Sunday, March 25, 2012

"SOTUNG LUPA HO ITO DIPADATTA NATOGU" "

#RENUNGAN MALAM#
(Sebagai Pengingat Pada Masalah Keluarga)
___________________________________________________

Si dua, dua....aaaaaa. Si tolu, tolu....uuuu. Soootung lupa ho ito...oooo, di padatta na togu....uuu". Demikian lantun ito Evi Sinaga dalam salah satu lagu batak yang berjudul "Si dua-dua".

Mengiringi suara merdunya ito ini, membawa saya pada suatu pemikiran betapa indahnya kasih sayang. Dan kasih sayang ini tak jarang menciptakan suatu janji yang secara umum bisa saja kita sebut "Janji Sehidup Semati". dan dalam sastra batak bisa pula kita sebut "Padaatta na togu".

Dongan ale dongan...! Hidup terus berlangsung, macam tantangan hiduppun kadang tak dapat di atasi sehingga tak jarang pula "Padatta Natogu" itu antara dua anak manusia yang sebelumnya pencinta perdamaian menjadi pencinta paporangan.

Jika hal ini ada dalam satu keluarga, caci mencaci antara suami istri menjadi hal yang biasa, ingkar janji, bohong sana sini, saling merendahkan martabat keluarga, marsisipakan, marsiancaman juga menjadi bagian dari hidup.

Karena itu, cukup banyak pula yang mengahiri "Padatta Natogu" itu di meja pengadilan. "Marsirang Noma Hita" hata penutupna. Tok.. .tok...tok...ning hakimi tolu kali, tanda sirang na.

Dongan ale dongan...! Jika ada diantara kita yang mengalaminya, mungkin perlu kembali menganalisa, mengingat "Padatta Natogu itu" padatta yang terucap di parsobanan, di patcut paradian, di aek lappesong, aek siguti sangape di galanggang partandangani, di aek si jornih atau simago-mago, hingga keharmonisan keluarga kembali terjaga , kembali pada holong mangalap holong donganku, itoku dan borutulangku.

Indah syairnya sebagai bahan pengingat :

Suami :
Ai dang tarlupahon au ito
tikki na dihutai...iiii
uju rap mar meam-meam hita
di tikki naposoi....iiii

Istri :
Tung man sai sonang marlojong-lojong
di haol ho au sian pudi...iiii
dang natar lupahon au ito
hu ingot do sudenai...iiii

Suami :
Ai hurippodo ito
naung lupa ho disi...iii
tikki diparsobanani
uju roma rimbusi...iii

Istri :
Tung mancai gomos do hu haol
asa tung las hita na dua...aaa
sai tong do hu ingot hasian
tikki di parsombanani...iii

Dongan ale dongan, demikian stimulinya, hingga kita dapat kembali pada keharmonisan keluarga. keharmonisan dalam holong-mangalap holong. "Sotung lupa ho ito di padatta na togu, haholongi au saiyas ni roham".

Demikian Renungan malam saya kawan :

Semoga tulisan ini memberi manfaat, sebagai mengingat untuk pemecahan suatu masalah pada masa-masa mendatang, jika memang ada masalah. Sebagai penutup malam :

Singgkap najumolo
pisang si holan namarbari
Ue marsirang nama jolo
bodari songot taulahi

Dongan ale dongan...! Selamat Borngin.
Ito boru ni tulang...! Selamat Malam.

Enter...!(rfs)
PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

No comments:

Post a Comment