Thursday, June 28, 2012

"SAMPURAGA 1"

#SELAMAT PAGI PARA PELAJAR#
(Memahami cerita Sampuraga agar jadi si ingoton di natading dohot tauladan di namamboto - Pesan cerita tuk para pelajar SD) ___________________________________________________________________

Para adik-e...! Khususnya para pelajar SD. Sebelum cerita ini abang ceritakan, terlebih dahulu abang ucapkan "Selamat Atas Kenaikan Kelasnya di akhir Juni 2012 ini". Tetaplah sehat dan rajin belajar.

Berikut kisahnya :
________________

Pemahaman Awal
________________

Para adik-e...! dimanapun berada...! - Sampuraga adalah suatu legenda/cerita tak terlupa kan dari daerah Batak, khususnya Angkola, Padang Bolak, Mandailing dan sekitarnya.

- Legenda ini menceritakan, kisah seorang anak manusia yang durhaka pada orang tuanya. Anak yang durhaka ini bernama “Sampuraga”.

- Berikut sedikit gambarannya adik-e, yang diambil dari satu lirik lagu yang berjudul Sampuraga :

Sampuraga... namaila Marinang
Sampuraga... namaila Marinang
 Ale...namaila Marinang

Legende di Mandailing si
Sampuraga nadurhako baen ingoton di natading
Jadi tauladan di namamboto jadi tauladan di namamboto

Manyogot di ombun manyorop
Dainang tangis tarilu-ilu

Manyogot di ombun manyorop
Dainang tangis tarilu-ilu
Sampuraga tu Dainang mangido moof
Langka ma au inang...do’ahon au
Langka ma au inang...do’ahon au
Ale...langkama au inang ...do’ahon au

Sampuraga dipangarattoan dapotan baru halak nakayo
Sampuraga lupa daratan lupa tu inang jadi durhako
Ale...lupa tu Inang jadi durhako

Hukum karma sian Tuhan aek susu dainang jadi lautan
Mate bonomma sahumaliang dohot si
Sampuraga anak durhako

Demikian gambaran singkatnya adik-e, yang ditulis dalam bentuk bahasa Batak Tapsel. Dan bagi yang ingin tahu lebih banyak silakan melanjut.

- Siapa persisnya Sampuraga, siapa ibunya, dimana tempat kejadiannya dan bagaimana ceritanya adalah isi dari 3 tulisan yang ber hubungan dengan sampuraga ini.

- Semoga para adik-e dapat memetik manfaat dari tulisan ini, sehingga kita semua terhindar dari kejadian seperti ini. Selamat membaca...! ________________________________

Kisah Sampuraga Dalam Cerita
________________________________

- Awal mula cerita ini para adik-e bermula dari Huta Padang Bolak pada tahun antah barantah (tidak diketahui). Di huta ini tinggallah satu keluarga yang terdiri dari satu anak dan seorang ibu naung mabalu ( suaminya meningal).

- Anak dan ibu ini dalam pekerjaannya sehari-hari ha nyalah buruh dari seorang majikan. Pekerjaan lainnya dari ibu dan anak ini hanyalah pen cari kayu bakar yang kemu dian di jual ke pasar sebagai biaya hidup mereka.

- Karena adanya keinginan besar untuk merobah kehidupan kehal yang lebih baik, adanya kasih sayang untuk membahagiakan orang tua, maka si Sampuraga meminta ijin pada ibunya untuk pergi merantau. Demikian pembicaan Sampuraga sama ibunya (...bersambung ke Sampuragav 2) Tu Sampuraga 2

Selamat Pagi, Selamat Berlibur...!

No comments:

Post a Comment