#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak info sekitar Warna)
__________________________________________________
_______________
Kata Pengantar
_______________
Tak pala banyak comentar penulis mengenai warna iniba.
Begitupun...! Khusus bagi anda yang bukan orang batak,
berikut 1 alinea bahasa batak Angkola yang berhubungan
dengan warna :
"Pira manuk na 'bottar' di papodomkon tu manuk jara-jara
na 'lomlom', nung matapor piranai hape jadi manuk na 'gorsing'.
Manuk on nung magodang hape jadi na 'rara'. Aso jeges
manukon itabusi nappunanaima cat na 'balau' dohot maksud
got manggotti warna ni manuk on. Hape napunna manuki sala
tabusi warna. Itabusi ia cat na 'rata'.
Marasa tidak puas ipaulak ia ma cat on dohot maksud
mangottina. Hape lopo panabusianni cati matutup.
Alhasil iputuskon iama manyambol manuki. Setelah di
sambol dirondam ia tu aek namilas aso ummomo mancabut
imbulunai.
Tarnyata satelah dicabut manuki jadi nabottar muse. Ah...
bia noma salanjutna naroha nia. Al hasil iputuskon ia untuk
manggorengna. Dan ternyata dipanggorengani dope manuki
marobah jadi nagorsing muse.
Binoma acara nion aso atabo naroha nia, maka attong di giling
iama lasiak untuk kamudian dicampurkon iua tu manuk on.
Al hasil muse manuki jadi narara.
Ipangan noma on narohania, maka dipangan mattong. Setelah
sampe dibutuhai tarnyata mambarottak manuki, manyipak tujae
tu julu.
Alale hatcit naon narohania....! Anggosongonondo gonanma di
pakaluar manukon sian butuhaha on narahona nia muse. Maka
marlojong matong ia sambil martakkuak tu aek godangan.
"Kuk...ku...kuk...kuk..." ningia.
Dan setelah di aek godangi tarbegema, " Sakkkk...kkkk...
prepe..pe...pet...." ninna sora nimanuk nakaluar sian butahai.
Parsapaanna :
Warna ahama manuk nakaluar sian butaha ni bayoi...????
a. Na balau
b. Na rara
c. Na gorsing
d. Narittik
Para kawan khsuson yang bukan orang batak...!
Nabottar = Putih
Nalomlom = Hitam
Nagorsing = Kuning
Narara = Merah
Nabalau = Biru
Narata = Hijau
Singkat kalimat :
Berikut info sekitar masalah warna.
"Selamat menyimak....!"
_______________________
Sekilas tentang Warna
_______________________
* Hal Pengertian
Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu
cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna
ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut. Sebagai contoh
warna biru memiliki panjang gelombang 460 nanometer.
Panjang gelombang warna yang masih bisa ditangkap mata manusia
berkisar antara 380-780 nanometer.
Dalam peralatan optis, warna bisa pula berarti interpretasi otak
terhadap campuran tiga warna primer cahaya: merah, hijau, biru
yang digabungkan dalam komposisi tertentu. Misalnya pencampuran
100% merah, 0% hijau, dan 100% biru akan menghasilkan interpretasi
warna magenta.
Dalam seni rupa, warna bisa berarti pantulan tertentu dari cahaya
yang dipengaruhi oleh pigmen yang terdapat di permukaan benda.
Misalnya pencampuran pigmen magenta dan cyan dengan proporsi tepat
dan disinari cahaya putih sempurna akan menghasilkan sensasi mirip
warna merah.
Setiap warna mampu memberikan kesan dan identitas tertentu sesuai
kondisi sosial pengamatnya. Misalnya warna putih akan memberi kesan
suci dan dingin di daerah Barat karena berasosiasi dengan salju.
Sementara di kebanyakan negara Timur warna putih memberi kesan
kematian dan sangat menakutkan karena berasosiasi dengan kain
kafan (meskipun secara teoritis sebenarnya putih bukanlah warna).
Di dalam ilmu warna, hitam dianggap sebagai ketidakhadiran seluruh
jenis gelombang warna. Sementara putih dianggap sebagai representasi
kehadiran seluruh gelombang warna dengan proporsi seimbang. Secara
ilmiah, keduanya bukanlah warna, meskipun bisa dihadirkan dalam
bentuk pigmen.
* Hal Pengelompokan
Warna netral,
Adalah warna-warna yang tidak lagi memiliki kemurnian
warna atau dengan kata lain bukan merupakan warna primer maupun
sekunder. Warna ini merupakan campuran ketiga komponen warna
sekaligus, tetapi tidak dalam komposisi tepat sama.
Warna kontras atau komplementer,
Adalah warna yang berkesan berlawanan satu dengan lainnya.
Warna kontras bisa didapatkan dari warna yang berseberangan
(memotong titik tengah segitiga) terdiri atas warna primer dan
warna sekunder. Tetapi tidak menutup kemungkinan pula membentuk
kontras warna dengan menolah nilai ataupun kemurnian warna.
Contoh warna kontras adalah merah dengan hijau, kuning dengan
ungu dan biru dengan jingga.
Warna panas,
adalah kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran di dalam
lingkaran warna mulai dari merah hingga kuning. Warna ini menjadi
simbol, riang, semangat, marah dsb. Warna panas mengesankan jarak
yang dekat.
Warna dingin, adalah kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran
di dalam lingkaran warna mulai dari hijau hingga ungu. Warna ini
menjadi simbol kelembutan, sejuk, nyaman dsb. Warna dingin
mengesankan jarak yang jauh.
______________________________________________________
Pemakaian/penggunaan warna dalam tinjauan psikologi
(Dalam hubungannya dengan bisnis)
______________________________________________________
* Pemahaman awal
Arti warna dalam bisnis juga bermanfaat dalam membentuk karakteristik
atau ciri khas suatu bisnis yang akan dipersepsikan dan disimpan
dalam ingatan pelanggan.
Biasanya penentuan pilihan warna untuk logo, brosur penawaran, counter,
seragam karyawan, kemasan produk, label dan lain-lain bisa membuat pusing
kepala. Anda tentu tidak mau asal-asalan dalam penentuan warna. Hal ini
bisa mengakibatkan merek Anda akan sulit diingat oleh calon konsumen
atau dipersepsikan salah karena warna yang ada tidak mewakili citra
bisnis Anda.
Sebaiknya Anda tidak hanya menggunakan warna favorit atau sebaliknya,
tidak mau menggunakan warna yang Anda tidak suka. Sebagai contoh
pengalaman pribadi, saya pernah membuat usaha makanan dimana untuk
merek dan counter, saya gunakan warna hitam dan putih sebagai warna
dominan. Hasilnya konsumen pun tidak tertarik pada produk yang saya buat.
Dan akhirnya pun dapat ditebak. Anda tentunya tidak akan meniru
kebodohan yang saya buat bukan. Saya memang penggemar warna hitam.
* Merah,
arti warna merah adalah warna psikologis yang hangat dan positif,
warna yang sangat menarik perhatian dan menyerukan untuk segera
mengambil tindakan. Dalam psikologi arti warna Warna merah berarti
energi, gairah, action, kekuatan dan kegembiraan.
Warna merah merangsang indra fisik seperti nafsu makan, nafsu dan
gairah seksual. Meskipun sering digunakan untuk mengungkapkan cinta,
arti warna Warna merah lebih berhubungan untuk gairah seksual dan
nafsu – pink lebih berhubungan dengan romantisme cinta daripada
Warna merah.
Merah mewakili energi maskulin, sedangkan versi lebih lembut, Warna
merah muda, terkait dengan energi feminin. Warna merah, tanda universal
bahaya dan peringatan, juga dapat menampilkan dan membuat agresivitas
dan kemarahan, terutama jika digunakan secara berlebihan dalam
aplikasi yang salah.
Secara psikologis warna merah merangsang dan memberi energi pada tubuh,
termasuk saraf dan sirkulasi darah, meningkatkan tekanan darah dan detak
jantung. Hal ini merangsang nafsu makan dan dengan demikian merupakan
warna dominan untuk digunakan bagi setiap produk yang berhubungan
dengan makanan dan layanan, termasuk restoran dan bisnis makanan yang
tidak makan ditempat alias dibawa pulang.
Warna merah menggairahkan dan memotivasi namun lebih dapat menyebabkan
kecemasan dan kelelahan. Ini juga memiliki konotasi negatif yang
terkait dengan darah, perang dan kekerasan.
Pasangan warna yang paling melengkapi dan menyeimbangkan Warna
merah adalah biru muda (turquoise), meskipun hijau atau biru juga
bisa menciptakan keseimbangan.
* Oranye,
arti warna oranye adalah warna hangat, bersemangat dan flamboyan.
Ini adalah energi yang dikombinasikan dengan menyenangkan, warna
bagi si pengambil risiko, yang ekstrovert dan tanpa hambatan. Dalam
psikologi warna oranye berarti petualangan, optimisme, rasa percaya
diri dan sosialisasi.
Secara psikologis warna oranye memberikan vitalitas, mengilhami dan
menciptakan antusiasme. Hal ini merangsang nafsu makan dan percakapan
sosial dan karena itu warna oranye ini berfungsi dengan baik di
restoran dan gerai makanan lainnya. Hal ini dapat dicapai dengan
menggunakan beberapa bentuk oranye di dekorasi, seperti di perabot
atau pencahayaan. Ini tidak perlu menjadi warna oranye terang –
salmon, karang, terakota, dan versi lain dari jeruk akan bekerja
dengan baik.
Sebuah restoran mahal akan terlihat lebih elegan dengan warna oranye.
Kombinasikan dengan warna terong, ungu, atau biru untuk tampilan yang
unik, kontemporer dan berkelas.
Secara psikologis, warna oranye memberikan kesan keterjangkauan,
tergantung pada warna yang dipilih dan kombinasinya dengan warna lain.
Oranye yang terlalu banyak dapat mencitrakan harga murah. Lebih lembut
daripada Warna merah, oranye melambangkan energi yang lebih feminin dan
energi penciptaan.
* Kuning,
arti warna kuning adalah warna yang hangat dan bahagia yang
menciptakan rasa keceriaan dan rasa ingin bermain. Secara psikologis,
warna kuning berarti optimis, semangat dan ceria, mencerahkan semangat.
Warna Kuning merangsang sisi logis dari otak dan kejernihan mental.
Ini mendorong kebijaksanaan dan kemampuan akademik. Ini mengilhami
pemikiran original dan ide-ide kreatif.
Secara psikologis warna kuning merangsang aktivitas pikiran dan
mental. Hal ini meningkatkan proses analisis dan penalaran logis kita,
membantu dalam pengambilan keputusan. Terlalu banyak kuning dapat
menyebabkan kecemasan, kegelisahan, ketakutan, agitasi dan konfrontasi
terutama pada orang yang sedang stres. Warna kuning dapat memotivasi
orang untuk menjadi terlalu kritis dan menghakimi, serta menipu.
* Coklat,
Coklat adalah warna bumi, memberikan kesan hangat, nyaman dan aman.
Namun selain itu, coklat juga memberikan kesan sophisticated karena
dekat dengan warna emas. Bisa di bayangkan kesan mahal dan ekslusif
pada desain logo dengan kombinasi warna hitam dan coklat muda.
Dan tidak lupa, coklat juga bisa memberikan nuansa dapat di andalkan
dan kuat. Warna coklat ini biasanya di gunakan di firma hukum sebagai
warna utama dalam desain logo perusahaan mereka.
* Putih,
Pilihlah warna putih untuk meredakan rasa nyeri. Putih juga
meberikan aura kebebasan dan keterbukaan. Rumah sakit dan
pekerja rumah sakit menggunakan warna putih untuk menciptakan
kesan steril. Namun, terlalu banyak banyak warna putih dapat
memberikan rasa sakit kepala dan kelelahan mata karena cahaya
yang dipantulkan. Putih adalah warna yang murni, tidak ada
campuran apapun.
Makanya sering di anggap sebagai warna yang menimbulkan efek suci
dan bersih. Ketika kita ingin membuat desain yang simple dan minimalis,
menggunakan warna putih adalah langkah yang tepat (walaupun bukan cara
satu-satunya).
* Hitam
Hitam adalah warna yang gelap, suram, menakutkan tetapi elegan.
Karena itu elemen apapun jika di taruh di atas background hitam
akan terasa lebih bagus (misalnya, pada waktu menampilkan foto,
portfolio atau produk).
Dengan pemahaman efek dari berbagai macam warna ini maka Akarapi
mampu menerapkannya dalam dunia komunikasi visual, marketing,
materi promosi (brosur, undangan, x banner, leaflet) , corporate
identity (kop surat, kartu nama, amplop) hingga pembuatan desain
logo perusahaan yang menjadi titik awal dari program branding
yang sukses dan berhasil. Warna berfungsi untuk memberikan
vibrasi tertentu di dalam suatu desain logo. Begitu hebatnya
kekuatan warna, sehingga bisa memberikan efek psikologis dan
kesan yang mendalam kepada semua orang yang melihatnya.
Malah di dalam terapi kesehatan, warna tertentu di gunakan untuk
membantu pasien menjadi lebih cepat sembuh.
* Abu-abu.
* Hijau
arti warna Hijau adalah warna pertumbuhan dan vitalitas, terkait
dengan kehidupan baru dan pembaharuan. Hijau berkaitan dengan
keseimbangan dan keharmonisan pikiran, tubuh dan emosi. Ini membantu
dalam pengambilan keputusan, membantu kita untuk melihat semua sisi
dengan jelas.
Secara psikologis warna hijau menyeimbangkan emosi orang, menciptakan
rasa tenang. Hijau dikaitkan dengan alam, kesehatan dan penyembuhan,
dan lingkungan, menciptakan rasa kasih sayang dan pengasuhan bagi
semua. Hal ini mendorong kemurahan, kebaikan dan simpati.
Hijau gelap berhubungan dengan uang, kekayaan dan prestise,
sementara hijau muda berhubungan dengan pertumbuhan dan kesegaran.
Hijau dianggap sebagai warna uang di dunia Barat.
Terlalu banyak hijau dapat menyebabkan perasaan iri, keserakahan
dan keegoisan. Warna hijau zaitun tua dapat memiliki konotasi
negatif kecuali dikaitkan dengan lingkungan.
* Biru,
arti warna Biru adalah warna yang paling disukai secara
universal dan oleh karena itu aman untuk digunakan. Hal ini terkait
dengan kepercayaan, kejujuran dan ketergantungan, sehingga membantu
untuk membangun loyalitas pelanggan. Biru menunjukkan kepercayaan diri,
kehandalan dan tanggung jawab. Hal ini terkait dengan komunikasi personal
daripada komunikasi massa. Ini menginspirasi kebijaksanaan dan cita-
cita yang lebih tinggi, tetapi juga konservatif dan dapat diprediksi.
Warna biru muda, arti warna biru muda adalah kejernihan pikiran dan
komunikasi. Ini mengilhami ekspresi diri, mendorong orang untuk
menyetel ke kebutuhan mereka sendiri.
Secara psikologis warna biru menenangkan, mengurangi ketegangan dan
ketakutan. Ini memperlambat denyut nadi dan mengurangi nafsu makan.
Menjadi warna dingin menciptakan sensasi ruang. Biru menambah kekuatan
dan kesatuan, dan terapi untuk pikiran dan tubuh. Ini membawa harmoni
kata yang diucapkan.
Biru bekerja dengan baik untuk dunia usaha dan sering digunakan untuk
jenis yang lebih konservatif dari bisnis seperti akuntan, perusahaan
asuransi, bank dan perusahaan keuangan lainnya di mana kepercayaan dan
kehandalan adalah hal yang penting.
Orang muda melihat biru pada umumnya sebagai warna yang berkaitan dengan
kematangan dan pasar segmen dewasa, kecuali itu adalah biru elektrik
terang saja. Terlalu banyak biru dapat mendorong kebosanan, manipulasi
atau pandangan yang kaku.
Secara psikologis warna biru muda menenangkan emosi dan mengisi
kembali semangat, menyegarkan tingkat energi yang habis dan pikiran
positif inspirasi.
Biru muda adalah warna bermanfaat bagi setiap bisnis yang berhubungan
dengan komunikasi, termasuk guru, pelatih, pembicara publik, media
komunikasi dan teknologi komputer. Biru muda adalah warna yang baik
untuk klinik kesehatan dan praktisi karena menyeimbangkan emosi dan
menenangkan roh. Menggunakan biru muda untuk produk pembersih sangat
ideal karena mencerminkan kebersihan dan kemurnian tanpa terlalu steril.
Biru muda terlalu banyak menciptakan keraguan sebagai orang berayun
antara energi biru dan energi kuning yang terdiri pirus. Menyeimbangkannya
dengan baik beberapa merah, Warna magenta, merah muda, atau ungu.
* Indigo (biru tua/Biru tengah Malam)
Warna Indigo, arti warna Indigo atau biru tua (biru tengah malam)
adalah warna yang kuat terkait dengan sisi kanan otak. Ini bergema
dengan cara ‘New Age’ berpikir.
Secara psikologis warna indigo menyampaikan integritas dan ketulusan
dalam dan merangsang kreativitas dan intuisi. Walaupun diartikan dalam
konteks struktur, ritual tradisi, dan upacara, warna indigo juga dapat
mengubah pemikiran dan keyakinan orang dalam mengembangkan wawasan baru
dan semangat perintis. Ini menanamkan pesan tanggung jawab yang besar
dan cita-cita yang tinggi. Secara psikologis, indigo membantu memperluas
pikiran dan bebas dari ketakutan dan hambatan.
* Ungu,
arti warna Ungu menunjukkan kekayaan dan kemewahan, fantasi dan
dunia mimpi. Hal ini meningkatkan pencarian spiritual dan pencerahan.
Secara psikologis warna ungu mempertinggi perasaan masyarakat tentang
keindahan dan reaksi mereka terhadap ide-ide yang lebih kreatif.
Ungu sering digunakan untuk menunjukkan kualitas tinggi atau produk
unggulan, seperti cokelat Cadbury atau beberapa kosmetik perempuan.
Jika Anda berada dalam bisnis jasa, menggunakan beberapa ungu dalam
pemasaran Anda untuk menunjukkan layanan premium Anda.
Warna Ungu sering dihubungkan dengan pasar tahun 18 sampai 25 lama
karena mereka melihatnya sebagai seksi dan memberontak, sementara
desainer inovatif menghubungkannya dengan kecanggihan dan kekuasaan.
Warna Ungu paling sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan di
bidang kreatif-desainer, paranormal dan produsen kosmetik adalah
pengguna umum itu.
Warna Ungu adalah warna yang bekerja dengan baik dengan Warna emas,
taupe, pirus, giok hijau, merah tua, Warna magenta dan kuning.
Dikombinasikan dengan oranye itu menciptakan tampilan kontemporer
yang unik.
* Magenta
arti warna magenta adalah warna harmoni universal dan keseimbangan
emosional. Ini adalah warna spiritual namun praktis, mendorong akal
sehat dan pandangan yang seimbang terhadap kehidupan. Warna magenta
merupakan cinta universal pada tingkat tertinggi. Ini mempromosikan
kasih sayang, dukungan dan kebaikan dan mendorong rasa harga diri dan
kepuasan pada mereka yang menggunakannya. Hal ini dapat membantu ambisi
dan keinginan untuk menjadi kenyataan.
Secara psikologis Warna magenta membantu kita mengalir dengan
kehidupan dan melepaskan ide-ide lama. Warna magenta adalah warna
yang kuat dan menginspirasi yang dapat melambangkan hal yang
berlebihan dan mengejutkan di satu sisi atau inovatif dan
imajinatif di sisi lain. Hal ini sangat menarik bagi non-konformis
di masyarakat.
