Tuesday, September 26, 2023

Sekilas info Perumahan diatas bukit Ferrandina Basalicata Italian

 Sekilas info Perumahan diatas bukit Ferrandina Basalicata Italian



*Pemahaman Awal


Ferrandina ( Lucano : Frannéine ) adalah sebuah kota dan komune di provinsi Matera , di wilayah Basilicata Italia Selatan . Ini adalah pusat produksi minyak zaitun berkualitas tinggi.


*Data geografi


Kota ini terletak di bukit setinggi 482 meter (1.581 kaki) di Lembah Basento di tepi barat sungai Basento. 


Ferrandina adalah bagian dari "Collina Materana" dan merupakan kota terbesar keempat di Basilicata. 


Kota-kota terdekat adalah: Pomarico, Miglionico, Salandra, Pisticci, Grottole, San Mauro Forte dan Craco. Ferrandina berjarak 35 kilometer (22 mil) dari Matera dan 77 kilometer (48 mil) dari Potenza.



*Iklim


Iklim khas perbukitan Materan sangat panas saat musim panas dan dingin serta segar saat musim dingin. Curah hujan terkonsentrasi terutama dari bulan Oktober sampai Mei dan salju di musim dingin. Juga kabut tebal di musim gugur-musim dingin.



*Sejarah


Akar kota ini sudah ada sejak Magna Grecia , sekitar 1000 SM. Nama aslinya adalah Troilia , sedangkan akropolisnya disebut Obelanon (Uggiano). Troilia dibangun untuk mengenang kota Troia di Asia Kecil oleh orang Yunani Kuno. Ferrandina dinamai untuk menghormati ayah Raja Frederick dari Napoli . Pada tahun 1507 Ferdinand II dari Aragon menganugerahkannya gelar 'Civitas'.


 Segera setelah itu, kaum Dominikan mendirikan pusat pertanian yang berspesialisasi dalam produksi wol, yang sangat dihargai di Kerajaan Napoli .


Pada tahun 1546 kaum Dominikan mendirikan biara Santo Dominikus. Ferrandina mengambil bagian dalam pemberontakan tahun 1820 dan 1860. Pada bulan Maret 1862, pemimpin perampok Carmine Crocco menghadapi dan menghancurkan kompi pasukan Italia di sini.


Pada bulan September 1943, Ferrandina bangkit melawan Nazi. Para petani memberontak untuk mengusir dan merampas tanah tuan tanah fasis. Listrik dan telepon diputus di kota itu sebagai upaya untuk meredam protes. Pemerintahan sementara mengirimkan pasukan militer ke kota, kemudian diikuti oleh menteri Mario Scelba , anggota pemerintahan sementara anti-fasis Italia Selatan, tiba di Ferrandina.


Pada tahun 2003 Ferrandina mengambil bagian dalam protes terhadap keputusan untuk membangun pusat limbah nuklir meskipun tidak ada bukti bahwa hal tersebut akan berdampak negatif terhadap masyarakat.

____

Cat : Wikipedia 


No comments:

Post a Comment