Saturday, March 22, 2014

Motor Barumun : Sepak Terjang 29 Th dan Sepak Terbang 5 M

#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak info sekitar sepak terjang motor Barumun 29 Th
dan menganalisa sepak terbangnya dalam perhitungan
harga tiket dengan sisa hasil usaha Rp.5M )
_____________________________________________________









________________

Kata Pengantar
________________

Horas...horas...horas...
khsuson para koum dari Padang Lawas atau Palas.

Postingan ini adalah pendalaman dari link :
http://angkolafacebook.blogspot.com/2014/03/barumun-lubuk-barumun-ulu-barumun-motor.html
yang mana pada postingan tersebut penulis mengurai macam hal
yang berhubungan dengan istilah "Barumun" di Palas. Seperti
info tentang "Ulu Barumum, Sungai Barumun, Lubuk Barumun
dan lain-lain.

Untuk menghindari tulisan yang terlalu panjang / banyak maka
info tentang "Motor Barumun" ini, penulis pisahkan.

Nah...!

Bagi anda yang ingin tahu lebih banyak, berikut infonya
dan selamat menyimak...!
____________________________________

Seputar Motor / Mobil / Bus Barumun
____________________________________

* Hal Sejarah Berdirinya PT. Barumun

Tanggal 4 januari 1985 adalah hari atau tanggal berdirinya PT
Barumun ini, yang mana pada hari itu dibuat surat No.75 di hadapan
notaris Aniswar, SH di Medan. Tepatnya di Jalan Sisingamangaraja
No. 33 Medan. Pada masa ini PT. Barumun sekarang ini menetapkan
Kota Medan sebagai kantor pusatnya sedangkan Sibuhuan sebagai
kantor cabangnya hingga tahun 1989.

Waktupun berlalu, motor barumun inipun membuktikan kebolehannya
dalam mengantar barang dan jasa keberapa tempat di wilayah
Sumatra utara hingga tiba masa Bahrensah A. Hsb lewat surat
No C2-94 HT.01.01.Th95. yang di syahkan Mentri Kehakiman RI
tanggal 4 Juli 1995 mengambil alih motor Barumun tersebut
dengan tanpa mengubah struktur PT. Barumun ini.

Lewat situs dengan alamat
http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/29958/4/Chapter%20II.pdf
dikatakan mengenai kehandalan trnasportasi PT. Motor Barumun ini
sampai sekarang :

Jadwal keberangkatan. Kebanggaan dari perusahaan PT. BARUMUN yaitu masih
mampu eksis mulai sejak tahun 1985 hingga saat ini, walaupun telah berganti
kepemilikan dan berganti nama, namun tidak menyurutkan semangat dan tujuan
utama perusahaan.

Dikatakan juga mengenai hal yang mau dituju oleh PT. Barumun ini :

PT. BARUMUN tetap berharap tujuan akan lebih berkembang. Tantangan
ke depan bukanlah hal yang mudah dengan globalisasi ekonomi dan
perkembangan secara nasional, namun dengan penuh keyakinan perusahaan
mampu untuk bersaing dengan sehat dan maju berkembang. Tahap awal
perusahaan ini dalam menyusun perencanaan angkutan bis setiap hari adalah
menentukan jumlah pelayanan yang dibutuhkan pada setiap rute/ trayek yang akan
dilayani. Dengan mengetahui jumlah kuantitas pelayanan pada setiap rute, maka
dapat diketahui jumlah bis dan jadwal perjalanan. Kapasitas rute tergantung pada
kapasitas bis dan frekuensi perjalanan bis.

Demikian gambaran sejarah singkatnya motor Barumun ini para pembaca
angkolafacebook.blogspot.com. Dan untuk info selanjutnya dalah gambaran
struktur organisasinya

* Hal Struktur Organisasi PT. Barumun

Organisasi pada suatu perusahaan merupakan wadah bagi perusahaan
untuk menggunakan semua potensi. Wadah ini menetapkan apa yang diperlukan
untuk dilaksanakan bagaimana cara melaksanakannya. Setelah itu, kemudian
pimpinan perusahaan membentuk suatu struktur organisasi yang menunjukkan
suatu tanggung jawab setiap karyawan perusahaan, batas wewenang dan fungsi
fungsinya didalam organisasi tersebut.

Sebagai suatu organisasi perusahaan terdiri atas orang – orang yang
bekerja sama untuk tercapainya tujuan bersama yang telah disetujui bersama pula.
Dalam pencapaian tujuan ini, perusahaan melakukan kegiatan yang efektif, yaitu
kegiatan yang terencana, terarah didukung sistem pengorganisasian, pengendalian,
dan pengawasan yang baik. Hal ini tidak akan tercapai tanpa adanya peran dari
semua pihak yang terlibat dalam perusahaan yang melakukan kegiatan yang telah
ditentukan sesuai dengan tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang telah
diserahkan kepada masing – masing pihak.

Untuk dapat melaksanakan pengawasan dengan baik diperlukan adanya struktur
organisasi yang memisahkan secara jelas fungsi operasional, pencatatan, dan
penyimpangan. Suatu organisasi haruslah sederhana dan bersifat fleksibel,
artinya apabila pengembangan dalam perusahaan, dapat diadakan penyesuaian tanpa
menggangu secara serius struktur organisasi yang ada.

Agar dapat mengelola organisasi perusahaan secara efektif dan efisien, 
maka perlu diciptakan struktur organisasi yang sesuai dengan kondisi perusahaan. 
Hal ini diperlukan guna dijadikan sebagai landasan operasional suatu perusahaan
sehari – hari. Semakin baik struktur organisasi suatu perusahaan, maka sistem 
operasional akan dapat terlaksana secara lebih terkontrol dan terkoordinasi.

Dengan adanya struktur organisasi tersebut dapat ditetapkan tugas dan tujuan
fungsi kedudukan garis wewenang dari masing – masing fungsi yang ada dalam
perusahaan.

Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa, struktur organisasi PT.
BARUMUN didasarkan pada struktur organisasi garis, yang menggambarkan
tanggung jawab dan wewenang secara vertical namun tetap membina tata
hubungan (Relationship) antar bagian atau personil didalam organisasinya.

* Hal visi dan misi ke depan PT. Barumun

Rencana Kegiatan Perusahaan Untuk saat ini PT. BARUMUN memiliki rencana
kerja jangka pendek dan jangka panjang. Dalam rencana kerja jangka pendek
PT. BARUMUN ingin meluaskan pangsa pasar di Medan dalam memberikan jasa
pelayanan transportasi yang lebih maksimal. Untuk rencana kerja jangka
panjang, PT. BARUMUN menjalankan apa yang menjadi visi perusahaan menjadi
perusahaan swasta yang  besar di Medan dan cemerlang dengan memberikan
kontribusi yang sangat dipercayai oleh konsumen dan masyarakat.

Dalam suatu perusahaan transportasi perkembangan penjualan perlu
dianalisa dan menjadi patokan bahwa keuntungan telah didapat atau tidak
keuntungan yang diharapkan selama ini yang ada pada target dan relisasi
penjualan yang diterapkan oleh perusahaan belum tercapai oleh karena itu
pimpinan perusahaan harus senantias mengetahui perkembangan penjualan
melalui laporan yang diberikan oleh pihak penjual tiket / loket.

Sumber :
http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/29958/4/Chapter%20II.pdf

* Hal Alamat

1. Kantor Pusat

2. Kantor Cabang :
Cabang Medan Jl.SM.Raja No. 48 Km 7,5
Medan Sumatera Utara

Sumber :
https://twitter.com/BusBarumun

* Hal Trayek :

Silahkan menghubungi bos ini :













di link :
http://www.bismania.com/home/showthread.php?t=479&page=17
atau
https://id-id.facebook.com/pages/Bus-PtBarumun/413305288729377
atau
https://twitter.com/BusBarumun

* Hal booking Tiket Lebaran

Untuk anda yang mau pulang kampung. Untuk yang ingin menggunakan
transportasi Bus Barumun, anda dapat membooking fee tiket
keberangkatan mulai dari tanggal 02 September sampai dengan
09 September 2010.  dapat anda pesan mulai dari hari Sabtu,
14 Agustus 2010.

Informasi yang saya dapat baru sampai disini saja, mungkin
selebihnya anda dapat langsung ke loket Bus PT. Barumun Medan.

Berikut kiriman informasi lewat facebook

Dengan ini di Informasikan bahwa Bus PT. BARUMUN Medan,Pemesanan
Tiket Lebaran (Mulai Tanggal 02 - September - 09 September 2010)
di buka Pendaftaran pada hari Sabtu, 14 Agustus 2010.

