Tuesday, April 29, 2014

ALS : Amphicoach amphibious bus (Motor Parlange/darat-Laut)



#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak info sekitar saran Motor Tohuk ALS masa depan 
"Amphicoach amphibious bus ALS" dan melihat manfaatnya untuk 
Provinsi Kepulauan Riau - Indonesia)
______________________________________________________________


_________________

Kata Pengantar
_________________






Para kawan...!

Seperti kita ketahui, tanah Tuhan ini atau "tano ni Tuhanon" yang mana
manusia telah diijinkanNya menempatinya membagi tiga jenis transportasi
secara umum yaitu taransportasi darat, laut dan udara.

Dalam perkembangannya...!

Perkembangan pemikiran manusia yang mungkin telah "lojaan/kecapean"
melihat dan menikmati ketiga jenis trasport tersebut pada akhirnya
ditemukanlah satu ide untuk menciptakan "Transportasi umum" dengan
nama Inggrisnya, "Amphicoach amphibious bus" atau dalam terjemahan
bebas Indonesia, "Bus bisa di darat bisa di air" atau dalam bahasa 
bataknya, "Motor nasongon tohuk/katak" bisa di aek bisa di darat.

Sehubungan dengan hal tersebut timbul tanya-taya dalam diri penulis :
- Cocokkah bus ini di Indnoesia
- Didaerah manakah yang paling cocok bus katak ini di Inonesia
- Bagaimana kalau bus ini diusulkan untuk di miliki PT. ALS
- Dan lain sebagainya-ma tanya-tanya itu songoni.

Khusus untuk ALS :

Karena sifatnya adalah usul, maka penulis mengilustrasikan usul dari
seorang Bere pada tulang Oji-nya sebagai salah satu toke di ALS.

Untuk membikin postingan ini lebih pendek, berikut infonya.

Selamat menyimak...!
____________________________________

Sekilas Amphicoach amphibious bus
____________________________________

* Hal umum

Bis ini merupakan kendaraan ampibi komersial pertama di dunia yang bisa 
dipergunakan untuk mengangkut penumpang, layaknya sebuah bis atau juga 
kapal laut. Namanya Amphicoach amphibious bus. 

* Hal cara menjalankan

Di darat, berjalan di atas empat buah roda, sedangkan ketika berada di air, 
roda tersebut dimasukkan ke dalam lambung bus (seperti kapal) dan 
mengapunglah bis tersebut.

* Hal tempat pembuatan :

Bis yang pertama kali dibuat di Malta, Eropa, ini tergolong bis mewah. 
Tapi tergantung modelnya juga.

* Hal Model 

Ada yang model standar, lux, dan open top.

Sumber :

* Hal Penjualan

Amphibious Vehicles For Sale di seluruh dunia!

* Hal pendanaan

The AmphiCoach GTS-1 adalah pelatih penumpang amfibi yang dirancang oleh 
tim yang dasarnya didanai oleh Scotsman George Smith dan dibangun di Malta. 
Prototipe diuji di Marsaxlokk Bay, Malta.

* Hal Produksi 

Kita sekarang memproduksi tiga model terpisah, 

AmphiCoach GTS-1
Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas

AmphiCoach GTS-1
Sungai-Ride - Budapest.JPG

Pabrikan GS Spesialis Kendaraan
Juga disebut Waterbus
Produksi 2006-sekarang

* Hal Rancangan :

Perancang Independen
Bodi dan sasis
Kelas Amphibious motorcoach
Peron Irisbus
Powertrain

* Hal Mesin :

Mesin Iveco Tector Common Rail Turbo Intercooler diesel 2 / 4 WD
Transmisi Auto dan Manual

* Hal Ukuran

Panjangnya 12 meter
Lebar 2,5 meter

The AmphiCoach GTS-1 adalah pelatih penumpang amfibi yang dirancang oleh 
tim yang dasarnya didanai oleh Scotsman George Smith dan dibangun di Malta. 
Prototipe diuji di Marsaxlokk Bay, Malta. 

Prototipe adalah tangan-dibangun di pulau itu selama periode tiga tahun 
2004-2007 dengan kontribusi yang cukup besar dari para mantan pekerja 
Drydocks Malta yang keterampilan Smith digambarkan sebagai "berharga".

* Hal Harga :

Harga AmphiCoach GTS-1 diatur ke sekitar £ 280.000. Sampai saat ini ada 
satu kendaraan dalam pelayanan, di Budapest , Hongaria. Sebuah kendaraan 
kedua disampaikan ke Belfast . The Amphicoach GTS-1 memiliki sertifikasi 
penuh Uni Eropa.

* Hal info tambahan

Apakah Anda khawatir tentang pemanasan global menyebabkan es di 
kutub mencair dan laut naik? Jika prediksi kiamat dari lingkungan 
menjadi kenyataan, setidaknya Anda masih dapat mengambil tur bus 
melalui jalan-jalan banjir kota-kota pesisir Eropa, berkat AmphiCoach GTS-1.
Ditagih sebagai motorcoach penumpang sepenuhnya amfibi pertama di dunia, 
yang dibangun Malta AmphiCoach GTS-1 masuk ke dalam produksi pada tahun 
ini, setelah tiga tahun desain dan pengembangan. Perusahaan ini telah 
memiliki dua belas pesanan dikonfirmasi, dengan lima puluh pertanyaan 
lain tertunda. The AmphiCoach GTS-1 tersedia dalam kiri atau kanan drive, 
dan sesuai dengan semua kebisingan dan emisi Uni Eropa peraturan yang relevan.
AmphiCoach belum merilis rincian akhir dari versi produksi, namun prototipe 
didasarkan pada chassis Irisbus Italia. Sebuah kulit terluar didesain ulang 
memberikan AmphiCoach stabil, lambung layak laut serta tampilan yang unik di 
jalan, dan mesin diesel common-rail Iveco memberikan kekuatan. Harga telah 
ditetapkan sebesar £ 280.000 di Inggris.
Sumber: 4wheelsnews.com 

________________________________________

Cara Maretong Arga  hepeng pounsterling tu rupiah
________________________________________

Karenahepeng memang tidak stabil nilai tukarnya, maka penulis
memberikan link infonya :


Sebagai gambaran, jika 1 pounsterling 19.000 saja, maka
19.000 rupiah X  280.000 pounsterling  = Alagle...!
_____________________________________

Penampilan Amphicoach amphibious bus
_____________________________________

* Penampilan Luar



Jelas "Motor Tohuk atau motor aek" ini tidak bisa "Mogap/tenggelam".
Dan sepertinya tahan pada ombak-ombak namenek/kecil. Entah pada 
ombak besar, mungkin "Unggal".

* Penampilan dalam :

Fitur-fitur bis ampibi yang bisa menampung 50 orang penumpang ini 
antara lain adalah:

* Perlengkapan standar layar LCD, pemutar DVD, bagasi, toilet, AC 
dan penghangat ruangan.
* ABS ventilated disc brakes, perlengkapan elektrik dan elektronik canggih.
* Sistem navigasi lengkap antara lain reversing camera untuk penglihatan ke 
segala arah, sistem komunikasi pilot real time, lampu navigasi, dan pendeteksi 
kedalaman perairan.
* GPS sesuai permintaan, bahkan bisa dilengkapi dengan AutoPilot. Wow…!
* Perlengkapan keselamatan lengkap seperti medical kit, jaket pelampung, 
bahkan sekoci.
* Kualitas mesin sesuai standar Euro 5 bertenaga jet.
* Lambung dan bodi menggunakan bahan 6mm Marine Grade Aluminium (standar 
angkatan laut) yang ringan namun kuat, anti karat, dan tidak bakal bocor.
* Laju kecepatan bisa mencapai 20 knot di atas air dan 70 mph di darat.
__________________________________________________________

Bus Katak dan Kebutuhan Nusantara/Indonesia di mata penulis
__________________________________________________________

Menurut hemat penulis pada saat tulisan ini dituliskan, penulis
ingin menulis bahwa,"Tulisan ini dibutuhkan...!" Titik dua (:) :

1. Privinsi Riau Kepulauan






Jelas dari sekian banyak provinsi yang ada di Nusantara ini, kalau tidak
ada yang salah hitung di dunia maya ini jumlahnya mencapai....
maka Riau inilah yang paling membutuhkan bus katak ini.

