Minggu, 24 Juli 2016

Dari Cerita Tari Dabke Palestina Sampai Kecerita Men's di Tapanuli Selatan - Angkola


#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak info sekitar Tari Dabke Palestina dan Mens
di Tapanuli Selatan - Angkola)
_______________________________________________________








________________

Kata Pengantar
________________

Yah begitulah internet ini punya permainan, kalau yang
bermain-lah kita bilang para pemakai internet ini.

Macam mana tidak...!
Tidak macam mana tidak...!

Apa yang terdengar dan apa yang terlihat cukup sering
mengungkap peristiwa lama. Peristiwa yang lalu yang
seharusnya sudah berlalu. "Yang lalau biar-lah berlalu"
itu maksud penulis..

Tapi...tapi....tapi...dan...tetapi....!
Untuk beberapa kasus, tak bisa rupanya.
Rupanya tak bisa rupanya.

Penampilan para putri penari dari Plestina dalam postingan
ini mengingatkan penulis pada, "Mens-nya para putri Tanah
batak Angkola di Tahun 80'an di Tapanuli Selatan.

Tahu Cle'an Mens-nya para kawan sekalian...???

Itu dan itu...itu..yang konon katanya datangnnya tiap bulan
itu. Dan datangnnya tak terduga itu. Itu maksud penulis.

Jadi...!

Kalau di Tapanuli Selatan pada Tahun yang telah berlalu itu,
sperti macam photo animasi di postingan ini gaya putri
batak itu kalau lagi Mens.

Mereka akan terlihat sedikit bergaya, tapi ada maksudnya.
maksudnya untuk menutupinya, agar tidak terlihat karena
roknya mungkin saja telah berobah warna.

Para kawan sekalian...!

Masih-kah Clean ingat apa yang mereka buat menutupinya jika
datangnnya pas pada saat sekolah....?

Yah...!
Betul.

Mereka tutupi dengan Taplak meja Guru, sehingga tak heran
jika taplak meja guru Kelas di Tapanuli Selatan, kadang ada,
kadang sudah ngak ada.

Dengan kata lain, taplak meja guru Tapsel masa lalu mempunya
2 fungsi 1. Untuk menutupi meja guru 2. Untuk menutupi
mens-nya para murid yang datag bulan.

Tapi...!

Yah sudah-lah, ngak enak entar.
Soalnya para murid putri tersebut sekarang ini telah
menjadi oma-oma, dan mungkin saja telah punya cucu pula.

Para kawan dimana-pun berada...!

Berikut info sekitar "Tari Debke Palestina".

Selamat menyimak...!
______________________________________

Sekilas info tentang Tari Debke
______________________________________











* Pengertian

Dabke ( Arab : ????) adalah modern Levantine tarian lingkaran
rakyat Arab yang mungkin Kanaan [1] atau Fenisia  asal.

Hal ini dilakukan dalam Lebanon , Yordania , Irak , Suriah ,
Palestina , Hatay dan Northern Arab Saudi .

Dabke menggabungkan tari lingkaran dan menari garis dan
secara luas dilakukan di pesta pernikahan dan acara-acara
gembira lainnya.

Bentuk garis dari kanan ke kiri. Pemimpin dabke yang mengepalai
garis, bergantian antara menghadap penonton dan penari lainnya.
Dalam bahasa Inggris, namanya juga transliterasi dabka,
Dabki, dabkeh.

* Sejarah









The Palestina dabkeh melompat mungkin atau mungkin tidak
memiliki asal-usul di usia tua upacara kesuburan Kanaan
yang mencerminkan meningkatnya pertumbuhan tanaman.

Mereka digunakan untuk menakut-nakuti kekuatan jahat dan
untuk melindungi keamanan dan pertumbuhan bibit.

Menurut Yazbec, Fenisia adalah guru pertama dari tari
di dunia, dan dabke adalah keturunan wakil dari tarian
Fenisia.

Menurut salah satu tradisi rakyat, tarian berasal dari
Levant mana rumah dibangun dari batu dengan atap yang
terbuat dari kayu, jerami dan kotoran. Kotoran atap harus
dipadatkan yang diperlukan menghentak keras kotoran dengan
cara yang seragam untuk kompak secara merata.

Acara ini kerja sama disebut ta'awon dan dari sini datang
 kata awneh, yang berarti "bantuan." Ini berkembang menjadi
lagu Ala Dalouna ( Arab : ??? ??????), kira-kira diterjemahkan,
"Mari kita pergi dan bantuan". The dabke dan lagu-lagu
berirama pergi bersama-sama dalam upaya untuk menjaga
pekerjaan menyenangkan dan berguna.

* Variasi









Di Yordania ada sekitar 19 jenis Jordania dabke Habel Mwadea
'(??? ????) adalah dabke Yordania dari setiap jenis yang dilakukan
oleh laki-laki dan perempuan bersama-sama.

jenis Yordania dabke termasuk dan tidak terbatas pada:

Al-Karaadiyya (????????) juga dikenal sebagai Al-Taiyyara (???????)
Al-Tas'awiyya (?????????) juga dikenal sebagai Al-Ma'aniyya (????????)
Al-Sha'rawiyya (?????????)
Al-Darrazi (???????)
Al-Shamaliyya (????????)
Al-'Askariyya (????????)
Al-Joufiyya (???????)
Al-Ghawarneh (????????) juga dikenal sebagai Deir 'Ala (??? ???)
Wahad w Nos (???? ???)
Abu 'Alanda (??? ?????)
Al-Aqabawiyya (?????????)
Al-Ramthawiyya (?????????)
Al-Sahja (??????) terbatas pada laki-laki
Al-Dahiyya (??????) terbatas pada laki-laki
Al-Hashi (??????) terbatas pada wanita
Al-Farradiyya (????????) terbatas pada wanita
Al-Jamma'iyya (????????) juga terbatas pada wanita
Al-'Adiyya (???????) juga dikenal sebagai Al-Dalo'una
(???? ????????) yang mungkin adalah jenis yang paling
mudah dan paling aktif dari dabke Yordania.

Di antara Palestina, dua jenis umum dabke adalah shamaliyya
dan sha'rawiyya - yang memiliki enam frase ukuran - dan
karaadiyya yang memiliki frase persegi (empat atau delapan
tindakan). Jenis lain adalah niswaniyyah dabke, menari
secara khusus oleh perempuan. Setiap jenis tari dabke
memiliki set sendiri yang sesuai dari lagu, tema yang
sering cintai.


* Jenis Tari Debke








Ada enam jenis utama dabke:

Al-Shamaliyya (????????): mungkin adalah jenis yang paling
terkenal dabke. Ini terdiri dari lawweeh (????) di kepala
sekelompok orang berpegangan tangan dan membentuk setengah
lingkaran. Lawweeh ini diharapkan menjadi sangat terampil
dalam akurasi, kemampuan untuk berimprovisasi, dan
kecepatan (umumnya ringan di kakinya).

Biasanya, dabke dimulai dengan musisi bermain solo pada
mijwiz atau yarghoul dari sepotong Dal Ouna, sering
dengan dua penyanyi menyertai musiknya. Para penari
mengembangkan gerakan disinkronisasi dan langkah dan
ketika penyanyi menyelesaikan lagu mereka, istirahat
lawweeh dari setengah lingkaran untuk menari sendiri.

Ketika pemimpin dabke melihat bahwa langkah-langkah
laki-laki adalah salah satu, sinkron, ia memerintahkan
para penari untuk memperlambat dan mulai gerakan melintasi
kaki kanan mereka di depan yang berlawanan (kaki kiri
mereka).

Lawweeh terus menginformasikan para penari dari irama
dasar mereka, dan pada saat ini tamu lain di acara
pernikahan atau terjadi akan bergabung di garis dabke.

Ini adalah bentuk yang paling populer dan akrab dabke
menari untuk perayaan keluarga bahagia, seperti pernikahan,
khitanan, kembalinya wisatawan, pembebasan tahanan, dan
juga untuk libur nasional, di mana dabke menjadi
demonstrasi kepribadian nasional.

Al-Sha'rawiyya (?????????): terbatas pada laki-laki
dan ditandai dengan langkah-langkah yang kuat atau
stomps. Lawweeh adalah unsur yang paling penting
dalam jenis dabke.

Al-Karaadiyya (????????):. Ditandai dengan kurangnya
lawweeh dan gerakan lambat dengan Azif (????) (flute
pemain) di tengah-tengah lingkaran.

Al-Farah (?????): adalah salah satu jenis yang paling
aktif dabke dan karena itu memerlukan tingkat tinggi
kebugaran fisik.

Al-Ghazal (?????):. Ditandai dengan tiga stomps kuat
dari kaki kanan, dan biasanya melelahkan untuk menari
mereka.

Al-Sahja (??????): merupakan tarian Palestina dan
Yordania populer yang menjadi signifikan lebih populer
selama Mandat Inggris untuk Palestina . Al-Sahja milik
sebagian besar untuk utara dan tengah Palestina, dan di
selatan memiliki dua jenis: As-Samir (??????) dan
Al-Dahiyya (??????). As-Samir bentuk melibatkan 2 baris
orang di dinding yang berlawanan, bersaing dengan puisi
rakyat, kadang-kadang improvisasi dan bahkan bertukar
penghinaan, bersaing di kepintaran retort.

Al-Dahiyya adalah versi Badui dari jenis yang sama di
mana ada seorang penari profesional yang menari antara
dua dinding yang berlawanan dari orang-orang yang
bersaing untuk perhatiannya, dan kadang-kadang
memberikan uang padanya. Al-Sahja biasanya terjadi
malam sebelum pesta pernikahan pengantin pria (zafat
al-'arees), dengan sebagian besar laki-laki di desa
yang berpartisipasi, terutama mereka yang akan hadir
atau terlibat langsung dalam perayaan pernikahan
lainnya.

Oxford International Encyclopedia of Dance juga
menyebutkan ini jenis tambahan dari tarian baris
dalam entri di bawah "Timur Tengah":

The Murdah awalnya dilakukan oleh perempuan di negara-
negara Arab di Teluk Persia sedangkan pria dari masyarakat
yang pergi diperpanjang memancing dan mutiara ekspedisi.

Ini melibatkan dua baris penari yang bergerak ke arah
satu sama lain dengan langkah-langkah kecil dan kemudian
mundur sambil bernyanyi bait berirama. bait ini sebagian
besar menyesalkan untuk orang-orang terkasih absen.

Meskipun pelaut tidak lagi ekonomis penting di wilayah
tersebut, perempuan terus melakukan tarian ini di
pertemuan sosial.

The Ahwash (Fr., ahouache) dilakukan oleh suku-suku Berber
dari Maroko Tinggi Pegunungan Atlas, mencakup satu atau
beberapa garis lengkung dari laki-laki dan satu atau
beberapa garis lengkung perempuan, keseluruhan membentuk
lingkaran atau elips sekitar drumer laki-laki (Jouad dan
Lortat -Jacob, 1978; Lortat-Jacob, 1980). Satu baris
membacakan sebuah puisi yang jalur lain merespon dengan
puisi lain; maka semua bergerak dengan ketukan drum.

Biasanya, sep  
    $       partisipasi. Sambil melakukan,
wanita penari menahan diri sangat lurus dan
bergerak dengan langkah-langkah staccato, memegang batang
tenun rumah. Perempuan maupun laki-laki menulis puisi yang
dibacakan. Sebuah tarian yang sama dilaporkan untuk
Maroko adalah Dukkala tersebut. Dalam satu variasi seorang
pria dan wanita yang saling bersaing lain untuk melihat
mana yang bisa menari terpanjang (Mercier, 1927).

* Genre lagu











Ada banyak jenis lagu yang dinyanyikan selama dan khusup
...h laki-laki dan perempuan masing-masing,
tergantung pada kesempatan, lagu, dan penonton.
Beberapa yang paling populer dari lagu-lagu ini, seperti
Dal Ouna (??????), Al Jafra (??????), Al Dahiyya (??????),
dan Zareef il-Tool (???? ?????), sebenarnya seluruh genre
dalam diri mereka sendiri, dalam arti bahwa lirik
dapat bervariasi secara signifikan dalam kinerja masing-
masing tapi irama dasar musik konsisten dan dikenali.
Variasi ini dapat dilihat dalam ratusan variasi liris
mendengar dan merekam lagu-lagu ini yang terlepas dari
lirik tertentu, diakui oleh ritme mereka dan di kali,
satu ungkapan, seperti pada Ala Dal Ouna, Jafra,
dan lain-lain.

Misalnya, meskipun salah satu mungkin telah mendengar
Ala Dal Ouna dinyanyikan sebelumnya menceritakan cerita
yang berbeda dalam lagu cinta terkenal ini,
orang akan tetap memanggil lagu ascribing lain dengan
irama yang sama dan tema seperti Dal Ouna.

* Instrumen

The Oud , dari mana kata Inggris "kecapi" datang,
berbentuk seperti buah pir setengah dengan leher
non-cemas singkat. Ini memiliki enam program dari
dua string dan bermain dengan plectrum, biasanya bulu
elang dipangkas ini. Instrumen ini menciptakan suara
yang dalam dan lembut.

The mijwiz (????) yang berarti "ganda" dalam bahasa
Arab sangat populer di musik Lebanon. Ini adalah jenis
buluh klarinet. Hal ini dimainkan oleh bernapas dengan
lancar melalui celah bundar pada akhir dan dengan
menggerakkan jari di atas lubang di bagian depan tabung
dalam rangka menciptakan catatan yang berbeda. minjjayrah
yang mirip dengan mijwiz, terbuka berakhir seruling buluh
dimainkan dengan gaya yang sama ..

The tablah adalah tangan-drum kecil juga dikenal sebagai
durbakke tersebut. Kebanyakan tablahs yang indah dihiasi,
beberapa dengan kayu, genteng atau inlay tulang, logam
terukir, atau lukisan di desain khas Timur Dekat.

Salah satu yang paling umum dimainkan instrumen perkusi;
tablah adalah membranophone kambing atau ikan kulit
membentang di atas drum vas berbentuk dengan leher lebar.

Biasanya terbuat dari gerabah atau logam, ia ditempatkan
baik di bawah lengan kiri atau antara kaki dan memukul
di tengah untuk ketukan kuat dan di tepi untuk tajam di
antara ketukan. Meskipun saat ini fishskin kepala jarang
digunakan karena iklim. Ketika digunakan menjadi longgar,
Anda harus memanaskan kepala untuk mendapatkan suara
yang benar kembali. Membran atau kepala drum kini terbuat
dari plastik. Kepala paling umum adalah dari Alexandria,
Mesir.

The daff , juga dikenal sebagai Riq , mirip dengan rebana.
Ini terdiri dari bingkai bulat, ditutupi di satu sisi
dengan kambing atau kulit ikan. Pasang cakram logam
diatur dalam frame untuk menghasilkan jingle ketika
dipukul dengan tangan. Suara alat musik perkusi ini
mengatur irama musik Arab banyak, terutama di
pertunjukan musik klasik.

The arghul , (?????) juga dikenal sebagai yarghoul tersebut,
umumnya digunakan di solo, sering disertai dengan penyanyi,
yang dimulai pertunjukan dabke. Tidak seperti mijwiz, itu
hanya memiliki lubang jari di salah satu nya pipa /
alang-alang. (lihat Al-Shamaliyya, di bawah Jenis).

* Pertunjukan dan kompetisi

Kompetisi atau acara dapat terdiri dari tarian budaya
yang berbeda dan kelompok dabke lainnya melakukan dabke.

Misalnya, Fiesta Internasional yang terkenal di University
at Buffalo terdiri dari serangkaian klub melakukan tarian
budaya mereka. Kompetisi ini terjadi setiap semester di
panggung teater utama dari Pusat UB untuk Seni selama
waktu musim semi, biasanya pada akhir Februari atau
awal Maret.









Hal ini memungkinkan Organisasi Mahasiswa Arab untuk
berpartisipasi dan menunjukkan kesadaran budaya dabke.
Banyak universitas memiliki sebuah acara yang disebut
Arab Malam atau judul yang sama. Ketika acara ini terjadi,
dabke yang baik dilakukan di atas panggung (di dalam atau
di luar), di aula di lantai, atau di luar di floor.There
adalah langkah-langkah yang berbeda yang terdiri dari tari
DEBKA: belbel itu, Inzel, shemmel dan taksi; kombinasi dari
masing-masing langkah serta melompat sesekali dan mengubah
membuat tarian lengkap.  Di Amerika, tradisi belum hilang
dan diadakan di tempat yang sama karena akan di tanah air
asli dan musik dansa juga biasa dimainkan di Amerika di
pusat-pusat kebudayaan Arab-komunitas dan konvensi seperti
konvensi tahunan yang diselenggarakan oleh
Federasi Amerika Ramallah Palestina.

* Rekor dunia

Pada bulan Agustus 2011, sebuah kelompok di sebuah desa
Lebanon Dhour El Choueir , Lebanon menetapkan rekor dunia
baru. Diselenggarakan oleh Dhour El Choueir Summer Festival,
rantai manusia dari 5050 dibuat dan saat ini memegang
rekor dunia.

Acara Dhour El Choueir memecahkan rekor yang ditetapkan
oleh Tollab, Federasi Mahasiswa Lebanon di Montreal ,
dengan partisipasi dari "La Troupe folklorique Les Cheva
liers du Liban" yang telah membuat rantai manusia
dari 4.475 orang menari dabke selama lebih dari lima
menit langsung di Montreal Marcelin Wilson Park.

___________

Penutup
___________

Demikian infonya para kawan sekalian...!

...dan...

Selamat malam...!










____________________________________________________________
Cat :
Dabke Dance @ Mushrif Mall Abu Dhabi - YouTube
https://www.youtube.com/watch?v=ccScaVZdMDI
Tarian Arab Debki Palestina - YouTube
https://www.youtube.com/watch?v=zlXanTY_o9E

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar