Senin, 25 Juli 2016

Sejarah dan Penggunaan Lokomobil / Mesin Uap


#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak info sekitar Lokomobil / Mesin Uap)
__________________________________________________________









_______________

Kata Pengantar
_______________

Wajar jika Anda orang Indonesia mengenal Lokomotif,
karena didaerah Anda memang banyak Lokomotif.

Tahukah anda mawa di dunia ini ada juga namanya :

- Lokokuda
- Lokosepeda
- Lokobecak
- Lokopesawat

...dan...

- Lokomobil. Titik.

Para kawan dimana-pun berada...!

Apa-nya sebenar-benarnya dan searti-artinya, artinya
Loko...? Ngak tahu Cle'an-kan...? Berarti sama kita.
Dan tidak semua hal harus kita ketahui dalam hidup
ini.

Termasuk memahami apa itu Lokomobil, tak perlu kita
ketahui. Masih banyak hal lebih penting dari urusan
Lokomobil ini.

Berikut info sekitar, "Lokomobil".

Selamat menyimak...!

(Macam mana-nya Kau ini, tadi kau bilang tak penting,
tapi kau bilang juga selamat menyimak. Stres kau ya...?
Ku makan-lah nanti kau...!)

_____________________________________

Sekilas info tentang Lokomobil
_____________________________________











* Pengertian

Lokomobil adalah mesin uap berukuran kecil yang memiliki
roda atau luncuran sehingga dapat dipindahkan ke berbagai
tempat. Mesin ini tidak bisa menggerakkan dirinya sendiri,
biasanya ditarik oleh kuda, kerbau, atau hewan lainnya,
atau oleh mesin traksi.

Mesin protabel biasanya digunakan untuk menggerakan mesin-
mesin pertanian, seperti penggiling, perontok, dan
sebagainya, hingga di kehutanan untuk menggerakan
mesin-mesin pemotong kayu.

* Sejarah









Dalam teknologi mesin uap, desain awal dari sebuah mesin
uap mengambil tempat di Inggris, termasuk lokomobil ini.

Awalnya, mesin uap terlalu besar dan mahal untuk digunakan
di pertanian. Namun pada tahun 1799 di wilayah Yorkshire,
mesin uap telah digunakan untuk mesin perontok.

Aplikasi lainnya tercatat pada tahun 1812 ketika Richard
Trevithick mendesain sebuah mesin uap semiportabel, mesin
uap stasioner untuk penggunaan di bidang pertanian, yang
disebut dengan barn engine.

Mesin ini berupa mesin bertekanan tinggi yang menghasilkan
daya putar dengan boiler Cornish. Pengoperasian mesin ini
lebih murah dibandingkan dengan menggunakan kuda.

Meski istilah 'semiportabel' mengacu pada kemudahannya
dalam memindahkan dan memasangnya tanpa harus membongkar
pasang komponen-komponennya, mesin ini sesungguhnya
stasioner dan tidak dimaksudkan untuk dipindah-pindahkan.










Mesin ini digunakan untuk menggerakan pompa air, hammer
mill, bone-chrusher, mesin pemotong, dan sebagainya.

Pada tahun 1839, lokomobil sesungguhnya baru muncul dan
diaplikasikan pada pekerjaan di bidang pertanian. William
Tuxford memulai pembuatan lokomobil yang disatukan dengan
boiler berbentuk lokomotif dengan cerobong asap horizontal.

Silinder tunggal dan poros utama berada di atas boiler,
dan keseluruhan rakitan dipasangi roda sehingga mampu
dipindah-pindahkan. Roda depan mampu dikendalikan dan
badan mesin bisa dipasangkan dengan kuda untuk menariknya.

Roda gila yang besar dipasang terhubung dengan poros
utama dan sabuk yang terbuat dari kulit digunakan untuk
menghubungkan mesin yang akan digerakkan dengan lokomobil.









Lima produsen pertama lokomobil di Inggris yaitu:

Alexander Dean dari Birmingham
Ransomes dari Ipswich
William Tuxford and Sons dari Boston, Lincolnshire
Howden dari Boston, Lincolnshire
Clayton and Shuttleworth dari Lincoln

Clayton and Shuttleworth merupakan produsen ternama yang
membangun mesin pertamanya pada tahun 1845, lokomobil
dengan dua silinder.

Pada tahun 1890, perusahaan ini telah memproduksi lebih
dari 26000 lokomobil, dan banyak yang diekspor ke
seluruh dunia.

Sejalan dengan perkembangan lokomobil, para insinyur
mulai membuat lokomobil mampu menggerakkan dirinya sendiri
(self-propelled), yang menjadi cikal bakal mesin traksi.

Thomas Aveling, yang kemudian membangun perusahaan Aveling
and Porter, mulai membangun mesin traksi dari lokomobil.

Pemikiran ini dimulai dari kemampuan mesin itu sendiri
yang mencapai puluhan kali tenaga kuda namun tidak mampu
menggerakkan dirinya sendiri.

Perlahan tidak bisa dihindari bahwa mesin traksi menjadi
cukup diandalkan untuk berbagai pekerjaan dan menggantikan
lokomobil sejak tahun 1860an.

Namun mesin traksi tidak bisa menggantikan sepenuhnya
lokomobil dikarenakan biaya pembuatan mesin traksi yang
mahal. Mesin traksi membutuhkan sistem transmisi roda
gigi yang menjadikannya cukup mahal dibandingkan lokomobil
yang hanya berupa susunan piston dan poros engkol yang
sederhana. Namun pada tahun 1960, lokomobil tidak lagi
diproduksi dikarenakan perkembangan mesin traksi yang
begitu pesat. Selain itu, mesin pembakaran dalam telah
mengambil peran mesin uap (stasioner maupun portabel)
dalam menyediakan energi yang besar bagi kegiatan pertanian.

* Penggunaan










Lokomobil biasanya digunakan untuk menggerakan mesin
perontok, mesin penggiling, pompa sentrifugal, penghancur
batu, dinamo, pemotong jerami, dan sebagainya.









Secara umum, cara penggunaan lokomobil adalah dengan
membawanya ke area pekerjaan, seperti lahan pertanian.

Lalu, sabuk panjang dihubungkan dari roda gila yang
ada pada lokomobil ke roda penggerak dari mesin yang
akan digerakkan dengan lokomobil.









Dalam banyak kasus, lokomobil dilepas berbagai komponennya
untuk berbagai keperluan. Ada yang melepas bagian rodanya
untuk dijadikan mesin yang stasioner. Ada juga yang
melepas silindernya sehingga yang berfungsi hanya
boilernya untuk menghasilkan uap.

___________

Penutup
___________

Demikian infonya para kawan sekalian...!

...dan...

Selamat malam...!








_______________________________________________________________
Cat :
Fahrbares Lokomobil Badenia Dampf- und Treckertreffen Lindlar 2010 - YouTube
https://www.youtube.com/watch?v=YQ5VOjHm85Y
Dampfsäge mit Marshall-Lokomobile_steam-saw with Marshall - YouTube
Lokomobil Dreschmaschine - YouTube
Lokomobil - locomobile - YouTube
https://www.youtube.com/watch?v=D-t62oLrM7Q

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar