Sunday, February 5, 2012

"SABAR SAYANG AKU BANG REGAR BUKAN BANG TOYIB"

#SELAMAT PAGI TAPANULI#
(Sekilas Pendapat Pada Pandasoran) ________________________________________________________ Kakaakakakak...kkk...pasang musiki kapala :

Ting...triting.... Ting...ting...ting...ting
Ting...triting.... Ting...ting...ting...ting
Ting...triting.... Ting...ting...ting...ting
Ting...triting.... Ting...ting...ting...ting

Pagi semua dongan halak hita...! Bang Regar, Bang Lubis, Bang Hasibuan, Bang Harahap, dll.

Trutung..tung...tung...tung
Trutung..tung...tung...tung

Kau bilang padaku, kau ingin bertemu
kubilang padamu, oh...ya nanti dulu
aku lagi sibuk sayang, aku lagi kerja sayang
untuk membeli beras, dan sebongkah berlian...

Sayang...! aku..bukanlah bang toyib
yang tak pulang-pulang
yang tak pasti kapan dia datang...
sabar sayang...sabarlah sebentar,
aku pasti pulang karena aku ,
bukan aku, bukan bang toyib....bbbbb. ..................................................
_______________________________________________________

Dongan ale dongan...! dongan nai pandasoran. Ketika usia remaja seorang gadis sangape bujing-bujing sudah usai maka berkatalah adat kita :

Talduskon ma giring-giring Laho mamasukkon golang-golang
Tinggalkon ma inang adat na bujing
Madung jujung adat matobang

Maka ditinggalkon bujing-bujing on mattong sambil mandokkon : Nyekut...nyekut...nyekut...nyekut Nyekut...nyekut...nyekut...nyekut

Rere au baya narere, silalat hian di sigumurung
kehe ma au baya nakehe,
selamat tinggal madi hamunu
tinggal ma baya bilik podoman,
sangape patcur paridian
ilu ni mata namarsaburan,
nagiot mangayupkon habujingan.

Dongan ale dongan...! ketika habujingon telah diayupkon, diayupkon melalui marlojong ataupun dipabuat. Tinggal di huta hatubuan ataupun huta naleban semuanya ini akan masuk pada tahap "Mandasor" Yah...! tahap mandasor, ning halak hita. Dan tahap inilah yang mau saya sampaikan lewat tulisan ini dengan fokus perbuatan suami sebagai supir pandasoran yang bukan bang Toyib
____________
Mandasor
____________
Para dongan sapardiskusian, baik yang sudah mandasor maupun yang lagi mamparsiapkan, saya ingin mengatakan :

- Jika dongan mandasor di huta, dengan tinggal di rumah jatah ataupun tinggal di rumah tulang, besar kemung kinan pandasorannya bisa berjalan lancar. Disana itu ada yang kita sebut dengan orang tua, koum, kahanggi amattua, bujing, dll yang siap setiap saat melancarkan pandasorannya.

- Bagaimana dengan yang tinggal di huta pangarattoan, huta naleban, huta sihadaoan, jauh dari koum sisolkot dengan pekerjaan hais manyogot tuduk potang. Ah........rasanya tak terrasakan lagi dongan. Jika kesedihan hidup banyak yang mengukur dengan menangis. Tapi yang ini lain dongan, "Sada-sada ilui manetek, madabu tu bagasan". Inda taridabe dongan ilui haran ni sedihna nai pandasorani.
____________________________
Hais Manyogot Tuduk Potang
____________________________
Dongan ale dongan, dongan halak hita...! Dongan ale dasar, dasar halak hita...! Sudahlah pendapatan hais manyogot tuduk potang, tinggal di rumah kontrakan, listrik belum dibayar, kreditan banyak, dia bilang pula ngak apa-apa, "Patenang madisi uma ni si butet, sayang do au tuho. Namuli salpu do sude namangoluon" katanya pula dengan sejuta keraguan hidup.

Dongan ni dongan...! jika istri anda adalah wanita karir/ kerja, mungkin masalah lebih mudah mengatasinya. Bagaimana jika tidak, justru anda atau dongan yang jadi andalan penyelesaian semua masalah. Ah..........! rasanya bagaimana ya.

Bisakah dongan merasakan, apa yang dirasakan dongan saripennya, dongan sarahasianya, apalagi pekerjaan dongan juga jauh yang menyebabkan tidak bisa pulang setiap saat. "Ah.....! hangoluan pandasoran. Ho domada Tuhan napa boto- boto on sude, tuho noma au marsorah diri" demikian mungkin kata dongan saripetta tu parangetta, tu usahotta.
_________________________________
Pandasoran Namaroban Hadengganan
 __________________________________
Dongan ale dongan...! jika kita membaca pandasoran ni halak nasukses baik halak hita bope naso halak hita, sepertinya mereka menggunakan rumus yang sama untuk dapat lulus dengan baik, ima :
- Sabar dalam mengatasi persoalan hidup
- Sapangalakka, Sapangambe, sapanaili dalam menykapi semua persoalan
- Terus bekerja dan berdo'a dalam setiap usaha
- Terbuka dalam semua persoalan hidup
- Terus belajar memberbaiki semua kekurangan
- Pasang trik dan strategi dalam efektivitas pekerjaan
- Tingakat rasa sayang, holong mangalap holong, Dll.
____________________________
Sebongkah Berlian Untuk istri tercinta
____________________________
Dongan ale dongan...! ketika saya menuliskan modal untuk lulus dipandasoran ini, saya merasa begitu berat dalam pelaksanaannya. Adakah para dongan merasakan hal yang sama ?

Hahahahaha....b mari sama berjuang para dongan, para kawan untuk dapat lulus dari pandasoran ini, hingga kita dapat menghadiahkan sebongkah berlian untuk parsonduk bolonta, untuk istri kita, untuk dongan saripetta masing- masing. Karena sebongkah berlian adalah simbol kebahagiaan dari satu keluarga yang sakinah, mawaddah, warohmah.
___________________________________
Sala di Pandasoran, Sega tu Pambibiran
___________________________________
Bukan tidak mungkin karena beratnya dapat lulus dari pandasoran,
maka istilah "Sala di pandasoran, sega tu pambiran menjadi polpuler"

Para dongan...! Begitupun, saya yakin kita bisa, karena kita bukanlah bang toyib, tapi bang Regar...hahahaha...bang Hasibuan... kakakaka...bang Lubis...hihihi...bang Harahap...hehehehe... Sabar sayang...! sabarlah sebentar...! aku pasti pulang, karena aku , aku bukan, bukan bang toyib....bbbb.... .................................................... dan ini sebongkah berlian untukmu. Mohon diterima. ........................................................

Sayang...! aku..bukanlah bang toyib yang tak pulang-pulang yang tak pasti kapan dia datang... sabar sayang...sabarlah sebentar, aku pasti pulang karena aku , bukan aku, bukan bang toyib....bbbbb. ...................................................

Ah...damailah kehidupan, damilah keluarga kita, damailah kita semua marga's family community dan damailah pandasoratta.

Selamat pagi dan selamat beraktivitas. Sabar sayang aku pasti pulang. Enter...!Ugh....!(rfs).

http://youtu.be/28DOLLTr_7Y WALI BAND Aku Bukan Bang Toyib with lyrics www.youtube.com dik , maafkn aku karna gak pulang-pulang __________________________________________________________________________ Megawati Hutasuhut, Soel Bahrie Siregar dan 2 orang lainnya menyukai ini.

No comments:

Post a Comment