Friday, May 9, 2014

Kereta Api Indonesia : Sejarah, Layanan kelas, Jadwal pemberangkatan sekaligus gambaran Harga tiket Mudik / Pulang Kampung 2014


#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak informasi sekitar Kereta Api Indonesia dalam hubungannya
dengan sejarah, layanan kelas dan jadwal pemberangkatan sekaligus
harga tiket untuk mensukseskan acara pulang kampung atau mudik
lebaran 1435 H / 2014 M)
___________________________________________________________________










___________

Pengantar
___________



















Seperti kita ketahui, perjalanan Kereta Api Indonesia dari sejak lahirnya
17 Juni 1864 sampai sekarang 7 Mei 2014 bukanlah waktu yang singkat.
Banyak hal telah dilaluinya dan kitapun mungkin telah beberapa kali menaikinya
tanpa mengetahui bagaimana sejarah perjalanannya kereta api tersebut.

Nah...!
Dimalam ini tentu tak ada salahnya kita menambah pengetahuan atau mengulang
pengetahuan yang mungkin telah terlupakan karena kesibukan. Yah...! Kesibukan,
kesibukan yang kadang membuat kita tidak terlalu peduli padahal sesungguhnya
peduli, apalagi menjelang datangnya mudik lebaran 1435 H ini yang mana
kereta api ini akan menjadi salah satu transportasi darat yang paling diminati
masyarakat karena tersedianya macam layanan dari Kereta Api tersebut.

Sebelum kita simak ulasan-ulasannya, mari sama kita resmikan postingan ini
dengan membunyikan lonceng plang pintu penyeberangan dibawah ini.

Mari...mari...!

Mari ...!


__________________________________

Sekilas Pengertian Kereta Api
__________________________________

Kereta api adalah sarana transportasi berupa kendaraan dengan tenaga gerak,
baik berjalan sendiri maupun dirangkaikan dengan kendaraan lainnya, yang
akan ataupun sedang bergerak di rel. Kereta api merupakan alat transportasi
massal yang umumnya terdiri dari lokomotif (kendaraan dengan tenaga gerak
yang berjalan sendiri) dan rangkaian kereta atau gerbong (dirangkaikan
dengan kendaraan lainnya).

 Rangkaian kereta atau gerbong tersebut berukuran relatif luas sehingga
mampu memuat penumpang atau barang dalam skala yang besar. Karena sifatnya
sebagai angkutan massal efektif, beberapa negara berusaha memanfaatkannya
secara maksimal sebagai alat transportasi utama angkutan darat baik di
dalam kota, antarkota, maupun antarnegara.
_________________________________

Sekilas Sejarah Kereta Api Dunia
__________________________________

Sejarah perkeretaapian sama seperti sejarah alat transportasi umumnya
yang diawali dengan penemuan roda. Mulanya dikenal kereta kuda yang
hanya terdiri dari satu kereta (rangkaian), kemudian dibuatlah kereta
kuda yang menarik lebih dari satu rangkaian serta berjalan di jalur
tertentu yang terbuat dari besi (rel) dan dinamakan sepur.

Ini digunakan khususnya di daerah pertambangan tempat terdapat lori
yang dirangkaikan dan ditarik dengan tenaga kuda.

Setelah James Watt menemukan mesin uap, Nicolas Cugnot membuat kendaraan
beroda tiga berbahan bakar uap. Orang-orang menyebut kendaraan itu sebagai
kuda besi. Kemudian Richard Trevithick membuat mesin lokomotif yang
dirangkaikan dengan kereta dan memanfaatkannya pada pertunjukan di depan
masyarakat umum.

George Stephenson menyempurnakan lokomotif yang memenangi perlombaan
balap lokomotif dan digunakan di jalur Liverpool-Manchester. Waktu itu
lokomotif uap yang digunakan berkonstruksi belalang. Penyempurnaan demi
penyempurnaan dilakukan untuk mendapatkan lokomotif uap yang lebih efektif,
berdaya besar, dan mampu menarik kereta lebih banyak.

Penemuan listrik oleh Michael Faraday membuat beberapa penemuan peralatan
listrik yang diikuti penemuan motor listrik. Motor listrik kemudian
digunakan untuk membuat trem listrik yang merupakan cikal bakal kereta
api listrik.

Kemudian Rudolf Diesel memunculkan kereta api bermesin diesel yang
lebih bertenaga dan lebih efisien dibandingkan dengan lokomotif uap.
Seiring dengan berkembangnya teknologi kelistrikan dan magnet yang lebih
maju, dibuatlah kereta api magnet yang memiliki kecepatan di atas kecepatan
kereta api biasa.

Jepang dalam waktu dekade 1960-an mengoperasikan KA Super Ekspress Shinkanzen
dengan rute Tokyo-Osaka yang akhirnya dikembangkan lagi sehingga menjangkau
hampir seluruh Jepang. Kemudian Perancis mengoperasikan kereta api serupa
dengan nama TGV.

