Tuesday, January 17, 2012

"RUNDUT CINTAKU APA OBATNYA"

#SELAMAT PAGI GROUP FB KITA SELAMANYA SAHABAT# 
(Sekilas Pendapat Pada Sastra Tapanuli)

Wau...! para anggi di group FB "Kita Selamanya Sahabat" tentunya sebagian besar dari kalian masih remaja bukan, yang halak hita bilang "naposo nauli bulung ?" Yah...! sepertinya demikian dari gambaran statusnya dan horas...! senang bisa bikin tulisan/status untuk para anggi. Anggi...! ataupun anggia...!.

Yang mau saya sampaikan lewat tulisan ini adalah pernyataan-pernyatan kasih sayang atau holong dari daerah Tapanuli dengan maksud untuk dapat lebih memahami bagaimana sebenarnya holong ini daerah kita. Dengan pemahaman tersebut saya berharap para anggi sasudena dapat lebih bijaksana dalam menyikapinya karena masalah "holong sangape cinta" ini tak jauh beda dengan "Bonang". Ya...! cinta=bonang, imada maksudku anggia ataupun kele.

Molo bonang targulung rapi tottu tabo ligion, muda got di pake marrait layang-layang tottu lancar pangaraitani. Songoni muse diwaktu manggalasanna. Ulang be tu masalah ni namartonun jadi hipas sidung, songoni muse muda jeges targulung di sikoci; jadi lancar namanjait.

Hubunganna tu cinta sangape holong para anggi ; dengan holong natigor (inda aso idokkon halak iba playboy, inda marpura-pura holong, inda mampermainkon, inda daripada nadong) maka para anggi akan lebih nyaman manjalani hangoluan tahindar dari sumpah serapahnya lawan jenis dan juga dari sugari-sugari.

Tapi kalau sebaliknya anggi, tak jauh beda dengan rundutnya bonang, ipadiar hatcit ulu mangaligina, igulung stres. Alhasil isipak noma jadina. Hebatna sala sipak muse margu- lung tupati, mangalilit dan akibatnya iba noma banting dibaen bonangi, idekken ia iba. Botima.

Hubunganna tu cinta anggi-i, molo bahat gandak sangape ualang jadi bahat musema gabus, bahat muse fulsa habis songoni hepeng banubusi segaret, bahkan sebagian jadi minum-minum noma, sude siala sude siolu, modom pesala so modom pe sala. Marhepeng bisa mambaen marsalaan pangalaho, apalagi mur namarhepeng. Karejo pekadang jadi sego haranni rundut ni cintai. Belum lagi pakkuling ro songon naso di abas, ninna.

Para anggi...! berikut beberapa kutipan sastra Tapanuli khususnya sian lagu/musik yang berhubungan dengan holong : _____________________________________________________________
Judul : SIHOL HIAN AU

...holongmi tu holongkhi, songon ronggur namanggora udani. Rohami tu rohakki, songon aek tu nama uasi Sihol hian au- sihol hian au tuho, romaho tu au, romaho tu au khasian. Inti Pesan : Menceritakan kerinduan seseorang pada kekasihnya, dan dalam kerinduannya banyak hal membayanginya salah satunya “Sopo” (Gubuk kecil yang biasanya ada di sawah/ladang. Makna Lagu : Kerinduan adalah bagian dari kehidupan. Karena itu tidak bisa dipisahkan dari diri manusia. ____________________________________________________________
Judul : RAULI

Rauli...igot au, sai ingot au Ito. Rauli...nangpe naung muli ho Ito rohakki sai hot tuho. Rauli...paima ma di nipimi paboa onku do tuho, ise do na sala... ise do na sala di hita na dua... Inti Pesan : Menceritakan sepasang kekasih sudah sama-sama sepakat mau menikah, hal ini sudah disampaikan pada orang tua si gadis, tapi tiba-tiba si gadis berpaling pada laki-laki lain. Makna Lagu : Mempermainkan kasih sayang akan menyebabkan penderitaan pada sebelah pihak. Hal ini akan lebih berbahaya jika sudah berkeluarga.
_______________________________________________________________
Judul : SANDIWARA
...Tu magon ma Ito hita marsirang, luluima pangganti ki sai dirippu di na denggan, di sasude na didokmi. Sai unang ma Ito marsandiwara ho, ai dang di au na songoni. Inti Pesan : Menceritakan salah seorang dari sepasang kekasih yang suka bersandiwara lewat perbuatan dan kata-kata bohong. Pasangannya mengetahui hal ini dan berakibat fatal pada dirinya yaitu menjadi sakit. Merasa tersakiti secara phisik dan psikis menyebabkannya mengambil keputusan untuk marsirang/berpisah. Makna Lagu : Bersandiwara lewat perbuatan dan kata-kata bohong dapat menyebabkan sakit secara phisik dan psikis.
_________________________________________________________________

KESIMPULAN :

Para anggi di Group FB kitaselamnya Sahabat, uraian diatas telah memberikan gambaran obat rundut ni cinta adalah jangan mempermainkannya karena kita sendiri bisa kena batunya. Tuhan menciptakan manusia laki-laki dan perempuan agar saling menya- yangi dan menim bulkanketentraman diantara mereka.

Allah Swt berfirman : Dan diantara bukti-bukti kebesaran Allah, diciptakan-Nya untukmu pasangan hidup dari jenismu sendiri supaya kamu merasa tentram disampingnya. Dan dijadikan-Nya kasih sayang diantara kamu. Sesungguhnya yang demikian itu menjadi tanda-tanda bagi orang-orang yang berfikir" (Ar-Ruum : 21) Enter...! (rfs)

No comments:

Post a Comment