Wednesday, February 1, 2012

"HULETEK LAGEI"

#SELAMAT SIANG BAYO DAN BORU REGAR#
(Sekilas Pendapat Pada Lagu Batak-Analisis isi Pesan 1) _______________________________________________________________
Para Bayo dan Boru regar...! Tentu tak ada salahnya siang ini kita hiasi FB ini dengan lagu bukan ? sekaligus mendalami status kahanggi Soel Bahri yang berjudul "ulos" yang telah kita ketahui sama pula artinya ulos ini dengan paroppa pun gobar. Tujuannya, yah...! hanya untuk mendapat gambaran bagaimana holong diaplikasikan lewat gobar. Lagu pengisinya dari Nainggolan Sisters yang berjudul "Huletek Lagei Diho". Demikian liriknya :
____________________________________________________________________
Huletik lagei diho lao podomannnn...nn mu borngini ito
Hutonun gobari diho asa adong...ggg lao ulosmi borngini.

* Para iboto nauli bulung pagar ni huta...! jika pada saat sekarang ini ito jatuh cinta/ada hati ninna, apakah ito bersedia bertenun ulos untuk sang pacar atau hallet atau gandaknya ? Saya duga tidak, ito mungkin saja berkata, "Ah...! itu cara lama banyak menghabiskan waktu dan kuno kesannya. Lebih baik kasih abit/ kain, mudah didapat dan hemat. Bila perlu padiar ngalian, siapa suruh datang ke rumah" begitu mungkin sang ito menjawab.

Ito...ito...! Ito si boru enggan...! pedapat saya mengenai hal ini, "Semakin susah "tanda kasih sayang" dibuat, semakin tinggi keinginan kita mempertahankan kasih sayang tersebut". Meski begitu, banyak juga para bayo yang tidak mengerti mengenai hal ini. Mereka tidak perduli dengan simbol-simbol kasih sayang, sehingga tak jarang pula para bayo yang memanfaatkan orang yang mencintainya menjadi sumber parsigaret nia.

Ah........jolma...jolma..., jolma naso sadar diri. Sudah dikasih holong saiyas ni roha tapi masih saja membalas dengan holong mangalada. "Hupatudu doho tuho holong ni rohakki ito...ooo... hape balikdo dapot au sian ho... aha alanana...aaa..., Dung oloi sude pangidoanmi..iii.. ipasombu ho do au ito tarilu ilu...uuu" kata Nainggolan Sisters. _________________________________________________________________________ "Boasama ito...! boasama ito...! gabusan mu au.
Boasama ito...! boasama ito...! boasama ito,
gabusan mu au" Lanjutnya pula.

Para bayo dan boru Regar...! Sebelum ditarik kesimpulan dari lagu ini, sudikah anda menjawab, siapa yang lebih banyak berbohong/margabus antara laki-laki dengan perempuan baik masa pacaran maupun sudah berkeluarga. Atau lebih banyak mana, laki-laki yang membohongi wanita atau wanita yang membohongi laki-laki ?
____________________________________________________________
Ramtani Ritonga, Gudlan Fernandes Ritonga dan 2 orang lainnya menyukai ini.Ison alamatnya dongan : http://youtu.be/E3SAaUr1ADs

No comments:

Post a Comment