_______________________________________

Sekilas Sejarah Kereta Api Indonesia
_______________________________________























Pada hari Jumat, tanggal 17 Juni 1864, kereta api (KA) pertama di Indonesia lahir.
Pembangunan diprakarsai oleh Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS)
dengan rute Kemijen-Tanggung. Pencangkulan tanah pertama dilakukan di Desa
Kemijen dan diresmikan oleh Mr. L.A.J.W. Baron Sloet van de Beele. Namun jalur
ini dibuka tiga tahun berikutnya, 10 Agustus 1867. Hingga tahun 1873 tiga kota
di Jawa Tengah, yaitu Semarang, Solo, dan Yogyakarta sudah berhasil dihubungkan.

Masa politik kolonial liberal rupanya mengakibatkan Pemerintah Belanda enggan
mendirikan perusahaannya dan justru memberikan kesempatan luas bagi perusahaan-
perusahaan (KA) swasta. Namun sayangnya, perusahaan swasta itu tidak memberikan
keuntungan berarti (apalagi NIS masih membutuhkan bantuan keuangan dari
Pemerintah Kolonial), maka Departemen Urusan Koloni mendirikan operator KA lain,
Staatsspoorwegen, yang membentang dari Buitenzorg hingga Surabaya.

Pertama dibangun di kedua ujungnya, jalur pertama di Surabaya dibuka pada tanggal
16 Mei 1878 dan terhubung pada tahun 1894.

Selain itu, muncul juga lima belas operator KA swasta di Jawa yang menamakan
dirinya sebagai "perusahaan trem uap", namun meskipun namanya demikian,
perusahaan itu sudah dapat dianggap sebagai operator KA regional.

Sebagai perusahaan kolonial, sebagian besar jalur KA di Indonesia mempunyai
dua tujuan: ekonomis dan strategis. Nyatanya, syarat bantuan keuangan NIS antara
lain membangun rel KA ke Ambarawa, yang memiliki benteng bernama Willem I
(yang diambil dari nama Raja Belanda). Jalur KA negara pertama dibangun melalui
pegunungan selatan Jawa, selain daerah datar di wilayah utara Jawa, untuk
alasan strategis sama. Jalur KA negara di Jawa menghubungkan Anyer
(lintas barat) menuju Banyuwangi (lintas timur).

* Wilayah Aceh

Selain di Jawa, pembangunan rel KA juga dilakukan di Aceh, menghubungkan Banda
Aceh hingga Pelabuhan Uleelhee, dengan lebar sepur 1.067 mm, yang digunakan
untuk keperluan militer. Kemudian, lebar sepur yang sebelumnya 1.067 mm kemudian
diganti menjadi 750 mm membentang ke selatan.

Jalur ini kemudian berpindah kepemilikan dari Departemen Urusan Perang kepada
Departemen Urusan Koloni tanggal 1 Januari 1916 menyusul perdamaian relatif
di Aceh.

* Di Padang dan Palembang

Ada pula jalur kereta api di Ranah Minangkabau (dibangun pada tahun 1891-1894)
dan Sumatera Selatan (dibangun tahun 1914-1932). Kedua jalur ini digunakan
untuk melintas layanan KA batu bara dari pertambangan bawah tanah menuju pelabuhan.

* Di Sumatra Utara

Di Sumatera Utara, ada perusahaan KA bernama Deli Spoorweg Maatschappij yang
banyak mengangkut karet dan tembakau di daerah Deli.

* Di Sulawesi

Pembangunan jalur kereta api juga dilangsungkan di Sulawesi Selatan pada
bulan Juli 1922 hingga 1930; sebagai bagian dari proyek besar-besaran
pembangunan jalur rel di Kalimantan dan Sulawesi, menggabungkan sistem rel
KA di Sumatera, serta elektrifikasi jalur KA utama di Jawa.

Namun Depresi Besar telah membatalkan upaya ini. Meskipun tidak sempat dibangun,
studi pembangunan jalur KA di Kalimantan, Bali, dan Lombok telah selesai dilakukan.

Semasa pendudukan Jepang, seluruh jalur KA (bahkan yang terpisah sekali pun)
dikelola sebagai satu kesatuan. Sementara itu, di Sumatera, juga dikelola oleh
cabang-cabang Angkatan Bersenjata Kekaisaran Jepang, secara terpisah.

Pendudukan Jepang akhirnya mengubah lebar sepur 1.435 mm di Jawa menjadi 1.067 mm,
sebagai penyelesaian masalah lebar sepur ganda. Ini bukanlah "permasalahan nyata"
karena tidak banyak perubahan materiil di kedua sistem itu, banyak rel 1.435 mm
dipasangi rel ketiga pada tahun 1940, menghasilkan rel dengan lebar sepur campuran.

Pasca-kemerdekaan

Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945,
karyawan perusahaan kereta api yang tergabung dalam Angkatan Moeda Kereta Api (AMKA)
mengambil alih kekuasaan perkeretaapian dari Jepang.

Pada tanggal 28 September 1945, pembacaan pernyataan sikap oleh Ismangil dan
sejumlah anggota AMKA lainnya menegaskan bahwa mulai hari itu kekuasaan perkeretaapian
berada di tangan bangsa Indonesia sehingga Jepang sudah tidak berhak untuk mencampuri
urusan perkeretaapian di Indonesia. Inilah yang melandasi ditetapkannya tanggal
28 September 1945 sebagai Hari Kereta Api serta dibentuknya Djawatan Kereta Api
Repoeblik Indonesia (DKARI).

Kecuali DKA, ada operator KA lain yaitu Kereta Api Soematra Oetara Negara Repoeblik
Indonesia dan Kereta Api Negara Repoeblik Indonesia, yang semuanya beroperasi di
Sumatera.

Nama DKA pun berubah menjadi Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA), semasa Orde
Lama. Lalu, pada tanggal 15 September 1971 berubah menjadi Perusahaan Jawatan
Kereta Api (PJKA, Perjanka). Kemudian, pada tanggal 2 Januari 1991, PJKA berubah
menjadi Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka), dan semenjak tanggal 1 Juni 1999,
Perumka mulai menunjukkan keterbukaannya dan berubah menjadi
PT Kereta Api (Persero) (PT KA).

Pada tahun 2010, nama PT KA berubah menjadi PT Kereta Api Indonesia
(Persero) (KAI), hingga saat ini.
________________________________________

Sekilas Kereta Api Indonesia Masa Kini
________________________________________

Stasiun Gambir - Jakarta




















* Hal BUMN

PT Kereta Api Indonesia (Persero) (disingkat KAI atau PT KAI) adalah Badan
Usaha Milik Negara Indonesia yang menyelenggarakan jasa angkutan kereta api.
Layanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) meliputi angkutan penumpang dan
barang. Pada akhir Maret 2007, DPR mengesahkan revisi UU No. 13/1992 yang
menegaskan bahwa investor swasta maupun pemerintah daerah diberi kesempatan
untuk mengelola jasa angkutan kereta api di Indonesia.

* Hal Jenis 

1. Dari segi propulsi (tenaga penggerak)

Kereta api uap
Kereta api diesel

Hal Kereta Api Diesel

Terdiri dari:

Kereta diesel listrik
Kereta diesel hidrolik
Kereta rel listrik
Kereta rel sugeng

2. Dari segi rel

Kereta api rel konvensional

Kereta api rel konvensional adalah kereta api yang umum dijumpai.
Menggunakan rel yang terdiri dari dua batang baja yang diletakkan
di bantalan. Di daerah tertentu yang memliki tingkat ketinggian
curam, digunakan rel bergerigi yang diletakkan di tengah tengah
rel tersebut serta menggunakan lokomotif khusus yang memiliki roda
gigi, dan hanya ada di pulau Pulau Sumatera & jawa

Kereta api monorel

Kereta api monorel (kereta api rel tunggal) adalah kereta api yang
jalurnya tidak seperti jalur kereta yang biasa dijumpai. Rel kereta
ini hanya terdiri dari satu batang besi. Letak kereta api didesain
menggantung pada rel atau di atas rel.

Karena efisien, biasanya digunakan sebagai alat transportasi kota
khususnya di kota-kota metropolitan dunia dan dirancang mirip seperti
jalan layang.

3. Dari segi di atas/di bawah permukaan tanah

Kalau sebuah kota dibangun dengan lintas layang atau bawah tanah,
maka tidak ada pintu perlintasan kereta api, sehingga jadwal kereta
api bisa 1,5 - 2 menit sekali seperti yang terjadi di Jepang.
Oleh sebab itu KRL di Jakarta tidak mungkin dioperasikan kurang dari
10 menit, karena masih ada pintu perlintasan kereta api, akibatnya
juga setiap rangkaian KRL selalu penuh.

Kereta api permukaan

Kereta api permukaan berjalan di atas tanah. Umumnya kereta api yang
sering dijumpai adalah kereta api jenis ini. Biaya pembangunannya
untuk kereta permukaan adalah yang termurah dibandingkan yang di
bawah tanah atau yang layang. Umumnya lintasan permukaan ini di
Indonesia dibangun sebelum Perang Dunia II.

Kereta api layang 

Kereta api layang berjalan di atas dengan bantuan tiang-tiang, hal
ini untuk menghindari persilangan sebidang, agar tidak memerlukan
pintu perlintasan kereta api. Biaya yang dikeluarkan sekitar 3 (tiga)
kali dari kereta permukaan dengan jarak yang sama, misalnya untuk
kereta api permukaan membutuhkan $ 10 juta maka untuk kereta api
layang membutuhkan dana $ 30 juta. Di Jakarta ada satu lintasan
dari Manggarai ke Kota lewat stasiun Gambir. Pada lintas tengah ini,
Manggarai - Kota, tidak ada pintu perlintasan kereta api. Rencana
semula untuk lintas timur (Jatinegara - Senen - Kota) dan lintas
barat (Manggarai - Tanah Abang), juga akan dilayangkan namun keuangan
tidak memadai, sehingga hanya lintas tengah saja yang diselesaikan
sementara ini.

Rencananya dari Senayan ke Kuningan terdapat lintas layang monorel
buatan Malaysia. Daripada itu terdiri dari rancangan yang telah negara
sesuaikan tentang sejarah kereta api.

Kereta api bawah tanah

Kereta api bawah tanah adalah kereta api yang berjalan di bawah permukaan
tanah (subway). Kereta jenis ini dibangun dengan membangun terowongan-
terowongan di bawah tanah sebagai jalur kereta api. Umumnya digunakan
pada kota kota besar (metropolitan) seperti New York, Tokyo, Paris,
Seoul dan Moskwa.

Selain itu ia juga digunakan dalam skala lebih kecil pada daerah
pertambangan. Biaya yang dikeluarkan sangat mahal sekali, karena sering
menembus 20m di bawah permukaan, kali - bangunan maupun jalan, yaitu 7
(tujuh) kali lipat dari pada kereta permukaan. Misalnya kalau untuk
membangun dengan jarak yang sama untuk permukaan membutuhkan $ 10 juta,
maka yang di bawah tanah memerlukan $ 70 juta. Di Jepang pembangunan
lintas subway telah dimulai sejak tahun 1905.

* Hal Kereta Api Comuter

Pada tanggal 14 Agustus 2008 PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan
pemisahan Divisi Jabotabek menjadi PT Kereta Api Commuter Jabotabek (KCJ) untuk
mengelola kereta api penglaju di daerah Jakarta dan sekitarnya. selama tahun
2008 jumlah penumpang melebihi 197 juta.

Pemberlakuan UU Perkeretaapian No. 23/2007 secara hukum mengakhiri monopoli
PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam mengoperasikan kereta api di Indonesia.

* Hal Logo

Pada tanggal 28 September 2011, bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya
yang ke-66, KAI meluncurkan logo baru.

* Hal Kereta api Argo Bromo Anggrek

Adalah salah satu rangkaian kereta api cepat yang
dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero).

* Hal Logo Kereta Api Indonesia dari masa ke masa

Logo DKA, PNKA dan PJKA


Logo Perumka pada tahun 1988-1991


* Hal Arti Logo baru PT Kereta Api Indonesia


3 Garis melengkung melambangkan gerakan yang dinamis PT KAI dalam mencapai
Visi dan Misinya.

2 Garis warna orange melambangkan proses Pelayanan Prima (Kepuasan Pelanggan)
yang ditujukan kepada pelanggan internal dan eksternal. Anak panah berwarna
putih melambangkan Nilai Integritas, yang harus dimiliki insan PT KAI dalam
mewujudkan Pelayanan Prima.

1 Garis lengkung berwarna biru melambangkan semangat Inovasi yang harus
dilakukan dalam memberikan nilai tambah ke stakeholders. (Inovasi dilakukan
dengan semangat sinergi di semua bidang dan dimulai dari hal yang paling kecil
sehingga dapat melesat.)

* Hal Jalur

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan kereta api di wilayah
provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Lampung
serta semua provinsi di Jawa.

Jalur-jalur utama ini menghubungkan kota Medan dengan Rantauprapat, Padang
dengan Pariaman, Bandar Lampung dengan Lubuklinggau dan Palembang, Jakarta
dengan Surabaya melalui Semarang maupun Yogyakarta, dan Surabaya dan Malang
dan Banyuwangi.

* Hal Panjang jalur Kereta Api di Indonesia

Panjang keseluruhan jalur kereta api di Indonesia adalah 7583 kilometer.
Lebih dari 2500 kilometer jalur telah ditutup, sebagian besarnya adalah
jalur cabang yang dianggap tidak menguntungkan bila tetap dipergunakan.
Pada saat ini (2008) Departemen Perhubungan sedang melakukan pembangunan
jalur ganda di Pulau Jawa, yang diharapkan akan selesai pada tahun 2025.
Jalur yang sudah diselesaikan adalah Jakarta-Cirebon, Cikampek-Purwakarta,
Kutoarjo-Surakarta dan Cirebon-Semarang. Pada saat ini jalur Semarang-Surabaya
Kutoarjo-Kroya dan Kroya-Prupuk sedang dikerjakan.
___________________________

Sekilas mengenai lokomotif
___________________________

Untuk sistem penomoran lokomotif mulai tahun 2011 menggunakan kombinasi
huruf,angka yang menunjukan tahun didinaskan dan nomor urut. Kombinasi
huruf yang digunakan untuk menunjukkan susunan roda (saat ini ada C, D,
BB, dan jenis CC), dan nomor tiga digit digunakan untuk menunjukkan kelas
(2 untuk kelas dengan transmisi listrik dan 3 untuk kelas dengan transmisi
hidrolik atau mekanik), yang dimulai dari 0.

