Sabtu, 12 Oktober 2013

Sampagul : Sebagai nama motor, nilai luhur dalam adat dan persahabatan, nama desa, nama marga dan nama goyangan pinggul)



#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak penggunaan istilah Sampagul sebagai nama motor,
nilai luhur dalam adat dan persahabatan, nama desa, nama
marga dan nama goyangan pinggul)
_______________________________________________________









____________________

Kata Pengantar :
____________________























Sampagul...!
Apa...?
Sampagul...!
Kenapa rupanya...?
Sampagul...!
Bagaimananya...?
Sampagul...!
Motor apa mobil...?

Sampagul...!
Atau nilai-nilai luhur Tapsel itunya...?
Sampagul...!
Samosir Panggaben Gultom da tusi...?
Sampagul...!
Samosir Pakpahan Gultom itu yang betul...?
Sampagul...!
Itu nama desa saya, apa nama desamu...?
Sampagul...!
Sampai Pagi Goyang Pinggul, mau goyang...?

Hahahahaha...memang lah memang, ternyata istiah Sampagul sungguh
sangat rumit pun luas pengertiannya bagi halak hita. Begitupun,
penulis yakin yang namanya halak hita pasti dapat memahaminya
dengan cepat dan tepat.

Tapi bagaimana dengan yang diluar halak hita...?

Hahahaha...penulis yakin mereka bisa kesulitan untuk memahaminya
sehubungan banyaknya istilah-istilak konotatif dari kata Sampagul
ini. karena itu, tulisan "Hasil rangkaian macam situs yang berhubungan
dengan Sampagul ini" di susun dengan fokus tulisan :

"Sampagul sebagai nama motor atau bis atau mobil yang berasal
dari Tapanuli Selatan"

Semoga memberi manfaat dan selamat menyimak...!
__________________________________________________________

Sampagul sebagai Nilai Luhur Masyarakat Batak dan tidak di
hubungannya dengan motor Sampagul (Sampagul akan tetap ada
andai motor Sampagul tidak ada)
__________________________________________________________















SIALA SAMPAGUL NILAI-NILAI LUHUR BUDAYA
MASYARAKAT KOTA PADANGSIDIMPUAN

Songon siala na sampagul, rap tu ginjang rap tu toru. Muda malamun
saulak lalu, muda magulang rap margulu. Sahata saoloan, na sapangambe
sapanaili. Satahi dohot dongan, maroban sonang pangarohai. Muda sabara
asa sabustak, asa salumpat saindege boti sapangambe sapanili.

Hasonangan na so unjung mantak, bo baritana sai tarbege. Muda manyuruk
rap unduk, muda mangambur rap gas. Lambok bulung ni eme, na lambok
marluyun-luyun. Lambok lidung binege, i ma dalan marhalalungun.
Tando batu ni pangkat, lomlom gorsing songon simbora. Tandona hita
na sapokat, bulung botik mardai mera.

Holong do mangalap holong. Antusanna, muda holong rohaniba di
dongan, tauken holong ma roha ni dongan di iba. Hara ni i inda
tola iba mantak patidahon holong ni roha i tu dongan, anso di
hatihana muse manjagit iba hadengganan sian dongan.

Muda pahae simanggurak, pahulu sitimpulon, antusanna muda nibaen
na denggan tu dongan, laing na denggan ma jagiton balosna.

Mata guru roha sisean. Umpama on nidok ma i tu halak anso sai
ra ia maniru na denggan di pangalaho na niidana sian dongan.

Muda jongjong di na tigor batu mamak di andora. Pantun hangoluan,
teas hamatean. Patar songon indahan di balanga. Rukrek parau
mambaen tu rapotna. Sada do martoktok hite, sude markitehonsa.
Sada huat tu jolo, dua huat tu pudi. Sadao-dao ni obok-obok
ujungna laing madabu tu tano. Talu do gogo dibaen bisuk.

Tubu dingin-dingin, di toru ni andomang. Horas tondi madingin,
sian menek lopus magodang.

Sumber :
http://basyral-hamidy-harahap.com/blog/index.php?itemid=12
http://karya-ramelan.blogspot.com/2011/08/siala-sampagul-nilai-nilai-luhur-budaya.html

Pendapat penulis : 

Dengan demikian semboyan, "Songon siala na sampagul, rap tu ginjang rap tu toru.
Muda malamun saulak lalu, muda magulang rap margulu" Hanyalah salah satu nilai
luhur yang dijunjung tinggi halak batak. Nilai luhur lainnya masih sangat banyak.
____________________________________________________________

Sampagul Sebagai nilai luhur dalam persahabatan dan tidak
di hubungkan dengan motor Sampagul (Sampagul akan tetap ada
andai motor Sampagul tidak ada)
____________________________________________________________

Odang S dan Masdani akan memberikan penjelasan untuk hal ini.