Pendaftaran wajib menyertakan Panjar. Untuk Pelunasan Terakhir Tiket
Lebaran paling lambat tanggal 01 September 2010. Demikian
disampaikan, atas perhatiannya di ucapkan terima kasih.
Salam hormat Manajemen Bus PT. BARUMUN Medan. (shs09082010)
Posted by Daulay Sibuhuan
______________________________________

Rasa Suka-dukanya supir motor Barumun
______________________________________




Situs dengan alamat :
http://bungraja.blogspot.com/2013/03/sebuah-cerita-tentang-bang-daulay.html
memberikan gambaran tentang rasa sukanya supir PT. Barumun
dengan nomor pintu 85, belia adalah bg. Daulay.

Katanya...!
Ningia...!

"...Bang daulay adalah seorang supir utama bus dengan nomor pintu 85.
adalah salah satu armada barumun paling gaul yang ada,banyak stiker
tampilan muda,karena memang bang daulay menjadi supir utama bus,
atau istilah bismania nya supir satunya,adalah seorang pemuda
yang masih berumur 26 tahun yang sudah menjadi supir satu pada
suatu armada bus.

beliau memulai karir di dunia pengmbaraan bus ketika masih duduk
di bangku sekolah menegah pertama.
ketika itu beliau mempunya target jika nanti teman temannya
wisuda sarjana,maka ia harus sudah menjadi seorang supir satu di
salah satu armada perusahaan bus. dan nyatanya,mimpi dan tekad
yang ia buat tembus dalam lima tahun lebih cepat dari target yang
ia buat.

semua pengalaman menjadi seorang crew bus mulai dari yang pahit
dan yang manis sudah ia rasakan,termasuk membawa pasukan imigrasi
jawa dengan bus als dari jawa ke pulau sumatera.

cerita dulu memang supir dan crew bus itu hidupnya sejahtera,
makmur dan nikmat,berbeda dengan sekarang yang biasa saja,tak
terlalu mewah seperti dulu.

dalam suatu rombongan imigrasi dari jawa,dengan menumpangi bus
yang di crew oleh bang daulay,imigran jawa masuk kedalam satu
bus dengan jumlah kapasitas 3 unit bus menjadi satu bus,bayangkan
betapa padat isi bus tersebut,tapi itulah dia,bang daulay bisa
membuatnya dan menjalankan ambisinya serta memembuat target yang
ia buat bisa di capai dengan waktu singkat.

begitulah,semua banyak pengalaman yang dialami bang daulay banyak
yang membuat inspirasi untuk kita semua,termasuk konsistensi atas
pilihan hidup yang kita pilih. dia membuktikan bahwa keegoisan masa
mudanya dia bisa membuat nya meraih pilihan target hidup yang ia buat.
begitulah sekelumit cerita tentang bang daulay yang menginspirasi
kita untuk hidup dalam idealisme tinggi bisa membaut kita meraih
apa yang kita impikan".

Comentar penulis :

Memanglah "Hidup adalah perjuangan dan salah satu perjungan yang
paling berjuang adalah perjuangannya supir. Beliau bukan saja
berjuang untuk menyelamatkan nyawanya, juga berjuang untuk
menyelamatkan nyawa penumpangnya termasuk untuk menyelamatkan
harta dan nyawa tokenya"

Salam hormat saya untuk para koum yang profesinya jadi Supir,
khususon "Supir motor Barumun".

Sebuah lagu untuk kalian bahwa sebenarnya dibalik rasa duka
jadi supir tersimpan juga rasa suka. Dan rasa suka ini telah
menyebabkan para supir juga beristri pitu arokku.
Arokku doba....hahahaha......

Musik...!



_________________________________________________

Sepak Terjang Motor Pt. Barumun dari masa ke masa 
_________________________________________________

Jika kita menghitung tahun sekarang dikurangi tahun berdirinya
PT. Barumun ini maka dapat kita ketahui 29 tahun sudah sepak
terjangnya dalam dunia transportasi Nasional khsusnya untuk
wilayah Sumatra. Dan waktu ini bukanlah waktu yang singkat.

Macam hal tentu telah dilalui oleh motor Barumun ini, dalam
menjajaki medan-medan sulit khsusnya untuk masuk kewilayah
Tapanuli Selatan Najolo dengan fokus tentunya wilayah Palas
pada saat sekarang ini.

Data dalam bentuk tertulispun, bisa jadi sudah tak sempat
dituliskan pada masa itu, hingga yang tersisa hanyalah photo
kenangan motor Barumun masa lalu yang sesungguhnya juga dapat
memberi banyak cerita pada kita.