Dua angka di tengah menunjukan lokomotif ini didinaskan pada tahun berapa
dan Dua atau tiga angka di belakangnya menunjukkan jumlah individu,
mulai dari 01.

Misalnya

D301 68 70:
Lokomotif diesel hidrolik generasi kedua dengan susunan roda D
(empat gandar) didinaskan pada tahun 1968 dengan nomor urut 70.

CC203 98 13:

Lokomotif diesel elektrik dengan susunan roda Co-Co generasi keempat
didinaskan pada tahun 1998 dengan nomor urut 13

Kelas lokomotif diesel PT Kereta Api Indonesia (Persero)
Loko Diesel Hidrolik

C300
C301
D300
D301 (Krupp M350D)
BB300 (Kruup M700BB)
BB301 (Krupp M1500BB)
BB302
BB303 (Henschel DHG 1000 BB)
BB304 (Krupp M1500BB)
BB305
BB306 (Henschel DHG 800 BB)
CC300 (PT INKA CC 300)
Loko Diesel Elektrik

BB200 (EMD G8)
BB201 (EMD G12)
BB202 (EMD G18)
BB203 (GE U18B)
BB204
CC200 (ALCO GE UM106T)
CC201 (GE U18C)
CC202 (EMD G26)
CC203 (GE U20C)
CC204 (GE C18MMi dan GE C20EMP)
CC205 (EMD GT38ACe)
CC206 (GE CM20EMP)
Armada[sunting | sunting sumber]
Pada tahun 2012, KAI mengoperasikan:

486 unit lokomotif;
754 unit KRL;
166 unit KRD;
1.716 unit kereta penumpang; dan
6.249 unit gerbong.

* Hal asal Lokomotif

Lokomotif diesel elektrik PT KAI sebagian besar dibuat di Amerika Serikat
atau Kanada, sedangkan diesel hidraulik kebanyakan Jerman. Unit listrik
beberapa kebanyakan buatan Jepang. Industri lokal mampu membangun beberapa
unit, baik diesel dan listrik.
__________________________________________________________

Sekilas Mengenai Gambaran Layanan Kereta api Inonesia
__________________________________________________________

Nada-nada keberangkatan Kereta Api untuk anda.
Selamat mendengarkan...! "Hati-hati di jalan dan jangan lupa barang
bawaan anda".





1. Layanan Dari Kereta Api Penumpang secara umum


KA. Argo Bromo


















PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan layanan kereta api penumpang
dan barang. Hampir semua jalur yang beroperasi memiliki layanan angkutan
kereta api penumpang yang dijalankan secara teratur.

Kapasitas angkut penumpang yang disediakan PT Kereta Api Indonesia (Persero)
di Jawa dan Sumatera adalah sebanyak 106.638 tempat duduk per hari dengan
rasio kelas eksekutif (15%), bisnis (27%), dan ekonomi (59%).

Bila tempat duduk dikaitkan dengan jarak tempuh, maka total kapasitas
melambung menjadi sebanyak 41.528.450 tempat duduk per kilometer per hari
dengan rasio kelas eksekutif (17%), kelas bisnis (25%), dan kelas ekonomi (58%).

2. Layanan dari Kereta Api terbaik (Kelas Argo/Kelas 1) 


Interior Argo Bromo
















Kelas Argo adalah kelas layanan tertinggi PT Kereta Api Indonesia (Persero),
yaitu dengan kereta penumpang berkapasitas 50/52 orang per kereta. Layanan
yang disediakan adalah tempat duduk yang bisa diatur, pendingin udara,
hiburan audio visual dan layanan makanan.

Rangkaian kereta api jenis ini mulai diluncurkan pada tanggal 31 Juli 1995
untuk memperingati 50 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada awalnya
hanya dua kereta api yang dioperasikan, yaitu Argo Bromo yang melayani rute
Gambir–Surabaya Pasar Turi dan Argo Gede yang melayani rute Gambir–Bandung.

Saat ini, kereta api Argo Bromo telah digantikan dengan Argo Bromo Anggrek
dan KA Argo Gede juga telah diberhentikan pengoprasiannya.

Kereta api kelas Argo lainnya adalah:

Argo Bromo Anggrek yang melayani rute Gambir–Surabaya Pasar Turi.
Argo Muria yang melayani rute Gambir–Semarang Tawang.
Argo Lawu yang melayani rute Gambir-Yogyakarta–Solo Balapan.
Argo Wilis yang melayani rute Bandung–Surabaya Gubeng.
New Argo Jati yang melayani rute Gambir–Cirebon.
Argo Dwipangga yang melayani rute Gambir-Yogyakarta–Solo Balapan.
Argo Sindoro yang melayani rute Gambir–Semarang Tawang.
Kelas Satwa

3. Layanan dari Kereta Api Kelas Satwa / Kelas 2

Kelas Satwa adalah Kereta sekelas Argo tetapi bukan argo seperti
Kereta di bawah ini :

Sembrani yang melayani rute Surabaya Pasar Turi-Gambir.
Gajayana yang melayani rute Malang-Gambir.
Bangunkarta yang melayani rute Gambir-Semarang Tawang-Surabaya Gubeng
Taksaka yang melayani rute Yogyakarta-Gambir
Bima yang melayani rute Malang-Gambir.
Turangga yang melayani rute Surabaya Gubeng-Bandung

3. Layanan dari Kereta Api Kelas Publik

Kelas Publik (Campuran Eksekutif-Bisnis, Eksekutif-Ekonomi, &
Eksekutif-Bisnis-Ekonomi.

Kereta kelas Eksekutif tipe Pesawat yang di gunakan Argo Dwipangga,
Argo Jati, Gajayana, Sembrani, dan Turangga.

Kelas Publik adalah kelas layanan kedua tertinggi, dengan kereta
penumpang kelas eksekutif (52 penumpang) dan bisnis (64 penumpang).
Layanan kelas publik diberikan pada jalur-jalur berikut ini:

Cirebon Ekspres yang melayani rute Tegal-Gambir
Sancaka yang melayani rute Surabaya Gubeng–Yogyakarta.

KA Eksekutif Campuran


Interior Kls Executif


















Mutiara Timur yang melayani rute Surabaya Gubeng–Banyuwangi hingga
Denpasar, Bali menggunakan bus dari Banyuwangi.

Lodaya yang melayani rute Bandung-Solo Balapan.
Malabar yang malayani rute Bandung-Malang.
Gumarang yang melayani rute Jakarta Kota–Surabaya Pasar Turi.
Harina yang melayani rute Bandung-Surabaya Pasar Turi.
Argo Parahyangan yang melayani rute Gambir-Bandung.
Purwojaya yang melayani rute Gambir-Cilacap
Malioboro Ekspres yang melayani rute Malang–Yogyakarta.
Sawunggalih Utama yang melayani rute Pasar Senen–Kutoarjo.
Ciremai Ekspres yang melayani Bandung-Cirebon.
Siliwangi (Eksekutif-Ekonomi) relasi Cianjur-Sukabumi.
Pangrango (Eksekutif-Ekonomi) relasi Sukabumi-Bogor.
Kelas Bisnis[sunting | sunting sumber]

Di bawah kereta api kelas Publik adalah kelas komersial kelas
menengah, yang mencakup semua kereta bisnis.

Mutiara Selatan yang melayani rute Surabaya-Bandung
Senja Utama dari Pasar Senen ke Stasiun Yogyakarta,
Solo Balapan dan Semarang Tawang.
Fajar Utama Yogya dari Pasar Senen ke Stasiun Yogyakarta
Sarangan Ekspress yang melayani rute Madiun-Surabaya
Sidomukti yang melayani rute Yogyakarta-Solo Balapan

4. Layanan dari Kereta Api Kelas Ekonomi.


KA. Ekonomi


















Kereta kelas Ekonomi AC.
Dalam rangka pemerataan pelayanan kepada semua lapisan masyarakat,
selain mengoperasikan sejumlah kereta api komersial yang berfungsi
sebagai subsidi silang pada pelayanan kereta api kelas ekonomi,
PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga mengoperasikan sejumlah
rangkaian kereta api kelas ekonomi unggulan, yaitu:

Pasundan yang melayani rute Kiaracondong-Surabaya Gubeng
Tegal Arum yang melayani rute Jakarta Kota-Tegal
Brantas yang melayani rute Tanjung Priok–Kediri
Logawa yang melayani rute Purwokerto-Jember
Sri Tanjung yang melayani rute Banyuwangi–Lempuyangan.
Tawang Alun yang melayani rute Malang-Banyuwangi.
Bengawan yang melayani rute Tanjung Priok-Purwosari.
Progo yang melayani rute Pasar Senen–Lempuyangan.
Serayu yang melayani rute Jakarta Kota-Kroya
Kutojaya Utara yang melayani rute Pasar Senen-Kutoarjo
Kutojaya Selatan yang melayani rute Kiaracondong-Kutoarjo
Kertajaya yang melayani rute Tanjung Priok-Surabaya Pasar Turi
Kahuripan yang melayani rute Kiaracondong-Kediri
Gaya Baru Malam Selatan yang melayani rute Jakarta Kota-Surabaya Gubeng
Majapahit yang melayani rute Pasar Senen-Malang
Menoreh yang melayani rute Pasar Senen–Semarang Tawang.
Bogowonto yang melayani rute Pasar Senen-Yogyakarta.
Gajah Wong yang melayani rute Pasar Senen–Yogyakarta.
Krakatau Ekspres yang melayani rute Merak-Kediri.
Tegal Ekspres yang melayani Pasar Senen–Tegal
Ajisaka yang melayani rute Lempuyangan-Kutoarjo
Kalijaga yang melayani rute Purwosari-Semarang Poncol

Kereta api Lokal

Tarif kereta api kelas ekonomi ditetapkan oleh pemerintah sehingga
secara keseluruhan biaya operasi tidak dapat ditutup dengan tarif
yang dikenakan kepada masyarakat. Sampai saat ini, PT Kereta Api
Indonesia (Persero) melakukan subsidi silang dari pendapatan rangkaian
kereta api kelas Argo dan kelas satu pada kelas ekonomi.
Beberapa kereta yang dioperasikan adalah:

Kereta Rel Diesel yang melayani rute Surabaya Pasar Turi-Cepu
dan Surabaya Kota-Kertosono.
Penataran yang melayani rute Surabaya Kota-Blitar.
Kaligung yang melayani rute Brebes–Semarang Poncol.
Kalimaya yang melayani rute Tanah Abang–Merak.
Probowangi yang melayani rute Probolinggo-Banyuwangi.
Rapih Dhoho yang melayani rute Surabaya Kota-Blitar.
Langsam yang melayani rute Rangkasbitung-Angke
Patas Purwakarta yang melayani rute Purwakarta-Jakarta Kota
Banten Ekspres yang melayani rute Merak-Jakarta Kota.
Madiun Jaya yang melayani rute Madiun-Yogyakarta
Madiun Jaya Ekspres yang melayani rute Madiun-Yogyakarta
Prambanan Ekspres yang melayani rute Kutoarjo-Solo Balapan.
Kereta api Blora Jaya Ekspres yang melayani rute Semarang Tawang-Bojonegoro
Baraya Geulis yang melayani rute Padalarang-Cicalengka
Bumi Geulis yang melayani rute Bogor-Sukabumi, sekarang sudah pensiun.
Pangrango yang melayani rute Bogor-Sukabumi, menggantikan KRDH Bumi Geulis
Pandanwangi yang melayani rute Jember-Banyuwangi.
Kereta Lokal Bandung Raya yang melayani rute Padalarang-Bandung-Cicalengka
hingga Cibatu, Garut.
KRDH Surabaya yang melayani rute Surabaya-Lamongan, Surabaya-Sidoarjo,
dan Surabaya-Mojokerto.
Sriwedari yang melayani rute Yogyakarta-Solo Balapan

5. Layanan dari Kereta Api Kereta Api Comuter

Kereta Api Komuter Jabodetabek yang dikelola oleh anak perusahaan
PT Kereta Api Indonesia (Persero), yaitu PT KAI Commuter Jabodeabek.

Komuter adalah kereta api yang beroperasi dalam jarak dekat, menghubungkan
kota besar dengan kota-kota kecil di sekitarnya atau dua kota yang berdekatan.
Penumpang kereta ini kebanyakan adalah para penglaju bermobilitas tinggi
yang pulang-pergi dalam sehari, misalnya ke tempat kerja atau sekolah.

Tidak mengherankan apabila frekuensi perjalanan komuter termasuk tinggi
dan jumlah penumpangnya juga paling banyak dibanding kereta jenis lainnya.

Di Indonesia, jaringan komuter masih menjadi satu dengan kereta api jarak
jauh, bahkan kebanyakan rangkaian kereta apinya juga diambil dari bekas
kereta api jarak jauh. Walaupun demikian, pemerintah saat ini sedang
mempersiapkan pembangunan jaringan kereta api komuter yang lebih
canggih, seperti monorel, kereta bawah tanah, maupun Mass Rapid Transit
(MRT) yang rencananya akan dibangun di Jakarta dan Surabaya.

Komuter umumnya dilayani oleh rangkaian kereta api ekonomi, tetapi beberapa
sudah ada yang dilayani oleh kereta kelas bisnis bahkan kelas eksekutif,
seperti kereta api Pakuan jurusan Jakarta- Bogor.

* Hal Jalur Comuter

Jalur-jalur kereta komuter yang ada di Indonesia antara lain:

KRL Jabotabek/Commuter Line, merupakan jalur komuter tertua di Indonesia
yang melingkupi daerah Jakarta Raya, melayani para penglaju dari
Jakarta ke Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, termasuk jalur cabang
ke Serpong dan Maja.

KRDH MCW 302 Patas relasi Cicalengka-Padalarang, KRDE Baraya Geulis relasi
Cicalengka Padalarang hasil modifikasi dari KRL BN Holec PT. INKA Madiun.

KRDE Prambanan Ekspres relasi Jogjakarta-Solo hasil modifikasi dari
KRL BN Holec PT. INKA Madiun.

KRDH-I Blora Jaya relasi Semarang-Bojonegoro.
KRDH-I Madiun Jaya relasi Madiun-Jogjakarta.
KRDH-I Seminung relasi Tanjung Karang-Kota Bumi.
KRDH-I Way Umpu relasi Tanjung Karang-Kota Bumi.
KRDH-I Sri Lelawangsa relasi Medang-Binjai.

KRDE Eksekutif Semeru relasi Jember-Kediri, rangkaian modifikasi
dari ex KRDE Kaligangsa dan KRL Hibah menggunakan rangkaian
PLB 7034/7111, 7035/7112 KRDE Eksekutif RI 1 jurusan
Madiun-Semarang Poncol-Gambir
____________________________________________

6. Layanan dari Kereta Api Kereta Api Wisata
_____________________________________________

PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga menyediakan layanan kereta wisata
yang tarifnya disesuaikan dengan harga tiket tertinggi pada kereta yang
dirangkaikan dengan kereta wisata tersebut. Gerbong kereta wisata diberi
nama Nusantara, Bali, dan Toraja. Selain itu, di Ambarawa tersedia pula
kereta wisata dengan lokomotif uap bergigi. Di Solo, kereta wisata Punokawan
jurusan Purwosari–Wonogiri menelusuri jalan Slamet Riyadi di Kota Solo.
Adapun di Sumatera Selatan, tersedia kereta wisata yang diberi nama Kereta
Sultan, sedangkan di Sumatera Barat tersedia pula kereta wisata yang bertujuan
ke Lembah Anai dan Pantai Pariaman.

7. Layanan dari Kereta Api Kereta Api Barang

Khusus di Pulau Jawa, pemasaran angkutan barang semula kurang diminati
pasar karena dalam perjalanan kalah prioritas dengan kereta penumpang.
Akan tetapi, sejalan dengan perkembangan terakhir yang sudah melalui
tahapan modernisasi sarana angkutan barang, telah dimungkinkan hadirnya
kereta barang dengan kecepatan yang tidak jauh berbeda dengan kereta
penumpang sehingga perjalanannya jauh lebih lancar.

Layanan kereta barang yang dilayani saat ini sudah ada beberapa macam
seperti kereta pengangkut container, kereta pengangkut batu bara, kereta
pengankut semen dan sebagainya.

Untuk mengoptimalkan layanan kereta berbasis barang pada saat ini
PT Kereta Api Indonesia (Persero) membuat anak perusahaan yang bernama
PT. Kereta Api Logistik (KALOG) yang fungsi utamanya adalah untuk melayani
dan mengoperasionalkan layanan barang berbasis kereta api.

* Kereta Barang Baja Satwa 

Kereta barang Baja Satwa dikhususkan untuk mengangkut barang yang melayani
rute Jakarta Kampung Bandan-Surabaya Pasar Turi. Barang yang diangkut
kebanyakan berupa peti kemas yang jenis komoditas angkutannya tidak
terbatas. Sayangnya, saat ini Stasiun Kampung Bandan sudah tidak aktif lagi.

* Kereta barang cepat

Kereta Kiriman Ekspress One Night Services Jakarta - Surabaya.
Koridor layanannya sama dengan kereta api Antaboga, yaitu Jakarta-Surabaya
Pasar Turi, tetapi sarana yang digunakan berupa gerbong tertutup. Komoditas
yang dapat diangkut juga bermacam-macam, sesuai dengan keadaan pasar.
________________________________________________________________

Sekilas Jadwal kereta api di Indonesia dan Tempat pembelian tiket
________________________________________________________________

Link Stasiun Gambir :
http://www.tiket.com/kereta-api?lang=id&twh=20135232&om=1&gclid=CLT2ntzinb4CFRUOjgodhrIA_A

Situs Perumka :
http://www.tiket.com/kereta-api?lang=id&twh=20135232&om=1&gclid=CLT2ntzinb4CFRUOjgodhrIA_A

Boking :
http://www.tiketkai.com/

Pemberitahuan Tiket  Lebaran 1435 H/2014 :
http://news.detik.com/read/2014/04/21/160642/2560975/10/catat-ya-tiket-kereta-api-mudik-lebaran-h-7-sudah-bisa-dipesan
_____________

Penutup
_____________

Demikian infonya para kawan...!

Semoga memberi manfaat ....dan...Lagu "Naik Kereta Api" sebagai
penutup tulisan. Salam 'tuk keluarga masing-masing dan horas...!


________________________________________________________________________
Cat :
Link untuk Kereta Api Sumatra Utara :
http://angkolafacebook.blogspot.com/2014/05/kereta-api-sumatra-utara-sejarah-dalam.html


PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

1 comment:

  1. Halo, saya Ibu Diana, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 3%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: dianarobertloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete