Rabu, 06 Juni 2012

"SEJARAH SINGKAT PADANG SIDEMPUAN"

#SELAMAT PAGI PARA DONGAN#
(Mangaligi Sejarah PSP)
______________________________________________________

Para dongan...! Berikut sekilas info tentang PSP :

Musik...la dulu ya :



__________

Asal Nama
__________

- Kota Padang Sidempuan yang sekarang ini, sebelumnya disebut "Padang na dimpu" (padang=hamparan luas, na=di, dan dimpu=tinggi)

- Arti harfiah nya "hamparan rumput yang luas yang berada di tempat yang tinggi.yang pada masa itu berlokasi di Kampung Bukit Kelurahan Wek II, dipinggiran Sungai Sangkumpal Bonang.

- Pada zaman dahulu daerah ini merupakan tempat persinggahan para pedagang dari berbagai daerah seperti dari pedangan ikan dan garam dari dari Sibolga, Panyabungan, Padang Bolak, dll - Seiring perkembangan zaman, tempat persinggahan ini semakin ramai dan kemudian menjadi kota.

- Kota ini dibangun pertama kali sebagai benteng pada 1821 oleh pasukan Paderi yang dipimpin oleh Tuanku Imam Lelo. Sisa-sisa benteng peninggalan Perang Paderi saat ini masih ditemukan, walau sudah tidak terawat dengan baik _________________________________________________

Masa Penyerahan Kekuasan Inggiris pada Belanda _________________________________________________

- Melalui Traktat Hamdan tanggal 17 Maret 1824, kekuasaan Inggris di Sumatera diserahkan kepada Belanda, termasuk RECIDENCY TAPPANOOLI yang dibentuk Inggris tahun 1771.
__________________________
Masa Penjajahan Belanda
__________________________

- Pada zaman penjajahan Belanda, kota Padang Sidempuan dijadikan pusat pemerintahan oleh Belanda dan Peninggalan bangunan Belanda ini sampai sekarang masih ada. - Pada tahun 1825 oleh Tuanku Lelo, salah seorang pengiriman pasukan kaum Padri, dibangun benteng Padangsidimpuan.

- Pada masa ini yang menentukan lokasinya adalah Tuanku Tambusai seorang pahlawan Melayu dari pasukan paderi.

- Sejalan dengan perkembangan benteng Padangsidimpuan, maka aktivitas perdagangan berkembang di Sitamiang yang sekarang.

- Setelah menumpas gerakan kaum Padri tahun 1830, Belanda membentuk District (setingkat kewedanaan) Mandailing,District Angkola dan District Teluk Tapanuli di bawah kekuasaan GOVERNMENT SUMATRAS WEST KUST berkedudukan di Padang.

- Dan tahun 1838 dibentuk Asisten Residennya berkedudukan di Padangsidimpuan. _______________________

Masa Setelah Merdeka
_______________________

- Melalui Aspirasi masyarakat dan pemerintah tingkat II kab Tapsel serta peraturan pemerintah No.32 tahun 1982 dan melalui rekomendasi DPRD Tapanuli Selatan No.15/KPTS/1992dan No.16/KPTS/1992 kota Administratif Padangsidimpuan diusulkan menjadi kota madya tk.II,

- UU No.4 tahun 2001 Pada Tgl 17 Oktober 2001 oleh Mendagri atas nama Presiden RI Padangsidimpuan diresmikan menjadi Kota. - 2001 sampai sekarang tentunya para dongan yang lebih mengetahui.
____________________________________________

Para dongan...!

Selamat pagi, selamat beraktivitas.
_______________________________________
Cat :
*Soel Bahrie Siregar, Rahmad Zufri Sagala, Vhie Han Rtg
dan 5 lainnya menyukai ini.
* Sampai tanggal 1 Januari 2013 di lihat 45 kali PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar