Saturday, October 7, 2023

Mengantuk dan Seluk-beluknya

 Mengantuk dan Seluk-beluknya



*Pemahaman Awal


Kantuk atau ‘ngantuk’ adalah kondisi ketika seseorang merasa ingin tidur. Kondisi ini biasa terjadi pada malam hari atau kadang di siang hari. Kantuk merupakan hal yang wajar, tetapi perlu diatasi jika terjadi secara berlebihan, mengganggu aktivitas, atau menurunkan produktivitas.  



Kantuk umumnya muncul karena kurang tidur. Meskipun terlihat sederhana, kantuk bisa memicu timbulnya berbagai masalah, seperti mengganggu prestasi di sekolah atau produktivitas di kantor, memengaruhi emosi, atau bahkan menyebabkan kecelakaan, baik di jalan raya maupun di lingkungan kerja.



Rasa 'ngantuk' yang tidak normal bisa merupakan tanda dari penyakit, seperti sleep apnea, narkolepsi, insomnia, restless leg syndrome, depresi, gangguan kecemasan, atau diabetes. Artikel ini akan membahas kantuk yang tidak normal.



Rasa 'ngantuk' yang tidak normal bisa merupakan tanda dari penyakit, seperti sleep apnea, narkolepsi, insomnia, restless leg syndrome, depresi, gangguan kecemasan, atau diabetes. Artikel ini akan membahas kantuk yang tidak normal.





*Penyebab Kantuk

Kantuk bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti gaya hidup, gangguan mental, penyakit, dan penggunaan obat-obatan tertentu. Berikut adalah penjelasannya:


1. Gaya hidup

Beberapa gaya hidup yang dapat memicu timbulnya kantuk pada siang hari adalah:


Kurang tidur pada malam hari

Seseorang dapat merasa 'ngantuk' berlebihan pada siang hari jika kurang tidur pada malam harinya.


Pola makan yang mengganggu waktu tidur

Konsumsi kopi secara berlebihan dapat mengganggu tidur malam sehingga meningkatkan rasa kantuk pada siang hari. Makanan pedas dan makan terlalu banyak juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan sehingga tidur malam terganggu.


Waktu olahraga berdekatan dengan waktu tidur

Setelah berolahraga, tubuh akan merasa lebih segar karena detak jantung dan tekanan darah meningkat. Itulah sebabnya, berolahraga yang terlalu dekat dengan waktu tidur dapat menyebabkan sulit tidur.



Sering mengonsumsi minuman beralkohol

Alkohol memang memiliki efek kantuk (sedasi). Namun, alkohol dapat mengganggu siklus rapid eye movement (REM) pada siklus tidur sehingga menurunkan kualitas tidur.


2. Gangguan mental

Rasa kantuk juga dapat disebabkan oleh gangguan mental. Orang yang mengalami stres, gangguan kecemasan, atau depresi, bisa merasakan kantuk yang berlebihan pada siang hari.


3. Penyakit

Beberapa penyakit kronis dapat mengganggu kualitas tidur malam sehingga menyebabkan penderitanya 'ngantuk' di siang hari. Penyakit tersebut antara lain kanker, gangguan metabolisme, diabetes, atau hipotiroidisme.


4. Efek samping obat-obatan

Obat-obatan tertentu juga dapat menimbulkan kantuk, seperti obat antikejang, obat antidepresan, obat antialergi, obat antihipertensi, obat penyakit jantung, atau obat asma.


5. Gangguan tidur

Rasa kantuk berlebihan yang tidak diketahui penyebabnya bisa menandakan gangguan tidur. Gangguan tersebut berpengaruh pada kualitas tidur malam sehingga penderitanya mengantuk secara berlebihan pada siang hari.

____

Cat :

https://www.alodokter.com/kantuk



No comments:

Post a Comment