Dari hasil komunikasi penulis dengan para adik penulis yang tinggal di 
Kep. Riau antara lain di Lingga, Kundur, Batam dan Pakan Baru maka
penulis punya gambaran mereka sering mengalami hambatan dalam urusan
silaturrahmi karena tidak adanya Kapal yang mengantar setiap saat
pada setiap pulau. Dan tak jarang untuk sampai kesuatu pulau mereka
harus menginap di stasiun-stasiun pemberangkatan.

Begitu juga dengan para anak sekolah, para guru dan pekerja lainnya
cukup banyak yang mengalami kesulitan karena keterbatasan transportasi
yang bukan saja di darat, tapi juga di laut.

Dengan adaya, "Bus Katak" ini, maka penulis berpikir, "Ini adalah
solusinya". Begitupun semua ini sangat tergantung realisasinya pada 
Pemda Kep.Riau.

2. Bus-bus antar Pulau Sumatra dan Jawa



Dari hasil pengalaman pun cerita dan berita dari macam orang dan media
bahwa, pada saat hari-hari besar sering terjadi antrian panjang di
wilayah Merak atau Bakauni. Dan tak jarang hingga menunda perjalanan
1 hari untuk sampai ketempat tujuan. 

Alasan umum yang sering terdengar pada kejadian ini adalah "Keterbatasan
kapal penyeberang". Dengan adanya "Bus Katak" ini, maka penulis berpikir
"Ini adalah salah satu pilihan solusinya". Apakah pihak pelabuhan yang
harus menyediakan atau perusahaan-perusahaan transportasi darat.

Begitupun penulis berpikir juga :

"Jembatan penghubung pulau Jawa dan Sumatra sudah bagaimana 
ceritanya...?". Apakah sudah tidak jadi cerita...! Karena hepeng
penyelesaiannya sudah madabu tu laut alias littop....???.

Akh...hhhh....hhhh...!

Mudah-mudahan tidak ada pula "Pejabat Negara" ini yang akan mengajukan 
usul pada masa mendatang untuk memiliki "Bus Katak Nusantara" sebagai 
saluran APBN untuk di littopkan/di korupsi'.

Jika ini terjadi, "Maka usaha untuk memudahkan masyarakat manyiborang
atau taripar dari pulau Sumatra ke Pula Jawa hanyalah angan-angan".

______________________________________________________________

Spesialis urusan "Bere Anak Medan" dengan "Tulang Ini Medan Bung"
dalam hubungannya dengan Motor ALS (Antar Lintas Sumatra)
______________________________________________________________

Alkisah...!

Kisahpun dikisahkan setelah seorang "Bere" parjalang mengetahui
info mengenai "Motor Tohuk Ini". Bere tersebut yang memang punya Tulang
seorang toke "ALS" dan telah memiliki motor ALS sebanyak 17 berkata
pada Tulang Oji Token-nya :


















________________________________________________________________

Video Ilustrasi animasi (Rancangan Gambaran) dari seorang Bere pada
Tulangnya jika ALS telah menjadi motor amphibi/kataK/tohuk sebelum 
memutuskan dibeli atau tidak "Amphicoach amphibious bus ALS"
_______________________________________________________________












__________

Penutup
__________

Para kawan...!

Demikian infonya, "Dan sesugguhnya tak ada yang terlalu serius dalam
postingan ini, kecuali para pembaca membikinnya serius". Kalau mau
dibikin serius, "Jerius pun jadilah...!"

Salam hormat tu management ALS ba...!

Selamat borngin...!
_____________________________________________________________________
Cat :


No comments:

Post a Comment