Friday, June 29, 2012

"ONANG-ONANG 2"

#SELAMAT PAGI TAPANULI#
(Memahami Isi/Teks dan Fungsi Paronang-Onang) _________________________________________________________

Para Kawan...! Berikut sambungan dari Onang-Onang 1 : _________________________________________________________

Teks/Isi Onang-Onang Dan Panjang Pendeknya Onang-Onang _________________________________________________________

- Syair onang-onang tidak mempunyai teks yang pasti, melainkan diciptakan oleh paronang-onang secara spontan.

- Semua syair-syairnya hampir semua diciptakan dalam bentuk pantun. Setiap paronang-onang tentu berbeda dalam menciptakan versi pantunnya, semakin kaya perbendaharaan pantun yang di kuasai paronang-onang akan semakin baik pula pantun yang dipergunakan dalam nyanyiannya.

- Panjang lagu onang-onang tidak ditentukan waktunya, ini tergantung kepada paronang-onang itu sendiri, juga melihat stuasi waktu yang disediakan dalam upacara ini. _________________________________________________

Isi nyanyian onang-onang dalam ansambel gondang _________________________________________________

(1) pembukaan,
(2) penjelasan maksud upacara,
(3) cerita latar belakang panortor,
(4) pujian,
(5) nasehat, dan
(6) doa. Para kawan...!

Berikut penjelasannya :

- Pada nyanyian onang-onang terdapat bait-bait kata pembukaan, sebagai pemberitahuan kepada kerabat yang hadir bahwa acara penampilan onang-onang (gondang) mulai dibuka atau ditampilkan.

- Oleh karena itu bagian pembukaan ini hanya ditampilkan satu kali saja yakni pada onang-onang yang mengiringi Gondang Suhut Sihabolonan, yang merupakan gondang pertama dari setiap penampilan gondang.

- Paronang-onang menyampaikan kata pembukaan ini kepada seluruh kerabat yang hadir dan juga kepada orang yang menortor. Dalam isi pembukaan tersebut paronang-onang biasanya menyampaikan suatu pesan yang ditujukan kepada masyarakat Angkola umumnya, dan khusunya pada kerabat yang hadir pada saat upacara itu, agar tetap mempertahankan nilai-nilai yang terkandung dalam musik gondang, baik dari aturan penampilannya maupun dari maknanya.

- Selanjutnya melalui paronang-onang pihak tersebut akan menyampaikan kata-kata maaf dan sembah hormat kepada pihak mora, harajaon, hatobangon, raja adat, penusunan bulung, dan kepada seluruh kerabat yang hadir, apabila nanti ada kekeliruan atau kesilapan di dalam penampilan gondang dan pelaksanaan upacara tersebut.

 Para Kawan...! Berikut contoh syairnya :

- Ile onang baya onang tapuka ma le tajolo mulai on nda asok ma jolo le fikiri ada ulang nda maruba nian ale luai on sian najolo indu nda sannari on Santabi nda jolo sappulu on sappulu noli marsatabi on tu jolo na dua le tolu on lobi nda tarpasangapi on ois nda taronang ale baya onang

- Artinya bagi para kawan yang belum paham benar bahasa ini sebagai berikut : Ile onang baya onang mulailah kita buka dulu ini pelan-pelanlah kita pikiri janganlah hendaknya ada berubah dari dahulu sampai sekarang Maaf terlebih dahulu sepuluh kali maaf Sepuluh kali mohon maaf Ke hadapan dua tiga (seluruh kerabat yang hadir) Terlebih-lebih kehadapan yang dihormati Ois nda taronang ale baya onang Onang-onang.

- Syair ini akan terus berlanjut sampai pada pemberitahuan maksud dan tujuan dilaksanakannya acara, karena itu paronang-onang ini juga dikenal sebagai penyambung lidah panortor (suhut sihabolonan).

- Misalnya, dalam upacara perkawinan paronang-onang akan menjelaskan bahwa pelaksanaan upacara itu adalah untuk menyambut menantu perempuan mereka. Dalam penjelasan tersebut paronang-onang akan menceritakan pula identitas dari masing-masing pengantin, seperti pengantin itu berasal dari marga apa, anak nomor berapa, dan tempat tinggalnya dimana. Isi bagian syair ini selalu ditampilkan pada setiap onang-onang. (...bersambung ke onang-onang 3)

Para Kawan...! Selamat Pagi, Selamat Beraktivitas.(rfs) _________________________________________________________________

Catatan : Penulis mengucapkan Terimakasih pada pemilik macam blog yang berhubungan dengan tulisan ini, seperti Sumber: http://groups. yahoo.com/group/sa-roha/message/491,(www.pahompu.co.cc / PAHOMPU MEDIA), dan blog lainnya. Semoga info-in fonya memberi manfaat bagi kekuatan budaya kita masa-masa mendatang. Horas tuk para blogger.
_____________________________________________________________
Ilhaem Goeltoem, Armilun Hoetasoehoet dan 4 orang lainnya menyukai ini.

Cat : Link onang-onang 1 :
http://angkolafacebook.blogspot.com/2012/04/kajian-teoritis-onang-onang.html

PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

No comments:

Post a Comment