Friday, May 16, 2014

Lokomotif & Horse Power (HP)


#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak info sekitar Lokomotif Kereta Api Indonesia dan memahami
kekuatan tenaga kudanya / horse power atau Hpnya)
_________________________________________________________________













___________

Pengantar
___________

Ehem...!

Malam ini belajar duluba...!

Tentang Lokomotif dan Horse Power.

Jika anda para pembaca angkolafacebook ingin ikut juga,
silakan....dan....

Selamat menyimak...!
____________________

Sekilas Lokomotif
____________________


* Hal Pengertian

Lokomotif adalah bagian dari rangkaian kereta api di mana terdapat mesin
untuk menggerakkan kereta api. Biasanya lokomotif terletak paling depan
dari rangkaian kereta api. Operator dari lokomotif disebut masinis.

Masinis menjalankan kereta api berdasarkan perintah dari pusat pengendali
perjalanan kereta api melalui sinyal yang terletak di pinggir jalur rel.

* Hal Lokomotif Berdasarkan mesinnya :

Lokomotif uap.
Merupakan cikal bakal mesin kereta api. Uap yang dihasilkan dari pemanasan
air yang terletak di ketel uap digunakan untuk menggerakkan torak atau
turbin dan selanjutkan disalurkan ke roda. Bahan bakarnya bisanya dari
kayu bakar atau batu bara.

1. Lokomotif diesel mekanis.

Menggunakan mesin diesel sebagai sumber tenaga yang kemudian ditransfer
ke roda melalui transmisi mekanis. Lokomotif ini biasanya bertenaga kecil
dan sangat jarang karena keterbatasan kemampuan dari transmisi mekanis
untuk dapat mentransfer daya.

2. Lokomotif diesel elektrik.

Pada Lokomotif ini Mesin diesel dipakai untuk memutar generator agar
mendapatkan energi listrik. Listrik tersebut dipakai untuk menggerakkan
motor listrik besar yang langsung menggerakkan roda.

3. Lokomotif diesel hidraulik.

Lokomotif ini menggunakan tenaga mesin diesel untuk memompa oli dan
selanjutnya disalurkan ke perangkat hidraulik untuk menggerakkan roda.
Lokomotif ini tidak sepopuler lokomotif diesel elektrik karena perawatan
dan kemungkinan terjadi problem besar.

4. Lokomotif listrik :

Lokomotif ini adalah lokomotif yang paling populer. Prinsip kerjanya
hampir sama dengan lokomotif diesel elektrik, tapi tidak menghasilkan
listrik sendiri.

Listriknya diperoleh dari kabel transmisi di atas jalur kereta api.
Jangkauan lokomotif ini terbatas hanya pada jalur yang tersedia jaringan
transmisi listrik penyuplai tenaga.

* Hal Lokomotif Berdasarkan konfigurasi sumbu/ as roda lokomotif :

1. kode B artinya lokomotif dengan 2 roda penggerak atau Bo-Bo
Misal Lokomotif Uap Tahun 1898: Seri B Bristol

2. kode C artinya lokomotif dengan 3 roda penggerak atau Co-Co
Misal Lokomotif Uap Tahun 1905: Seri C Birmingham

3. kode BB artinya lokomotif bergandar 2 2 jadi dengan roda penggerakada
4 as roda atau memiliki 8 roda
Misal Lokomotif Uap Tahun 1920: Seri BB Manchester

4. kode CC artinya lokomotif bergandar 3 3 jadi total penggeraknya
ada 6 as roda atau memiliki 12 roda .
Misal Lokomotif Uap Tahun 1930: Seri CC Manchester

5. kode D artinya lokomotif bergandar 4 loko jenis ini biasanya hanya
memiliki gandar tunggal sehingga total penggeraknya ada 4 as roda dengan
jumlah roda 8.
Misal Lokomotif Uap Tahun 1954: Seri D54 Krupp Liepzig

http://id.wikipedia.org/wiki/Lokomotif
_________________________________________________

Jenis lokomotif berdasarkan mesin (Pengembangan /
pendalaman jenis lokomotif diatas
_________________________________________________


1. BB204





















Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1230HP,di Indonesia sejak 1981
dan kecepatan maksimumnya 60km/jam. Lokomotif ini terdapat di Divisi
Regional II SumBar yang relnya bergigi.

2. CC202






















lokomotif buatan General Motors Kanada ini merupakan lokomotif terberat
di Indonesia yaitu 108 ton. Lokomotif ini mempunyai spesifikasi teknik
dan karakteristik khusus untuk menarik kereta api barang. Lokomotif ini
hanya terdapat di Sumatra Selatan untuk melayani kereta api pengangkut
batu bara. Lokomotif ini berdaya mesin 2250HP

3. CC201






















Lokomotif CC 201 adalah lokomotif buatan General Electric. Memiliki
Daya Mesin 1950 HP.

4. CC200























LOKOMOTIF CC 200 merupakan lokomotif diesel pertama yang dipesan pemerintah
Indonesia dari General Electric Amerika Serikat awal 1950-an,dan memiliki
tenaga 1750Hp

5. D300





















Lokomotif D 300 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp,
Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1968. Lokomotif ini berdaya mesin
sebesar 340HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk langsir kereta penumpang
ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan
maksimum 50 km/jam.

6. D301






















Lokomotif D 301 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp,
Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1962. Lokomotif ini merupakan tipe
kedua setelah D300. Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 340 HP.

7. BB306






















Lokomotif BB 306 adalah lokomotif diesel hidrolik yang dipunyai oleh Dipo
Kereta-kereta Besar di Jakarta Kota. Loko ini kerap digunakan untuk melangsir
kereta penumpang yang akan diberangkatkan dari Stasiun Jakarta Kota (JAKK).
Lokomotif ini sering digunakan pada tahun 80-an hingga 90-an, sejak
datangnya era KRL, loko ini mulai terlupakan dan kebanyakan rusak termakan
usia dan kurang suku cadang.

8. BB305 (Jenbach)




















Lokomotif BB 305 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Jenbacher,
Austria. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1978. Lokomotif ini hanya memiliki
satu kabin masinis. Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550 HP dan dapat
berjalan dengan kecepatan maksimum 120 km/jam.

9. BB305 (CFD)






















Lokomotif BB 305 adalah lokomotif diesel hidrolik generasi keenam yang dimiliki
oleh PT Kereta Api. Lokomotif ini diproduksi di pabriknya CFD, Perancis.
Lokomotif ini mulai dinas sejak 1978. Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550HP.
Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta barang

10. BB304






















Lokomotif BB 304 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp,
Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1976. Lokomotif ini berdaya mesin sebesar
1550 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta penumpang ataupun
kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu
120 km/jam

11. BB303





















Lokomotif BB 303 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Henschell,
Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1973. Lokomotif ini berdaya mesin
sebesar 1010 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta penumpang
ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan
maksimum yaitu 90 km/jam

12. BB301



















adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif
ini mulai dinas sejak 1964 sebanyak 10 buah. Lokomotif ini berdaya mesin
sebesar 1350 HP dengan berat lokomotif sebesar 52 ton. Lokomotif ini biasa
digunakan untuk langsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini
dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 120 km/jam.

13. BB300




















Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 680 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk
langsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan
dengan kecepatan maksimum yaitu 75 km/jam, buatan pabrik Fried Krupp, Jerman.
Lokomotif ini mulai dinas sejak 1958.

14. BB203





















Lokomotif BB 203 buatan General Electric adalah lokomotif diesel elektrik
tipe keempat (U18B) dengan transmisi daya DC - DC yang mulai beroperasi
sejak tahun 1978. Bentuk, ukuran, dan komponen utama lokomotif ini sama
seperti lokomotif CC201, yang membedakan adalah susunan gandarnya. Jika
lokomotif CC201 bergandar Co'-Co' dimana setiap bogienya memiliki tiga gandar
penggerak, lokomotif BB203 bergandar (A1A)(A1A), dimana setiap bogienya juga
memiliki tiga gandar, tetapi hanya dua gandar dalam setiap bogienya yang
digunakan sebagai gandar penggerak.

15. BB202























Lokomotif BB 202 buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik tipe
ketiga dengan transmisi daya DC - DC yang mulai beroperasi sejak tahun 70-an.
Lokomotif ini berebeda dengan lokomotif BB200 dan BB201 ataupun lokomotif diesel
elektrik lain, lokomotif yang mempunyai satu kabin masinis ini tidak memiliki
hidung. Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1100 HP.

16. BB201




















Lokomotif BB 201 buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik tipe
kedua dengan transmisi daya DC - DC yang sudah dioperasikan sejak tahun 1964.
Lokomotif ini berdaya 1425 HP.

17. BB200





















Lokomotif BB 200 buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik
tipe pertama dengan transmisi daya DC - DC yang sudah digunakan di Jawa
sejak tahun 1957. Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 950 HP dengan susunan
gandar lokomotif ini adalah (A1A).Hal ini dibuat agar tekanan gandarnya rendah,
karena berat lokomotif ini sebesar 75 ton. Kecepatan maksimum 110km/jam.

18. CC203





















Lokomotif CC 203 buatan General Electric seri U20C merupakan pengembangan
desain dari lokomotif CC201,yaitu pada bentuk kabin masinis ujung pendek
yang aerodinamis,serta diperlebar untuk kenyamanan dan mengurangi penumpang
liar. Yang membedakan adalah lokomotif CC203 menggunakan motor diesel dengan
dua tingkat turbocharger sehingga dayanya 2150HP.

19. CC204






















Lokomotif CC 204 adalah salah satu jenis lokomotif yang dibuat khusus di
Indonesia, yaitu hasil kerjasama antara PT General Electric Lokomotif
Indonesia dan Industri Kereta Api Madiun (INKA). Lokomotif ini terbagi
menjadi dua jenis, yaitu CC204 produksi pertama yg bentuknya seperti
CC201,dan CC204 produksi kedua yang bentuknya seperti CC203

sumber :
http://www.malesgila.com/2013/05/19-jenis-lokomotif-kereta-api-yang.html#.U3BybdKBmK4
___________________________________________________

Sekilas Horse Power (Tenaga Kuda/Daya Kuda) - HP
___________________________________________________



















Alkisah :

- Macam mahluk hiduppun dengan macam tenaga atau kekuatannya
  ada di bumi, tak terkecuali manusia dan kuda, sama-sama punya
  kekuatan, sama mampu berlari dan mampu menarik.

- Manusia bisa mencipta/berkarya sedangkan kuda tidak.

- James Watt berkarya mengeluarkan mesin dengan nama mesin uap
  yang dengan sendirinya punya kekuatan atau tenaga pula.

- Untuk mengetahui kekuatan atau tenaga mesin uap ini, maka beliau
  James Watt membandingkannya dengan tenaga atau kekuatan kuda.

* Hal Kekuatan Kuda yang diketahui

- Kekuatan kuda masa itu dikur atas kemampuannya memutar penggilingan
  yang telah disediakannya.

- Dari hasil ini diketahuinya, bahwa kuda mampu memutar penggilingan
  sebanyak 144 kali dalam 1 jam.





















- Ini artinya, untuk mengetahui kekuatannya dalam 1 minit maka kita
  harus membagi 144 : 60 minit = 2.4 (jadi kekuatan kuda memutar
  penggilingan dalam 1 minit = 2.4).

- Radius dari roda penggilingan yang berputar pada masa itu dalam
  1 minit diketahui sejauh 12 kaki.

* Hal kekuatan mesin uapnya dalam satuan pond

- Untuk mengetahui perbandingan kekutan kuda ini dengan kekuatan
  mesin uapnya yang dikur dalam satuan poun maka james watt
  menggunakan perhitungan 2.4 x 2pi x 12 kaki dalam satu menit =
  33000 kaki-pound per menit.

- Dengan demikian istilah "HP" dalam lokomotif adalah alat ukur
  kekuatan atau tenaga dari mesin tersebut yang memang dibandingakan
  dengan tenaga kuda.

Lewat wikipedia dikatakan :

Daya kuda atau tenaga kuda adalah salah satu unit pengukuran daya
yang pada umumnya setara dengan 735.5 hingga 745.7 watt.

Pada awalnya, istilah daya kuda digunakan untuk membandingkan performa
antara mesin uap dengan kemampuan tarikan kuda (draft horse).
Setelah itu, satuan ini diadopsi untuk mengukur daya keluaran dari piston,
turbin, motor listrik, dan mesin lainnya.

Definisi daya kuda bisa bervariasi tergantung aplikasinya:

Daya kuda mekanis (mechanical horsepower) adalah nilai yang besarnya
setara dengan 550 kaki-pound per detik atau 33000 kaki-pound per menit
atau setara dengan 745.7 watt.

Daya kuda metrik (metric horsepower) adalah nilai yang besarnya
setara dengan 75 kgf-m per detik, atau setara dengan 735.499 watt.
Daya kuda boiler (boiler horsepower) digunakan untuk mengukur tingkat
kemampuan boiler uap yang nilainya setara dengan daya yang digunakan
untuk menguapkan 34.5 pound air per jam pada temperatur 212 derajat
Fahrenheit, atau 9809.5 watt.

Daya kuda hidraulik besarnya sama dengan daya kuda mekanik, yaitu 745.7 watt,
yang berarti 1/1714 kali laju aliran (US gallon per menit) dikalikan tekanan
(psi).

Untuk motor listrik, satu daya kuda setara dengan 746 watt. Angka yang
tertulis pada label merupakan daya output, bukan daya input.

Motor listrik produksi Continental European menggunakan dual rating
di mana 1 HP setara dengan 735 watt.

Pferderstaerke (PS) merupakan terjemahan daya kuda dalam bahasa Jerman.
Nilainya kurang lebih setara dengan 1 daya kuda metrik.

* Sejarah

Perkembangan mesin uap menjadikan alasan untuk membandingkan
kemampuan mesin uap dengan kuda, sumber daya tarik yang biasa
digunakan ketika itu.

Ide ini digunakan oleh James Watt dalam memasarkan mesin uap yang
dikembangkannya. Ia setuju untuk mendapatkan royalti sepertiga dari
penghematan batu bara sebagai akibat penggantian mesin uap Newcomen
yang lama dengan mesin uapnya yang baru.

Skema royalti ini tidak bisa digunakan pada konsumen yang tidak
menggunakan mesin uap melainkan kuda. Watt ketika itu mennghitung
bahwa sebuah kuda mampu memutar alat penggilingan sebanyak 144 kali
dalam satu jam atau 2.4 kali dalam stu menit.

Radius dari roda yang berputar adalah 12 kaki, sehingga kuda bergerak
sejauh 2.4 x 2pi x 12 kaki dalam satu menit. Watt yakin bahwa satu
kuda mampu menarik dengan gaya 180 pound, sehingga:

 \mathit{Daya} = \frac{\mathit{Usaha}}{\mathit{Waktu}} = \frac{\mathit{Gaya} \times \
mathit{jarak}}{\mathit{waktu}} = \frac{(180 \mbox{ lbf})(2.4 \times 2 \pi \times 12 \
mbox{ ft})}{1\ \mbox{min}}=32,572 \frac{\mbox{ft} \cdot \mbox{lbf}}{\mbox{menit}}.
Nilainya dibulatkan menjadi 33000 kaki-pound per menit [3].

John Smeaton mengukur kekuatan kuda setara dengan 22916 kaki-pound per
 menit. John Desagulier menulis 27500 kaki-pound per menit. James Watt
melalui eksperimennya pada kuda yang bekerja pada tempat pembuatan bir,
menemukan bahwa kuda mampu menghasilkan 32400 kaki-pound per menit [4].

Pengukuran

Daya dari suatu mesin bisa diukur atau diperkirakan hingga pada titik
tertentu dalam transmisi daya sejak tenaga dihasilkan hingga dipakai.
Sejumlah istilah digunakan untuk menyebutkan daya pada berbagai tahap
pembentukannya.

Dalam kasus penggunaan dinamometer, daya diukur pada roda gila atau
flywheel dari mesin.

Daya nominal

Daya nominal diukur berdasarkan karakteristik piston berupa luas
area dan kecepatan ekuivalen piston.

Daya nominal = (7/33000) x luas area piston x kecepatan ekuivalen piston

Daya terindikasi
Daya terindikasi (indicated horsepower) adalah daya teoritis dari mesin
ketika mengubah energi pengembangan volume gas dalam silinder tanpa
memperhitungkan adanya gesekan internal di dalam mesin. Daya ini diukur
dari tekanan yang dihasilkan di dalam silinder.

Daya terindikasi = tekanan x panjang lintasan piston x luas piston x
jumlah piston x (1/33000)

Brake horsepower

Brake horspower (bhp) adalah ukuran dari daya mesin sebelum adanya
kehilangan atau tambahan daya dari gearbox, alternator, diferensial,
pompa hidraulik, turbocharger, dan komponen terkait lainnya. Istilah
brake atau rem mengacu pada beban yang diaplikasikan pada mesin dan
menahannya pada RPM tertentu. Selama pengujian, output torsi dan
kecepatan putar diukur untuk menentukan bhp. Tenaga kuda pada awalnya
diukur menggunakan metode ini, diawali oleh James Watt lalu oleh De
Prony dengan Prony brake. Sekarang, penggunaan dinamometer lebih
umum dari pada Prony brake. Meski sebenarnya daya yang didapatkan
pada pengukuran bhp lebih tinggi dibandingkan daya yang didapatkan
pada roda dan sumber beban, bhp memberikan gambaran daya mesin yang
sebenarnya sebelum kehilangan daya melalui gearbox, alternator,
dan sebagainya.

Daya efektif

Daya efektif adalah daya yang benar-benar terukur pada roda dan
sumber beban dari mesin.

Daya tarik

Daya tarik (drawbar horsepower) adalah daya yang digunakan oleh
suatu mesin traksi dalam menarik beban. Daya tarik adalah daya
yang diukur secara langsung di lapang dan bukan melalui perhitungan.
Sebuah kendaraan yang disebut sebagai mobil dinamometer dipasangkan
di belakang mesin traksi. Mobil dinamometer terus mencatat gaya
tarik dari mesin traksi dan kecepatan geraknya. Dari sini, drawbar
horsepower didapatkan dengan melakukan perhitungan sederhana. Untuk
menentukan daya maksimum dari mesin, beban harus bisa divariasikan
pada mobil dinamometer atau pada beban tarik kedua di mana rem
diaplikasikan dengan besar gaya tertentu. by Dhedex
_____________________________________________________________

Analisa dan Pendapat Penulis pada 19 Jenis Lokomotif dalam
hubungannya dengan saran pada Perumka dan INKA
_____________________________________________________________

- Dari ke-19 Lokomotif di atas Horse Power yang paling tinggi adalah
  2250HP. (No.2)

Pendapat penulis :

Semoga HP yang tinggi ini dapat dimaksimalkan kegunaannya khsusnya
dalam melancarkan roda perekonomian Nusantara dalam macam aktifitas
masyarakatnya.

Untuk apa HP lokomotif tinggi kalau beban yang dibawanya ringan.
Dipikiran penulis 1 Hp mampu membawa beban 75 Kg. Jika lokomotif
ber HP 2250 X 75 Kg = 168.750 Kg beban mampu dibawa.

Begitupun ... !

Meskipun lokomotif mampu membawa beban berat, tidak berarti
keselamatan manusia tidak diperlukan. Nyawa manusia tentu lebih
berarti dari pada lokomotif.






















- Dari ke-19 Lokomotif di atas diketahui, bahwa Indonesia pernah
  membeli Lokomotif dari 

  1. General Electric / Amerika,
  2. General Motors / Kanada
  3. Fried Krupp, Jerman
  4. Jenbacher / Austria.
  5. CFD / Perancis.

Pendapat penulis :

Tentu semua lokomitif buatan macam Negara ini masih ada di Indonesia
dan tentu pula hal ini sangat baik bagi PT General Electric Lokomotif
Indonesia dan Industri Kereta Api Madiun (INKA) yang sekarang ini
telah membuktikan kemampuannya untuk membuat lokomotif sendiri.

Lokomotif-lokomotif ini berikut para masinisnya yang telah berpengalaman
dapat menjadi bahan masukan bagi INKA untuk membuat Lokomotif yag
lebih sesuai dengan kebutuhan Nusantara. Semoga...!

Link INKA :
http://id.wikipedia.org/wiki/Industri_Kereta_Api




























- Dari ke-19 Lokomotif di atas diketahui, lokomotif 
  terberat 108 ton

Pendapat penulis :

Lokomotif adalah mesin yang juga membawa dirinya kesana kemari yang
dengan sendirinya, "Semakin berat lokomotifnya semakin banyak pula
daya yang dihabiskan untuk membawa dirinya".

Juga semakin besar resikonya yang harus diterima jika lokomotif
tersebut mengalami kecelakaan baik karea tabrakan antara lokomotif
maupun kecelakaan karena keluar jalur.

- Dari ke-19 Lokomotif di atas diketahui lokomotif Indonesia 
  tercepat 120 km/jam

Pendapat penulis :

Mengingat negara kita adalah negara yang banyak penduduknya pun belum
lengkapnya sarana dan prasarana jalan Kereta Api juga seringnya
terdengar kecelakaan KA, maka menurut penulis kecepatan kereta
bukanloah hal yang penting-penting kali bagi Nusantara, kecuali
sarana dan prasarana jalan KA memang sudah lengkap. Tentu kita
sepakat nyawa manusia lebih berharga dari pada lokomotif.

(Kasih gambar kereta api tercepat)

- Dari ke-19 Lokomotif di atas diketahui, Indonesia juga bisa buat
  Lokomotifasil yaitu kerjasama antara PT General Electric Lokomotif
  Indonesia dan Industri Kereta Api Madiun (INKA)

Pendapat penulis :

Senang dapat mendengar dan mengetahui bahwa Indonesia juga dapat
buat lokomotif sendiri. Sukses untuk PT General Electric Lokomotif
Indonesia dan Industri Kereta Api Madiun (INKA).






















__________

Penutup
__________

Demikian infonya para kawan...!

Semoga dapat memperluas wawasan pengetahuan dan jangan lupa...!

"Hati-hati manyiborang di rel Kareta Api...!"

Salamat malam...!


____________________________________________________________
Cat :
Sumber bacaan :
Wikipedia Ind
http://www.malesgila.com/2013/05/19-jenis-lokomotif-kereta-api-yang.html#.U3BybdKBmK4
http://cicakkreatip.com/2013/10/29/pengertian-horse-power-hp-atau-daya-kuda-dk-dalam-otomotif-sumber-daya-energi-09/



PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

No comments:

Post a Comment