Saturday, January 28, 2012

"ANAK KHASIAN"

#SELAMAT PAGI TAPANULI#
(Sekilas Pendapat Pada Masalah Prilaku)
___________________________________________________________
Para dongan ataupun kongsi, para ito ataupun iboto yang di bona pasogit ataupun di huta sihadaon ataupun di huta na leban, apa kabar ?. Mohon ijin, saya ingin buat status analisis isi pesan di malam jum'at ini dari salah satu Lagu Batak yang berjudul, "Anak Khasian". Cipt. Mayjenpol Soaloon Simatupang, Msc.
___________________________
 ALASAN ANALISIS ISI PESAN
____________________________
Lagu ini menarik bagi saya bukan saja karena aransemen musiknya atau karena penyanyinya, tapi inti pesan pada lagu tersebut menurut hemat saya cukup mendidik khususnya bagi anak perantau atau anak parjalang. Mengapa tidak....!
Berikut sepenggal syair pembukanya sebagai pernyataan dari seorang ibu pada anaknya:

 "Anak khasiankuuuuuuuuuuuu....sinuan tunaskuuuuu, ingot maaaaaa sudeeeeee naung salpuiiiiiiiiiii, di napa borhat ho tu rattoiiiiiiiiii. Hujalang tanganmi mancai gomos, huhut manetek ilu....."

Dongan atapun kongsi.....! memaknai kata, "anak hasian" sudah meberi gambaran adanya kasih sayang orang tua yang tulus apalagi dengan dukung tambahan, "sinuan tunas khu". Rasa-rasanya tergambar pula adanya sejenis harapan agar si anak tetap menjadi orang baik dimanapun berada. Berikut rincian harapan Orang tua tersebut :

UNANG SONGON SARINDAN
Seperti kita ketahui, sariddan adalah sejenis tumbuhan yang menompang pada tumbuhan lain dan cukup sering terlihat melampau batas dari pohon yang di tumpanginya. Indah syairnya dikatakan demikian, "...unangggg.......gggg songon sarindan di dakka-dakkaa.....aaaaaaa. Lomokpe bulung ni...iiiii idaon, manang jekkar peiiiiiiiiiiii......tatapon. Alaiiiiii....iii jangar idaaaaa...aaaaaa on doi tahe, marguru tu nadeba....aaaa. Sipata di haholongi dibaen sipata mandaoni, alai nung di putikkoni tahe, gabe laos dibolongggggggggggggggkon".

Adalah gambaran dari keinginan orang tua agar sianak dikehidupan ini menjadi orang yang berguna, dan jangan sombong serta jangan malu bertanya. Begitu juga dengan kasih sayang, hendaknya orang yang tahu membalas budi orang lain.

SAI ULAMA SI ULAONMU
Mendapat kerja yang terbaik di tanah perantauan memang harapan semua orang, tapi nasib manusia bisa berbeda-beda. Karena itu pekerjaanpun bisa berbeda-beda pula. Ada yang dengan mudah mendapatkannya dan ada pula yang cukup sulit. Terhadap semua ini orang tua berpesan, "Sai ulama si ulaonmu, ulang lalap beho mangihutkon akka paremani. Burjuhoma marpadot anakku. Martangiang/mando'a maho mangula sa sude ula onmu. Ingot damang nang dainangmon. Namar mudu-muduho saleleng on. Ulang lilu ho anak khasianku. Sai ulama na denggani". Mantap bukan ?

PAPOSMA NANG ROHAM
Untuk dapat berhasil ditanah perantauan bukanlah hal yang mudah, macam tantangan akan di hadapi dan terhadap hal ini orang tua berpesan, "Asa unang bemasa sisongoni, lului na diho dalan ni ngolumi. Paposma nang roham o tondikku.....". kata si ibu tersebut sekaligus sebagai pemotivasi hidup di tanah perantauan.

ULANG LUPA MARDO'A
Sebagai orang yang beragama, tetunya kita percaya bahwa campur tangan Allah Swt pada kehidupan kita sangat besar. Karena itu, selalulah ber doa, meinta pada yang maha kuasa agar keinginan kita dapat tercapai, "Molo sipata pe lomos namangganggu rohami, pasahat ma dirim tu Tuhani, ido haporusanmi". ninna para dongan ataupun kongsi.

KESIMPULAN
Lagu, "Anak Khasianku" adalah suatu lagu yang berisikan harapan-harapan orang tua pada anaknya di "Tanah Perantauan" agar menjadi orang yang baik, mau bekerja untuk mendapatkan perobahan hidup yang lebih baik, selalu bersabar, bersykur dan ber do'a dalam setiap usaha yang kita laksanakan.

Semoga kita paham akan lagu tersebut dan dapat pula memaknainya sebagai satu motivasi untuk mendapatkan aha nadirohattabe. Amin ya robbal alamin.(rfs)

2 comments:

  1. sudah lama saya mencari lagu ini, mohon informasi dimana saya bisa cari, kalau bisa mohon di posting mp3nya! mauliate

    ReplyDelete
  2. Horas lagu-lagu batak...! Trims atas tanggapannya lae (sesuai tutur semestinya). Teringat MP3-nya,saya juga belum menemukan. Namun lagu ini satu CD dengan "Anak Naburju-12 Karaoke Super Hits Batak" Lagu Anak Naburju di CD ini dinyanyikan dalam versi Indonesia dan Inggiris.
    Sedangkan lagu "Anak Khasian" dinyanyikan Emelia Contesa.

    ReplyDelete