Saturday, December 28, 2013

Renungan akhir Tahun 2013 : Berikan aku seruling dan ijinkan aku bernyanyi (berharap)



#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak harapan dalam renungan akhir tahun 2013
bersama seruling batak )
_______________________________________________________




























________

Pengantar
________

Sebagian dari waktu dimalam Tahun Baru 2014 ini, tentu tak ada
salahnya merenung tentang tanah batak baik.

Berikut gambaran hasil renungan penulis yang dirangkai dengan
bunyi suling batak dari macam sub suku batak itu sendiri. Bunyi
suling ini pada umumnya hasil potongan penulis pada
pembukaannya setelah mengemukakan harapannya.

Selamat menyimak dan trims pada siapa saja yang terlibat dalam
suling batak ini.
_______________________

Harapan dalam Renungan
_______________________

1. Kelahiran (Renungan dan harapan pada Seruling 1)

Alkisah lahirlah macam anak manusia di tanah Batak pada
masa, situasi, kondisi dan tempat yang berbeda-beda dari
macam orang tua yang berbeda-beda pula.

Ada yang lahir dalam kemudahan ekonomi lewat rumah sakit
bersalin kelas mahal dan ada pula lewat kelas murah.

Dan semurah-murahnya kelas kelahiran adalah mereka yang
lahir dari orang tua yang tidak terlalu punya hingga mau
tak mau hanya punya pilihan melahirkan di rumah ataupun
bagas yang mungkin menurut penilaian umum tidak terlalu
pantas sebagai tempat kelahiran karena kelahiran menyangkut
2 jiwa manusia yang selalu diharapkan sehat wal afiat pada
saat melahirkannya dan sesudahnya.

"SELAMAT TAHUN BARU 2012"
Semoga tanah batak pada masa-masa
mendatang dapat melahirkan putra putri
terbaiknya di negeri ini baik yang lahir
di rumah sakit maupun di bagas

Berikan aku seruling dan ijinkan aku berharap :


2. Pendidikan (Renungan dan harapan pada Seruling 2)

Tentunya kita sepakat salah satu tujuan pendidikan batak itu
adalah membuat para putra-putrinya menjadi manusia terdidik.
Baik mereka yang belajar di huta-huta harangan tanah batak
maupun di pusat-pusat kotanya.

"SELAMAT TAHUN BARU 2014"
Semoga dunia pendidikan tanah batak
ke masa-masa mendatang lebih maju

Berikan aku seruling dan ijinkan aku berharap :


3. Pemimpin (Renungan dan harapan pada Seruling 3)

Nyaris semua orang tahu "tidak mudah jadi pemimpin", apalagi
pemimipin yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Begitupun
cukup banyak juga halak hita yang berlomba-lomba jadi pemimpin
tak terkecuali untuk daerah Tapanuli Selatan.

"SELAMAT TAHUN BARU 2014"
Semoga para pemmpin=-pemimpin tanah batak
masa depan adalah orang-orang yang lebih
mementingkan kepentingan masyarakatnya
dari pada kepentingan pribadinya.

Berikan aku seruling dan ijinkan aku berharap :



4. Boru Batak (Renungan dan harapan pada Seruling 4)

Boru Batak bisa jadi adalah istri anda atau pacar anda atau
iboto anda atau boru tulang anda atau ibu anda antau bou
anda atau nanguda anda. 

"SELAMAT TAHUN BARU 2014"
Semoga para boru batak dimanapun
dan kapanpun adalah adaboru yang
punya holong, punya sayang se ikhlas hati.

Berikan aku seruling dan ijinkan aku berharap :




5. Pertanian (Renungan dan harapan pada Seruling 5)

Memangla memang...! Tanah batak itu adalah tanah pertanian
ataupun perkebunan, tapi para putra batak masih cukup banyak
yang berpikir menjadi petani atau parsaba adalah suatu profesi
yang tidak menjanjikan masa depan.

"SELAMAT TAHUN BARU 2014"
Semoga para putra batak masa depan lebih mencintai
dunia pertanian, hingga ide-ide atau kreatifitas
dalam meningkatkannya lebih tinggi.

Berikan aku seruling dan ijinkan aku berharap :



6. Parawisata (Renungan dan harapan pada seruling 6)

Danau toba adalah salah satu tempat parawisata itu untuk
daerah Tapanuli Utara, sedangkan daerah lainnya masih
banyak meskipun tidak sehebat danau toba.

"SELAMAT TAHUN BARU 2014"
Semoga dunia parawisata tanah batak
lebih diminati banyak orang yang bukan
saja dari dalam negeri sendiri tapi juga
negara lainnya.

Berikan aku seruling dan ijinkan aku berharap:


7. Transportasi (Renungan dan harapan pada seruling 7)

Tentunya ada hubungan yang erat antara roda transportasi
dengan roda perekonomian. Kondisi jalan yang bagus, cuaca
yang mendukung serta supir yang tidak ugal-ugalan akan
sangat diharapkan banyak pihak.

"SELAMAT TAHUN BARU 2014"
Semoga segala aspek yang mendukung
kelancaran transportasi tanah batak
tetap mendapat perhatian dari banyak pihak.

Berikan aku seruling dan ijinkan aku berharap :



8. Agama (Renungan dan harapan pada seruling 8)

Entah apa jadinya tanah batak jika jika kerukunan
antara ummat beragama tidak dijaga dengan baik.

"SELAMAT TAHUN BARU 2014"
Semoga kerukunan antara ummat beragama
ini tetap terjaga dengan baik.

Berikan aku seruling dan ijinkan aku berharap :




9. Hangoluan (Renungan dan harapan pada seruling 9)

Hangoluan bagi setiap orang tentunya telah Tuhan atur
sedemikian rupa. Dan banyaknya rupa membuat hangoluan
itu sendiri lebih mangalu, lebih hidup.

"SELAMAT TAHUN BARU 2014"
Semoga kita semua orang-orang yang sabar dan
bersyukur pada setiap hangoluan kita.

Berikan aku seruling dan ijinkan aku berharap :




10. Kematian (Renungan dan harapan pada seruling 10)

Yah begitulah kehidupan. Songonima hangoluan. Tidak ada
yang abadi dan tidak ada yang kekal. Para putra-putri
batak itupun berlahiran untuk kemudian bermatian.

Bermatian...! atau Marmatean...!
Suatuhal yang pasti terjadi meski kita menakutinya.
Apakah anda akan mati di tanah kelahiran anda atau
ditanah parjalangan...? Hanya Tuhan yang tahu...!

"SELAMAT TAHUN BARU 2014"
Semoga pembaca dan penulis tidak mati
di tahun 2014 ini. Botima...!

Berikan aku seruling dan ijinkan aku berharap :

__________

Penutup
__________

Tentunya masih banyak harapan-harapan lainnya yang berhubungan
dengan berbaikan-perbaikan di tanah batak. Dan perbaikan ini
tentu 'tidak telalu memberi manfaat jika hanya di renungkan dan
di sulingkan'. Bagimanapun juga yang terpenting dari segalanya 
adalah tindakan

Dan sesudah merenung lewat suling batak ini, dan sebelum kita
semua bertindak untuk mencapai hararpan ;


________________________________________________________
Cat ;

PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

No comments:

Post a Comment