#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak info sekitar DJ / Disk Jockey / Disjoki)
__________________________________________________________
(Menyimak info sekitar DJ / Disk Jockey / Disjoki)
__________________________________________________________
_______________
Kata pengantar
___________________DJ dapat mengacu kepada beberapa hal berikut:
Disk Jockey - orang yang memainkan rekaman suara
Djibouti - sebuah negara di Afrika Timur
DJ, Kode negara ISO 3166-1 Djibouti
.dj, ccTLD (Internet Top Level Domain) Djibouti
Demikian wikipedia menginformasikan mengenai DJ ini.
Para kawan sekalian...!
Kita pilih saja DJ dengan katalainnya Disk Jockey atau Disjoki.
Dan berikut info-infonya.
Selamat menyimak ....!
_____________________________________________________
Sekilas info mengenai DJ / Disk Jockey / Disjoki
_____________________________________________________
* Pemahaman Umum
Disjoki atau joki cakram atau (bahasa Inggris: Disc jockey,
disingkat DJ, atau kadang-kadang "deejay") adalah seseorang yang
terampil memilih dan memainkan rekaman suara atau musik yang telah
direkam sebelumnya.
Umumnya media hasil rekaman yang digunakan adalah media diska atau
cakram, dan karena kemahirannya dalam memainkan cakram membuat
profesi ini dikenal sebagai joki cakram, atau lebih dikenal dengan
disjoki (ejaannya dalam bahasa Inggris disc jockey).
Sekarang istilah itu tidak hanya merujuk kepada kemahiran mengatur
lagu/musik dalam medium cakram, tetapi juga dalam bentuk medium lainnya.
* Asal mula DJ
Disjoki atau joki cakram atau (bahasa Inggris: Disc jockey,
disingkat DJ, atau kadang-kadang "deejay") adalah seseorang yang
terampil memilih dan memainkan rekaman suara atau musik yang telah
direkam sebelumnya.
Umumnya media hasil rekaman yang digunakan adalah media diska atau
cakram, dan karena kemahirannya dalam memainkan cakram membuat
profesi ini dikenal sebagai joki cakram, atau lebih dikenal dengan
disjoki (ejaannya dalam bahasa Inggris disc jockey).
Sekarang istilah itu tidak hanya merujuk kepada kemahiran mengatur
lagu/musik dalam medium cakram, tetapi juga dalam bentuk medium lainnya.
* Asal mula DJ
Istilah DJ ini pertama kali digunakan untuk menggambarkan seorang
penyiar radio yang akan memperkenalkan dan memainkan rekaman gramofon
yang populer. Rekaman pada media ini, juga dikenal sebagai "cakram"
di mana dalam industri ini dimainkan oleh penyiar-penyiar radio,
oleh karena itu nama disc jockey dan selanjutnya lebih akrab dikenal
sebagai DJs atau deejays.
Sekarang karena berbagai faktor, termasuk musik yang dipilih, para
pendengarnya, penyetelan kinerja, media yang digunakan dan
perkembangan dari manipulasi suara, telah menghasilkan berbagai
macam teknik DJ.
* Apa yang dilakukan oleh seorang DJ
penyiar radio yang akan memperkenalkan dan memainkan rekaman gramofon
yang populer. Rekaman pada media ini, juga dikenal sebagai "cakram"
di mana dalam industri ini dimainkan oleh penyiar-penyiar radio,
oleh karena itu nama disc jockey dan selanjutnya lebih akrab dikenal
sebagai DJs atau deejays.
Sekarang karena berbagai faktor, termasuk musik yang dipilih, para
pendengarnya, penyetelan kinerja, media yang digunakan dan
perkembangan dari manipulasi suara, telah menghasilkan berbagai
macam teknik DJ.
* Apa yang dilakukan oleh seorang DJ
Aksi fisik daripada seorang DJ adalah memilih dan memainkan rekaman-
rekaman suara disebut deejaying, atau DJing dan cakupan kesempurnaan
dari memainkan secara sederhana satu seri rekaman-rekaman (terkait
pengacaraan, atau menyusun sebuah daftar putar, sampai memanipulasi
rekaman-rekaman, menggunakan berbagai teknik seperti pengadonan audio,
pengisyaratan (cueing), pemfrasean (phrasing), pemenggalan (cutting),
penggesekan (scratching), dan penyelarasan ketukan (beatmatching),
atau sering juga mengacu pada membuat komposisi musik asli.
* Peralatan
Peralatan paling pokok yang diperlukan untuk seorang DJ untuk
menjalankan aksinya terdiri dari:
Rekaman suara dalam berbagai medium (seperti piringan hitam, CD,
berkas MP3, dsb.)
Paling tidak mempunyai dua macam peralatan untuk memutar kembali
(playback) rekaman-rekaman suara tersebut dan untuk tujuan memilih
memainkan kembali rekaman secara maju mundur (seperti pemutar
rekor, pemutar cakram padat, pemutar MP3)
Sebuah sistem tata suara (sound system) untuk menguatkan dan
memperbesar volume suara (Seperti sistem portabel audio, penyiar
gelombang radio)
Juga peralatan penunjang lain seperti sebuah pengadon (mixer)
yang digunakan untuk menyelaraskan dua atau lebih peralatan putar-
balik. sebuah mikrofon yang digunakan untuk menguatkan suara
manusia, dan fonkepala (headphone) yang digunakan untuk
mendengarkan rekaman sambil memutarkan pemutar yang lain, tanpa
kehilangan kontrol suara yang didengarkan pendengarnya, adalah
sangat diperlukan.
Macam-macam peralatan juga dapat ditambahkan , termasuk pencuplik
(sampler), mesin drum, pengolah efek, tatakan selip (slipmat),
dan Sistem Kinerja Terkomputerisasi (Computerized Performance
Systems).
* Teknik-teknik dalam DJ
rekaman suara disebut deejaying, atau DJing dan cakupan kesempurnaan
dari memainkan secara sederhana satu seri rekaman-rekaman (terkait
pengacaraan, atau menyusun sebuah daftar putar, sampai memanipulasi
rekaman-rekaman, menggunakan berbagai teknik seperti pengadonan audio,
pengisyaratan (cueing), pemfrasean (phrasing), pemenggalan (cutting),
penggesekan (scratching), dan penyelarasan ketukan (beatmatching),
atau sering juga mengacu pada membuat komposisi musik asli.
* Peralatan
Peralatan paling pokok yang diperlukan untuk seorang DJ untuk
menjalankan aksinya terdiri dari:
Rekaman suara dalam berbagai medium (seperti piringan hitam, CD,
berkas MP3, dsb.)
Paling tidak mempunyai dua macam peralatan untuk memutar kembali
(playback) rekaman-rekaman suara tersebut dan untuk tujuan memilih
memainkan kembali rekaman secara maju mundur (seperti pemutar
rekor, pemutar cakram padat, pemutar MP3)
Sebuah sistem tata suara (sound system) untuk menguatkan dan
memperbesar volume suara (Seperti sistem portabel audio, penyiar
gelombang radio)
Juga peralatan penunjang lain seperti sebuah pengadon (mixer)
yang digunakan untuk menyelaraskan dua atau lebih peralatan putar-
balik. sebuah mikrofon yang digunakan untuk menguatkan suara
manusia, dan fonkepala (headphone) yang digunakan untuk
mendengarkan rekaman sambil memutarkan pemutar yang lain, tanpa
kehilangan kontrol suara yang didengarkan pendengarnya, adalah
sangat diperlukan.
Macam-macam peralatan juga dapat ditambahkan , termasuk pencuplik
(sampler), mesin drum, pengolah efek, tatakan selip (slipmat),
dan Sistem Kinerja Terkomputerisasi (Computerized Performance
Systems).
* Teknik-teknik dalam DJ
Ada berbagai macam teknik yang dapat diterapkan oleh seorang DJ
untuk memanipulasi musik yang telah direkam sebelumnya. Di sini
termasuk pengadonan suara (audio mixing), pengisyaratan,
pengisyaratan selip (slip-cueing), pemfrasean, pemenggalan musik,
penjugelan ketukan (beat juggling), penggesekan, penyelarasan ketukan,
penjatuhan jarum (needle drop), penggeseran fase (phase shifting),
dan masih banyak lagi.
* Kekuasaan DJ dan pengaruh ekonomi
untuk memanipulasi musik yang telah direkam sebelumnya. Di sini
termasuk pengadonan suara (audio mixing), pengisyaratan,
pengisyaratan selip (slip-cueing), pemfrasean, pemenggalan musik,
penjugelan ketukan (beat juggling), penggesekan, penyelarasan ketukan,
penjatuhan jarum (needle drop), penggeseran fase (phase shifting),
dan masih banyak lagi.
* Kekuasaan DJ dan pengaruh ekonomi
Sepanjang dekade 1950-an, payola telah menjadi masalah berkepanjangan.
Bagian terparah dari skandal payola tersebut adalah kekuasaan yang
lebih terhadap musik oleh manajemen stasiun. Bentuk baru Top 40
juga dimunculkan, di mana lagu-lagu yang populer diputar berulang-
ulang.
Sekarang, hanya sedikit dari beberapa DJ di Amerika Serikat mempunyai
kuasa melalui apa yang diputarnya di udara. Daftar putar (playlist)
dikontrol sangat ketat, dan para DJ seringkali tidak diizinkan
membuat perubahan atau penambahan.
Lagu-lagu yang diputar biasanya dipilih berdasarkan algoritma komputer
dan teknik otomatisasi seperti lacak suara (voice tracking)
mengizinkan seorang DJ untuk mengirimkan pemberitahuan melalui
banyak stasiun.
Bagian terparah dari skandal payola tersebut adalah kekuasaan yang
lebih terhadap musik oleh manajemen stasiun. Bentuk baru Top 40
juga dimunculkan, di mana lagu-lagu yang populer diputar berulang-
ulang.
Sekarang, hanya sedikit dari beberapa DJ di Amerika Serikat mempunyai
kuasa melalui apa yang diputarnya di udara. Daftar putar (playlist)
dikontrol sangat ketat, dan para DJ seringkali tidak diizinkan
membuat perubahan atau penambahan.
Lagu-lagu yang diputar biasanya dipilih berdasarkan algoritma komputer
dan teknik otomatisasi seperti lacak suara (voice tracking)
mengizinkan seorang DJ untuk mengirimkan pemberitahuan melalui
banyak stasiun.
Walaupun kadangkala lagu-lagu yang diinginkan seringkali dapat
digantikan oleh sistem ini. Sebuah lagu mungkin diumumkan sama
seperti permintaan DJ walaupun baru saja dimunculkan dalam daftar putar.
Secara ekonomis, rumusan ini telah mencapai sukses di semua penjuru
negeri. Namun bagaimanapun, musik seperti ini secara praktikal
kelihatan memuakkan dan yang mana orang-orang banyak yang mencari-
cari bentuk bebas dalam format stasiun radio yang memosisikan
kembali kontrol para DJ, atau mengakhiri radio terestrial dan
kemudian beralih ke layanan radio satelit atau pemutar musik portabel
seperti iPods. Stasiun radio kampus (College radio) dan radio publik
yang lain adalah tempat-tempat yang paling umum untuk bentuk
bebas daftar putar di Amerika Serikat .
* Macam-macam DJ
Dalam pengertiannya, aksi memilih dan memainkan rekaman suara
untuk pendengar yang menginginkan adalah sama untuk setiap DJ.
Musik yang dipilihnya, Media yang digunakan, dan tingkatan
kesempurnaan dari manipulasi suara adalah faktor-faktor yang membuat
tipe DJ yang berbeda-beda.
Daftar di bawah ini adalah sebuah daftar dari berbagai tipe
paling pokok dari DJ, melalui setiap catatan yang perlu
diperhatikan, terdaftar secara kronologis berdasarkan tanggal
lahirnya.
* DJ-DJ Radio
untuk pendengar yang menginginkan adalah sama untuk setiap DJ.
Musik yang dipilihnya, Media yang digunakan, dan tingkatan
kesempurnaan dari manipulasi suara adalah faktor-faktor yang membuat
tipe DJ yang berbeda-beda.
Daftar di bawah ini adalah sebuah daftar dari berbagai tipe
paling pokok dari DJ, melalui setiap catatan yang perlu
diperhatikan, terdaftar secara kronologis berdasarkan tanggal
lahirnya.
* DJ-DJ Radio
Seorang pemutar cakram radio adalah seseorang yang memilih dan
memainkan musik yang kemudian dipancarluaskan melalui gelombang radio.
Para DJ Radio yang terkenal
Christopher Stone (1882–1965),menjadi DJ pertama di Britania
Raya pada tahun 1927.
Martin Block (1901-1967), DJ Radio pertama yang menjadi bintang,
mengilhamkan istilah "Disco Jockey".
Alan Freed (1922-1965), menjadi orang pertama yang memperkenalkan
musik Ritme dan Blues dari bangsa Afrika-Amerika di Amerika Serikat
dan Eropa di bawah nama Rock and Roll.
Murray "The K" Kaufman (1922-1982), DJ musik rock and roll
berpengaruh untuk pertama kalinya dibayar sebagai the "Fifth Beatle".
Rog Martin (lahir pada tahun 1941), DJ pertama yang memutar
hit-hit Top 40 di Stereo pada tahun 1968.Sebuah stasiun radio
di Los Angeles menjadi buktinya.
Para DJ Radio yang terkenal
Christopher Stone (1882–1965),menjadi DJ pertama di Britania
Raya pada tahun 1927.
Martin Block (1901-1967), DJ Radio pertama yang menjadi bintang,
mengilhamkan istilah "Disco Jockey".
Alan Freed (1922-1965), menjadi orang pertama yang memperkenalkan
musik Ritme dan Blues dari bangsa Afrika-Amerika di Amerika Serikat
dan Eropa di bawah nama Rock and Roll.
Murray "The K" Kaufman (1922-1982), DJ musik rock and roll
berpengaruh untuk pertama kalinya dibayar sebagai the "Fifth Beatle".
Rog Martin (lahir pada tahun 1941), DJ pertama yang memutar
hit-hit Top 40 di Stereo pada tahun 1968.Sebuah stasiun radio
di Los Angeles menjadi buktinya.
Jimmy Savile (lahir pada tahun 1926), sangat terkenal dalam
acara televisi BBC bernama Jim'll Fix It yang mengabulkan
permintaan penggemarnya yang kebanyakan anak-anak. Pada tahun
1947 dia menjadi DJ pertama yang menggunakan meja-putar (turntable)
kembar untuk memutar bersinambungan setelah dia membayar seorang
pekerja logam setempat untuk mengelas dua dek rekaman menjadi satu.
Dick Clark, seorang entertainer, lahir pada tahun 1929, pembawa
acara pada American Bandstand, acara musik di televisi dengan
masa tayang terlama, dikenal baik sebagai salah satu yang
menyatukan acara radio secara nasional.
Casey Kasem (lahir pada tahun 1932), seorang DJ dan ahli sejarah,
pembawa acara radio terlama yaitu TOP 40. Juga dikenal sebagai
pengisi suara Shaggy di serial kartun Scooby-Doo
Wolfman Jack (1938-1995), keluar dari kecintaannya pada
film-film seram dan musik cadas untuk menciptakan suara aneh,
yang sangat disukai, salah satu suara radio yang paling disenangi.
John Peel (1939-2004), salah satu DJ asli dari acara radio BBC
Inggris, Radio 1, dikenal sebagai seorang yang sangat luar
biasa pada kesukaannya terhadap musik dan menjuarakan artis-
artis yang tidak dikenal.
Jim Ladd (lahir pada tahun 1948), dikenal sebagai salah satu
DJ cadas bentuk bebas (freeform rock) di radio komersial
Amerika Serikat
* Para DJ kamar tidur (Bedroom's DJ)
acara televisi BBC bernama Jim'll Fix It yang mengabulkan
permintaan penggemarnya yang kebanyakan anak-anak. Pada tahun
1947 dia menjadi DJ pertama yang menggunakan meja-putar (turntable)
kembar untuk memutar bersinambungan setelah dia membayar seorang
pekerja logam setempat untuk mengelas dua dek rekaman menjadi satu.
Dick Clark, seorang entertainer, lahir pada tahun 1929, pembawa
acara pada American Bandstand, acara musik di televisi dengan
masa tayang terlama, dikenal baik sebagai salah satu yang
menyatukan acara radio secara nasional.
Casey Kasem (lahir pada tahun 1932), seorang DJ dan ahli sejarah,
pembawa acara radio terlama yaitu TOP 40. Juga dikenal sebagai
pengisi suara Shaggy di serial kartun Scooby-Doo
Wolfman Jack (1938-1995), keluar dari kecintaannya pada
film-film seram dan musik cadas untuk menciptakan suara aneh,
yang sangat disukai, salah satu suara radio yang paling disenangi.
John Peel (1939-2004), salah satu DJ asli dari acara radio BBC
Inggris, Radio 1, dikenal sebagai seorang yang sangat luar
biasa pada kesukaannya terhadap musik dan menjuarakan artis-
artis yang tidak dikenal.
Jim Ladd (lahir pada tahun 1948), dikenal sebagai salah satu
DJ cadas bentuk bebas (freeform rock) di radio komersial
Amerika Serikat
* Para DJ kamar tidur (Bedroom's DJ)
Seseorang yang mempunyai peralatan (seperti turn-table, mixer, CDJ,
dsb.) dan mempunyai gairah untuk musik, namun tidak dimainkan di
tengah keramaian bar atau acara khusus. malahan, mereka lebih
suka memainkan musik mereka di rumah temannya, merekam pita-adon
(mixtape) atau melalui Internet via perangkat lunak penyiaran
suara, seperti Shoutcast.
* DJ-DJ klub
Seorang DJ klub adalah seseorang yang memilih dan memainkan
musik dalam sebuah setelan klub. Tempat ini dapat bermacam-
macam mulai dari klub kecil, pesta tetangga, disko, atau
acara dalam stadion.
* DJ-DJ klub yang terkenal
David Mancuso (lahir pada tahun 1944), penggagas dari pesta
bawah tanah New York City pertama dengan nama The Loft
Francis Grasso (1948-2001), memperkenalkan beberapa teknik
DJ terbaru, termasuk penyelarasan ketukan dan pengisyaratan selip
Larry Levan (1954-1992), seorang Remixer prolifik dan DJ di
The Paradise Garage
Frankie Knuckles (lahir pada tahun 1955), bapak dari musik house
Paul Oakenfold (born 1963), produser rekaman Inggris, pengadon
ulang (remixer), dan salah satu DJ yang terkemuka di dunia,
dinobatkan menjadi mahabintang DJ
dsb.) dan mempunyai gairah untuk musik, namun tidak dimainkan di
tengah keramaian bar atau acara khusus. malahan, mereka lebih
suka memainkan musik mereka di rumah temannya, merekam pita-adon
(mixtape) atau melalui Internet via perangkat lunak penyiaran
suara, seperti Shoutcast.
* DJ-DJ klub
Seorang DJ klub adalah seseorang yang memilih dan memainkan
musik dalam sebuah setelan klub. Tempat ini dapat bermacam-
macam mulai dari klub kecil, pesta tetangga, disko, atau
acara dalam stadion.
* DJ-DJ klub yang terkenal
David Mancuso (lahir pada tahun 1944), penggagas dari pesta
bawah tanah New York City pertama dengan nama The Loft
Francis Grasso (1948-2001), memperkenalkan beberapa teknik
DJ terbaru, termasuk penyelarasan ketukan dan pengisyaratan selip
Larry Levan (1954-1992), seorang Remixer prolifik dan DJ di
The Paradise Garage
Frankie Knuckles (lahir pada tahun 1955), bapak dari musik house
Paul Oakenfold (born 1963), produser rekaman Inggris, pengadon
ulang (remixer), dan salah satu DJ yang terkemuka di dunia,
dinobatkan menjadi mahabintang DJ
Tiesto (lahir pada tahun 1969), salah seorang DJ aliran "musik
trance", dipilih oleh majalah DJ Magazine's sebagai DJ nomor
satu untuk tahun 2004
Keoki (lahir pada tahun 1969), seorang musisi musik tekno
terkenal, difilmkan dalam film Party Monster pada tahun 2003
Robbert van de Corput, lebih dikenal dengan nama panggung Hardwell,
adalah rumah DJ dan musik produser progresif dan elektro Belanda.
Dia terpilih sebagai dunia # 1 DJ pada tahunan Top 100 DJ polling
DJ Magazine pada tahun 2013 dan kemudian, sekali lagi pada tahun 2014
Poschardt, Ulf (1998). DJ Culture. London: Quartet Books.
ISBN 0-7043-8098-6
Brewster, Bill & Broughton, Frank (2000). Last Night a
DJ Saved My Life: The History of the Disc Jockey. New York:
Grove Press. ISBN 0-8021-3688-5 (North American edition).
London: Headline. ISBN 0-7472-6230-6 (U. K. edition).
Lawrence, Tim (2004). Love Saves the Day: A History of American
Dance Music Culture, 1970-1979 . Duke University Press.
ISBN 0-8223-3198-5.
Brewok Dj Team (2013), Remixer Bali
Dj Wache From bali , Old Deejay From Bali
______________
Penutup
______________
trance", dipilih oleh majalah DJ Magazine's sebagai DJ nomor
satu untuk tahun 2004
Keoki (lahir pada tahun 1969), seorang musisi musik tekno
terkenal, difilmkan dalam film Party Monster pada tahun 2003
Robbert van de Corput, lebih dikenal dengan nama panggung Hardwell,
adalah rumah DJ dan musik produser progresif dan elektro Belanda.
Dia terpilih sebagai dunia # 1 DJ pada tahunan Top 100 DJ polling
DJ Magazine pada tahun 2013 dan kemudian, sekali lagi pada tahun 2014
Poschardt, Ulf (1998). DJ Culture. London: Quartet Books.
ISBN 0-7043-8098-6
Brewster, Bill & Broughton, Frank (2000). Last Night a
DJ Saved My Life: The History of the Disc Jockey. New York:
Grove Press. ISBN 0-8021-3688-5 (North American edition).
London: Headline. ISBN 0-7472-6230-6 (U. K. edition).
Lawrence, Tim (2004). Love Saves the Day: A History of American
Dance Music Culture, 1970-1979 . Duke University Press.
ISBN 0-8223-3198-5.
Brewok Dj Team (2013), Remixer Bali
Dj Wache From bali , Old Deejay From Bali
______________
Penutup
______________
Demikian infonya para kawan sekalian...!
Dan jika anda tertarik pada profesi ini, khsusnya bagi anda
yang suka musik tentu tak salah menjadi memilih-nya.
Anda bukan saja menjadi dapat bersenang-senang, bergoyang-
goyang, menari-nari tapi anda juga bisa dapat duit. Apa tak
enak itu.
...dan....
mungkin juga anda menjadi akan sangat disukai oleh para putri
pencinta musik dalam iringan DJ ini. Asyik kan....?
Selamat malam...!
....dan...
Jangan lama-lama pulang...!
Istri anda menunggu di rumah.
Dan jika anda tertarik pada profesi ini, khsusnya bagi anda
yang suka musik tentu tak salah menjadi memilih-nya.
Anda bukan saja menjadi dapat bersenang-senang, bergoyang-
goyang, menari-nari tapi anda juga bisa dapat duit. Apa tak
enak itu.
...dan....
mungkin juga anda menjadi akan sangat disukai oleh para putri
pencinta musik dalam iringan DJ ini. Asyik kan....?
Selamat malam...!
....dan...
Jangan lama-lama pulang...!
Istri anda menunggu di rumah.
____________________________________________________________________
Cat :
Cat :
No comments:
Post a Comment