Wednesday, August 20, 2014

RINDU (Lungun) ; Apa, mengapa, Jenis, Obat, Gelisah dan Solusi


#SELAMAT MALAM PARA NAPOSO 
NAULI BULUNG TANAH ANGKOLA#
(Menyimak info sekitar masalah-masalah kerinduan)
_________________________________________________________










_______________

Kata Pengantar
_______________

Lewat link :
http://angkolafacebook.blogspot.com/2014/01/bunu-diri-mate-di-sumatra-utara-dalam.html
penulis pernah mengurai tentang "Terjadinya peningkatan kasus
bunu diri khsusnya ditingkat remaja untuk wilayah Sumatra Utara.
Alasanya sungguh sepele bagi orang yang suka menyepelekan karena
yaitu masalah cinta yang dengan sendirinya tak lepas pula dengan
masalah-masalah kerinduan.

Ya...Masalah kerinduan...!"

"Masalah kerinduan...!" adalah masalahnya para kawan khsusnya
para naposo nauli bulung ni tano batak.

Dan masalah ini pula yang menjadi isi dari postingan ini dengan
segala maca seluk beluknya pun segala macam liku-likunya.

Kiranya dengan mengetahui segala macam problema yang berhubungan
dengan kerinduan ini, dapat menuntun para naposo nauli bulung
untuk apat lebih bijak dalam menanganinya.

hinga terhindar dari :

Stres, patah hati, minum-minuman keras, durhaka pada orang tua,
menyesali hidup dan segala macamnya yang seungguhnya menjadi
larangan budaya, adat dan agama.

Para pagar ni huta...!

Tetaplah di tempat dan selamat menyimak...!
________________________________________________________

Pengertian Rindu dalam hubungannya degan postingan
________________________________________________________

Sebelum penulis mengartikannya mari sama kita nikmati video
musik dengan judul "Rindu" dari Iis Dahlia berikut ini :

video






1. 1 sangat ingin dan berharap benar thd sesuatu: ia --
akan kemerdekaan; 2 memiliki keinginan yg kuat untuk bertemu
(hendak pulang ke kampung halaman) : ia -- benar kpd anak-istrinya;
-- jadi batasnya maka manis tak jadi cuka, pb jangan terlalu mesra
bergaul dng seseorang sebab pergaulan spt itu kerap kali
menimbulkan dendam kesumat;
-- dendam sangat berahi; menaruh cintakasih (kpd): --
dendam yg telah sekian lama terpendam dl hati; -- rawan rindu
dendam;
me·rin·du v 1 menjadi rindu; menanggung rindu: kelakuannya spt
orang sedang ~; 2 bernyanyi krn rindu;
me·rin·du·kan v 1 sangat menginginkan dan mengharapkan (hendak
bertemu): dia ~ kekasihnya; 2 menaruh cinta kpd; 3 membangkitkan
rasa rindu: nyanyian yg merawankan dan ~ hati;
rin·du·an n sesuatu yg dirindukan;
pe·rin·du n 1 buluh yg tipis, biasa digunakan untuk suling;
2 pekasih; guna-guna;
ke·rin·du·an n perihal rindu; keinginan dan harapan (akan bertemu)

Demikian arti kata.com mengartikan rindu lewat link :
http://artikata.com/arti-347983-rindu.html

Dalam hubungannya dengan postingan ini maka yang dimaksud
dengan rindu adalah adanya harapan atau keinginan yang kuat
dari seorang individu kepada individu lainnya dalam hubungannya
dengan pergaulan muda mudi atau naposo nauli bulung pada
penerapan kasih sayang atau holong.
________________________________________________________

Rindu sebagai bagian dari hidup manusia dan merupakan
karunia Allah Swt
________________________________________________________

Seluruh panca indera yang ada di diri kita mempunyai tugas khusus
dalam menimbulkan perasaan rindu dan cinta itu bersamaan, mata,dengan
melihat sekeliling kita yang indah dan megah membuatkita ingin
berjumpa dengan Allah,telinga dapat mendengar kalimat2 Allah
dibacakan dan suara azan berkumandang membuat suasana hati kita
senang dan damai, hidung dapat mencium bau2 yang harum yang kita
halal menciumnya semisal harum bunga2,lidah merasakan nikmatnya
makanan dan bibir bisa mengeluarkan kata2 yang lemah lembut.

Semua itu kalau kita yakini dan kita sadari dengan suatu rasa syukur
yang tiada habis2nya maka akan terus rindu dan cinta itu bertambah
semakin hari semakin bertambah dengan semakin dekatnya kita Allah
dengan amalan2 sholat dan amalan lain,seolah hijab itu terbuka.

Dapat di garis bawahi bahwa rindu dan cinta datangnya beriringan,
dan tidak dapat di artikan begitu saja kecuali sebagai satu
kecendrungan atau kesenangan terhadap sesuatu yang di ketahui dan
dapat memberi kenikmatan,dalam tulisan ini yang di maksud adalah
Allah,kita tahu Allah itu ada dan kita senang dengan perintah2 nya
dan menikmati seluruh nikmat yang di turunkan.
Untuk itu dapatlah dikatakan hanya orang2 yang tidak mau
pindah dari tingkat kebinatangan nya yang menolak keberadaan
rindu dan cinta kepada Allah,sebab mereka tidak mau melampaui
batas panca indranya.

Satu hal lagi yang perlu di pahami disamping panca indera yang
bisa membuahakan rindu dan cinta tak kalah pentingnya adalah hati.

Indera yang lima dimiliki baik oleh manusia maupun binatang. Dan
apabila rindu dan cinta itu hanya sebatas panca indera maka akan
timbul satu pertanyaan mungkinkan Allah swt dicintai ? sementara
Allah tidak dapat di kenal lewat panca indera dan tidak juga dalam
satu khayalan laksana seorang jejaka melihat kekasihnya lewat panca
indera dan berkhayal di kala malam tiba.Karena manusia sebagai makluk
yang sempurna di banding makhluk Allah lainnya dimana manusia di
beri akal dan hati,maka mengenal Allah dengan akal dan hati jadi
bukan sebatas panca indera.

Pandangan mata batin jauh lebih kuat dari mata lahir.Karena hati
mempunyai kemampuan mengetahui jauh yang lebih besar dibandingkan
mata yang ada.Keindahan bathin diperoleh dengan kekuatan akal yang
jauh lebih mengesankan dibandingkan keindahan gambar atau lukisan
yang di lihat oleh panca indera.

Oleh karena itu nikmat yang di rasakan oleh hati inilah yang dapat
menimbulkan rindu dan cinta yang kuat atas keagungan yang Maha
Agung yang tidak mampu di capai oleh panca indera,dan kenikmatan
hati ini jauh lebih memuncak dan cendrung naluri akal sehat kepada
yang demikian itu lebih kuat.

Sumber :
https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20101222235543AAxVDfi

Hal yang hampir senada digambarkan Ghalil Giran juga,
Katanya :



(
















___________________________________

Hubungan Rindu dengan cinta
___________________________________

"Cinta dan rindu ibarat Nasi goreng dan garam. Tanpa garam, nasi
goreng akan terasa hambar. Artinya, Cinta lebih berasa jika dilengkapi
rindu. Semua orang yang merindukan sesuatu hampir bisa dipastikan
mencintai sesuatu, tapi tidak semua orang yang mencintai sesuatu
merindukan sesuatu itu, hal ini logis jika sebab dari kemunculan
rindu tidak ada, misalkan karena orang tersebut "sering" bertemu.

Oleh karenanya saya katakan diawal bahwa rindu adalah satu tanda
cinta dari beberapa tanda lainnya, jika tanda cinta itu tidak ada,
bukan berarti cinta nya tidak ada, sama halnya seperti nasi goreng,
jika garam tak ada, bukan berarti nasi goreng tak ada, boleh jadi
nasi goreng tetap ada, tapi tentunya dengan rasa berbeda (hambar),
pun begitu pula cinta, jika rindu tak ada, boleh jadi cinta tetap ada,
namun tentunya dengan rasa berbeda.

Demikian situs :
http://bebas-blog.blogspot.com/2010/12/kenapa-allah-ciptakan-rindu.html
menggambarkan hubungan tersebut.
















__________________

Jenis-jenis Rindu
__________________



















__________________________

Rindu yang menggelisahkan
__________________________

Rindu pun terkadang menyiksa dan menyakitkan, terutama rindu yang
muncul disebabkan karena bentangan jarak yang terlampau jauh sehingga
"jarang" menjadi "semakin jarang". Apa yang salah dari nasi goreng
keasinan? Apakah karena garamnya itu sendiri? bukan, tapi karena porsi
atau takarannya yang berlebih, sama halnya dengan rindu, porsi atau
takaran yang berlebihan hanya lah membuat rindu menjadi semakin
menyakitkan, bahkan terkadang menyiksa.

Allah telah menegaskan lewat Nabi-Nya bahwa jangan lah seseorang terlalu
mencintai sesuatu secara berlebihan, karena boleh jadi dikemudian hari
dia membencinya, begitu pula sebaliknya, jangan lah seseorang terlalu
membenci sesuatu karena boleh jadi dikemudian hari dia mencintainya.




















_____________________________________________

Indahnya Kerinduan dan Macam gambaran solusi 
umum bagi yang merindu
_____________________________________________

























_______________________________________________

Faktor-faktor yang mempengaruhi kerinduan
_______________________________________________

Situs :
http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2013/10/09/apa-itu-rindu-599129.html

memberikan gambarannya sebagai berikut :

Ada seseorang yang sangat peduli (biasanya ini dialami oleh cewek)
kepada anda, tapi anda mungkin merasa sok jual mahal, mungkin pada
saat itu anda banyak yang peduli, mungkin karena kecantikan anda
(karena anda merasa cantik)? mungkin merasa pintar? kaya? atau
sejenisnya?

Pada saat itu anda mungkin tidak begitu menghargai sebuah kepedulian
seseorang, walaupun kepedulian itu ada mungkin nilainya tidak begitu
besar, kenapa bisa demikian?

hal ini terjadi karena mungkin yang peduli kepada anda. Ketika hari ini,
rasa kepedulian itu sedikit2 mulai berkurang kepada anda, maka andapun
merasa butuh kembali rasa kepedulian yang pernah tulus diberikan
(sese) orang kepada anda ataupun kita. Disaat jumlah kepedulian itu
sedikit, baru kita merasakan begitu berharganya sebuah kepedulian dari
seseorang. disaat seseorang telah mengalihkan kepedulian kepada yang
lain, karena mungkin ditempat yang lain lebih ‘berharga’ sebuah kepedulian,
baru anda sadar bahwa berapa nilainya sebuah kepedulian atau betapa
pentingnya orang yang begitu peduli dengan anda. karena kita telah tdk
bisa memiliki, saat itulah kita merindu akan sosok yang seperti itu.




















__________________________________________

Cara menghilang kerinduan yang sepihak
__________________________________________



















Rindu itu bisa subjektif atau sepihak. Anda merindukan teman
atau pacar, ehh dia tidak. Kita merindukan anak, eh dia biasa
saja. Kita merindukan orangtua, Ortu malah tidak mencari kita.

Rindu yang terpuaskan adalah saat keduanya saling butuh dan
merindukan. Kehadiran seseorang yang kita rindukan memberi
sukacita tersendiri. Komunikasipun nyambung dan membangun.

Namun bagaimana jika seseorang yang kita rindukan tidak
merindukan kita?.

Belajarlah mematikan atau setidaknya mengalihkan emosi rindu tadi. 
Sebab kalau tidak anda bisa kecewa. Adalah sakit jika tidak
mendapat respon yang sesuai harapan. Ada perasaan tertolak,
yang rasanya bisa tajam menusuk ke dalam jiwa.

Merindukan seseorang juga perlu atur waktu. Jika anda rindu pacar
siang dan malam sampai lupa waktu hingga obsesif memikirkan si dia,
maka anda bermasalah. Rindu berlebihan bukanlah wujud cinta yang
benar. Bisa jadi, anda terlalu mencintai diri sehingga membutuhkan
perhatian pacar Anda. Ini tidak sehat dan mengganggu.

Bagaimana mengalihkan rasa rindu?

Satu, berpikirlah positif dan menyadari bahwa anak, teman atau
pasangan Anda mungkin lagi sibuk sehingga belum sempat berkomunikasi

Dua, alihkan rasa rindu dengan kegiatan dan kesibukan lain. Khususnya
di waktu senggang belajar menikmati hobi

Tiga, miliki beberapa sahabat baik yang membangun dan menjadi tempat
anda curhat atau berdiskusi

Empat, kirimlah sesuatu yang baik dan dibutuhkan orang yang anda
butuhkan. Bisa berupa cerita, makanan atau sesuatu yang menyalurkan
rasa sayang Anda.

Lima, kalau objek rindu anda adalah pacar dan dia menunjukkan tidak
lagi sayang atau merindukanmu, maka bersiaplah “mematikan” rasa
rindumu. Secara bertahap usahakan mencari seseorang untuk anda
cintai. Sebab cinta sejati tak bertepuk sebelah tangan.

Enam, jika orangtua atau sebaliknya anakmu sedang tidak menunjukkan
rasa kangennya belajarlah “cuek”. Jangan terlalu dipikirkan. Jalani
kehidupan dan aktivitas sesehari. Anda bisa mengadakan waktu dan
suasana khusus untuk bisa melepas rindu. Misalnya buat liburan bersama,
acara HUT atau reuni keluarga besar.

Tujuh, Salurkan kerinduanmu kepada Tuhan dalam doa. Baca firmanNya
dan nikmati hubungan pribadi yang karib. Maka hatimu akan lega.

Akhirnya, jangan paksakan perasaan rindu. Memaksakan rasa rindu 
hanya menyusahkan dirimu sendiri. Rindu itu energi positif, jangan
dihamburkan dengan sia-sia. Tunjukkan itu kepada orang yang tepat,
pada waktu dan situasi yang tepat.

Semoga mencerahkan
http://health.kompas.com/read/2013/03/14/17291620/Mematikan.Rasa.Rindu
___________________________________________

Efek positif dan negatifnya kirinduan
___________________________________________








Tentu sangat berbahagia jika bertemu dan bisa menjadi Stres, patah hati,
minum-minuman keras, durhaka pada orang tua, menyesali hidup dan segala
macamnya yang seungguhnya menjadi larangan budaya, adat dan agama.
________________________________________________

Macam Video Musik yang mengambarkan kerinduan
________________________________________________


 

___________________________________________________________

Video musik "Ini Rindu" dari Farid Harja dan sekilas analisa
lewat proses tanya jawab pada topik logika dan perasaan
___________________________________________________________

Berikut video musiknya...!

Selamat menikimati....dan....

Musik...!

video

* Lirik Lagu Ini Rindu

Sebelum aku tahu
akan artinya cinta
terlenaku dibawanya
kesana

setelah dia pergi
baru aku mengerti
ku telah jatuh cinta
kepadanya

How...aku rindu...
katakan padanya aku rindu
o...burung nyanyikanlah
katakan padanya aku rindu

Apa bila cinta sudah di hati
bola mata sesat buta memandang
melihat api seperti air
dan melihat air laksana api

Meskipun banyak nasehat asmara
namun tiada satu pengobat rindu
telingapun tuli mata jadi buta
begitu panasnya demam asmara

mulutpun bi...bi...bisu
lidahpun ke...ke...kelu
ka...ka...karena
ci...ci...cinta

mulutpun bi...bi...bi...bi...bisu
lidahpun ke...ke...ke...ke...kelu
ka...ka...ka...ka...ka...karena
ci...ci...ci...ci...ci...cinta

How...aku rindu...
katakan padanya aku rindu
o...burung nyanyikanlah
katakan padanya aku rindu

Biarlah....
menggoda jiwa

Biarlah hati berkeping-keping
asalkau disisiku

How...aku rindu...
katakan padanya aku rindu
o...burung nyanyikanlah
katakan padanya aku rindu

Berikut ilustrasi tanya jawabnya antara
"Naposo Bulung dan Nauli Bulung"

Berikut beberapa istilah yang meninjau kerinduan dari  logika :











_______________________

Rindu dan Kapan-kapan
_______________________

Tentu tak ada salahnya, "Rindu dalam tinjauan agama Islam"
kapan-kapan kita coba bahas :


















Juga...!
"Rindu pada orang tua" 
khsusnya pada anak parjalang
juga hal yang penting untuk mengetahui
selukbeluk kerinduannya :





















Begitupun...!
tentang "Rindu Terlarang" tentu tak ada yang melarang
untuk mengetahuinya pula :


















______________

Penutup
_____________



video


Jelas sudah para naposo nauli bulung ni huta tano Batak Angkola,
"Keriduan atau lungun itu adalah bagian hidup dari manusia. Anda
bisa menjadi bahagia karenanya atau menjadi gelisah karenanya.

Apapun bentuk kebahagiannya dan bagaimanapun bentuk kegelisahannya
kiranya para adik-adik semua dapat menjadi bijak dalam
menaganinya.

'Horas tondi madingin pir tondi matogu, muda ro raso ni lungun,
ima tandana lek mangolu" Nimmu.

Sangape ingat kalian, yang diingatkan Allah Swt lewat firmannya
di QS. Adz Dzariyat: 49 yang mengatakan :

"Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu 
mengingat kebesaran ALLAH.” 

Artinya anggia...!

Lungun nabisa mambaen pasonang roha sangape lungun namambaen
jadi hatcit ni roha, kembalihon muse tu pancipta ni rohai ima
Tu Allah Swt. "Sykurkon molo bahagia di baen lunguni dohot
sobarkon lewat iringan do'a molo gusar di baen lunguni.

Bila perlu  QS. Al Baqarah: 216 itu bikin kalian sebagai pengontrol
diri, khsusnya pada rindu yang tak berbalas :

“.. boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk 
bagimu. ALLAH mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” Ima kata
kuncina anggia.

Para naposo nauli bulung ni huta tanah Angkola...!

"Tetaplah sehat, penuh rasa holong dan jaga kesetiaan anda...!"

Selamat lamalam...!

Didia ho....
didia ho ito..

Didia ho....
didia ho ito..

video

______________________________________________________________________
Cat . Posting susulan :
Link Cinta dan Rindu dalam {Pandangan Islam :
http://galeri1msad.blogspot.com/2014/08/cinta-dan-rindu-dalam-tinjauan-islam.html

PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork


PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

No comments:

Post a Comment