Friday, October 6, 2023

Tanya Jawab Seputar istilah Warisan Dunia

 Tanya Jawab Seputar istilah Warisan Dunia



*Apa yang dimaksud warisan dunia 


Warisan adalah segala peninggalan leluhur bagi kita di dunia yang kita tinggali saat ini, dan merupakan aset yang harus kita wariskan kepada generasi berikutnya di masa depan. Baik warisan alam maupun warisan budaya adalah sumber inspirasi kehidupan yang tidak tergantikan.


Bentuk warisan ini sangat unik dan bervariasi, mulai dari Taman Nasional Serengeti di Tanzania, Afrika, Piramida di Mesir, Karang Penghalang Besar di Australia, hingga Katedral Baruque di Amerika Latin. Semuanya merupakan warisan dunia bagi umat manusia. Konsep 'Warisan Dunia' tercetus dari kesadaran adanya nilai universal warisan-warisan tersebut yang bermanfaat bagi seluruh umat manusia terlepas dari lokasinya.


UNESCO mengadopsi hasil 'Konvensi mengenai Perlindungan Warisan Budaya dan Alam Dunia' atau 'Konvensi Warisan Dunia' pada tahun 1972 dengan misi utama penggalian, perlindungan, dan pelestarian segala situs alam dan situs warisan dunia yang memiliki nilai universal.




*Apa yang dimaksud dengan situs warisan dunia?


Situs Warisan Dunia adalah milik semua orang di dunia, terlepas dari wilayah di mana mereka berada. Hanya negara-negara yang telah menandatangani Konvensi Warisan Dunia yang dapat mengajukan proposal nominasi untuk situs di wilayahnya agar dapat dipertimbangkan untuk dimasukkan dalam situs Warisan Dunia UNESCO.


*Warisan Dunia ada berapa?


Terhitung 2004, sejumlah 788 tempat telah dimasukkan ke dalam daftar Warisan Dunia (611 kebudayaan, 154 bersifat alam dan 23 campuran di 134 Negara Anggota). Data pada bulan Agustus 2020 menyebutkan bahwa 869 bersifat budaya, 213 bersifat alam dan 39 bersifat campuran.


*Berapa Situs Warisan Dunia di Indonesia?


Situs Warisan Dunia di Indonesia mencapai sepuluh situs.25 Sep 2023


*Mengapa Candi Borobudur diakui oleh UNESCO?


Ditetapkan sebagau situs warisan dunia. Alasan UNESCO menetapkan Candi Borobudur sebagai situs warisan dunia karena bangunan candi yang sangat unik dengan arsitektur yang luar biasa. Selain itu, tiap bangunan di Borobudur, semuanya memiliki karakteristik dan makna tersendiri.25 Okt 2021


*Negara apa yang paling banyak warisan'dunianya?


Italia sebanyak 58 situs dan Cina 56 situs.


*Apa negara yang punya warisan dunia terbanyak nomor 3?


Jerman. Kekayaan budaya Jerman mencakup 51 Situs Warisan Dunia UNESCO, termasuk situs Sekolah Bauhaus yang berpengaruh di Weimar dan Dessau. Katedral Cologne yang indah, sebuah mahakarya Gotik yang luar biasa dengan rentang konstruksi selama 632 tahun, menambah warisan bangsa.24 Sep 2023

____

Cat :


No comments:

Post a Comment