#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak info sekitar Kapal Laut dalam hubungannya dengan sejarah,
jenis dan kapal yang paling terkenal)
_________________________________________________________________
_______________
Kata Pengantar
_______________
Postingan ini adalah pendalaman dari "Sejarah Belabuhan Belawan" yang
telah penulis postinf di blog ini lewat alamat :
http://angkolafacebook.blogspot.com/2014/06/kelaut-aja-melihat-pelabuhan-deli.html
Yang utama mau penulis sampaikan lewat postingan ini adalah sejarah
kapal laut itu sendiri sejak adanya atau sejak disebut sebagai rakit
atau kano yang hanya berpenumpang 1 atau 2 orang sampai disebut
kapal pesiar yang dapat berpenumpang sampai 4.370 orang.
Ini tentunya menarik karena erat hubungannya dengan sebutan-sebutan
umum pada benda-benda permukaan air sungai atau laut. Sebutan-
sebutan tersebut secara umum bukanlah disepakati secara Internasional
atau nasional, tapi disepakati berdasarkan sebutan masyarakat kelompok
setempat. Artinya bisa saja orang menyebut perahu adalah kapal, rakit
adalah sampan, atau mungkin biduk atau kano, dll.
Selamat menyimak...!
Oya...!
Postingan ini juga di temani macam video musik Melayu Cha-Cha dengan
macam photo dari Pelabuhan Belawan dengan dukungan judul aksara batak
yang dimaksudkan untuk dikenalkan pada pembaca yang bukan orang batak,
khsusnya orang Melayu hingga mereka bisa tahu dan berkata, "Orang Batak
itu juga punya aksara rupanya".
Berikut video musik pertamanya :
Layang...layang selayang pandang
hati di dalam rasa bergoncang
.................................
_______________________________________________________________
Sekilas Mengenai macam sebutan pada benda-benda Laut atau alat
atau transportasi sungai dan Laut
_______________________________________________________________
Sebelum mengurai sejarahnya ada baiknya kita terlebih dahulu
mengetahui macam sebutan benda-benda permukaan laut atau transportasi
laut, karena dengan mengetahuan ini akan lebih mudah mendapatkan
gambaran bagaimana sejarah kapal tersebut.
* Hal macam sebutan pada benda-benda permukaan laut
atau trasportasi laut secara umum
1. Rakit
Rakit adalah benda sederhana atau alat sederhana atau trasportasi
sederhana yang dibuat manusia untuk dapat mengapung di permukaan
air sungai atau laut.
2. Kano :
Kano adalah benda sederhana atau alat sederhana atau trasportasi
sederhana yang dibuat manusia untuk dapat mengapung di permukaan
air sungai atau laut. Bentuknya sudah lebih sempurna dibandingkan
rakit
3. Sampan
Sampan adalah benda sederhana atau alat sederhana atau trasportasi
sederhana yang dibuat manusia untuk dapat mengapung di permukaan
air sungai atau laut.
4. Perahu
Adalah benda, alat atau trnasportasi yang lebih sempurna dari rakit
dan sampan serta memiliki ukuran yang besar, sehingga rakit dan
sampan tersebut muat didalamnya.
5. Kapal
Adalah benda, alat atau trnasportasi yang sudah cukup sempurna hingga
rakit,l sampan dan perahupun bisa masuk didalamnya, termasuk ratusan
orang manusia.
_____________________________________
Sekilas Sejarah Kapal
_____________________________________
Mengacu pada gambaran uraian diatas, maka penulis punya gambaran
sejarah kapal sbb :
1. Pada awalnya diperkirakan di jaman Neolitikum, sekitar 10.000 tahun
yang lalu manusia telah menciptakan apa yang namanya rakit atau kano
pada jaman sekarang ini.
2. Mereka pertamakalinya membuatnya dari batang pohon coniferous dengan
dengan peralatan batu sederhana sebagai alat membuat rakit atau kano
tersebut.
3. Tuan pembuatan pada masa itu adalah untuk kemudahan dalam berburu
disungai-sungai.
4. Karena mamfaat dan kegunaan rakit tersebut telah mereka rasakan
maka selanjutnya manusiapun mengembangkan ide atau pemikirannya
hingga membuat rakit yang lebih besar, yang dengan sendirinya
hasil buruan mereka atau tangkapannya juga dapat dimuat lebih
banyak.
5. Karena kebutuhan dan perbedaannya maka lama kelamaan manusia
itupun membedakannya hingga yang lebih besar dari rakit tersebut
disebut sampan.
6. Sampan kemudian berkembang, macam solusi mengatasi persoalan
hiduppun di idekan manusia hingga kemudian timbul apa yang di
namakan dengan perahu.
7. Perahupun terus berkembag, macam teknologipun ditemukan yang
semuanya diseuaikan dengan kebutuhan manusia, hingga manusiapun
menyebut sesuatu yag lebih sempurna dari perahu ini sebagai kapal.
8. Kapalpun terus berkembang, hingga yang paling modernnya harus
kita sebut dengan kapal pesiar.
Terhadap 8 point kesimpulan sejarah adanya kapal, wikipedia lewat
alamat :
http://id.wikipedia.org/wiki/Kapal
mengatakan :
Sejarah kapal sejalan dengan petualangan manusia. Perahu yang dikenal
pertama kali dikenal pada masa Neolitikum, sekitar 10.000 tahun yang
lalu. Kapal-kapal awal ini memiliki fungsi yang terbatas: mereka dapat
bergerak di atas air, tapi hanya itu. Terutama digunakan untuk berburu
dan memancing. Kano tertua yang ditemukan arkeolog sering dibuat dari
batang pohon coniferous, menggunakan peralatan batu sederhana.
Kapal, adalah kendaraan pengangkut penumpang dan barang di laut
(sungai dsb) seperti halnya sampan atau perahu yang lebih kecil.
Kapal biasanya cukup besar untuk membawa perahu kecil seperti sekoci.
Sedangkan dalam istilah inggris, dipisahkan antara ship yang lebih
besar dan boat yang lebih kecil. Secara kebiasaannya kapal dapat
membawa perahu tetapi perahu tidak dapat membawa kapal.
Ukuran sebenarnya dimana sebuah perahu disebut kapal selalu ditetapkan
oleh undang-undang dan peraturan atau kebiasaan setempat.
Berabad-abad kapal digunakan oleh manusia untuk mengarungi sungai
atau lautan yang diawali oleh penemuan perahu. Biasanya manusia
pada masa lampau menggunakan kano, rakit ataupun perahu, semakin
besar kebutuhan akan daya muat maka dibuatlah perahu atau rakit yang
berukuran lebih besar yang dinamakan kapal.
Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan kapal pada masa lampau
menggunakan kayu, bambu ataupun batang-batang papirus seperti yang
digunakan bangsa mesir kuno kemudian digunakan bahan bahan logam
seperti besi/baja karena kebutuhan manusia akan kapal yang kuat.
Untuk penggeraknya manusia pada awalnya menggunakan dayung kemudian
angin dengan bantuan layar, mesin uap setelah muncul revolusi Industri
dan mesin diesel serta Nuklir.
Beberapa penelitian memunculkan kapal bermesin yang berjalan mengambang
di atas air seperti Hovercraft dan Eakroplane. Serta kapal yang
digunakan di dasar lautan yakni kapal selam.
Berabad abad kapal digunakan untuk mengangkut penumpang dan barang sampai
akhirnya pada awal abad ke-20 ditemukan pesawat terbang yang mampu
mengangkut barang dan penumpang dalam waktu singkat maka kapal pun
mendapat saingan berat.
Namun untuk kapal masih memiliki keunggulan yakni mampu mengangkut
barang dengan tonase yang lebih besar sehingga lebih banyak didominasi
kapal niaga dan tanker sedangkan kapal penumpang banyak dialihkan
menjadi kapal pesiar seperti Queen Elizabeth dan Awani Dream.
_______________________________
Bagian-bagian utama kapal
________________________________
1: Smokestack atau Cerobong;
2: Buritan;
3: Propeler dan Kemudi;
4: Portside (sebelah kanan dikenal dengan nama starboard);
5: Jangkar;
6: Bulbous bow;
7: Haluan;
8: Geladak;
9: Anjungan
Untuk menentukan arah, pada masa lalu kapal berlayar tidak jauh
dari benua atau daratan. Namun sesuai dengan perkembangan akhirnya
para awak kapal menggunakan bintang sebagai alat bantu navigasi
dengan alat bantu berupa kompas dan astrolabe serta peta.
Ditemukannya jam pasir oleh orang-orang Arab juga ikut membantu
navigasi ditambah dengan penemuan jam oleh John Harrison pada
abad ke-17.
