Saturday, October 7, 2023

Penyeimbangan batu sebagai bagian dari seni alam

 Penyeimbangan batu sebagai bagian dari seni alam 



*Pemahaman Awal


Penyeimbangan batu (penyusunan batu) adalah seni, disiplin, atau hobi menyusun bebatuan alami secara seimbang satu sama lain dengan berbagai posisi tanpa menggunakan perekat, kawat, tumpuan, cincin atau peralatan lainnya yang dapat membantu menjaga keseimbangan konstruksinya.



*Deskripsi


Penyeimbangan batu dapat menjadi seni pertunjukan, tontonan, atau pembaktian, bergantung pada interpretasi penontonnya. Intinya, kegiatan ini melibatkan penempatan beberapa kombinasi batu dalam pengaturan yang membutuhkan kesabaran dan kepekaan, karena tampaknya tidak mungkin terjadi secara fisik, tetapi sebenarnya sangat mungkin. 


Penyeimbangan batu dapat dilakukan, baik gratisan atau dibayar, sebagai aktivitas individu atau kelompok. Maksud dan interpretasi penonton dapat bervariasi bergantung situasi atau tempat tersebut.


Penyeimbangan batu juga digambarkan sebagai jenis penyelesaian masalah, dan beberapa seniman menganggapnya sebagai keterampilan dalam keinsafan. 


Beberapa hasil kegiatan ini telah digambarkan sebagai trik sulap pikiran. Seperti halnya bentuk seni jalanan lainnya, beberapa instalasi mungkin dibuat di daerah terpencil yang pengamatnya sedikit atau bahkan tidak ada.



Sebuah tugu, digunakan untuk menandai jalan setapak, yang juga merupakan kumpulan batuan bertumpuk, tetapi tugu ini biasanya lebih tahan lama. Sebagian besar jalan setapak Chilkoot di Skagway, Alaska, ditandai dengan tugu-tugu ini.


*Gaya


Penumpukan Batu - batuan saling menempel satu sama lain hingga tinggi.


Penyeimbangan klasik - setiap bebatuan diseimbangkan dalam satu baris.



Saling mengimbangi (Counterbalance) - batuan di bagian bawah bergantung pada berat batuan bagian atas supaya dapat saling menjaga keseimbangan.


Lengkungan - bebatuan membentuk struktur pelengkung yang membentang. Mirip dengan arsitektur purba jembatan batu.


Gaya bebas - kombinasi dua atau lebih gaya di atas.

____

Cat :


No comments:

Post a Comment