Untuk itu, penulis blog akan menganalisa bagaimana photo-
photo kenangan tersebut dapat bercerita lewat penggolongan
dari masa-kemasanya yaitu cerita motor Barumun tahun 85-90-an,
tahun 90-an - 2000-an dan tahun 2000-an ke atas.

* Motor Barumun Thun 80-90-an






























* Motor Barumun Thun 90-an sampai 2000-an


































* Motor Barumun Thun 2000-an ke atas

1. Body

- Depan


































- Samping

































- Belakang





















2. Mesin






















3. Interior























Pendapat sekilas penulis :

Menyimak photo-photo diatas, "Sungguh Motor Barumun ini
untuk sampai pada keadaan sekarang ini, telah melakukan
sesuatu yang luar biasa, dalam mengatasi macam tantangan
dunia trasportasi.

Lewat photo-photo tersebut, "Sungguh banyak cerita yang
tergambar didalamnya, yang mungkin telah menjadi kenangan
bagi para koum yang mungkin jadi penumpang, sitokar atau
supirnya. Tak terkecuali pengalaman dalam mangantar boru.


__________________________________________

Sepak Terbang Motor Pt. Barumun dalam analisa 
(Pendapat penulis)
__________________________________________

Secara umum "Sepak Terbang" tentunya akan sangat cocok digunakan
untuk transportasi pesawat, karena pesawat memang terbang atapun
habang. Karena itu istilah, "Lama Terbangpun" sangat dekat dengan
pewat.

Motor memang tidak terbang tapi mardalan, begitupun motor bisa saja
terbang yang dalam bahasa hita disebut "unjom  atau marbalik".

Terlepas dari perbedaan pesawat dan motor, paling tidak keduanya punya
persamaan dalam hal, jam lama pardalanan dan jumlah tiket yang terjual.

Dalam hubungannya dengan motor PT. Barumun situs dengan alamat :
http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/29958/4/Chapter%20II.pdf

memberikan gambaran mengenai sepak terbang motor ini dalam hal
penjualan tiket di tahun 2006, 2007 dan 2008. Pernyataan kutipan
ini akan coba penulis analisa / berikan pendapat tentang kebenarannya.
Begini katanya :

Dalam suatu perusahaan transportasi perkembangan penjualan perlu
dianalisa dan menjadi patokan bahwa keuntungan telah didapat atau tidak
keuntungan yang diharapkan selama ini yang ada pada target dan relisasi
penjualan yang diterapkan oleh perusahaan belum tercapai oleh karena itu
pimpinan perusahaan harus senantias mengetahui perkembangan penjualan
melalui laporan yang diberikan oleh pihak penjual tiket / loket.

JUMLAH PENJUALAN TIKET

No  TAHUN     JUMLAH PENJUALAN TIKET
1      2006                     2400 TIKET
2      2007                     2450 TIKET
3      2008                     2350 TIKET

Pada tahun 2006 PT. BARUMUN telah memberangkatkan mobil 40 bus
perhari yang satu bulannya sekitar 120 bus, setiap bus yang berangkat
terjual 20 tiket untuk penumpang satu bus sehingga dalam satu tahun
akan di berangkatkan 120 bus penuh tiket perbus dan akhir Desember
PT. BARUMUN menghitung 120x 20 = 2400 tiket yang terjual.

Analisa penulis pertama :

- Sunguh kurang masuk diakal PT. Barumun memberangkatkan 40 bus perhari
  dan satu bulannya menjadi 120 bus. Tapi, kalau 4 bus dan satu bulannya
  menjadi 40 bus cukup logis dengan perhitungan hari 30 dalam sebulan.

- Sungguh kurang masuk di akal setiap bus yang berangkat telah menjual
  20 tiket sehingga dalam satu tahun akan diberangkatkan 120 bus.
  Tapi masuk diakal jika dalam satu bus terjual 20 tiket. Jika dalam
  satu hari berangkat 4 bus maka tiket yang terjual satu harinya 80
  tiket. Jika 80 tiket dalam satu hari ini kita kalikan dengan jumlah
  hari dalam setahun, maka jumlah tiket yang terjual dalam satu tahun
  sebanyak 80 tiket X 360 hari aja = 28.800 tiket.

- Jadi ada selisih perhitungan penulis dengan kutipan sebanyak 28.000
  dikurang 2.400 sama dengan 26.400. Kemanakah perginya tiket yang
  jumlahnya 26.400 lembar ini....?

  Jawab kalianlah...Para pembaca....!

Selanjutnya dikatakan :

Mengenai satu tiket tidak bisa dipatokkan berapa harga tiket tidak
bisa dihitung karena setiap tiket berbeda – beda harganya karena
tempat yang dituju berbeda. Dan dapat disimpulkan bahwa transportasi bus
mendapat keuntungan 5M dikurang biaya – biaya operasionalnya.

Untuk Pimpinan PT. BARUMUN yang dipimpin oleh Ir. Bahrensyah A. Hsb 30% dari
Rp 5M = Rp1.5M dan Rp3.5M dibagi rata pada staf – staf yang ada pada
karyawan PT. BARUMUN. Untuk tahun 2008 keuntungan yang diperoleh mulai
menurun karena telah berkurang dari tahun 2007 ini disebabkan karena adanya
tiket pesawat udara yang jauh lebih murah.

Analisa penulis kedua :

- Betul...! Harga satu tiket tidak bisa dipatok berapa harganya karena
  harga tiket tergantung tempat tujuan. Jika tidak bisa dipatok darimana
  bisa diketahui keuntungan yang 5M tersebut...!

  Jawab kalianlah para pembaca...!

- Bagaimana pula bisa diketahui 30 % dari keuntungan perusahaan akan
  dibagi pada pimpinan dan 3.5 M akan dibagi rata pada staf.... dan
  masih banyak pertanyaan lainnya sehubungan dengan kutipan tersebut.

  Begitupun, penulis akan menyiapkan link sebagai bahan pelajaran
  untuk kita bersama tentang atauran main dalam suatu Perusahaan
  Terbatas hingga kita lebih memahaminya dan terhindar dari gambaran
  "Yang mungkin kurang teliti atau kuranag terperinci" seperti
  kutipan diatas.

  Ini Linknya :
  http://angkolafacebook.blogspot.com/2014/03/macam-transportasi-nasional-yang.html

Dengan demikian perhitungan "Sepak Terbang motor Barumun diatas"
masih perlu dikaji ulang. Dan mungkin benar apa kata boru halak hita,
"Ulang pakaji-kaji hepeng nihalak natarpakaji-kaji hoi. Hepengmuma
kaji gonan" ning oppu adaboru.

Hahahaha...
Salam hangat untuk anda penulis / penghitung keuntungan motor
Barumun dari USU Medan. Dan mohon ijin tulisannya saya kutif di
blog ini.
___________

Penutup
___________

Demikian yang dapat penulis sajikan lewat blog ini, dan semoga
memberi manfaat untuk perluasan pengetahuan kita bersama sekaligus
untuk dapat lebih mencintai apa yang ada di daerah kita masing-masing.

Dan sebagai penutup, penulis ingin berkata :

"Majulah Motor PT. Barumun...! Partisifasimu ditunggu masyarakat
Palas dalam melancarkan dan mensukseskan jalannya pembangunan
dalam bidang jasa, ekonomi, politik, ideoligi, agama,  transportasi dan
holong.

Antarkan juga para naposo nauli bulung Huta palas dalam urusan
mambuat boru dan mangalap borunya. Jadi jugalah matahari Palas
yang mampu tetap mangantar, menerangi para penumpangnya dari
kegelapan hepeng yang selalu kurang untuk ongkos.

Matahari Palas untuk anda...!




Selamat borngin...!

Abang datang boru Hasibuan....!
Tunggu di Sibuhuan...!

Video musik Borhas untuk anda juga...!

BORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANB
BORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANB
BORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANB
BORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANB
BORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANB
BORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANB
BORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANB
BORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANB
BORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANB
BORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANB
BORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANB
BORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANB
BORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANB
BORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANB





BORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANB
BORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANB
BORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANB
BORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANB
BORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANB
BORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANB
BORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANB
BORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANB
BORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANB
BORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANB
BORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANB
BORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANB
BORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANB
BORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANBORUHASIBUANB
_________________________________________________________________
Cat :
Untuk para pemilik photo-photo di atas, penulis mengucapkan
terimakasih. Dan mohon ijin diposting di blog ini. Dan jika
ada yang salah dalam tulisan silahkan dikabari atau
dikomentari (Hita tu hita do on-pen)



PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

No comments:

Post a Comment