Wednesday, March 4, 2015

101 Tanya Jawab Seputar Musik Dangdut Dakwah dan Dangdut Koplo



#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak Macam info Tanya Jawab sekitar Musik Dangdut Nusantara
dalam hubungannya dengan Sejarah, Perkembangan, Perlatan Musik
dengan vokus pada Dangdut Dakwah VS Dandut Koplo pun memberikan
pertanyaan seputar Dangdut Koplo pada pembaca blog)
_____________________________________________________________












_______________

Kata Pengantar
_______________

* Dalam hubungannya dengan Perkembangan Dandut










* Dalam Hubungannya dengan Goyangan Dangdut











* Dalam hubungannya dengan Perbandingan Garis












Entahlah...!

Bagaimana para kawan mengartikan Dangdut.

Namun...!

Setelah penulis mempelajarinya, maka  "Dangdut" sekarang di
pikiran penulis sama dengan Seni Musik Perpaduan antara :

- Seni Musik Melayu Deli
- Seni Musik Irama Padang Pasir dan
- Seni Musik India

...dan...

- Seni musik Dakwah Nusantara (=Rhoma Irama)

Bukan :

- Seni Musik Orang Jawa Timur lewat Istilah Dangdut Koplo-nya
  atau Dangdut Dungunya sangat tumpul otaknya; tidak cerdas;
  bebal; bodoh; (KBBI)

Para pembaca angkolafacebook.blog spot.com yang penulis
hormati...!

"Ingintahukah anda, bagaimana hal ini dapat terpikir....?"

Jika ingin tahu...!

Maka tetaplah di postingan ini, dan ini rangkaian tanga-tangga
baris titian sub judul postingan :

Selamat menyimak...!

"Dan jayalah dangdut Dakwah Indonesia"

 Rangkaian tanga-tangga baris titian sub judul :

1. Dangdut dalam hubungannya dengan "Istilah / Pengertian"

2. Dangdut dalam bungannya dengan Pengaruh Musik Negara Lain
   (Arab, India, Amerika Latin)

3. Dangdut dalam bungannya dengan Pengaruh Musik Amerika
   (1940 - 1970)

4. Dangdut dalam bungannya dengan Pengaruh Musik Melayu Deli
   (1940 - 1970)

5. Dangdut dalam bungannya dengan Pengaruh Musik Melayu Malaysia
   (1940 - 1970)

6. Dangdut dalam hubungannya dengan macam alat musik yang digunakan
   sesuai dengan perkembangannya

7. Dangdut dalam bungannya dengan Pengaruh Jenis Musik lainnya
   (Pengaruh musik Pop, Rock, house, daerah)

8. Dangdut dalam Hubungannya dengan Posisinya di Musik Nusantara
   (Intraksi Musik) Tahun 2000-an ke atas.

9. Dangdut dalam Hubungannya dengan Soneta Group 1970-an ke atas

10. Dangdut dalam Hubungannya dengan Raja Dangdut (Rhoma Irama)

11. Dangdut dalam hubungannya dengan 'duel' antara Soneta Group
    dan God Bless.

12. Dangdut dalam Hubungannya dengan Ellya Khadam

13. Dangdut dalam hubungannya dengan Partai Politik

14. Dangdut dalam hubungannya dengan Istilah cengkok

15. Dangdut dalam hubungannya dengan goyangan erotis? (Goyangan ngebor,
    Goyangan patah, goyangan itik........)

16. Dangdut dalam hubungannya dengan Istilah Dangdut Koplo

17. Dangdut dalam hubungannya dengan para Nama-nama penyanyi-nya di Nusantara

18. Dangdut dalam hubungannya dengan Persatuan Dangdut

19. Dangdut dalam Hubungannya dengan Agama Islam

20. Dangdut Dalam Hubungannya dengan Perbandingan Cara Goyang / Joget

21.  Dangdut Dalam Hubungannya dengan UU Pornografhi

22. Dangdut dalam Hubungannya dengan TPI, KDI, Kadistar, Academi)

23. Dangdut Dalam Hubungannya dengan Hak Individu Penyanyi dan
      Pendengar/ Penonton

24, Dangdut dalam hubungannya dengan Masa depannya




Oya...!

Postingan ini juga menyajikan beberapa pertanyaan untuk anda di
beberapa sub judul, khsus mengenai "Dangdut Koplo", karena dari
semua urusan yang berhubungan dengan dangdut saat ini, hanya
urusan "Dangdut Koplo" inilah yang paling penting.

Karena...!

- Dangdut ini telah mematikan Kreatifitas para pencipta lagu yang
  hatinya tidak rela lagunya dinyanyikan para pedangdut koplo,
  tapi beliau tak bisa berbuat apa-apa

- Juga telah menyebabkan sang Raja Dandut-nya seperti mati suri
  begitupun PAMMI-nya, lemas dan sudah tak berdaya dibikin para
  pedangdut Koplo ini.

- Sementara Pemerintah nyaris tak perduli, adapun para penegak
  hukum sepertinya polisi memberi keamanan pula sama pedangdut
  koplo ini, begitupun tentantaranya ikut pula bergoyang, menikmatinya
  tanpa perduli bagaimana perasaan istrinya dirumah,

- Adapun para Ustat sepertinya memberi kesan sudah putus asa, sudah
  pasrah memang sudah demikianlah adanya, seberapa banyakpun nasehat
  jika hati sudah menjadi buta, menjadi Dazzal, yah tetap saja Dazzal.
  "Para pedangdut Koplo inila mungkin si Dazzal itu" begitu pikir para
  Ustat Nusantara.