Musik...!



video





_________________________________________________________

Sampagul Sebagai Nama Suatu Desa dan tidak ada hubungannya
dengan nama Sampagul sebagai nama motor
_________________________________________________________

Sampagul adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Pangaribuan,
Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia.

Demikian tulis wikipedia, untuk kemudian memperinci nama-nama desa
di Kecamatan Pangaribuan, sbb :

Batu Manumpak · Batu Nadua · Godung Borotan · Harianja ·
Lumban Sinaga · Lumban Siregar · Lumban Sormin · Najumambe ·
Padang Parsadaan · Pakpahan · Pansurnatolu · Parlombuan ·
Parratusan · Parsibarungan · Parsorminan · Purbatua ·
Rahut Bosi · Rahut Bosi Onan · Sampagul · Sibingke ·
Sigotom Julu · Silantom Jae · Silantom Julu·

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Sampagul,_Pangaribuan,_Tapanuli_Utara
_______________________________________________________

Sampagul sebagai nama motor dalam hubungannya dengan 
sejarah motor Sampagul
_______________________________________________________





















Sampagul: Konsekuensi Persaingan Sibualbuali vs ALS

Dari sejumlah perusahaan bis skala kecil di Tapanuli Selatan,
hanya Sampagul yang memiliki motivasi mengikuti sukses Sibualbuali
dan ALS [nama sampagul diambil dari semboyan 'siala sampagul'].

Jalur lintas Sumatra Sibualbuali telah lama berakhir dan jalur
lintas Sumatra ALS semakin berkibar dan mencapai puncaknya.
Pemindahan markas ALS ke Medan tidak menguntungkan letak posisi
Padang Sidempuan yang berada hanya di lintasan ALS trayek
Medan-Jakarta. Akibatnya penumpang dari Padang Sidempuan khususnya
dan Tapanuli Selatan umumnya tidak mendapat tempat di
ALS yang sudah penuh dari Medan menuju Jakarta.

Sumber :
http://chaidirritonga.com/new/?p=3688
________________________________________________________

Sampagul sebagai motor dalam hubungannya dengan Nilai-Nilai 
Luhur Masyarakat Batak (Khususnya Tapsel Najolo)
________________________________________________________




















"...nama sampagul diambil dari semboyan 'siala sampagul".

Sumber :
http://akhirmh.blogspot.com/2012/01/fa-sibualbuali-pt-als-dan-cv-sampagul.html

Pendapat penulis :

Setuju...! dan jika penulis boleh menafsir maka Para pengelola CV. Sampagul
berharap agar diantara mereka terjalin kebersamaan dalam memajukan
CV. Sampagul ini kemasa-masa mendatang, jika dalam pengelolaannya mereka
mendapat resiko atau duka maka bersamalah menanggungnnya. Begitu juga
dalam peroleh "Suka", bersama juga dalam menikmatinya.

"Yah...! Seperti siala sampagul itu, rap tu ginjang rap tu toru. Muda malamun
saulak lalu, muda magulang rap margulu". Botima.
_____________________________________________________________

Sampagul Sebagai Kepanjangan dari SAMOSIR, PAKPAHAN, GULTOM
Dalam hubungannya dengan comentar Sampagul sebagai Motor
_____________________________________________________________




















Sampagul :
SAMOSIR, PAKPAHAN, GULTOM
Sulit menemukan Sampagul Executive di Medan, karena memang mungkin
sengaja tidak masuk, dan khusus armada AC-Executive ngelen dari
Padangsidimpuan sampai ke Jakarta.

Jadi... penumpang yang ingin menggunakan armada ini ke Jakarta dari
Medan harus naik bus Ekonomi dulu sampai P.Sidimpuan baru di"over"
untuk melanjutkan perjalanan menggunakan AC-Executive.
Sampagul terkenal dari dulu sejak tahun 1980-an sehingga memiliki
"sewa fanatik" atau penumpang / langganan tertentu yang ga bakal
pindah ke lain hati....

Sumber :
http://www.bismania.com/home/showthread.php?t=281

Pendapat penulis :

Pada Lae yang memberi kepanjangan Sampagul sebagai SAMOSIR, PAKPAHAN,
GULTOM, bisa jadi demikianlah mobil Sampagul dalam operasinya apalagi
pada masa sekarang ini, masa dimana orang Medan sendiri, orang tanah
deli sendiri sudah lebih banyak memilih naik pesawat ke Jakarta
dari pada naik mobil.
__________________________________________________________

Sampagul Sebagai Kepanjangan dari Samosir, Panggabean, Gultom
Dalam hubungannya dengan comentar Sampagul sebagai Motor
__________________________________________________________



























Salam BMC. Sampagul msh ada,selain AKDP,AKAP nya jga ada,medan-pknbru-
belilas. Warna msh kuning. Persis spt CV.LIBERTY. Riza yasser,pku.

Hery Gaara wrote:
> ^^ iya Bner mas, Sampagul warna khas nya kuning. ^^ hehehe,. ^^ jdi
Sampagul singkatan dri Samosir, Panggabean, Gultom itu nama nama
Marga Pemilik nya yah?? ^^ makasih yah mas, atas pemberitahuan nya.
^^ panji totti <panjitotti@yahoo. com> wrote: sampagul alias
(samosir, panggabean, gultom) kayaknya masih ada mas,
kebanyakan akdp di sumut warna khasnya kuning klo gak salah,
terakhir saya liat tahun 2000 di tarutung. mohon dikoreksi,
ada yang mw menambahkan silahkan. BMC bandung -----

Sumber :
http://groups.yahoo.com/neo/groups/BisMania/conversations/topics/15987

Pendapat penulis :

Sampagul sebagai mobil memang warna khasnya kuning. Tapi pemilik dari
mobil tersebut sebagai orang yang bermarga Samosir, Panggabean, Gultom
tidak dapat dipastikan dan kurang masuk di akal, mengingat Sampagul
ini berasal dari daerah Tapanuli Selatan (Bukan daerah toritorial
pemilik marga tersebut di atas).
________________________________________________________

Sampagul sebagai motor dalam hubungannya dengan berita
________________________________________________________

Motor Kontra Sampagul, Satu Tewas
18 March, 2013

TEBINGTINGGI-Kecelakaan lalu-lintas terjadi di Jalinsum Medan Kisaran
kilometer 84-85 tepatnya di depan Hotel SPI Desa Binjai Kacamatan
Tebingsyahbandar Kabupaten Serdang Bedagai, Sabtu (16/3) sekitar
pukul 22.30 WIB malam.

IAN/SUMUT POS
RINGSEK: Sepeda motor Honda Revo BK 3134 XAG milik korban ringsek
usai tabrakan.

Pengemudi sepeda motor jenis Honda Revo Bk 3134 XAG, Shadimin
Simanjuntak (27) warga Dusun X Desa Brohol Kecamatan Seisuka
Kabupaten Batubara tewas di tempat setelah bertabrakan dengan
Bus CV Sampagul.

Supir Bus CV Sampagul BB 7098 FA usai tabrakan langsung melarikan
diri. Sementara pihak polisi lalulintas (polantas) yang mendapat
informasi kecelakaan lalulintas langsung turun ke lokasi kejadian.
Kemudian mengevakuasi korban yang tewas ke RS Bhayangkara Kota
Tebingtinggi, serta dua kendaraan bermotor diamankan di Kantor
Satlantas.

Kasat Lantas AKP Noerhaini Manalu mengatakan saat itu korban
mencoba mendahuli kendaraan di depannya dengan mengambil lajur
kanan. Secara bersamaan muncul Bus CV Sampagul dari depan,
tabrakan tak dapat dihindarkan. “Korban tidak hati-hati dan
kecepatan tinggi saat itu,” katanya. (ian)

Sumber :
http://www.hariansumutpos.com/2013/03/54331/motor-kontra-sampagul-satu-tewas#axzz2hPo3meqo

Pendapat Penulis :

Kiranya benar bahwa rambu lalu lintas itu hanyalah media pemberitahu agar
para pengemudi selalu berhati hati. Yang terpenting adalah "Tindakan Hati-
Hati itu" yang bukan saja berlaku bagi pengemudi motor atau mobil juga
berlaku bagi pengemudi sepeda motor.
__________________________________________________________

Sampagul sebagai kepanjangan dari Sampai Pagi Goyang Pinggul 
dalam hubungannya dengan Motor Sampagul
__________________________________________________________


















SAMPAGUL = Sampai Pagi Goyang Pinggul  saking lambatnya....

Tapi gimanapun juga, Bis ini adalah Perusahaan Bis Tertua dan
Kebanggaan 'Kota Salak' Padangsidimpuan. Selalu jadi Angkutan
Haji Tiap Tahun..Ongkos Padangsidimpuan - Medan = Rp. 80.000,-
Economy Class...

Kemarin jumpa dijalan, kayaknya ada Armada Barunya yg diberi
nomor pintu '1' sepertinya memang baru, bukan ex bus lain.
Saat ini memang kayaknya inilah PO Paling tertib di sumatera
utara dari segi penampilan.

Hanya ada tulisan SAMPAGUL dan trayeknya sama semua MEDAN -
PADANGSIDIMPUAN - JAKARTA... gak ada tulisan macam2 semisal,

Comentar Lanjutan : 

by alonso
tggl 18 berarti hnya beberapa hari yg lalu ya Om...
kl mslh dr kampung rambutan apa tdk ga tau Om...yg jelas
bis ini emg pny trip Jakarta

Posted by Ipoel_Cavalera
Aslinya dari Kota Padangsidimpuan bos, Sumatera Utara.
Liat aja di Kaca Depannya, dominan tulisan Medan-
Padangsidimpuan-Jakarta.

Bis ini dah jadi maskot kota ini, satu2 nya Bus yg dijinkan
Pool nya berada di jantung kota. iya,saya tau bis ini asalnya
dr kota salak...
Om Lelo kan lihat di sekitaran Jakarta...

Sumber :
http://www.bismania.com/home/showthread.php?t=281&page=4

Pendapat Penulis :

Memang begitulah seharusnya motor, apalagi motor Sampagul ini
yang bukan saja fungsinya sebagai sarana transportasi juga sebagai
pengingat betapa pentingnya siala sampagul itu bagi halak hita.

___________________________________________

Sampagul dalam hubungannya dengan rasa suka
___________________________________________


___________

Penutup :
___________





















*Kesimpulan 

1. Tanah Batak jika kita lihat dari istilah "Tapanuli" maka
kita mengenal Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah dan Tapanuli
Selatan.

2. Dalam hubungannya dengan istilah "Sampagul" yang ada di
dunia maya ini, maka lebih dekat pada Tapanuli Utara dan
Tapanuli Selatan.

3. Ada kecendrungan istilah Sampagul bagi orang Tapanuli Utara
sama dengan nama suatu desa atau sama dengan singkatan dari marga
"Samosir, Pakpahan, Gultom" atau "Samosir, Panggabean, Gultom".
Dan ini bukan berarti orang Tapanuli Utara tidak mengenal
Sampagul sebagai nilai luhur halak batak.

4. Ada kecenderungan bagi orang Tapanuli Selatan istilah Sampagul
sinonim dengan "Siala Sampagul" sebagai nilai luhur atau Sampagul
sebagai nama motor. Dan ini bukan berarti Sampagul sebagai
Samosir, Pakpahan, Gultom" atau "Samosir, Panggabean, Gultom"
tidak diketahui orang Tapsel, bahkan marga ini juga banyak di
Tapsel.

5. Sampagul sebagai motor jika dilihat dari waktu pendiriannya,
maka ada setelah terlebih dahulu adanya motor Sibualbuali dan
masa jayanya sekitar tahun 80-an.

6. Tentang siapa pemilik awalnya atau pemilik sekarang ini dan
trayek mana saja yang jadi tujuannya pada saat awal berdirinya,
penulis tidak mengetahuinya.

7. Begitupun tentang alamat-alamat stasiun pemberhentian, harga
tiket "dari ke tujuan tertentu" penulis tidak mengetahuinya.

*Saran

Hidup tentunya akan terus berlangsung dan begitupun Sampagul.
Internet inipun bisa jadi akan terus berlangsung dan halak
hitapun akan terus tambah banyak yang jadi pemainnya, baik
sebagai pencari informasi maupun pemberi informasi.

Dilihatnya tulisan penulis yang berjudul "ALS Raja Jalanan
Sumatra" sebanyak 3.775 kali dalam 4 bulan memberi bukti
betapa banyaknya manusia sekarang ini mencari informasi
trasport melalui internet.

Karena itu...!

Penulis yakin akan sangat banyak orang berterimakasih pada
siapapun yang bersedia memberikan informasi seputar sejarah,
pemilik, trayek, alamat stasiun, No. telp, harga tiket,
jam keberangkatan, dll yang berhubungan dengan motor
Sampagul ini, terutama sekali pada pihak management atau
pengelola dari CV. Sampagul ini.

Jangan kiranya pihak motor Sampagul membiarkan penumpangnya
terlantar di internet ini karena tidak tersedianya info-info
mengenai Sampagul, bukankah penumpang itu raja bagi
Sampagul...

Motor Sampagul Medan Jakarta
sude panumpag di anggap raja
muda margaul di jago hata
sude na halak marsonang ni roha

Majulah motor CV. SAMPAGUL dan kami semua menunggu
jemputanmu di tano parjalangan kami di Nusantara ini.






















...dan...

Terimakasih atas jasa-jasa yang telah kau berikan pada kelancaran
perjalanan anak-anak parjalang Tapsel najolo, pun pada kelancaran
roda perekonomian khususnya Tapanuli Selatan.






















Akhir kata, selamat malam para dongan dan horas...!







_____________________________________________________________
Cat :
*Info postingan ini akan terus dilengkapi sehubungan dengan
diketahuinya informasi yang berhubungan dengan sampagul.
*Kepada para pemilik tulisan, comentar, photo, ddl  yang telah
di posting pada tulisan ini, penulis mohon ijinnya.
http://www.bismania.com/home/showthread.php?t=4129&page=30
http://www.google.com/imgres?


PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar