Monday, April 2, 2012

"SIAN SI RAJA BATAK SAMPE TU RAJA LONTUNG"

#SELAMAT MALAM KOMUNITAS SIREGAR"
(Mangaligi Turi-Turian Ni Halak Batak Mulai Sian Si Raja Batak Sampe tu Raja Lontung)
___________________________________________________________

Para Bung Regar ataupun Anggi Iboto...! malam ini saya sajikan kalian sejarah Mulai sian si Raja Batak sampe tu Raja Lontung. Sajiannya dalam bentuk proses tanya jawab antara seorang anak (H.Yakin72) dengan Uwanya (Uwa72), sehingga tulisan lebih variatif dan dengan harapan lebih mudah pula dipahami. Hahahahaha.... tamulai mada anggia : _________________________________________________________________

H. Yaqin72 :
Uwa, mengapa harus mempelajari turi-turian silsilah / tarambo / legenda) dari si Raja Batak ?

Uwa72 :
Menurut Uwa, mempelajari turi-turian orang Batak akan lebih mudah memahaminya jika dimulai dari yang paling atas. Alasannya jika cerita /legenda dari yang paling atas kita ketahui maka dalam perkembangan turi-turian kebawahnya akan lebih mudah dalam memahaminya. _________________________________________________________________

H. Yaqin72 :
Mengapa Uwa berkata begitu ?

Uwa72 :
Selama ini Uwa mengetahuinya hanya sepotong sepotong, akibatnya dalam hal mencari hubungan pengetahuan yang sepotong dengan potongan lainnya menjadi susah. Contoh : Uwa tahu sedikit mengenai si Raja Lontung dari hasil mendengar lagu. Begitu juga dengan cerita hatubuan ni Marga Siregar Salak di Tapanuli Selatan. Ketika dihubungkan Siregar Salak dengan Raja Lontung uwa mengalami kesulitan karena pengetahuan yang sepotong-sepotong tadi. __________________________________________________________________

SI RAJA BATAK
_________________

H. Yaqin72 :
Okelah Uwa kalau begitu, silakan Uwa mulai dari si Raja Batak ?

Uwa 72 :
Si Raja Batak (Uwa tidak mengetahui kejadian tahun berapa dan dengan siapa menikah), tapi Uwa ketahui Si Raja Batak mempunyai anak 2 yaitu :

1. Lontungon (ada yang menyebut Guru Tatea Bulan)
2. Isumbaon (ada yang menyebut Raja Isumbaon) __________________________________________________________________

H. Yaqin72 :
Ada cerita mengenai kedua anak SiRaja Batak ini Wa ?

Uwa72 :
Ada, begini ceritanya mengenai penyebutan nama :
- Setelah keduanya dewasa, mereka menghadap sang ayahnya yaitu si Raja Batak. Keduanya meminta ilmu sakti pada ayahnya. Sang ayah menyanggupi, namun dengan syarat keduanya harus membangun tempat persembahan di atas bukit yang bernama Pusuk Buhit.

- Maka dibawalah anaknya ke Pusuk Buhit tersebut. Setelah sampai di Pusuk Buhit mereka menemukan dua buah buku yang disebut “Laklak” bertuliskan aksara batak.

- Sang Raja menyuruh si sulung mengambil buku itu, dan meminta apa yang mau dimintanya kepada sang pencipta.

- Saat itu, si sulung meminta kekuatan, kebesaran, rezeki, keturunan juga kepintaran, kerajaan, kesaktian dan tempat berkarya untuk semua orang. Permintaan si bungsu pun sama. Dan ditempat ini Si Raja Batak mengubah nama anaknya menjadi Guru Tatea Bulan (anak ke-1) dan Raja Isumbaon (anak ke-2).
__________________

GURU TATE BULAN
__________________

H. Yaqin72 :
Bagaimana dengan anak pertama si Raja Batak Wa ?

Uwa72 :
Anak pertamanya yaitu Guru Tatea Bulan mempunyai 5 putra dan 4 putri yakni :
1. Raja Biak-biak (putra) disebut juga Raja Geleng Gumeleng dan disebut juga Raja Uti)
2. Tuan Saribu Raja (putra*)
3. Siboru pareme (putri*) menikah dengan Saribu Raja (incest)
4. Limbong Mulana (putra)
5. Siboru Paromas (putri)
6. Sagala Raja (putra)
7. Siboru Biding Laut (putri)
8. Malau Raja (putra)
9. Nan Tinjo (putri)

H. Yaqin72 :
Ada kisah Wa, mengenai ke 9 anaknya ini sebelum melihat keturunan masing-masing ?

Uwa 72 :
Ada, tapi kisah ini hanya pantas kau ketahui setelah logika mu atau nalar atau keimananmu cukup memadai. Atau setelah HY dewasa (beri pemahaman jika anak bertanya). Begini kisahnya :
____________________

TUAN SARIBU RAJA
____________________

- Tuan Saribu Raja bertumbuh menjadi dewasa, demikian pula adiknya yang perempuan Siboru pareme. Langkanya manusia, terisolasinya tempat tinggal, naluri dan dorongan alamiah pada diri mereka membuat mereka lepas kendali. Hubungan gelap di antara mereka akhirnya membawa buah. Siboru pareme hamil.

- Rahasia yang selama ini dipendam kini terungkap. Incest demikian jelas merupakan pelanggaran serius. Adat dan kesepakatan menetapkan hukuman mati bagi mereka berdua.

- Namun karena kehamilannya Siboru Pareme tak boleh dibunuh. Dia dibuang ke sebuah hutan di atas Sabulan sekarang, satu daerah yang dianggap sebagai sarang harimau. Biarlah harimau itu yang membunuhnya, kalau bukan kelaparan dan deritanya sendiri. Begitulah pikiran Limbong Mulana dan adik-adiknya.

- Singkat cerita, siboru pareme suatu ketika menolong seekor harimau (ompu i ) datang membawa deritanya dimana secercah tulang tertancap di kerongkongannya. Siboru Pareme mengeluarkan serpiah tulang itu dan sejak itu timbullah sejenis persahabatan di antara mereka (makanya keturunan Lontung tidak pernah akan dimakan harimau dihutan, karena ada babiat setelpang yang akan menolongnya). Semua proses persalinan yang dialami Siboru Pareme , juga dibantu oleh Harimau tadi, lalu lahirlah seorang laki-laki dan diberi nama “si Raja Lontung”.
___________________

SI RAJA LONTUNG
___________________

H. Yaqin72 :
Selanjutnya bagaimana Wa ?

Uwa 72 :
- Selanjutnya kita mau melihat sedikit mitos/legenda dari Si Raja Lontung, sebelum kita masuk pada keturunannya : Si Raja Lontung pun sudah dewasa, dan Siboru Pareme yakin dan tahu bahwa Si Raja Lontung tidak dapat menemukan seorang perempuan jadi isterinya, niscaya dia akan mati lajang tanpa keturunan.

- Lalu suatu siasat dikembangkan dalam kerahasiaan pribadi yang amat sangat. pada satu saat yang baik Siboru Pareme menyerahkan cincinnya pada Si Raja Lontung dengan pesan : Pergilah ke tepian yang ada di kejauhan sana. Tunggulah disana hingga paribanmu turun mengambil air.

- Dia mirip sekali dengan saya hingga sulit dibedakan. Pasangkan cincin ini pada jarinya dan lihat ini pun harus pas betul. Bila hal ini telah terbukti bujuklah dia menjadi isterimu. Selanjutnya Siboru pareme menrengkan jalan berliku yang harus ditempuh anaknya. Si Raja Lontung pun berangkat menapaki jalan berliku seperti yang telah dirunjuki oleh ibunya. Sementara itu si Boru Pareme pun bernagkat ke tepian yang sama.

- Dia mengambil jalan pintas agar dapat mendahului anaknya. Setibanya disana dia pun mendandani dirinya sedemikian rupa hingga nampak lain dan lebih muda. pada hari anaknya tiba, dia sudah siap. Si Raja Lontung tiba. Setelah menunggu sesaat seorang perempuan yang mirip dengan ibunya turun ke tepian untuk mengambil air.

- Satu acara perkenalan yang singkat terjadi dan sekepakatan dicapai, lalu keduanya minggat untuk kawin di tempat lain. Jadilah Si Raja Lontung Oedipus-nya orang Batak. Bagi siboru Pareme ini merupakan kawin sumbang yang kedua. Penyamaran dan lakon Siboru Pareme demikian sempurna hingga kecurigaan Si Raja Lontung tak pernah berkembang dan dia tak pernah yakin bahwa yang mengambil air itu adalah ibunya. _________________________________________________________________
H. Yaqin72 :
Oke Wa, paham. Selanjutnya bagaimana ?

Uwa72 :
Selanjutnya kita masuk pada si Raja Lontung yang mempunyai 7 orang anak dan salah satunya "Toga Siregar" ____________________________________________________________
Demikian proses tanya jawabnya para bung Regar. Selamat Malam dan Enter...!(rfs)
________________________________________________________________
Fika Siregar dan Waldiahmad Selalu-riang Gembira-siregar menyukai ini.

No comments:

Post a Comment