Srkali lagi...!
Selamat menyimak...!
_______________________________________________________________

1. Dangdut dalam hubungannya dengan "Istilah / Pengertian"
_______________________________________________________________












Tanya :
Apa itu Dangdut...?

Jawab :
Dangdut adalah salah satu jenis musik atau genre musik yang cukup
populer di Nusantara kita ini dari sekian ratus musik Nusantara

Tanya :
Mengapa disebut dangdut...!

Jawab :
Karena alat istrumen utama jenis musik ini menghasilkan suara
"Dang-Dut" yaitu Gendang.

Tanya :
Selain gendang Apalagi yang utama dalam musik dangdut ini...?

Jawab :
Tabla...! baru kemudian seruuling, karena itu tanpa salah satu alat
musik ini tak bisa dikeretetriakan sebagai musik dangdut.

Tanya :
Bagaiman dengan Penyebutan nama "dangdut" merupakan onomatope dari
suara permainan tabla (dalam dunia dangdut disebut gendang saja)
musik India. Putu Wijaya awalnya menyebut dalam majalah Tempo
edisi 27 Mei 1972 bahwa lagu Boneka dari India adalah campuran
lagu Melayu, irama padang pasir, dan "dang-ding-dut" India.

Sebutan ini selanjutnya diringkas menjadi "dangdut" saja, dan
oleh majalah tersebut digunakan untuk menyebut bentuk lagu Melayu
yang terpengaruh oleh lagu India.

Jawab :
Yah...! Boleh jadi.

Tanya :
Apa yang dimaksud dakwah dalam postingan ini...?

Jawab :
Dangdut Dakwah adalah dangdut hasil olahan dari Rhoma Irama, dkk
yang kecenderungan mengajak pendengarnya untuk lebih meningkatkan
ketakwaan dan keimanan dengan lebih memfokuskan
pada materi pesan lagu dari pada goyangannya.

Tanya :
Apa yang dimaksud Dangdut Koplo dalam postingan ini...?

Jawab :
Adalah istilah atau sebutan umum pada lagu dangdut yang berasal dari
Jawa Timur yang kecenderungannya di nyanyikan dengan iringan goyangan
yang erotis, yang berbau pornografi, non etika dan estetika, menimbulkan
birahi dari para penyanyi dan penontonnya dengan tanpa perduli pada
Norma agama. normar Kenegaraan dan norma budaya atau adat.


_________________________________________________________________

2. Dangdut dalam bungannya dengan Pengaruh Musik Negara Lain
   (India dan Arab)
_________________________________________________________________

Tanya :
Apakah irama dangdut ini dapat dikatakan sebagai irama musik asli
Indonesia...?

Jawab :
Kalau saja cara bernyanyi sesuai dengan ciri khas bangsa Indonesia,
alat musik tetap mengandalkan alat musik Indonesia dengan alat
utamanya gendang dan suling, tentu bisa.

Tapi...!

Kenyataannya Musik Dangdut Indonesia ini sangat dipengaruhi oleh
lagu India khsusnya untuk penggunaan tabla, Musik arab untuk
cekkokan suaranya dan Musik Melayu untuk iramanya.

Tanya :
Bagaimana gambarannya musik Arab itu mempengaruhi musik dangdut,
dan irama musik arab mana yang di maksud, apakah Qasidah atau
irama gambus...?

Jawab :
Gambus adalah salah satu alat musik Arab seperti gitar, namun
mempunyai suara rendah.

Diperkirakan alat musik gambus masuk ke nusantara ini bersama
migrasi Marga Arab Hadramaut (sekarang Yaman) dan orang Mesir
mulai tahun 1870 hingga setelah 1888,yaitu setelah Terusan Suez
dibuka tahun 1870, pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara dibangun
tahun 1877, dan Koninklijke Paketvaart Maatschappij berdiri tahun
1888. Para musisi Arab sering mendendangkan Musik Arab dengan
iringan gambus.

Pada awal abad XX penduduk Arab-Indonesia senang mendengarkan lagu
gambus, dan sekitar tahun 1930, Syech Albar (ayah dari Ahmad Albar)
mendirikan orkes gambus di Surabaya. Ia juga membuat rekaman
piringan hitam dengan Columbia tahun 1930-an, yang laku di
pasaran Malaysia dan Singapura.

Tanya :
Bagaimana dengan Qasidah, apakah ada pengaruhnya pada lagu
Dangdut...?

Jawab :
Ada...! Bahkan musik ini yang terlebih dahulu mermperngaruhinya,
sejak Agama Islam dibawa para saudagar Arab tahun 635, kemudian
juga saudagar Gujarat tahun 900 - 1200, saudagar Persia tahun
1300 - 1600. Nyanyian Qasidah biasanya berlangsung di masjid,
pesantren dakwah agama Islam.
______________________________________________________________

3. Dangdut dalam bungannya dengan Pengaruh Musik Amerika
   (1940 - 1970)
_____________________________________________________________

Tanya :
Bagaimana ceritanya Musik Amerika dapat mempengaruhi musik
dangdut...?

Jawab :
Ceritanya disekitar tahun 1970, Indonesia sangat terbuka sekali
dengan Negara Luar termasuk Amerika. Dan ini dapat dimaklumi
karena merupakan kebijaksanaan politik dari Negara yang dapat
dikatakan baru Merdeka.