* Pink
biasanya digunakan dalam bisnis yang berkaitan dengan pasar
perempuan seperti kosmetik, kecantikan, fashion, dan asmara.
Menggabungkan pink dengan warna gelap lebih memberikan kesan
kecanggihan dan kekuatan.
Warna Pink, arti warna merah muda dikaitkan dengan kasih sayang,
pengasuhan, cinta, dan asmara. Ini adalah feminin dan muda dalam
nuansa yang lebih lembut, dengan semangat lebih dan energi dalam
nuansa yang lebih dalam. Warna Pink menginspirasi, hangat dan nyaman,
menunjukkan harapan untuk masa depan. Hal ini menenangkan dan tidak
mengancam.
Secara psikologis warna merah muda menenangkan dan meyakinkan energi
emosional kita, mengurangi perasaan marah, agresi, penelantaran
kebencian, dan penelantaran.
* Emas,
arti warna emas secara psiologis dipandang sebagai warna kualitas,
kebijaksanaan dan kekayaan. Hal ini terkait dengan prestise,
kemewahan dan kekayaan materi, menunjukkan bahwa suatu produk
atau jasa yang mahal dan eksklusif.
Secara psikologis warna emas dapat menginduksi perasaan
kebahagiaan yang besar dan kebahagiaan atau sebaliknya,
kecemasan dan ketakutan yang mendalam. Warna emas menyiratkan
kedermawanan waktu, uang dan semangat. Ini adalah warna kemenangan,
maka penggunaan medali Warna emas untuk pemenang.
Warna emas digunakan dengan ungu dapat menunjukkan kekayaan dan
keindahan, dan berhubungan dengan barang-barang mewah yang mahal.
Digunakan dengan biru gelap itu menunjukkan kejujuran, kepercayaan
dan keberhasilan. Digunakan dengan Warna hitam itu menunjukkan
kemewahan ekstrim, keanggunan dan kekayaan.
* Perak
arti Warna Perak adalah warna yang berhubungan dengan prestise
dan kekayaan. Hal ini terlihat sebagai warna canggih yang berkaitan
dengan perempuan, kesejahteraan energi dan modernitas. Dengan
kualitas reflektif yang berkaitan dengan intuisi dan telepati
mental.
Secara psikologis warna perak menenangkan dan menenangkan, dengan
ringan yang lebih menggembirakan daripada abu-abu. Perak adalah
warna cairan, terus berubah, menenangkan, memurnikan. Ini adalah
warna bulan dengan suasana hati yang selalu berubah yang berkaitan
dengan energi emosional dan sensitif – penuh kasih. Memiliki
tingkat misteri – seperti bulan itu sendiri.
Perak adalah kesabaran, refleksi, ketekunan, bermartabat,
melembutkan & menenangkan, pengendalian organisasi, diri dan
tanggung jawab. Hal ini menerangi dan menyeimbangkan (tidak
Warna hitam atau putih).
Pada kemasan, perak terlihat ramping, halus, dan berkilau. Memiliki
kesejukan tentang hal yang berhubungan dengan masa depan dan
ilmu pengetahuan dan teknologi.
Sumber :
http://desainlogodesign.com/arti-warna-pada-logo-perusahaan-dan-pengaruh-emosionalnya-pada-konsumen#arti%20warna%20hitam
_______________________________
Sekilas tentang buta warna
_______________________________
* Hal Pengertian
Buta warna adalah suatu kelainan yang disebabkan ketidakmampuan
sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna
tertentu yang disebabkan oleh faktor genetis.
Buta warna merupakan kelainan genetika yang diturunkan dari
orang tua kepada anaknya, kelainan ini sering juga disebut
sex linked, karena kelainan ini dibawa oleh kromosom X.
Artinya kromosom Y tidak membawa faktor buta warna.
Hal inilah yang membedakan antara penderita buta warna pada
laki-laki dan perempuan. Seorang perempuan terdapat istilah
'pembawa sifat', hal ini menujukkan ada satu kromosom X yang
membawa sifat buta warna. Perempuan dengan pembawa sifat,
secara fisik tidak mengalami kelainan buta warna sebagaimana
wanita normal pada umumnya, tetapi wanita dengan pembawa sifat
berpotensi menurunkan faktor buta warna kepada anaknya kelak.
Apabila pada kedua kromosom X mengandung faktor buta warna maka
seorang wanita tersebut menderita buta warna.
Saraf sel pada retina terdiri atas sel batang yang peka terhadap
hitam dan putih, serta sel kerucut yang peka terhadap warna lainnya.
Buta warna terjadi ketika syaraf reseptor cahaya di retina mengalami
perubahan, terutama sel kerucut.
* Hal Klasifikasi
Buta warna sendiri dapat diklasifikasikan menjadi 3 jenis
yaitu trikromasi, dikromasi, dan monokromasi.
* Hal Trikomasi
Buta warna jenis trikomasi adalah perubahan sensitifitas warna
dari satu jenis atau lebih sel kerucut. Jenis buta warna ini
paling sering dialami dibandingkan jenis buta warna lainnya.
Ada tiga macam trikomasi yaitu:
Protanomali yang merupakan kelemahan warna merah.
Deuteromali yaitu kelemahan warna hijau.
Tritanomali yaitu kelemahan warna biru.
* Dikromasi
Dikromasi merupakan tidak adanya satu dari 3 jenis sel kerucut,
tediri dari:
Protanopia yaitu tidak adanya sel kerucut warna merah sehingga
kecerahan warna merah dan perpaduannya berkurang.
Deuteranopia yaitu tidak adanya sel kerucut yang peka
terhadap hijau.
Tritanopia yaitu tidak adanya sel kerucut yang peka
untuk warna biru.
* Monokromasi
Sedangkan monokromasi ditandai dengan hilangnya atau berkurangnya
semua penglihatan warna, sehingga yang terlihat hanya putih dan
hitam pada jenis tipikal dan sedikit warna pada jenis atipikal.
Jenis buta warna ini prevalensinya sangat jarang.
* Pembuktian
Buta warna dapat dites dengan tes Ishihara yang menggunakan
lingkaran-lingkaran berwarna yang dibuat dengan tulisan tertentu
yang hanya dapat dilihat atau tidak dapat dilihat oleh penderita
buta warna.
_________________
Test Buta Warna
_________________
Dapat anda ketahui lewat link :
http://www.kukejar.com/2013/04/tes-buta-warna.html
______________________________
Kode-kode Warna untuk blogger
______________________________
_________
Penutup
_________
Demikian info yang dapat disajikan lewat blog angkolafacebbook ini.
Semoga dapat memperluas wawasan pun dapat lebih bijak dalam
memilih warna sesuai dengan tujuan kita masing-masing.
Selamat malam...!
__________________________________________________
Cat :
(Menyimak info sekitar Warna)
__________________________________________________
_______________
Kata Pengantar
_______________
Tak pala banyak comentar penulis mengenai warna iniba.
Begitupun...! Khusus bagi anda yang bukan orang batak,
berikut 1 alinea bahasa batak Angkola yang berhubungan
dengan warna :
"Pira manuk na 'bottar' di papodomkon tu manuk jara-jara
na 'lomlom', nung matapor piranai hape jadi manuk na 'gorsing'.
Manuk on nung magodang hape jadi na 'rara'. Aso jeges
manukon itabusi nappunanaima cat na 'balau' dohot maksud
got manggotti warna ni manuk on. Hape napunna manuki sala
tabusi warna. Itabusi ia cat na 'rata'.
Marasa tidak puas ipaulak ia ma cat on dohot maksud
mangottina. Hape lopo panabusianni cati matutup.
Alhasil iputuskon iama manyambol manuki. Setelah di
sambol dirondam ia tu aek namilas aso ummomo mancabut
imbulunai.
Tarnyata satelah dicabut manuki jadi nabottar muse. Ah...
bia noma salanjutna naroha nia. Al hasil iputuskon ia untuk
manggorengna. Dan ternyata dipanggorengani dope manuki
marobah jadi nagorsing muse.
Binoma acara nion aso atabo naroha nia, maka attong di giling
iama lasiak untuk kamudian dicampurkon iua tu manuk on.
Al hasil muse manuki jadi narara.
Ipangan noma on narohania, maka dipangan mattong. Setelah
sampe dibutuhai tarnyata mambarottak manuki, manyipak tujae
tu julu.
Alale hatcit naon narohania....! Anggosongonondo gonanma di
pakaluar manukon sian butuhaha on narahona nia muse. Maka
marlojong matong ia sambil martakkuak tu aek godangan.
"Kuk...ku...kuk...kuk..." ningia.
Dan setelah di aek godangi tarbegema, " Sakkkk...kkkk...
prepe..pe...pet...." ninna sora nimanuk nakaluar sian butahai.
Parsapaanna :
Warna ahama manuk nakaluar sian butaha ni bayoi...????
a. Na balau
b. Na rara
c. Na gorsing
d. Narittik
Para kawan khsuson yang bukan orang batak...!
Nabottar = Putih
Nalomlom = Hitam
Nagorsing = Kuning
Narara = Merah
Nabalau = Biru
Narata = Hijau
Singkat kalimat :
Berikut info sekitar masalah warna.
"Selamat menyimak....!"
_______________________
Sekilas tentang Warna
_______________________
* Hal Pengertian
Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu
cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna
ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut. Sebagai contoh
warna biru memiliki panjang gelombang 460 nanometer.
Panjang gelombang warna yang masih bisa ditangkap mata manusia
berkisar antara 380-780 nanometer.
Dalam peralatan optis, warna bisa pula berarti interpretasi otak
terhadap campuran tiga warna primer cahaya: merah, hijau, biru
yang digabungkan dalam komposisi tertentu. Misalnya pencampuran
100% merah, 0% hijau, dan 100% biru akan menghasilkan interpretasi
warna magenta.
Dalam seni rupa, warna bisa berarti pantulan tertentu dari cahaya
yang dipengaruhi oleh pigmen yang terdapat di permukaan benda.
Misalnya pencampuran pigmen magenta dan cyan dengan proporsi tepat
dan disinari cahaya putih sempurna akan menghasilkan sensasi mirip
warna merah.
Setiap warna mampu memberikan kesan dan identitas tertentu sesuai
kondisi sosial pengamatnya. Misalnya warna putih akan memberi kesan
suci dan dingin di daerah Barat karena berasosiasi dengan salju.
Sementara di kebanyakan negara Timur warna putih memberi kesan
kematian dan sangat menakutkan karena berasosiasi dengan kain
kafan (meskipun secara teoritis sebenarnya putih bukanlah warna).
Di dalam ilmu warna, hitam dianggap sebagai ketidakhadiran seluruh
jenis gelombang warna. Sementara putih dianggap sebagai representasi
kehadiran seluruh gelombang warna dengan proporsi seimbang. Secara
ilmiah, keduanya bukanlah warna, meskipun bisa dihadirkan dalam
bentuk pigmen.
* Hal Pengelompokan
Warna netral,
Adalah warna-warna yang tidak lagi memiliki kemurnian
warna atau dengan kata lain bukan merupakan warna primer maupun
sekunder. Warna ini merupakan campuran ketiga komponen warna
sekaligus, tetapi tidak dalam komposisi tepat sama.
Warna kontras atau komplementer,
Adalah warna yang berkesan berlawanan satu dengan lainnya.
Warna kontras bisa didapatkan dari warna yang berseberangan
(memotong titik tengah segitiga) terdiri atas warna primer dan
warna sekunder. Tetapi tidak menutup kemungkinan pula membentuk
kontras warna dengan menolah nilai ataupun kemurnian warna.
Contoh warna kontras adalah merah dengan hijau, kuning dengan
ungu dan biru dengan jingga.
Warna panas,
adalah kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran di dalam
lingkaran warna mulai dari merah hingga kuning. Warna ini menjadi
simbol, riang, semangat, marah dsb. Warna panas mengesankan jarak
yang dekat.
Warna dingin, adalah kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran
di dalam lingkaran warna mulai dari hijau hingga ungu. Warna ini
menjadi simbol kelembutan, sejuk, nyaman dsb. Warna dingin
mengesankan jarak yang jauh.
______________________________________________________
Pemakaian/penggunaan warna dalam tinjauan psikologi
(Dalam hubungannya dengan bisnis)
______________________________________________________
* Pemahaman awal
Arti warna dalam bisnis juga bermanfaat dalam membentuk karakteristik
atau ciri khas suatu bisnis yang akan dipersepsikan dan disimpan
dalam ingatan pelanggan.
Biasanya penentuan pilihan warna untuk logo, brosur penawaran, counter,
seragam karyawan, kemasan produk, label dan lain-lain bisa membuat pusing
kepala. Anda tentu tidak mau asal-asalan dalam penentuan warna. Hal ini
bisa mengakibatkan merek Anda akan sulit diingat oleh calon konsumen
atau dipersepsikan salah karena warna yang ada tidak mewakili citra
bisnis Anda.
Sebaiknya Anda tidak hanya menggunakan warna favorit atau sebaliknya,
tidak mau menggunakan warna yang Anda tidak suka. Sebagai contoh
pengalaman pribadi, saya pernah membuat usaha makanan dimana untuk
merek dan counter, saya gunakan warna hitam dan putih sebagai warna
dominan. Hasilnya konsumen pun tidak tertarik pada produk yang saya buat.
Dan akhirnya pun dapat ditebak. Anda tentunya tidak akan meniru
kebodohan yang saya buat bukan. Saya memang penggemar warna hitam.
* Merah,
arti warna merah adalah warna psikologis yang hangat dan positif,
warna yang sangat menarik perhatian dan menyerukan untuk segera
mengambil tindakan. Dalam psikologi arti warna Warna merah berarti
energi, gairah, action, kekuatan dan kegembiraan.
Warna merah merangsang indra fisik seperti nafsu makan, nafsu dan
gairah seksual. Meskipun sering digunakan untuk mengungkapkan cinta,
arti warna Warna merah lebih berhubungan untuk gairah seksual dan
nafsu – pink lebih berhubungan dengan romantisme cinta daripada
Warna merah.
Merah mewakili energi maskulin, sedangkan versi lebih lembut, Warna
merah muda, terkait dengan energi feminin. Warna merah, tanda universal
bahaya dan peringatan, juga dapat menampilkan dan membuat agresivitas
dan kemarahan, terutama jika digunakan secara berlebihan dalam
aplikasi yang salah.
Secara psikologis warna merah merangsang dan memberi energi pada tubuh,
termasuk saraf dan sirkulasi darah, meningkatkan tekanan darah dan detak
jantung. Hal ini merangsang nafsu makan dan dengan demikian merupakan
warna dominan untuk digunakan bagi setiap produk yang berhubungan
dengan makanan dan layanan, termasuk restoran dan bisnis makanan yang
tidak makan ditempat alias dibawa pulang.
Warna merah menggairahkan dan memotivasi namun lebih dapat menyebabkan
kecemasan dan kelelahan. Ini juga memiliki konotasi negatif yang
terkait dengan darah, perang dan kekerasan.
Pasangan warna yang paling melengkapi dan menyeimbangkan Warna
merah adalah biru muda (turquoise), meskipun hijau atau biru juga
bisa menciptakan keseimbangan.
* Oranye,
arti warna oranye adalah warna hangat, bersemangat dan flamboyan.
Ini adalah energi yang dikombinasikan dengan menyenangkan, warna
bagi si pengambil risiko, yang ekstrovert dan tanpa hambatan. Dalam
psikologi warna oranye berarti petualangan, optimisme, rasa percaya
diri dan sosialisasi.
Secara psikologis warna oranye memberikan vitalitas, mengilhami dan
menciptakan antusiasme. Hal ini merangsang nafsu makan dan percakapan
sosial dan karena itu warna oranye ini berfungsi dengan baik di
restoran dan gerai makanan lainnya. Hal ini dapat dicapai dengan
menggunakan beberapa bentuk oranye di dekorasi, seperti di perabot
atau pencahayaan. Ini tidak perlu menjadi warna oranye terang –
salmon, karang, terakota, dan versi lain dari jeruk akan bekerja
dengan baik.
Sebuah restoran mahal akan terlihat lebih elegan dengan warna oranye.
Kombinasikan dengan warna terong, ungu, atau biru untuk tampilan yang
unik, kontemporer dan berkelas.
Secara psikologis, warna oranye memberikan kesan keterjangkauan,
tergantung pada warna yang dipilih dan kombinasinya dengan warna lain.
Oranye yang terlalu banyak dapat mencitrakan harga murah. Lebih lembut
daripada Warna merah, oranye melambangkan energi yang lebih feminin dan
energi penciptaan.
* Kuning,
arti warna kuning adalah warna yang hangat dan bahagia yang
menciptakan rasa keceriaan dan rasa ingin bermain. Secara psikologis,
warna kuning berarti optimis, semangat dan ceria, mencerahkan semangat.
Warna Kuning merangsang sisi logis dari otak dan kejernihan mental.
Ini mendorong kebijaksanaan dan kemampuan akademik. Ini mengilhami
pemikiran original dan ide-ide kreatif.
Secara psikologis warna kuning merangsang aktivitas pikiran dan
mental. Hal ini meningkatkan proses analisis dan penalaran logis kita,
membantu dalam pengambilan keputusan. Terlalu banyak kuning dapat
menyebabkan kecemasan, kegelisahan, ketakutan, agitasi dan konfrontasi
terutama pada orang yang sedang stres. Warna kuning dapat memotivasi
orang untuk menjadi terlalu kritis dan menghakimi, serta menipu.
* Coklat,
Coklat adalah warna bumi, memberikan kesan hangat, nyaman dan aman.
Namun selain itu, coklat juga memberikan kesan sophisticated karena
dekat dengan warna emas. Bisa di bayangkan kesan mahal dan ekslusif
pada desain logo dengan kombinasi warna hitam dan coklat muda.
Dan tidak lupa, coklat juga bisa memberikan nuansa dapat di andalkan
dan kuat. Warna coklat ini biasanya di gunakan di firma hukum sebagai
warna utama dalam desain logo perusahaan mereka.
* Putih,
Pilihlah warna putih untuk meredakan rasa nyeri. Putih juga
meberikan aura kebebasan dan keterbukaan. Rumah sakit dan
pekerja rumah sakit menggunakan warna putih untuk menciptakan
kesan steril. Namun, terlalu banyak banyak warna putih dapat
memberikan rasa sakit kepala dan kelelahan mata karena cahaya
yang dipantulkan. Putih adalah warna yang murni, tidak ada
campuran apapun.
Makanya sering di anggap sebagai warna yang menimbulkan efek suci
dan bersih. Ketika kita ingin membuat desain yang simple dan minimalis,
menggunakan warna putih adalah langkah yang tepat (walaupun bukan cara
satu-satunya).
* Hitam
Hitam adalah warna yang gelap, suram, menakutkan tetapi elegan.
Karena itu elemen apapun jika di taruh di atas background hitam
akan terasa lebih bagus (misalnya, pada waktu menampilkan foto,
portfolio atau produk).
Dengan pemahaman efek dari berbagai macam warna ini maka Akarapi
mampu menerapkannya dalam dunia komunikasi visual, marketing,
materi promosi (brosur, undangan, x banner, leaflet) , corporate
identity (kop surat, kartu nama, amplop) hingga pembuatan desain
logo perusahaan yang menjadi titik awal dari program branding
yang sukses dan berhasil. Warna berfungsi untuk memberikan
vibrasi tertentu di dalam suatu desain logo. Begitu hebatnya
kekuatan warna, sehingga bisa memberikan efek psikologis dan
kesan yang mendalam kepada semua orang yang melihatnya.
Malah di dalam terapi kesehatan, warna tertentu di gunakan untuk
membantu pasien menjadi lebih cepat sembuh.
* Abu-abu.
* Hijau
arti warna Hijau adalah warna pertumbuhan dan vitalitas, terkait
dengan kehidupan baru dan pembaharuan. Hijau berkaitan dengan
keseimbangan dan keharmonisan pikiran, tubuh dan emosi. Ini membantu
dalam pengambilan keputusan, membantu kita untuk melihat semua sisi
dengan jelas.
Secara psikologis warna hijau menyeimbangkan emosi orang, menciptakan
rasa tenang. Hijau dikaitkan dengan alam, kesehatan dan penyembuhan,
dan lingkungan, menciptakan rasa kasih sayang dan pengasuhan bagi
semua. Hal ini mendorong kemurahan, kebaikan dan simpati.
Hijau gelap berhubungan dengan uang, kekayaan dan prestise,
sementara hijau muda berhubungan dengan pertumbuhan dan kesegaran.
Hijau dianggap sebagai warna uang di dunia Barat.
Terlalu banyak hijau dapat menyebabkan perasaan iri, keserakahan
dan keegoisan. Warna hijau zaitun tua dapat memiliki konotasi
negatif kecuali dikaitkan dengan lingkungan.
* Biru,
arti warna Biru adalah warna yang paling disukai secara
universal dan oleh karena itu aman untuk digunakan. Hal ini terkait
dengan kepercayaan, kejujuran dan ketergantungan, sehingga membantu
untuk membangun loyalitas pelanggan. Biru menunjukkan kepercayaan diri,
kehandalan dan tanggung jawab. Hal ini terkait dengan komunikasi personal
daripada komunikasi massa. Ini menginspirasi kebijaksanaan dan cita-
cita yang lebih tinggi, tetapi juga konservatif dan dapat diprediksi.
Warna biru muda, arti warna biru muda adalah kejernihan pikiran dan
komunikasi. Ini mengilhami ekspresi diri, mendorong orang untuk
menyetel ke kebutuhan mereka sendiri.
Secara psikologis warna biru menenangkan, mengurangi ketegangan dan
ketakutan. Ini memperlambat denyut nadi dan mengurangi nafsu makan.
Menjadi warna dingin menciptakan sensasi ruang. Biru menambah kekuatan
dan kesatuan, dan terapi untuk pikiran dan tubuh. Ini membawa harmoni
kata yang diucapkan.
Biru bekerja dengan baik untuk dunia usaha dan sering digunakan untuk
jenis yang lebih konservatif dari bisnis seperti akuntan, perusahaan
asuransi, bank dan perusahaan keuangan lainnya di mana kepercayaan dan
kehandalan adalah hal yang penting.
Orang muda melihat biru pada umumnya sebagai warna yang berkaitan dengan
kematangan dan pasar segmen dewasa, kecuali itu adalah biru elektrik
terang saja. Terlalu banyak biru dapat mendorong kebosanan, manipulasi
atau pandangan yang kaku.
Secara psikologis warna biru muda menenangkan emosi dan mengisi
kembali semangat, menyegarkan tingkat energi yang habis dan pikiran
positif inspirasi.
Biru muda adalah warna bermanfaat bagi setiap bisnis yang berhubungan
dengan komunikasi, termasuk guru, pelatih, pembicara publik, media
komunikasi dan teknologi komputer. Biru muda adalah warna yang baik
untuk klinik kesehatan dan praktisi karena menyeimbangkan emosi dan
menenangkan roh. Menggunakan biru muda untuk produk pembersih sangat
ideal karena mencerminkan kebersihan dan kemurnian tanpa terlalu steril.
Biru muda terlalu banyak menciptakan keraguan sebagai orang berayun
antara energi biru dan energi kuning yang terdiri pirus. Menyeimbangkannya
dengan baik beberapa merah, Warna magenta, merah muda, atau ungu.
* Indigo (biru tua/Biru tengah Malam)
Warna Indigo, arti warna Indigo atau biru tua (biru tengah malam)
adalah warna yang kuat terkait dengan sisi kanan otak. Ini bergema
dengan cara ‘New Age’ berpikir.
Secara psikologis warna indigo menyampaikan integritas dan ketulusan
dalam dan merangsang kreativitas dan intuisi. Walaupun diartikan dalam
konteks struktur, ritual tradisi, dan upacara, warna indigo juga dapat
mengubah pemikiran dan keyakinan orang dalam mengembangkan wawasan baru
dan semangat perintis. Ini menanamkan pesan tanggung jawab yang besar
dan cita-cita yang tinggi. Secara psikologis, indigo membantu memperluas
pikiran dan bebas dari ketakutan dan hambatan.
* Ungu,
arti warna Ungu menunjukkan kekayaan dan kemewahan, fantasi dan
dunia mimpi. Hal ini meningkatkan pencarian spiritual dan pencerahan.
Secara psikologis warna ungu mempertinggi perasaan masyarakat tentang
keindahan dan reaksi mereka terhadap ide-ide yang lebih kreatif.
Ungu sering digunakan untuk menunjukkan kualitas tinggi atau produk
unggulan, seperti cokelat Cadbury atau beberapa kosmetik perempuan.
Jika Anda berada dalam bisnis jasa, menggunakan beberapa ungu dalam
pemasaran Anda untuk menunjukkan layanan premium Anda.
Warna Ungu sering dihubungkan dengan pasar tahun 18 sampai 25 lama
karena mereka melihatnya sebagai seksi dan memberontak, sementara
desainer inovatif menghubungkannya dengan kecanggihan dan kekuasaan.
Warna Ungu paling sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan di
bidang kreatif-desainer, paranormal dan produsen kosmetik adalah
pengguna umum itu.
Warna Ungu adalah warna yang bekerja dengan baik dengan Warna emas,
taupe, pirus, giok hijau, merah tua, Warna magenta dan kuning.
Dikombinasikan dengan oranye itu menciptakan tampilan kontemporer
yang unik.
* Magenta
arti warna magenta adalah warna harmoni universal dan keseimbangan
emosional. Ini adalah warna spiritual namun praktis, mendorong akal
sehat dan pandangan yang seimbang terhadap kehidupan. Warna magenta
merupakan cinta universal pada tingkat tertinggi. Ini mempromosikan
kasih sayang, dukungan dan kebaikan dan mendorong rasa harga diri dan
kepuasan pada mereka yang menggunakannya. Hal ini dapat membantu ambisi
dan keinginan untuk menjadi kenyataan.
Secara psikologis Warna magenta membantu kita mengalir dengan
kehidupan dan melepaskan ide-ide lama. Warna magenta adalah warna
yang kuat dan menginspirasi yang dapat melambangkan hal yang
berlebihan dan mengejutkan di satu sisi atau inovatif dan
imajinatif di sisi lain. Hal ini sangat menarik bagi non-konformis
di masyarakat.
* Pink
biasanya digunakan dalam bisnis yang berkaitan dengan pasar
perempuan seperti kosmetik, kecantikan, fashion, dan asmara.
Menggabungkan pink dengan warna gelap lebih memberikan kesan
kecanggihan dan kekuatan.
Warna Pink, arti warna merah muda dikaitkan dengan kasih sayang,
pengasuhan, cinta, dan asmara. Ini adalah feminin dan muda dalam
nuansa yang lebih lembut, dengan semangat lebih dan energi dalam
nuansa yang lebih dalam. Warna Pink menginspirasi, hangat dan nyaman,
menunjukkan harapan untuk masa depan. Hal ini menenangkan dan tidak
mengancam.
Secara psikologis warna merah muda menenangkan dan meyakinkan energi
emosional kita, mengurangi perasaan marah, agresi, penelantaran
kebencian, dan penelantaran.
* Emas,
arti warna emas secara psiologis dipandang sebagai warna kualitas,
kebijaksanaan dan kekayaan. Hal ini terkait dengan prestise,
kemewahan dan kekayaan materi, menunjukkan bahwa suatu produk
atau jasa yang mahal dan eksklusif.
Secara psikologis warna emas dapat menginduksi perasaan
kebahagiaan yang besar dan kebahagiaan atau sebaliknya,
kecemasan dan ketakutan yang mendalam. Warna emas menyiratkan
kedermawanan waktu, uang dan semangat. Ini adalah warna kemenangan,
maka penggunaan medali Warna emas untuk pemenang.
Warna emas digunakan dengan ungu dapat menunjukkan kekayaan dan
keindahan, dan berhubungan dengan barang-barang mewah yang mahal.
Digunakan dengan biru gelap itu menunjukkan kejujuran, kepercayaan
dan keberhasilan. Digunakan dengan Warna hitam itu menunjukkan
kemewahan ekstrim, keanggunan dan kekayaan.
* Perak
arti Warna Perak adalah warna yang berhubungan dengan prestise
dan kekayaan. Hal ini terlihat sebagai warna canggih yang berkaitan
dengan perempuan, kesejahteraan energi dan modernitas. Dengan
kualitas reflektif yang berkaitan dengan intuisi dan telepati
mental.
Secara psikologis warna perak menenangkan dan menenangkan, dengan
ringan yang lebih menggembirakan daripada abu-abu. Perak adalah
warna cairan, terus berubah, menenangkan, memurnikan. Ini adalah
warna bulan dengan suasana hati yang selalu berubah yang berkaitan
dengan energi emosional dan sensitif – penuh kasih. Memiliki
tingkat misteri – seperti bulan itu sendiri.
Perak adalah kesabaran, refleksi, ketekunan, bermartabat,
melembutkan & menenangkan, pengendalian organisasi, diri dan
tanggung jawab. Hal ini menerangi dan menyeimbangkan (tidak
Warna hitam atau putih).
Pada kemasan, perak terlihat ramping, halus, dan berkilau. Memiliki
kesejukan tentang hal yang berhubungan dengan masa depan dan
ilmu pengetahuan dan teknologi.
Sumber :
http://desainlogodesign.com/arti-warna-pada-logo-perusahaan-dan-pengaruh-emosionalnya-pada-konsumen#arti%20warna%20hitam
_______________________________
Sekilas tentang buta warna
_______________________________
* Hal Pengertian
Buta warna adalah suatu kelainan yang disebabkan ketidakmampuan
sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna
tertentu yang disebabkan oleh faktor genetis.
Buta warna merupakan kelainan genetika yang diturunkan dari
orang tua kepada anaknya, kelainan ini sering juga disebut
sex linked, karena kelainan ini dibawa oleh kromosom X.
Artinya kromosom Y tidak membawa faktor buta warna.
Hal inilah yang membedakan antara penderita buta warna pada
laki-laki dan perempuan. Seorang perempuan terdapat istilah
'pembawa sifat', hal ini menujukkan ada satu kromosom X yang
membawa sifat buta warna. Perempuan dengan pembawa sifat,
secara fisik tidak mengalami kelainan buta warna sebagaimana
wanita normal pada umumnya, tetapi wanita dengan pembawa sifat
berpotensi menurunkan faktor buta warna kepada anaknya kelak.
Apabila pada kedua kromosom X mengandung faktor buta warna maka
seorang wanita tersebut menderita buta warna.
Saraf sel pada retina terdiri atas sel batang yang peka terhadap
hitam dan putih, serta sel kerucut yang peka terhadap warna lainnya.
Buta warna terjadi ketika syaraf reseptor cahaya di retina mengalami
perubahan, terutama sel kerucut.
* Hal Klasifikasi
Buta warna sendiri dapat diklasifikasikan menjadi 3 jenis
yaitu trikromasi, dikromasi, dan monokromasi.
* Hal Trikomasi
Buta warna jenis trikomasi adalah perubahan sensitifitas warna
dari satu jenis atau lebih sel kerucut. Jenis buta warna ini
paling sering dialami dibandingkan jenis buta warna lainnya.
Ada tiga macam trikomasi yaitu:
Protanomali yang merupakan kelemahan warna merah.
Deuteromali yaitu kelemahan warna hijau.
Tritanomali yaitu kelemahan warna biru.
* Dikromasi
Dikromasi merupakan tidak adanya satu dari 3 jenis sel kerucut,
tediri dari:
Protanopia yaitu tidak adanya sel kerucut warna merah sehingga
kecerahan warna merah dan perpaduannya berkurang.
Deuteranopia yaitu tidak adanya sel kerucut yang peka
terhadap hijau.
Tritanopia yaitu tidak adanya sel kerucut yang peka
untuk warna biru.
* Monokromasi
Sedangkan monokromasi ditandai dengan hilangnya atau berkurangnya
semua penglihatan warna, sehingga yang terlihat hanya putih dan
hitam pada jenis tipikal dan sedikit warna pada jenis atipikal.
Jenis buta warna ini prevalensinya sangat jarang.
* Pembuktian
Buta warna dapat dites dengan tes Ishihara yang menggunakan
lingkaran-lingkaran berwarna yang dibuat dengan tulisan tertentu
yang hanya dapat dilihat atau tidak dapat dilihat oleh penderita
buta warna.
_________________
Test Buta Warna
_________________
Dapat anda ketahui lewat link :
http://www.kukejar.com/2013/04/tes-buta-warna.html
______________________________
Kode-kode Warna untuk blogger
______________________________
_________
Penutup
_________
Demikian info yang dapat disajikan lewat blog angkolafacebbook ini.
Semoga dapat memperluas wawasan pun dapat lebih bijak dalam
memilih warna sesuai dengan tujuan kita masing-masing.
Selamat malam...!
__________________________________________________
Cat :
No comments:
Post a Comment