Sunday, September 24, 2023

Perusahaan Van Hool NV sebagai Perusahaan (Karoseri) pembuat bus-bus Mewah atau Lux di Dunia

 

(Menyimaknya info sekitar Perusahaan Van Hool NV sebagai Perusahaan pembuat bus-bus Mewah atau Lux di Dunia)





*Pemahaman Awal


Van Hool NV (pengucapan bahasa Belanda: [vɑn ˈɦoːl]) adalah sebuah perusahaan keluarga asal Belgia yang memproduksi bus, bus listrik, dan trailer.


Van Hool NV (pengucapan bahasa Belanda: [vɑn ˈɦoːl]) adalah sebuah perusahaan keluarga asal Belgia yang memproduksi bus, bus listrik, dan trailer.



Sebagian besar bus dibuat sendiri oleh Van Hool, dengan mesin dan gandar dipasok oleh Caterpillar, Cummins, DAF, dan MAN, sementara gearbox dipasok oleh ZF atau Voith. Van Hool juga melayani pembuatan bodi untuk sasis bus dari produsen seperti Volvo dan Scania.



Van Hool mempekerjakan 4.500 orang di seluruh dunia dan memproduksi lebih dari 1.700 bus (hanya bodi ataupun kendaraan lengkap) dan 5.000 trailer per tahun. Van Hool menjual sekitar 600 bus di Amerika Serikat tiap tahunnya.


*Sejarah


Perusahaan ini didirikan pada tahun 1947 oleh Bernard van Hool di Koningshooikt, dekat Lier, Belgia. Pada awalnya, perusahaan ini memproduksi sejumlah seri kendaraan dan mengekspornya ke seantero Eropa. 


Van Hool kemudian mulai menjual produknya di Amerika Utara pada pertengahan dekade 1980-an.



Pada tanggal 15 Februari 1957, Van Hool menandatangani perjanjian dengan Fiat, di mana Van Hool akan memakai mesin dan sejumlah komponen Fiat (gearbox, gandar, dan kemudi) pada kendaraan buatannya. 


Van Hool pun berkembang dari sekedar karoseri menjadi sebuah produsen bus lengkap, dengan nama Van Hool-Fiat.


Pada bulan Agustus 1958, perusahaan ini berhasil memproduksi unit Van Hool-Fiat ke-100, dan pada bulan Juli 1961, berhasil memproduksi unit ke-500. Kerja sama ini resmi diakhiri pada tahun 1981.


Antara tahun 1974 hingga 1978, Van Hool dan Thomas McArdle menjalin kerja sama dengan nama Van Hool McArdle untuk mengambil alih karoseri milik CIÉ di Dublin, Irlandia. 



Karoseri ini utamanya memproduksi bus untuk CIÉ dan mengekspor beberapa unit ke Britania Raya. Karoseri ini kemudian ditutup, sehingga tidak ada satupun karoseri di Republik Irlandia selama beberapa tahun.


Pada tahun 1990, Van Hool membeli karoseri milik LAG Manufacturing dan melanjutkan produksi model EOS hingga tahun 2000.




____

Cat :


No comments:

Post a Comment