Penemuan telegraf oleh S.F.B Morse dan radio oleh C.
terlebih lebih penggunaan radar dan sonar yang ditemukan pada abad
ke 20 membuat peranan navigator agak tergeser.
Satuan kecepatan kapal dihitung dengan knot dimana
1 knot = 1,85200 km/jam.
Menjelang akhir abad ke-20, navigasi sangat dipermudah oleh GPS,
yang memiliki ketelitian sangat tinggi dengan bantuan satelit.
Selain dari itu system komunikasi yang sangat modern juga
menunjang navigasi dengan adanya beberapa macam peralatan
seperti radar type Harpa memungkinkan para navigator / Mualim
bisa melihat langsung keadaan kondisi laut.
Radar harpa ini adalah radar modern yang bisa mendeteksi langsung
jarak antara kapal dgn kapal, kapal dengan daratan , kapal dengan
daerah berbahaya, kecepatan kapal, kecepatan angin, dan mempunyai
daya akurasi gambar yang jelas.
Selain dari itu ada lagi system GMDSS (Global Maritime Distress
safety system) Suatu system keselamatan pelayaran secara global.
Kalau suatu kapal berada dalam kondisi berbahaya system ini akan
memancarkan berita bahaya yang berisi posisi kapal, nama kapal,
jenis marabahaya,tersebut secara otomatis, cepat, tepat , akurat.
Untuk system komunikasi lainnya ada INMARSAT (International Maritime
satelite) Suatu system pengiriman berita menggunakan E-Mail,
Telephone, Telex, ataupun Faximile.
_______________________
Jenis-jenis kapal
_______________________
Kapal sulit untuk diklasifikasikan, terutama karena banyak sekali
kriteria yang menjadi dasar klasifikasi dalam sistem yang ada seperti:
* Berdasarkan tenaga penggerak
Kapal bertenaga manusia (Pendayung)
Kapal layar
Kapal uap
Kapal diesel atau Kapal motor
Kapal nuklir
Berdasarkan jenis pelayarannya
Kapal permukaan
Kapal selam
Kapal mengambang
Kapal bantalan udara
* Berdasarkan fungsinya
Kapal Perang
Kapal penumpang
Kapal barang
Kapal tanker
Kapal feri
Kapal pemecah es
Kapal tunda
Kapal pandu
Tongkang
Kapal tender
Kapal Ro-Ro
Kapal dingin beku
Kapal keruk
Kapal peti kemas / Kapal kontainer
Kapal pukat harimau
http://id.wikipedia.org/wiki/Kapal
* Daftar kapal yang pernah sangat terkenal pada zamannya
1819 SS Savannah
1831 SS Royal William
1838 SS Great Western
1840 SS President
1845 SS Great Britain
1857 SS Adriatic
1858 SS Great Eastern
1867 RMS Republic (after loss of Great Eastern)
1871 RMS Egypt
1875 SS City of Berlin
1881 SS Servia
1881 SS City of Rome
1893 RMS Lucania
1897 SS Kaiser Wilhelm der Große
1899 RMS Oceanic
1905 RMS Baltic
1906 SS Kaiserin Auguste Victoria
1907 RMS Lusitania
1912 RMS Titanic
1912 RMS Olympic (after loss of Titanic and refit)
1913 SS Imperator
1914 SS Vaterland
1914 SS Bismarck
1922 RMS Majestic (ex Bismarck)
1935 SS Normandie
1940 RMS Queen Elizabeth
1971 SS Seawise University (ex Queen Elizabeth)
1972 SS Perancis (after loss of Normandie (1942), Queen Mary (1967)
1984 SS Norwegia (ex Perancis)
1990. SS Norwegia (after reconstruction)
1996. MS Carnival Destiny
1997. MS Grand Princess
2004. RMS Queen Mary 2
2006. MS Freedom of the Seas
2007. MS Liberty of the Seas and MS Freedom of the Seas
2008. MS Independence of the Seas
___________
Penutup
___________
Demikian infonya para kawan, semoga dapat menambah perluasan wawasan
kita seputar perkapalan dalam hubungannya dengan Nusantara atau
dunia.
Oya...!
Apakah pembaca punya pertanyaan...?
jika punya maka :
Jangan engkau selalu bertanya
jika sudah mengerti makna
kau pura-pura tiada mengerti
Musik...!
dan selamat malam...!
__________________________________________
Cat :
(Menyimak info sekitar Kapal Laut dalam hubungannya dengan sejarah,
jenis dan kapal yang paling terkenal)
_________________________________________________________________
_______________
Kata Pengantar
_______________
Postingan ini adalah pendalaman dari "Sejarah Belabuhan Belawan" yang
telah penulis postinf di blog ini lewat alamat :
http://angkolafacebook.blogspot.com/2014/06/kelaut-aja-melihat-pelabuhan-deli.html
Yang utama mau penulis sampaikan lewat postingan ini adalah sejarah
kapal laut itu sendiri sejak adanya atau sejak disebut sebagai rakit
atau kano yang hanya berpenumpang 1 atau 2 orang sampai disebut
kapal pesiar yang dapat berpenumpang sampai 4.370 orang.
Ini tentunya menarik karena erat hubungannya dengan sebutan-sebutan
umum pada benda-benda permukaan air sungai atau laut. Sebutan-
sebutan tersebut secara umum bukanlah disepakati secara Internasional
atau nasional, tapi disepakati berdasarkan sebutan masyarakat kelompok
setempat. Artinya bisa saja orang menyebut perahu adalah kapal, rakit
adalah sampan, atau mungkin biduk atau kano, dll.
Selamat menyimak...!
Oya...!
Postingan ini juga di temani macam video musik Melayu Cha-Cha dengan
macam photo dari Pelabuhan Belawan dengan dukungan judul aksara batak
yang dimaksudkan untuk dikenalkan pada pembaca yang bukan orang batak,
khsusnya orang Melayu hingga mereka bisa tahu dan berkata, "Orang Batak
itu juga punya aksara rupanya".
Berikut video musik pertamanya :
Layang...layang selayang pandang
hati di dalam rasa bergoncang
.................................
_______________________________________________________________
Sekilas Mengenai macam sebutan pada benda-benda Laut atau alat
atau transportasi sungai dan Laut
_______________________________________________________________
Sebelum mengurai sejarahnya ada baiknya kita terlebih dahulu
mengetahui macam sebutan benda-benda permukaan laut atau transportasi
laut, karena dengan mengetahuan ini akan lebih mudah mendapatkan
gambaran bagaimana sejarah kapal tersebut.
* Hal macam sebutan pada benda-benda permukaan laut
atau trasportasi laut secara umum
1. Rakit
sederhana yang dibuat manusia untuk dapat mengapung di permukaan
air sungai atau laut.
2. Kano :
Kano adalah benda sederhana atau alat sederhana atau trasportasi
sederhana yang dibuat manusia untuk dapat mengapung di permukaan
air sungai atau laut. Bentuknya sudah lebih sempurna dibandingkan
rakit
3. Sampan
Sampan adalah benda sederhana atau alat sederhana atau trasportasi
sederhana yang dibuat manusia untuk dapat mengapung di permukaan
air sungai atau laut.
4. Perahu
Adalah benda, alat atau trnasportasi yang lebih sempurna dari rakit
dan sampan serta memiliki ukuran yang besar, sehingga rakit dan
sampan tersebut muat didalamnya.
5. Kapal
Adalah benda, alat atau trnasportasi yang sudah cukup sempurna hingga
rakit,l sampan dan perahupun bisa masuk didalamnya, termasuk ratusan
orang manusia.
_____________________________________
Sekilas Sejarah Kapal
_____________________________________
Mengacu pada gambaran uraian diatas, maka penulis punya gambaran
sejarah kapal sbb :
1. Pada awalnya diperkirakan di jaman Neolitikum, sekitar 10.000 tahun
yang lalu manusia telah menciptakan apa yang namanya rakit atau kano
pada jaman sekarang ini.
2. Mereka pertamakalinya membuatnya dari batang pohon coniferous dengan
dengan peralatan batu sederhana sebagai alat membuat rakit atau kano
tersebut.
3. Tuan pembuatan pada masa itu adalah untuk kemudahan dalam berburu
disungai-sungai.
4. Karena mamfaat dan kegunaan rakit tersebut telah mereka rasakan
maka selanjutnya manusiapun mengembangkan ide atau pemikirannya
hingga membuat rakit yang lebih besar, yang dengan sendirinya
hasil buruan mereka atau tangkapannya juga dapat dimuat lebih
banyak.
5. Karena kebutuhan dan perbedaannya maka lama kelamaan manusia
itupun membedakannya hingga yang lebih besar dari rakit tersebut
disebut sampan.
6. Sampan kemudian berkembang, macam solusi mengatasi persoalan
hiduppun di idekan manusia hingga kemudian timbul apa yang di
namakan dengan perahu.
7. Perahupun terus berkembag, macam teknologipun ditemukan yang
semuanya diseuaikan dengan kebutuhan manusia, hingga manusiapun
menyebut sesuatu yag lebih sempurna dari perahu ini sebagai kapal.
8. Kapalpun terus berkembang, hingga yang paling modernnya harus
kita sebut dengan kapal pesiar.
Terhadap 8 point kesimpulan sejarah adanya kapal, wikipedia lewat
alamat :
http://id.wikipedia.org/wiki/Kapal
mengatakan :
Sejarah kapal sejalan dengan petualangan manusia. Perahu yang dikenal
pertama kali dikenal pada masa Neolitikum, sekitar 10.000 tahun yang
lalu. Kapal-kapal awal ini memiliki fungsi yang terbatas: mereka dapat
bergerak di atas air, tapi hanya itu. Terutama digunakan untuk berburu
dan memancing. Kano tertua yang ditemukan arkeolog sering dibuat dari
batang pohon coniferous, menggunakan peralatan batu sederhana.
Kapal, adalah kendaraan pengangkut penumpang dan barang di laut
(sungai dsb) seperti halnya sampan atau perahu yang lebih kecil.
Kapal biasanya cukup besar untuk membawa perahu kecil seperti sekoci.
Sedangkan dalam istilah inggris, dipisahkan antara ship yang lebih
besar dan boat yang lebih kecil. Secara kebiasaannya kapal dapat
membawa perahu tetapi perahu tidak dapat membawa kapal.
Ukuran sebenarnya dimana sebuah perahu disebut kapal selalu ditetapkan
oleh undang-undang dan peraturan atau kebiasaan setempat.
Berabad-abad kapal digunakan oleh manusia untuk mengarungi sungai
atau lautan yang diawali oleh penemuan perahu. Biasanya manusia
pada masa lampau menggunakan kano, rakit ataupun perahu, semakin
besar kebutuhan akan daya muat maka dibuatlah perahu atau rakit yang
berukuran lebih besar yang dinamakan kapal.
Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan kapal pada masa lampau
menggunakan kayu, bambu ataupun batang-batang papirus seperti yang
digunakan bangsa mesir kuno kemudian digunakan bahan bahan logam
seperti besi/baja karena kebutuhan manusia akan kapal yang kuat.
Untuk penggeraknya manusia pada awalnya menggunakan dayung kemudian
angin dengan bantuan layar, mesin uap setelah muncul revolusi Industri
dan mesin diesel serta Nuklir.
Beberapa penelitian memunculkan kapal bermesin yang berjalan mengambang
di atas air seperti Hovercraft dan Eakroplane. Serta kapal yang
digunakan di dasar lautan yakni kapal selam.
Berabad abad kapal digunakan untuk mengangkut penumpang dan barang sampai
akhirnya pada awal abad ke-20 ditemukan pesawat terbang yang mampu
mengangkut barang dan penumpang dalam waktu singkat maka kapal pun
mendapat saingan berat.
Namun untuk kapal masih memiliki keunggulan yakni mampu mengangkut
barang dengan tonase yang lebih besar sehingga lebih banyak didominasi
kapal niaga dan tanker sedangkan kapal penumpang banyak dialihkan
menjadi kapal pesiar seperti Queen Elizabeth dan Awani Dream.
_______________________________
Bagian-bagian utama kapal
________________________________
1: Smokestack atau Cerobong;
2: Buritan;
3: Propeler dan Kemudi;
4: Portside (sebelah kanan dikenal dengan nama starboard);
5: Jangkar;
6: Bulbous bow;
7: Haluan;
8: Geladak;
9: Anjungan
Untuk menentukan arah, pada masa lalu kapal berlayar tidak jauh
dari benua atau daratan. Namun sesuai dengan perkembangan akhirnya
para awak kapal menggunakan bintang sebagai alat bantu navigasi
dengan alat bantu berupa kompas dan astrolabe serta peta.
Ditemukannya jam pasir oleh orang-orang Arab juga ikut membantu
navigasi ditambah dengan penemuan jam oleh John Harrison pada
abad ke-17.
Penemuan telegraf oleh S.F.B Morse dan radio oleh C.
terlebih lebih penggunaan radar dan sonar yang ditemukan pada abad
ke 20 membuat peranan navigator agak tergeser.
Satuan kecepatan kapal dihitung dengan knot dimana
1 knot = 1,85200 km/jam.
Menjelang akhir abad ke-20, navigasi sangat dipermudah oleh GPS,
yang memiliki ketelitian sangat tinggi dengan bantuan satelit.
Selain dari itu system komunikasi yang sangat modern juga
menunjang navigasi dengan adanya beberapa macam peralatan
seperti radar type Harpa memungkinkan para navigator / Mualim
bisa melihat langsung keadaan kondisi laut.
Radar harpa ini adalah radar modern yang bisa mendeteksi langsung
jarak antara kapal dgn kapal, kapal dengan daratan , kapal dengan
daerah berbahaya, kecepatan kapal, kecepatan angin, dan mempunyai
daya akurasi gambar yang jelas.
Selain dari itu ada lagi system GMDSS (Global Maritime Distress
safety system) Suatu system keselamatan pelayaran secara global.
Kalau suatu kapal berada dalam kondisi berbahaya system ini akan
memancarkan berita bahaya yang berisi posisi kapal, nama kapal,
jenis marabahaya,tersebut secara otomatis, cepat, tepat , akurat.
Untuk system komunikasi lainnya ada INMARSAT (International Maritime
satelite) Suatu system pengiriman berita menggunakan E-Mail,
Telephone, Telex, ataupun Faximile.
_______________________
Jenis-jenis kapal
_______________________
Kapal sulit untuk diklasifikasikan, terutama karena banyak sekali
kriteria yang menjadi dasar klasifikasi dalam sistem yang ada seperti:
* Berdasarkan tenaga penggerak
Kapal bertenaga manusia (Pendayung)
Kapal layar
Kapal uap
Kapal diesel atau Kapal motor
Kapal nuklir
Berdasarkan jenis pelayarannya
Kapal permukaan
Kapal selam
Kapal mengambang
Kapal bantalan udara
* Berdasarkan fungsinya
Kapal Perang
Kapal penumpang
Kapal barang
Kapal tanker
Kapal feri
Kapal pemecah es
Kapal tunda
Kapal pandu
Tongkang
Kapal tender
Kapal Ro-Ro
Kapal dingin beku
Kapal keruk
Kapal peti kemas / Kapal kontainer
Kapal pukat harimau
http://id.wikipedia.org/wiki/Kapal
* Daftar kapal yang pernah sangat terkenal pada zamannya
1819 SS Savannah
1831 SS Royal William
1838 SS Great Western
1840 SS President
1845 SS Great Britain
1857 SS Adriatic
1858 SS Great Eastern
1867 RMS Republic (after loss of Great Eastern)
1871 RMS Egypt
1875 SS City of Berlin
1881 SS Servia
1881 SS City of Rome
1893 RMS Lucania
1897 SS Kaiser Wilhelm der Große
1899 RMS Oceanic
1905 RMS Baltic
1906 SS Kaiserin Auguste Victoria
1907 RMS Lusitania
1912 RMS Titanic
1912 RMS Olympic (after loss of Titanic and refit)
1913 SS Imperator
1914 SS Vaterland
1914 SS Bismarck
1922 RMS Majestic (ex Bismarck)
1935 SS Normandie
1940 RMS Queen Elizabeth
1971 SS Seawise University (ex Queen Elizabeth)
1972 SS Perancis (after loss of Normandie (1942), Queen Mary (1967)
1984 SS Norwegia (ex Perancis)
1990. SS Norwegia (after reconstruction)
1996. MS Carnival Destiny
1997. MS Grand Princess
2004. RMS Queen Mary 2
2006. MS Freedom of the Seas
2007. MS Liberty of the Seas and MS Freedom of the Seas
2008. MS Independence of the Seas
___________
Penutup
___________
Demikian infonya para kawan, semoga dapat menambah perluasan wawasan
kita seputar perkapalan dalam hubungannya dengan Nusantara atau
dunia.
Oya...!
Apakah pembaca punya pertanyaan...?
jika punya maka :
Jangan engkau selalu bertanya
jika sudah mengerti makna
kau pura-pura tiada mengerti
Musik...!
dan selamat malam...!
__________________________________________
Cat :
No comments:
Post a Comment