.000 per penumpang.
Tarif ini sudah mengakomodasi seluruh komponen biaya PT Railink,
perusahaan swasta patungan antara PT KAI dan PT Angkasa Pura II
sebagai pengelola. Namun, tarif Rp 80.000 per penumpang dirasakan
tidak adil saat ini. Sebab, kereta yang digunakan PT Railink
saat ini adalah kereta bantuan dari Kementerian Perhubungan.
PT Railink tidak menanggung biaya penyusutan dan bunga atas
kereta buatan PT INKA ini. Namun, PT Railink tetap mengenakan
biaya Rp 80.000. Bahkan, Menteri Perhubungan EE Mangindaan,
ketika ditanya wartawan mengenai tarif kereta api, mengatakan,
tarif awal kereta bandara adalah Rp 50.000. Jika sudah
menggunakan kereta dari Korea, baru boleh Rp 80.000.
Jika layanan kereta mengangkut 20 persen dari 20.000 penumpang pesawat
di Kualanamu, berarti ada 4.000 penumpang diangkut kereta. Jika saat
ini satu penumpang kelebihan bayar Rp 30.000, PT Railink menikmati
kelebihan bayar Rp 120 juta per hari. Tinggal dihitung saja berapa
yang akan dikumpulkan PT Railink saat kereta Korea tiba pada
bulan September atau Oktober mendatang.
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2013/07/29/0745324/Bandara.
Kualanamu.Tarif.Kereta.Api.Mahal.
________________________________________
Transportasi lainnya dari Kuala Namo - Medan
________________________________________
* Bus
Bandara ini akan dilayani bus Damri dari dan ke Kota Medan
dengan waktu tempuh sekitar 60 menit.
* Mobil
Terdapat jalan arteri yang menghubungkan Kota Medan dan Bandara.
Jalan Tol Medan-Kuala Namu saat ini sedang dalam tahap pembuatan.
Direncanakan jalan tol ini akan selesai pada tahun 2014. Jalan
tol ini adalah termasuk jalan tol Trans-Sumatera.
http://id.wikipedia.org/wiki/Bandar_Udara_Internasional_Kuala_Namu
_______________________________________________________
Status FB Saiful B. Sitompul tentang pilihan transportasi
_______________________________________________________
Sehubungan akan dioperasikannya KNIA (Kuala Namu International Airport)
menggantikan Bandara Polonia (25 juli soft operation) maka diinformasikan
khusus kepada teman-teman yang akan bepergian via pesawat melalui
MEDAN dan sekitarnya agar menggunakan alternatif transportasi di
bawah ini.
Pilihan moda transportasi dari kota Medan ke Bandara Internasional
Kuala Namu, sbb:
1. BUS Jalur rute 1:
Terminal Amplas - KNIA (Kuala Namu International Airport).(dengan Bus Damri)
2. BUS Jalur rute 2:
Ring Road - KNIA (Kuala Namu International Airport) dengan Bus Bintang Utara
3. BUS Jalur rute 3:
Plaza Medan Fair (jl. Gatot Subroto) - KNIA (Kuala Namu International
Airport) dengan bus Sentosa. Tarif sekitar Rp.25.000,- dengan fasilitas
paling mantap dilengkapi kamar mandi, ruangan khusus merokok, TV dan Wifi.
4. BUS Jalur rute 4:
Merupakan jalur alternatif dari salah satu inti kota Medan - KNIA
(Kuala Namu International Airport).
5. KERETA:
Stasiun Besar Medan (di depan Lapangan Merdeka) - KNIA
(Kuala Namu International Airport). Tarif sekitar Rp.75.000,-
6. TAKSI:
Dari mana saja (Tarif by Argometer)
Catatan:
- Untuk KERETA, dari Maret sd Juni 2013 dengan Kereta produk dari
PT.INKA Madiun. Dan mulai Juli 2013 dengan Kereta produk dari Korea
(eksekutif)
- Untuk Bus SENTOSA melalui jalur Jalan Iskandar Muda, Jalan Gajah
Mada, Jalan S.Parman, Jalan Sudirman, Jalan Juanda, Jalan Sisingamanga
Raja, Tol Amplas, Simpang Kayu Besar (Kuala Namu). Rute pulang Jalan
Sisingamanga Raja, Jalan Juanda, Jalan Walikota, Jalan Diponegoro,
Jalan Zainul Arifin, Jalan S Parman, Jalan Glugur dan Jalan Gatot
Subroto. Rute itu ditempuh 39 km dengan waktu tempuh 70 menit
Rahmat Parlindungan Siregar, Haidir Aswan Siregar, Namora Habibie Harahap
dan 2 orang lainnya menyukai ini.
_________
Penutup
_________
"Alhamdulillah...!" itu mungkin yang ingin diucapakan masyarakat muslim
Sumatra Utara atas selesainya Bandar Udara Kualanamo ini. Atau "Mauli
ate Tuhan" bagi masyarakat lainnya.
Bagimana tidak...! Sejak dicanangkan pembangunannya dari tahun 1991,
baru tahun 2013 ini dapat di operasikan. Waktu yang cukup lama bukan...?
Nah...! terhadap semua ini, angkolafacebook.blogspot.com dan mungkin
saja IKAPSI Medan, Sipirok atau Jakarta atau masyarakat lainnya yang
mungkin suka menyebut dirinya sebagai "anak Medan" mengucapkan :
Semikian info yang dapat disajikan malam ini dan
Selamat malam...!
_________________________________________________________
Cat :
No comments:
Post a Comment