Pada saat inilah alat-alat musik dari Amerika banyak masuk ke
Indonesia yang dengan sendirinya menjadi bahan pelajaran bagi
para pemusik dangdut Indonesia, meski sebenarnya bukan untuk
keperluan musik dangdut didatangkan, tapi untuk musik Pop atau
musik rock.
___________________________________________________________

4. Dangdut dalam bungannya dengan Pengaruh 
    Musik Melayu Deli (1940 - 1970)
___________________________________________________________

Tanya :
Tentu Musik Melayu itu sangat Luas artinya. Musik Melayu manakah
yang dimaksud yang mempengarhi lagu Dangdut...?

Jawab :
Musik Melayu yang dimaksud adalah musik Melayu Deli yang mana
wilayahnya ada di Kota Medan atau Sumatra Utara sekarang ini.

Tanya :
Bagimana musik Melayu Deli ini dapat mempengaruhi Musik Dangdut...?

Jawab :
Musik Melayu Deli jauh sebelum Indonesia Merdeka sangat berkembang
pesat di pulau Sumatra. Husein Bawafie dan Muhammad Mashabi adalah
pra pelopornya yang juga sekaligus membawa musik Melayu Deli ini
ke Batavia di tahun 1940-an
_________________________________________________________________

5. Dangdut dalam bungannya dengan Pengaruh MUsik Melayu Malysia
   (1940 - 1970)
_________________________________________________________________

Tanya :
Adakah melayu Malaysia yang dapat dikatakan mempengaruhi Musik
Dangdut...?

Jawab :
Ada...! Dan yang populer P. Ramlee. Hasil olah vokal dan
aransemen musiknya juga dapat dikatakan mempengaruhi dangdut.
________________________________________________________________

6. Dangdut dalam hubungannya dengan macam alat musik yang digunakan
   sesuai dengan perkembangannya
_________________________________________________________________

Tanya :
Bagaimana kira-kira kelengkapan alat musik dangdut dari masa ke
masa...?

Jawab :

~ Pengaruh India (tidak diketahui Tahunnya) ~

(Gendang + Tabla)

~ Pengaruh Arab (Tahun 1870,)

(Tabla + Gendang + Gambus + Rebana)

~ Tahun 1940 - 1970-an

(Tabla + Gendang + Gambus + Suling + Rebana + Akordeon + gong +
Gitar Akuistik


~ Tahun 1970 - 2014 ~

(Tabla + Gendang + Gambus + Suling + Rebana + Akordeon + gong +
Gitar Akuistik + Gitar Listrik + Seksofon + Terompet + Perkusi +
Organ Listrik + Obo)

~ Tahun 2015 (Academi Dangdut Indosiar)

Tanya :
Bagaimana dengan Alat musik dangdut 2015 ini :

Jawab :
Sudah bermacam-macam perpaduannya, bahkan dengan tanpa
gendang, tabla dan sulingpun, tetap bisa memberi kesan bagi
pendengarnya bahwa musik tersebut adalah dangdut.
_________________________________________________________________

7. Dangdut dalam bungannya dengan Pengaruh Jenis Musik lainnya
   (Pengaruh musik Pop, Rock, House, Daerah)
_________________________________________________________________

Tanya :
Selain dipengaruhi musik-musik India, Arab dan Melayu dari segi
wilayah, bagaimana dengan pengaruh dari musik itu sendiri...?

Jawab :
Musik Dangdut dapat dikatakan termasuk jenis musik yang terbuka
dalam segala macam pengaruh karena itu musik mulai dari keroncong,
langgam, degung, gambus, rock, pop, house dan bahkan musik Batak
dapat mempengaruhinya.

Tanya :
Apa maksudnya musik Batak dapat mempengarahi musik dangdut...?

Jawab :
Maksudnya syair musik Dangdut yang populer dapat diganti syairnya
dengan syair musik batak dan Syair populer batak yang biasanya
dilagukan dengan irama tradisional batak dapat dinyanyikan dengan
irama dangdut.
______________________________________________________________

8. Dangdut dalam Hubungannya dengan Posisinya di Musik Nusantara
   (Intraksi Musik) Tahun 2000-an ke atas.
______________________________________________________________

Tanya :
Bagaimana Musik dangdut sekarang ini dalam hubungannya dengan
ineraksinya dengan musik lainnya seperti rock, Jaipongan, Pop
dan lagu-lagu daerah...?

Jawab :
Karena Elastisnya Musik dangdut maka interaksinyapun dengan musik
lain sangat mudah dilakukan. Hal ini dapat kita ketahui dari adanya
musik-musik seperti Popdut (Popdangdut) Rocdut (Rockdangdut) Jadut
(Jaipong Dangdut, Kedut (Keroncong dangdut) Tadut (Tarling dangdut)
dan Badut (Batak Dangdut).
______________________________________________________________

9. Dangdut dalam Hubungannya dengan Soneta Group 1970-an ke atas
______________________________________________________________

Tanya :
Apa peran Soneta Group pinpinan Rhoma Irama dalam Musik Dangdut...?

Jawab :
Peran group ini sangat besar dalam berkembangan musik Dangdut Tanah
Air. Bisa dibilang group inilah yang memberi kesan bahwa dangdut itu
telah berdiri sendiri. Pengaruh kesan Melayunya dihilangkan group ini
sedikit demi sedikit, hingga seperti yang sering kita dengar sekarang
ini.

Syair-sayirnyapun tidak lagi dipengarhi mutlak oleh syair Musik Melayu,
tapi oleh Bahasa Indonesia itu sendiri atau syair musik Pop.

Tanya :
Album apa saja, yang pernah dikeluarkan "Soneta Group...?"

Jawab :
Antara lain,
Soneta Volume 1 - Begadang (1973)
Soneta Volume 2 - Penasaran (1974)
Soneta Volume 3 - Rupiah (1975)
Soneta Volume 4 - Darah Muda (1975)
Soneta Volume 5 - Musik (1976)
Soneta Volume 6 - 135.000.000 (1977)
Soneta Volume 7 - Santai (1977)
Soneta Volume 8 - Hak Azazi (1978)
Soneta Volume 9 - Begadang 2 (1978)
Soneta Volume 10 - Sahabat (1979)
Soneta Volume 11 - Indonesia (1980)
Soneta Volume 12 - Renungan Dalam Nada(1981)
Soneta Volume 13 - Emansipasi Wanita (1983)
Soneta Volume 14 - Judi (1989)
Soneta Volume 15 - Gali Lobang Tutup Lobang (1989)
Soneta Volume 16 - Bujangan (1994)
_______________________________________________________________

10. Dangdut dalam Hubungannya dengan Raja Dangdut (Rhoma Irama)
_______________________________________________________________

Tanya :
Apa peran Rhoma Irama dalam Dangdut...?

Jawab :
Perannya sangat besar "Khususnya dalam pemisahan unsusr-
unsur musik Melayu Deli dengan unsur-unsur dangdut yang
berdiri sendiri".

Dan itu salah satu alasan mengapa beliau disebut Raja Dangdut
pun mendapat beberapa penghargaan musik.
__________________________________________________________________

11. Dangdut dalam hubungannya dengan 'duel' antara Soneta Group
    dan God Bless.
__________________________________________________________________

Tanya :
Apa yang ingin anda sampaikan dengan duel ini...?

Jawab :
Duel ini sebenarnya dilaksanakan disekitar tahun 1970-an, yang mana
pada masa itu kedua group musik inilah yang paling diminati masyarakat.
Mereka sama-sama berhasil menarik minat penontonnya.

Dan sejak saat itu, mulai ada kesadaran dalam diri masyarakat umum
bahwa dangdut sudah mulai terpisah dengan lagu Melayu itu sendiri.
______________________________________________________________

12. Dangdut dalam Hubungannya dengan Ellya Khadam
______________________________________________________________

Tanya :
Apa peran Ellya Khadam dalam musik Dangdut...?

Jawab :
Perannya sangat terlihat dalam memasukkan (Menyanyikan) unsur
musik India ke dalam lagu Dangdut lewat musik dangdut yang
berjudul "Boneka India".

__________________________________________________

13. Dangdut dalam hubungannya dengan Partai Politik
__________________________________________________



Tanya :
Apa peran Partai politik dalam pengembangan Musik Dangdut...?

Jawab :
Jika peran yang dimaksud "Melakukan sesuatu" demi perkembangan musik
dangdut, sepertinya tidak ada. Parta politik memasukkan dangdut dalam
kampanye-kampanya politiknya cenderung untuk mencapai tujuan kampanye
partai politik itu sendiri.

Para penyanyi dangdut di ibaratkan seperti magnet oleh para partai
politik dalam menarik atau mengajak para masyarakat atau pemilih
untuk datang hadir ke tempat kampanye.
___________________________________________________________

14. Dangdut dalam hubungannya dengan Istilah cengkok
___________________________________________________________



Tanya :
Apa yang dimaksud dengan Cengkok dalam lagu dangdut

Jawab :
Cengkok adalah suara yang dikeluarkan oleh penyanyi dangdut yang
memberi kesan meliuk-liuk atau bergelombang seperti ombak sehingga
sehingga pendengarnya terbawa dalam satu suasana tertentu, sesuai
gelombang atau liukan suara tersebut.

Suara cengkok yang bagus, "Hanya dengan satu huruf saja atau satu
kata saja" dapat mengambarkan suatu suasana, apakah lagi tenang,
gelisah atau marah.
________________________________________________________________

15. Dangdut dalam hubungannya dengan goyangan erotis? 
_________________________________________________________________



Tanya :
Jika kita menyimak "Sejarah musik dangdut" jelas tergambar, bahwa pada
awalnya bukanlah musik yang berkonotasi pada erotisme karena secara
umum dapat dikatakan berasal dari negara Arab, India dan Melayu Deli
yang dengan sendirinya erat hubungannya dengan Budaya Islam.

Bagaimana ceritanya, dangdut pada masa sekarang ini lebih berkonotasi
pada arah negatif (erotsme) dari pada konotasi postif sebagi dakwah...?

Jawab :
Yang paling tepat menjawab pertanyaan ini sesungguhnya Rhoma Irama,
karena beliaulah pelaku sejarahnya yang telah mengalami persis pahit
getirnya, asam manisnya musik dangdut itu.

Lewat wikipedia Ind digambarkan bahwa "Rhoma Irama sebenarnya telah
merasakan bahwa, "Musik Dangdut" pada suatu masa akan terbawa pada
ketidak pahaman masyarakat akan guna dan fungsi-nya.

Karena itulah...!

"Rhoma Irama menyarankan Inul Daratista untuk tidak mempopulerkan
goyangan ngebornya, karena dikuatirkan akan dikikuti oleh penyanyi-
penyanyi lainnya". Dan ternyata benar....! maka populerpulalah yang
namanya goyangan patah-patah, goyangan itik, goyangan...dll.
________________________________________________________

16. Dangdut dalam hubungannya dengan Istilah Dangdut Koplo
________________________________________________________



Jika anda orang yang mengerti sejarah Dangdut, maka tahulah
Anda bahwa Dangdut itu seharusnya lebih dekat pada orang Melayu
yang budayanya banyak dipengaruhi oleh Agama Islam dan bukan
pada orang Jawa yang telah merusak budaya Jawa itu sendiri
dengan nama Dangdut Koplo.

Tanya :
Apa itu dangdut Koplo atau musik dangdut koplo...?

Jawab :
Dangdut Koplo adalah nama sekelompok para penyanyi dangdut yang berasal
dari Jawa Timur yang memainkan musik dangdut selalu mengiringinya
dengan goyangan-goyangan erotis atau fornofrafi, sehingga merusak,
menciderai, melukai para pelaku sejarah musik dangdut Nusantara.

Sesungguhnya "Dangdut Koplo" ini bukan saja merusak budaya Jawa itu
sendiri, tapi juga merusak budaya Nusantara secara umum, karena
casset atau CD musiknya cukup banyak beredar di Nusantara ini.

Tanya :
Apa seharusnya yang dilakukan oleh masyarakat dan Pemerintah terhadap
Dangdut Koplo ini...?

Jawab :
Tentu yang dapat dilakukan masyarakat tidak banyak, tapi dengan tidak
usah menontonyapun sudah cukup baik. Tapi pemerintah yang jelas-jelas
punya wewenang penuh lewat Departemen Pendidikannya, lewat kementerian
kebudayaannya seharusnya bertindak untuk menghentikan peredaran VCd
Dangdut Koplo tersebut. Karena alasan sudah cukup jelas bagi yang
mengerti apa itu Pancasila, UUD 45 dan Agama.

Tanya :
Artis-artis pendatang seperti Ayu Ting Ting, Siti Badriah, Zaskia Gotik,
Trio Macan, Melinda dan sebagainya adalah pedangdut yang berasal dari
Dandut Koplo juga. Apa betul...?

Jawab :
Betul...!
_________________________________________________________________

17. Dangdut dalam hubungannya dengan para Nama-nama 
       penyanyi-nya di Nusantara
_________________________________________________________________

Tanya :
Bisakah disampaikan nama nama penyanyi dangdut Indonesia dari masa
ke masa...?

Jawab :
Bisa...! Dan ini urutannya :

* Era Tahun 2000 - Sekarang, al:

Zaskia Gotik
Cita Citata
Siti Badriah
Fitri Karlina
Jenita Janet
Ayu Ting Ting
Dewi Persik
Ridho Rhoma
Vicky Irama
Trio Macan
Julia Perez
Cita Citata

* Era 1990 - Tahun 2000-qn, al :

Akhsay
Citra Marcelina
Zaskia Gotik
Siti Badriah
Fitri Karlina
Ira Swara
Anisa Bahar
Uut Permatasari
Nitha Thalia
Jenita Janet
Cici Paramida
Juwita Bahar
Alam
Ayu Ting Ting
Beniqno Aquino
Dewi Persik
Melinda
Saipul Jamil
Inul Daratista
Ira Swara
Trio Macan
Julia Perez
Kristina
Shamila

Era tahun 1980 - 1990-an, al :

Erie Suzan
Evie Tamala
Hamdan ATT
Iis Dahlia
Ikke Nurjanah
Ine Sinthya
Itje Trisnawati
Iyeth Bustami
Nur Halimah
Riza Umami
Vetty Vera
Mirnawati
Minawati Dewi
Mega Mustika
Yus Yunus
Asep Irama
Lilis Karlina
Nada Soraya
Mansyur S
Ona Sutra
Muchsin Alatas
Leo Waldy
Irvan Mansyur s
Deddy Irama
Herry Irama

* Era Tahun 1970 - 1980, al :

A. Rafiq
Camelia Malik
Elvy Sukaesih
Herlina Effendi
Ida Laila
Noer Halimah
Reynold Panggabean
Rita Sugiarto
Soneta Group

* Penyanyi era tahun 1970-an

A. Harris
Ellya
Hasnah Tahar
Husein Bawafie
Johana Satar
M. Mashabi
Munif Bahaswan
Said Effendi
Rhoma Irama

Tanya :
Apa yang dapat disampikan dengan Nama-nama penyanyi Dangdut diatas...?

Jawab :
Tergambar bahwa, "Masa jaya dangdut Nusantara ada di era 80-90-an.
Ini dapat diketahui dari jumlah nama-nama penyanyi populernya.
___________________________________________________

18. Dangdut dalam hubungannya dengan Persatuan Dangdut
      (PAMMI)
___________________________________________________



Tanya :
Apa peran PAMMI atau Persatan Artis Melayu Indonesia dalam
meningkatkan Musik Dangdut saat ini...?

Jawab :
Dapat dikatakan saat ini kurang berperan, mereka sekarang
sedang mati Suri karena telah dipukul KO sama Dangdut Koplo
Jawa Timur Indonesia.
___________________________________________________

19. Dangdut dalam Hubungannya dengan Agama Islam
___________________________________________________


Tanya :
Apa hubungan Perkembangan agama Islam dengan perkembangan
musik dangdut...?

Jawab :
Sudah jelas, hubungannya sangat erat sampai pada batas sebelum
adanya dangdut Koplo atau sampai pada batas selagi Rhoma Irama
masih aktif-aktifnya di dunia Dangdut.

Musik Arab yang mempengaruhi Musik Melayu Deli dan Musik
India yang mempengaruhi Musik Dangdut-nya Rhoma Irama
syair-sayirnya semuanya berbau Islam,

Karena itu Musik Dangdut pun pada masa ini masih dapat
disandingkan dengan musik gambus, irama Padang Pasir dan
Qasidah.

Tanya :
Mengapa pada masa sekarang memberi kesan justru musik ini
menjadi bukan lagi bagian dari Dakwah Islam.

Jawab :
Hal ini disebabkan media-media cetak dan elektronik yang justru
lebih menonjolkan "goyangan kurang ajarnya orang kurang ajar"
dalam setiap penyiarannya.

Media Indonesia sesungguhnya lebih berorientasi pada bisnis itu
sendiri atau pada hepeng dari pada berorientasi pada perbaikan
moral.

Dan hal ini mungkin saja sering dengan keinginan masyarakat
Indonesia yang lebih mencintai bejat moral dari pada baik moral.

Dangdut yang menonjolkan atau menyairkan atau menonjolkan
goyangan pintu Neraka penontonnya banyak, sedangkan dangdut
yang menonjolkan pintu sorga penontonnya sedikit.
_______________________________________________________

20. Dangdut Dalam Hubungannya dengan Perbandingan 
      Cara Goyang / Joget
_______________________________________________________



___________________________________________________

21.  Dangdut Dalam Hubungannya dengan UU Pornografhi
___________________________________________________

Tanya :
Bagaimana pandangan UU Pornografi Indonesia tentang Perbuatan
para pedangdut Koplo ini :

Jawab :
Menurut UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR
44 TAHUN 2008 TENTANG PORNOGRAFI, Pasal 4 mengatakan :

(1) Setiap orang dilarang memproduksi, membuat, memperbanyak,
menggandakan, menyebarluaskan, menyiarkan, mengimpor, mengekspor,
menawarkan, memperjualbelikan, menyewakan, atau menyediakan
pornografi yang secara eksplisit memuat:

a. persenggamaan, termasuk persenggamaan yang menyimpang;

b. kekerasan seksual;

c. masturbasi atau onani;

d. ketelanjangan atau tampilan yang mengesankan ketelanjangan;

e. alat kelamin; atau

f. pornografi anak.

(2) Setiap orang dilarang menyediakan jasa pornografi yang:

a. menyajikan secara eksplisit ketelanjangan atau tampilan yang
mengesankan ketelanjangan;

b. menyajikan secara eksplisit alat kelamin;

c. mengeksploitasi atau memamerkan aktivitas seksual; atau

d. menawarkan atau mengiklankan, baik langsung maupun tidak
langsung layanan seksual.

Sedangkan pada Pasal Pasal 10 dikatakan :

Setiap orang dilarang mempertontonkan diri atau orang lain dalam
pertunjukan atau di muka umum yang menggambarkan ketelanjangan,
eksploitasi seksual, persenggamaan, atau yang bermuatan pornografi
lainnya.

Tanya :
Bagaimana dengan sanksi hukumnya...?

Jawab :
pada Pasal 36 disebutkan :

Setiap orang yang mempertontonkan diri atau orang lain dalam pertunjukan 
atau di muka umum yang menggambarkan ketelanjangan, eksploitasi seksual,
persenggamaan, atau yang bermuatan pornografi lainnya sebagaimana dimaksud
dalam Pasal 10 dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh)
tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp5.000.000.000,00
(lima miliar rupiah).
_______________________________________________________________

22.  Dangdut dalam Hubungannya dengan TPI, KDI, Kadistar, Academi)
_______________________________________________________________

Tanya :
Bagaimana sebenarnya peran TPI, KDI, Kadistar atau Academi ini dalam
perkembagan dangdut Tanah air...?

Jawab :
Jika dangdut yang dimaksud adalah Dangdut Dakwah, maka perannya
dapat dikatakan "Walah-walah". Tapi jika dangdut yang dimaksud untuk
membikin lebih rame hidup ini, dapat dikatakan berhasil karena banyak
yang tepuk tangan.

Dan juga dapat dikatakan menambah uang masuk untuk media peyeleng
garanya termasuk untuk beberapa perusahaan yang menyediakan fasilitas
SMS.

Tanya :
Bisakah dikatakan seseorang yang mendapat SMS paling banyak sebagai
orang yang paling bisa menyanyikan lagu dangdut.

Jawab :
Bisa tak bisa, memang begitu peraturannya. Karena itu juri yang sesungguhnya
adalah SMS. Adapun juri yang ada dalam setiap penyelenggaraan lomba
dangdut tersebut adalah pajangannnya atau penghias acaranya.

Tanya :
Kalau demikian halnya, "Sesungguhnya para penyelenggara Lomba Dangdut
ini tidak punya kriteria yang jelas bagaimana sebenarnya standard penyanyi
dangdut tersebut yang harus jadi pemenang.

Jawab :
Ya tak punya, karena standarnya telah mereka berikan pada si SMS. Kalau si
A misalnya saudara kita, yah kita dukung aja. Pintar tidaknya beliau nyanyi
urusan belakanganla itu.

Orang lain juga mungkin begitu...!
ada mungkin yang suka pada bajunya, yah dia SMS, ada yang suka pada
rambutnya yah dia SMS.  Makanya dalam penyelenggaraan lomba dangdut
ini ada tukang periksa rambut dan sepatu-nya.
_______________________________________________________

23. Dangdut Dalam Hubungannya dengan Hak Individu Penyanyi dan
      Pendengar/ Penonton
_______________________________________________________

________________________________________________

24, Dangdut dalam hubungannya dengan Masa depannya
________________________________________________

Tanya :
Bagaimana kira-kira gambaran Musik dangdut ini untuk masa yang akan
datang...?

Jawab :
Jika dangdut yang dimaksud adalah dakdut yang bermotivkan syair
dakwah Islam, jelas sepertinya sudah tak mungkin, karena pelopor
utamanya sudah mulai menyerah. Bahkan jadi Ketua Dangdut apapun
seperti-nya belia sudah tak mau.

Beliau Rhoma Irama mungkin, sudah seperti orang tua yang kewalahan
mendidik anaknya. Dan al hasil dibiarkannya dan dipasrahkannya.

Maksudnya...!

Rhoma Irama sudah merasa kecapean, sudah merasa setengah mati
untuk memperjuangkan dangdut ini agar tetap berada pada jalur
dakwah, pada jalur jalan yang benar.

Tapi rupanya...!

Dangdut ini justru lebih disukai sebagian orang untuk berada pada jalan
yang lebih berliku-liku, gelap, tidak benar dan sesat.

Daripa belia pula ikut sesat, "Bagus tak usah ikut campur tangan lagi"

Tanya :
Kalau begitu...! Sudah tak mungkin lagi dangdut ini untuk dikembalikan
pada masa lampaunya...? Dangdut sebagai media dakwah maksudnya.

Jawab :
Dapat dikatakan tak mungkin lagi, seperti tak mungkinnya 1 orang
melawan 100 orang. Kecuali yang 1 orang ini misalnya dibantu yang
namanya Pemerintah RI lewat BSF-nya, lewat MUI-nya, Lewat
Departemen Pendikan dan Kebudayaannya.

Jika Pemerintah RI perduli, sudah dari dulu pula tidak ada itu yang
namanya Dangdut Koplo".

Jangankan untuk menghentikan berhentinya Dangdut Koplo,
menghentikan "berhentinya nyawa manusia" juga negara punya
wewenang yang namanya kedaulatan, "Dari rakyat oleh rakyat
dan untuk rakyat".

"Sesungguhnya kecil urusan menghentikan dangdut Koplo bagi
Negara jika mereka mau".  Cukup mengeluarkan UU yang intinya
mendenda group musik apa aja dinegara ini yang penyelenggaran-nya
menimbulkan birahi (Kriteria jelas dan sfesifik) akan dikenakan
denda bagi penyelenggara dan penontonnya sebesar 1 Triliun per
orang atau disuruh bergoyang sampai mati bagi penyanyinya atau
di suruh menonton sampai mati.

Kenapa rupanya...!

Sebanyak-banyaknya orang di negara ini yang meninginkan dirinya
sesat, masih jauh lebih banyak orang yang menginkan dirinya tidak
sesat dan ini terbukti dari masih lebih banyaknya masjid di negara.
ini dari pada tempat pelacuran
________________________________

Penutup (Kesimpulan dan Saran)
________________________________

* Kesimpulan

Dalam hubungannya dengan "Dangdut Dakwah Indonesia" maka
"Majulah Dangdut Dakwah Indonesia".

Dalam hubungannya dengan "Dangdut Koplo Indonesia, Dangdut
Erotis Indonesia" maka hentikanlah dangdutnya. Karena tidak
sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia, dengan Pancasila,
UUD 45 dan Agama Islam.

* Saran-saran

1. Khusus Untuk Rhoma Irama

Tetaplah sehat dan panjang umur pak Haji...!

Setelah mempelajari sejarah Musik Dangdut Nusantara, saya menjadi lebih
mengerti "Bagaimana Perasaan Pak Haji" pada musik-musik Dangdut yang
dinyayikan vokalisnya dengan gaya erotisme atau vulgar atau pornografhi.

Seharusnya memang tidak demikian...!

Tapi bagaimanalah, "Penduduk Nusatara kita ini mungkin masih terlalu banyak
yang tidak paham tentang guna dan fungsi musik. Kebanyakan orang berpikir
bahwa musik dangdut adalah hiburan. Dan Hiburan yang paling baik dan bagus
adalah erotisme.

Dan mereka akan selalu merasa terhibur ketika melihat "Daster lawan
jenisnya rutcur/turun kebawah atau melihat melihat paha putih yang
plastik bening atau melihat pucot india yang di photo copy jadi pucot
Indonesia.

2. Masyarakat Penyelenggara Hiburan Malam Hari di saat Pesta

Kurang lebih 20 tahun penulis tinggal di wilayah Jawa barat karena itu
tahu persis rasanya bagaiman dangdut dipakai para penyelenggara hajatan
untuk menghibur para tamu-tamunya.

Sebaiknya :

Hindarilah musik-musik dangdut yang diiringi dengan gaya-gaya erotisme.
karena dapat merusak moral masyarakat. Biasanya gaya-gaya ini akan mereka
mainkan sekitar jam 21.00 Wib ke atas.

3. Untuk Media Cetak dan elektronik

Jadilah media yag menjungjung tinggi Norma-norma Adat Nusantara,Negara
dan agama. Jangan karena uang atau hepeng lantas semua hal-hal yang
erotis harus di publikasikan.

Penulis paham betul...! Besarnya peran media dalam mempentuk opini
publik, untuk membikin yang erotis jadi bias-biasa saja atau untuk
membikin yang biasa-biasa saja jadi erotis. Tetaplah dalam etika
Jurnalistik, itu kata lainnya. Jangan sampai kalian yang membuat
aturan mainnya, kalian pula yang melanggarnya.

4. Untuk Penyelenggara Academi Dangdut - Indosiar.

Berlaku baguslah dalam penyeleksian, dalam penilaian dan dalam pendidikan
hingga mereka para pemenang academi dangdut itu lebih bertahan atau
lebih dibutuhkan daripada mereka para penyanyi dangdut koplo itu.

5. Untuk Pemuda Pemudi Islam Indonesia dalam Hubungannya
   dengan Dangdut Koplo

- Mengacu pada masalah Dangdut Indonesia, maka jelas tergambar
  bahwa, "Masalah ada pada Dangdut Koplo Indonesia"

- Rhoma Iramapun dan kawan-kawan seperjuangannya yang dapat
  kita katakan sebagai "Pahlawan Dangdut Indonesia" tak mampu
  menyelesaikannya.

- Begitupun PAMMI-nya sudah tak mampu menyelesaikannya,
  CD pornografinya sudah menyebar keseluruh penjuru Nusantara
  termasuk ke Sumatra. Macam photo pornografinya-pun sudah menyebar
  kemana-mana dan dapat dilihat oleh semua pendudk Indonesia yang
  mengetahui cara kerja internet.

- Adapun pemerintah Indonesia lewat macam lembaga yang berwenangnya,
  memberi kesan Cuek, mereka seolah tak perduli hingga CD pornografi
  Dangdut Koplo ini jumlahnya bukan hanya satu yang di perbanyak
  atau di bajak, bahkan mungkin telah puluhan atau ratusan CD.

- Begitupun para Polisi sepertinya memberi kesan bahwa itu bukan
  tugas mereka. Mereka tenang-tenang saja melihat dan mengetahui
  CD-CD pornografi ini.

Karena itu...!

Mungkin kalianlah, "Para Pemuda Islam" yang bisa diharap
menyelesaikan hal ini.

Siapakah kalian Pemuda Pemudi Islam...?

Kalian adalah para pemuda pemudi ummat Islam Indonesia
yang beriman, yang jadi harapan ummat pembela agama dan bangsa,
yang kekuatannya mampu menghancurkan waja dan selalu siap
menaburkan jasa untuk dapat menjadi bintang dan pagar-nya
ummat muslim Nusantra...!

“Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada 
Tuhan mereka, dan Kami tambah pula untuk mereka petunjuk”. 
(Al-Kahfi:13)

Allohu Akbar...!
Allohu Akbar...!

Alah...Alahu Akbar...!























Wahai Pemuda harapan ummat
juga pemudi kuntum melati

Wahai Pemuda harapan ummat
juga pemudi kuntum melati

Bekerja-bekerja
sebelum terlambat

Taburkan taburkanlah jasa
sebelum mati

Bekerja-bekerja
sebelum terlambat

Taburkan jasa
sebelum mati

Jika ayah bunda telah pergi
kumulah pembela agama dan bangsa

Jika ayah bunda telah pergi
kumulah pembela agama dan bangsa

Menjadi bintang dimalam hari
menjadi pagar sepanjang masa

Menjadi bintang dimalam hari
menjadi pagar sepanjang masa

Allohu Akbar...!
Allohu Akbar...!

Alah...Alahu Akbar...!

Jika engakau tewas di medan jihad
jelas suhada Allah memberi

Jika engakau tewas di medan jihad
jelas suhada Allah memberi

Arwah-arwah Pahlawan
senyum melihat
mujahid bangga melepas pergi

Sentana sekeras besi waja
dapat dibakar hancur binasa

Sentana sekeras besi waja
dapat dibakar hancur binasa

Tapi jasamu wahai pemuda
tidakkkan lapuk dimakan masa

Allohu Akbar...!
Allohu Akbar...!

Alah...Alahu Akbar...!

Allohu Akbar...!
Allohu Akbar...!

Alah...Alahu Akbar...!


Cat :
Lakukan sesuatu para penyelenggara Pemerintahan terhadap
dangdut Koplo ini,  apapun nama Lembagamu sebelum semuanya
terlambat dan anda berkata :

- Ini Negara Hukum, bukan Negara Islam sementar harta Negara
  telah musnah terbakar
- Ini Negara Hukum dan tak boleh main Hakim Sendiri, sementara
  anak munusia telah mati terbunuh.

Sungguh di Negara Hukum ini, di Negara yang kedaulatannya  ada
di tangan rakyat ini hidup rakyat muslim yang kekuatan Pemuda
Islam-nya tak seorangpun mampu mengukur.

"Mereka terkesan seperti bom yang siap meledak ketika pemicunya
terpancing".

Mereka juga kadang tak perduli apakah yang dia perbuat melanggar
ajaran agama itu atau tidak.

Bagi mereka, "Agama Islam adalah agama yang benar. Apapun
yang tidak sesuai dengan ajaran agama Islam, maka menjadi tidak
benar. Dan apapun yang tidak benar pantas untuk dihancurkan".
Itu saja logikanya...!

* Untuk Masyarakat Angkola Tapsel, Paluta dan Palas






















Selamat malam... dan Horas...!
________________________________________________________________
Cat. Sumber oleh data :
* Macam alamat situs dan macam pengamatan pun pengalaman hidup
* Postingan lainnya yang berhubungan dengan dangdut di blog ini ada
   di link, al :

* Jumlah "101" pada judul diatas, sesungguhnya bukanlah jumlah
   yang penulis hitung, tapi ditaksir. Jika pembaca mau
   menghitungnya, silahkan...!





__________________________ 

3 comments:

  1. Informasi ini sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas..
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama astri putri utami...! Dan selamat mengerjakan tugas-nya.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete