Saturday, February 18, 2012

"PAR MARGA HUTASUHUT"

#SELAMAT PAGI TAPANULI#
(Mangaligi Turi-Turian ni Bayo Angin Bayo Alogo) _______________________________________________________________

Para Ipar atau bo ru ni tulang yang sudah jadi teman ataupun dongan dalam bahasa FB-nya, apa kabar...? semoga tetap sehat seperti yang kita harapkan. Ya...! kita harapkan, kita pangidokan, kita do'akan.

Tor si godong-godong boru tulang, manogos itaklah anggodong...gggg. Hahahahaha...soada itak sappohul pinomat na da kirim solom. Kirim solom galunggung hararatte manjalin luka, kirim solom malungun ido napasonangroha.

Mohon ijin : Yang mau saya jawab ataupun ingin ketahui lewat tulisan ini adalah mengapa saya jadi beripar ke Hutasuhut, mengapa pula ibu saya berasal dari Anturmangan dan bagaimana ceritanya sehingga marga Hutasuhut ada di Anturmangan dan huta-huta lainnya di sipirok. Itu ajanya.

Dan sebagai pembukanya, marassalamu alaikum majo : "Assalamu'alaikumwarahmatullahiwabarakatuh...!" "Waalaikumusalamwarahmatullahiwabarakatuh...!"

Kakakakaka...kkk...titik dua (:) __________________________________________________

KERAJAAN TABUYUNG / SINGKUANG & SUTAN BUGIS __________________________________________________

Para Ipar pengetahuan awal , saya mulai dari tahun 1230 M (Hahahahaha... tak terbayangkan bagaimana wilayah pada masa itu) :

- Ada satu kerajaan yang dipinpin seorang raja namanya "Raja Sipuyung" atau "Patuan Soripada Sipuyung" di kerajaan yang bernama "Tabuyung / Singkuang".

- Patuan Soripada Sipuyung ini mempunyai anak namanya "Sutan Bugis 1" yang kemudian diketahui pindah dari kerajaan Sipuyung ke "Huta Pinang Narrodom" atau wilayah "Batang Toru"

- Di Huta pinang ini Sutan Bugis 1 menetap dan kemudian punya anak ini punya anak "Malim Panjang Sumur di Laut Sutan Muda" yang kemudian di kenal sebagai "Sutan Bugis 2"

- "Sutan Bugis 2" ini punya anak juga yaitu Patuan Diruyung

- "Patuan di ruyung" punya anak juga panggilannya "Namora Pande Bosi 1. ___________________________

NAMORA PANDE BOSI 1 & 2
___________________________

- "Namora Pande Bosi 1" ini punya anak juga yaitu "Si Adji" dan menikah dengan Putri bungsu si Radja ni Bujing Galanggang Pinarik/ Padang Sidempuan. Setelah menikah mereka tinggal dan menetap di Angkola (Bagian Hulu dari Batang Toru)

- Si Adji ini dengan sendirinya punya anak juga yaitu "Si Adji Abang Manualang" yang kemudian dikenal sebagai "Namora Pande Bosi 2". (Tambahan : Selain Pande Bosi/pandai besi atau tukang olah besi Gupak, kris, dll beliau juga Seorang datu besar yang cukup terkenal pada masa itu.)

- Namora Pande Bosi 2 ini menikah dengan boru Dalimunthe yang bernama "Natua Lean Bolon" poparan/keturunan dari "Oppu Jalak Maribu" yitu seorang Raja dari Huta Sigalangan.

- "Namora Pande bosi 2" ini bersama istrinya kemudian tinggal di "Hatongga" yang kemudian punya anak 2 orang yaitu

1. Sutan Borayun atau Patuan Solendang Gunung
2. Sutan Bugis (Yang Menurunkan Marga Lubis di Angkola) _____________________________________________________________

MASA PENURUNAN/PENGEMBANGAN MARGA-MARGA DI TAPSEL _____________________________________________________________

Para Ipar pun boru tulang...!
- Dari keturunan Namora Pande Bosi ini terjadi penambahan Marga-marga di Tapanuli selatan pada masa yang telah berlalu yang kemudian diketahui adanya "Silakkitang dan Sibaitang" dan dari sini pula kita mengetahui bahwa marga "Lubis" ada juga di Mandailing Julu.

- Melanjut pada keturunan "Sutan Borayun", beliau punya anak :
1. Dja Maria Monang Manaluhon
2. Dja Todung Marangga-Angga
_________________________________________________

MASA PENGENALAN BAYO ANGIN BAYO BON -BON _________________________________________________

Para Ipar...!

- Dja Todung Marangga-Angga atau yang lebih dikenal dengan "Sutan Naposo Di langit Mangaraja Gunung Pandapotan" anak ni Bayo Angin Bayo Bonbon inilah yang membuka huta di Huta Layan/Sanggar Udang/Angkola Julu atau Lobu Layan.

- anak ni Sutan Naposo Dilangit Mangaradja Gunung Pandapotan :
1. Patuan Digunung (*)
2. Tunggul ni Borti
3. Sutan Bangun Barani

- Anak ni Patuan Digunung :
1. Sutan Soripada Diattje (*)
2. Mangaradja Imbang Soatupon

- Anak ni Sutan Soripada Diattje :
1. Baginda Mangaletar (*)
2. Sutan Bangun Barani

- Anak ni Baginda Mangaletar :
1. Patuan Soripada Diattje 1 (*)
2. Sutan Habonaran
3. Sitekkal Gading

- Anak ni Patuan Soripada Diattje :
1. Baginda Oloan (*)
2. Sutan Lembang Gunung
3. Patuan Baringin
4. Baginda Mangalopi

- Anak ni Baginda Oloan :
1. Mangaradja Gunung gelar Patuan Soripada Diatjje 2 (*)
2. Mangaradja Imbang
3. Mangaradja Soatupon

- Anak ni Mangaradja Gunung :
1. Patuan Soriayaman, dongan saripena boru Munte sian Sigalangan ima namanyuan monis di Huta Layan (*)
2. Dja Soimbangon

________________________________________________

MARGA HUTASUHUT DI SIPIROK DAN SEKITARNYA ________________________________________________

Para Ipar pun Boru Tulang :

- Anak ni Patuan Soriayaman :
1. Sutan Mangembang gelar Patuan Soripada Diattje 3, on ma namarkubur di Lobu Layan sannari, bale na dipajonjong ditaon 1969, on ma ompu parsadaan ni Hutasuhut sannari. (Maka adalah Marga Hutasuhut di Lobu Layan).

- Anak ni Patuan Soripada Diattje :
1. Mangaradja Soambangon, ima namanurunkon marga Hutasuhut di Hutapadang. Sitandiang, Purbatua, Silangge, Anturmangan, Bulumario, Sungelaut, Batusatail, Pansur Pangke, Siloung, Binanga. (Maka adalah Marga Hutasuhut di Anturmangan).

2. Sutan Guru Lembang Gunung (Ompu ni Gende). On ma naditaban asa dioban tu tambatan Gadja (Lobu Handis) asa mambuat boru ni Ompu Ni Hatunggal, boru Regar. On ma naumpompar Marga Hutasuhut di Sipirok.

___________

KESIMPULAN
___________

- Ibu saya dari Anturmangan memang sudah dari sononya marga Hutasuhut, dan ibu saya ini keturunan dari Mangaraja Soembangon, yang ke mudian marbagas tu Aya parmarga Siregar. Akibatnya saya jadi Marga Siregar dan Hutasuhut jadi ipar saya. Hahahahaha....! jadi ro danak iba pambaen ni FB on.

____________________________________

PERTANYAAN SANTAI SESUAI HAGIOT
____________________________________

1. Apakah uraian di tas sudah benar, atau ada koreksi untuk diperjelas ditambah atau dilengkapi. Jika ada dipersilakan.

2. Salahkan saya jika menyimpulkan , bahwa yang dimaksud marga "Hutasuhut" adalah semua keturunan dari "Sutan Mangembang" atau "patuan Soripada di Atje ?

3. Apakah Sungelaut, Batusatail, Pansur Pangke, Siloung adalah nama-nama Huta dan masih ada penduduknya sampai sekarang, dan ada dimana ini ya, mengapa saya tidak tahu ? hahahaha...

4. Para Ipar ataupun ito pemilik marga Hutasuhut yang mungkin belum begitu kenal, di FB ini, hutasuhutnya asal darimana ya ?

5. Kalau anak saya sudah besar, masihkah para ipar/mora mau memberikan borunya kepada kami marga siregar ? Kakakakakaka...kkk...kayak udah tobang pula awa.

Trims...! patujolona, mohon maaf jika ada yang kurang berkenan. Tulisan ini di buat dengan niat baik atas ke dekatan Siregar sama Hutasuhut (Oppung saya Hutasuhut, Ibu saya Hutasuhut, kakak saya Hutasuhut, huta hagodangan saya Hutasuhut juga).

Enter...! Semoga jadi pengetahuan yang memberi manfaat.
_________________________________________________________________

2 comments:

  1. Tarimo kasih mada Ipar handa,tulis hamu jolo na lebih komplit asi binoto. Mauli ate.

    ReplyDelete