#SELAMAT PAGI PARA KAWAN SEKALIAN#
(Menyimak info atau Mangaligi Sejarah ni Motor Sibualbuali asal
Sipirok Tapanuli Selatan Angkola)
* Oleh Group FB Kompas dan Sipirok Narobi
_______________________________________________________________
______________________
Kata Pengantar
______________________
"Balun-balun bide inang sari olo, balun sambalun nai maroppot po tang
kho ari. Aha dope dongan keta tu Sipirok tengget ma motorta Sibualbuali".
Dongan ale dongan...! demikian salah satu syair lagu yang memberi
gambaran betapa "Khasnya Sipirok dengan adanya "Motor Sibualbuali" ini.
Dan lebih khas lagi Supir dan si boru Regarnya, "Supirna pe boto malo
mardongan-dongan, denggan sude di jago salamat pardalanan. Juguk
mada di topi ima si boru regar naro sian Sipirok manuju Panyabungan...
" ninna muse.
Dongan ale dongan...!
Tentang bagaiman parjuguknya si boru regar
sama supirnya ini, urusan mereka la itu. Sedangkan yang menjadi
urusan saya dalam tulisan ini adalah
"Apa, mengapa, dan bagaimana
motor Sibualbuali itu" itunya .
Botul. Bo dohot Tul...!
BOru TULang. Hahahaha.. ....
Selamat Menyimak...!
_____________________________________________________
Sekilas Gambaran Awal Berdirinya bus Fa. Sibualbuali
_____________________________________________________
Berikut beberapa kutipan tentang awal berdirinya :
- Jauh sebelum Indonesia merdeka, di Tapanuli Selatan telah berdiri
sebuah perusahaan angkutan (bis) yang dinamai Fa. Sibualbuali
(diambil dari naama gunung di Sipirok).
- Perusahaan bis ini didirikan secara resmi oleh Sutan Pangurabaan Pane
di Sipirok pada tanggal 1 Januari 1937. Namun sebelumnya beliau adalah
pengusaha hasil-hasil bumi yang handal yang tidak hanya beroperasi di
Sipirok/Padang Sidempuan tetapi juga di Kotanopan/Muara Sipongi.
- Uniknya, latar belakang Sutan Pangurabaan Pane adalah seorang guru
dan sastrawan lokal di Tapanuli Selatan yang dikemudian hari beliau lebih
dikenal sebagai ayah dari tokoh-tokoh terkenal berikut : Sanusi Pane,
Armijn Pane dan Lafran Pane.
Berikut beberapa kutipan tentang alasan berdirinya :
- Di masa-masa awal lahirnya bis jarak jauh (long distance bus)
karena moda transportasi dari dan ke daerah Tapanuli Selatan hanya
satu-satunya dengan jalan darat.
- Kota Sipirok/Padang Sidempuan yang berada di pedalaman Sumatra
(utara) yang jaraknya sangat jauh dengan kota-kota besar seperti Medan,
Padang dan Pekanbaru (rata-rata 12 jam pada masa kini). Berbeda dengan
di daerah lain yang moda trasnportasinya sudah jauh berkembang apalagi
pada moda transportasi laut dan kereta api.
- Hasil bumi yang melimpah di masa lalu (utamanya kopi) menjadi pemicu
dan yang menjadi sumber biaya pendirian usaha-usaha jasa angkutan bis
di Tapanuli Selatan.
- Disamping itu, masyarakat Tapanuli Selatan yang sudah lama
mengecap pendidikan menumbuhkan minat para warga untuk mengarungi
daerah-daerah lain yang lebih jauh.
_______________________________________________
Beda ni Motor Sibualbuali Najolo Dohot Sannari _______________________________________________
Dongan ale dongan...! Najolo maksudku dison dopak somerdeka, sangape
nung mardeka, tai para dongan napo adong pada masa on. Madung ?.
Songoni muse
au. napo adong pada masa on. Aso jelas taligima perbedaanna sian
bebarapa sudut :
1. Hal Ulu
- Molo diligi gambar sibualbuali najoloi marulu. Sannari naong benamarulu.
Tentang tudia kehe ulu ni sibualbuali on, aupe nanggo huboto. Apakah
dimakan jaman, sangape madung dipareteteli parkara-kara nahuboto.
Tai bukti na adong motor on unga huida di bagas ni Tulang si Gandalap.
Hal lainna dongan, Carito ni parcarito, muda got mangoluhon motor
on ulu nai do ninna di putar. Saro melayuna di engkol arokku.
Hahahahaha...ulang da martata, serius do on boru tulang.
2. Hal Body
- Pada situs Tapsel Dalam Hitungan angka idokkon, " Penampilan bis
Sibualbuali pada waktu itu sesungguhnya sangat bersahaja Desain kabin
bis hanya berupa konstruksi kotak buatan ‘karoseri’ Sipirok, dengan
jendela kiri kanan, penutup jendela dari kanvas tebal warna coklat tua.
- Jadi jelas dongan, bebeda dohot sannari baik di motor Sibualbuali
namenek atapun nagodang nai (maksudku marcedes nai).
3. Hal Mesin
- Mesin dan chasis yang digunakan bis ini nomor wahid buatan Amerika
yang di produksi oleh General Motor Company (GMC). Konon mesin
GMC ini terkenal sangat 'bandel' untuk medan yang sulit sekalipun.
Dengan ruang jelajah yang sangat berat dan berbahaya apalagi setir
bis yang belum dilengkapi powersteering sudah tentu sopir yang
dibutuhkan adalah orang yang berani dan handal (baik dalam
menjalankan bis maupun memperbaikinya jika terjadi kerusakan
selama perjalanan khususnya pada mesin).
- I muse ma nina dongan, tentang kondisi mesinna najolo.
- Sannari, alagleh anggia, ungada do au Sian Sipirok tu Sidimpuan
tolu kali maradian haran ni mesinna mogok. Mogok di jalan dongan.
Ah..........!
4. Hal Klakson
- Carito ni parcarito dongan, klakson ni motor Sibualbuali on nataboan
begeon. Nanggo dao bedana ninna sian suara ni piano. Jadi molo
dipasang ma klakson nai, ra do ninna halak markaluaran sian bagas
nabe got mangaligi motor on, sambil monortor-nortor.
Ninna doba.
- Sannari, mambege kalkson ni motori sendiri ra hatcit ulu. Tet...tet... tet...
nina sajo mai nabisa. Ima kadang-kadang muda di kalakson jolma di
dalani lek nara ia manyimbil.
Kadang ia muse noma man dokkon tu motori, "Tetttttttttttttttt....."
ningia muse. Arokku doda.
Ima jo tusi kapala ka tua mengenai pandapotku tu perbedaanna.
Selanjutna mengenai terayek na noma.
Harusongonipe, indon gambarannaba, aso um mantap :
_____________________________
Trayek Na jolo sampe sannari
_____________________________
Na jolo dongan...! indonma :
- Pada awal pendiriannya armada bis Sibualbuali melayani angkutan
penumpang dan barang dengan tujuan jarak pendek ke beberapa tempat
di wilayah selatan Sumatera Utara seperti Muara Sipongi, Natal, Sibolga
dan Tarutung.
- Selanjutnya berkembang, Untuk tujuan jarak jauh bis Sibualbuali dengan
tujuan utama Pematang Siantar dan Kota Medan dengan pool bis di Padang
Sidempuan. Besar kemungkinan peran bis Sibualbuali ini sangat penting
masa itu dalam melayani masyarakat Tapanuli Selatan bermigrasi ke
Tanah Deli (Medan).
- Dan lebih berkembang lagi, Sibualbuali memperpanjang trayek menuju
Air Bangis, Bukit Tinggi dan Padang. Kemudian disusul dengan trayek
untuk Muara Bungo, Sungai Penuh dan Jambi yang selanjutnya hingga
ke Palembang.
- Sukses Sibualbuali akhirnya sampai ke Tanjung Karang/Pelabuhan
Panjang yang menobatkan dirinya sebagai pionir bis jarak jauh yang
mampu mengarungi jalan-jalan di Sumatera dengan medan yang
masih penuh hutan belantara.
Berdasarkan uraian diatas, maka dapat kita ketahui Sibualbuali itu
bukanlah sembarang motor dongan. Motor ini punya nilai lebih dalam
menaklukkan sengitnya/ngerinya/sempitnya jalan jalan pulau sumatra
pada masa lampau.
Sannari dongan...! Indonma :
- Napala marsicaritoan beda ate, harana marap tabotobe. Molo hudokkon
annon "Hidup segan mati tak mau, mabiar muse iba. Sak roha ipaturun
ditonga dalan muda mulak saulakon sian tano silebanon". Hehehehe....
________________________________
Penutup (Kesimpulan dan Saran)
________________________________
- Alasan utama adanya motor sibualbuali karena perlunya transportasi
pada masalalu untuk menjual hasil-hasil pertanian/perkebunan dari Sipirok.
Dan alasan ini semakin kuat mengingat jauhnya jarak antara Sipirok
dengan kota lainnya.
- Pendirinya adalah Sutan Pangurabaan dan awal berdirinya pada tanggal
1 Januari 1937
- Trayeknya paling jauh sampai pada Tanjung Karang Pada masa lampau
- Nilai lebih motor masa lampau ini disamping ada pada bodynya juga pada
mesinnya yang bandel buatan Amerika produksi General Motor Company
(GMC).
Dongan ale dongan...!
Hidup memang terus berkembang, kemajuan jaman tak dapat dihindari,
inovasipun silih berganti, tapi hati saya berkata "Sibualbualiku tetaplah abadi".
Jasa-jasamu dalam memajukan pertanian/perkebunan dan putra-putri Sipirok
tidak akan dilupakan.
Wahai para putra-putri Sipirok yang sudah juppang hamoraon hagabeonnya,
tidakkah para koum tersentuh hatinya untuk memajukan Sibualbuali ini
kembali ? untuk kembali pada masa jayanya, masa sibualbuali sinonim/sarupo
dengan Sipirok :
Muda hita nung satahi
akkon do hita sa pandok
muda adong sibual buali
adong doi halak Sipirok
Hahahahaha...entahlah. Hanya Allah Swt yang maha mengetahui.
Horas para dongan, horas para iboto pun koum sisolkot sasudena
pencinta trasportasi narara iye da....andora. Andora ni parsipirok
"Sibualbuali". Ehem....!
Musik Katua....! Biade kenekkon, tu boru regar sajo dottong rohania.
Musikkkkkkkkk...kkkk...kkk....kakakakakakakak...kkk...kkk....
Tulittttt.......tttt...tulilit...tulitttttt.....
tulittttt....tu lililittulitttttttt....tttt....
Sai selamatma sineger-negeri...
agen ni sibual-buali....
tu siantar tu sipirok
padang panjang vort de kock
sai selamatma sineger-negeri...
(Ido tusi...on ma baru lagu goarna.
Ulahi joba songon nasbas........Lanjutt....tttttt.....)
Sai selamatma sineger-negeri...
agen ni sibual-buali....
tu siantar tu sipirok
padang panjang vort de kock
sai selamatma sineger-negeri.
(Sodapppp...ppppp....tujulo ligin supir...!
Mainkan ito parbaju narara.....)
Motor batang gadis ....supirna natua-tua....
lao tu tarutung..... mamolus aek godang....
sahat madisi....minum tuak tolu poti....
huida boru tobing rohakki humosik-hosik
Bolo-bolo...hihi
bolo-bolo...haha...
pauba rohami....
o halak hita....
(Kakakakak...kkk..kkkk...paubabo halak hita...!
Ulang sai holan naminum karejom....! Padao gut-gut...!
ringgas tusaba....ulang korupsi....arupi uma... oban
manerter borutulangmi....) Hahahahaha.....lanjut....!
Tulittttt.......tttt...tulilit...tulitttttt.....
tulittttt....tu lililittulitttttttt....tttt....
Medan.....medan.....medan....medan.....
biade cangkene....modom dottong kho...
sapai jo inaattan got tu medan dei sanga inda....
Hahai ibo.....! Tamba aek uda....! Makan minum...
makan minum....musikkkkk.....kkkk.....
Sai selamatma sineger-negeri...
agen ni sibual-buali....
tu siantar tu sipirok
padang panjang vort de kock
sai selamatma sineger-negeri...
...........................................
Para dongan....! Horas....! Enter.. ! (rfs)
________________________________________________________________
Cat : Info tulisan Oleh Mahmulsyah Daulay, cerita para orang tua dan
pengalaman sendiri juga masukan dari situs Tapanulis Selatan
dalam angka.
Gunawan Siregar, Maksum Panjaitan, Rara Daffa, Rahmat Parlindungan Siregar,
Soel Bahrie Siregar dan 6 orang lainnya menyukai ini.
Dongan ale dongan...! Setelah hal ini di posting berikut tambahan infonya
yang diambil dari grouf FB Kompas (Komunitas Parsipirok) :
- Hutambai saotik da kahang : Hal Ulu, Dompak i inda adong dope Chasis
khusus untuk bus, ditambai muse kondisi dalan na super extreem,tekongan
patah dengan jarak pendek, jadi dipake ma Truck GMC dibaen jadi Bus.
Na di engkol i as ni masin do i, i pe harana dinamo sitater na i ma sego,.
- Anggo jeges do dinamo
sitaterna lek sarupo do i dohot motor2 saonnari; dung i kalaksonnai,
dompak menek ole-ole do hami dokkon i, sarupo do dohot terompet,
biasona disusun 8 terompet dohot nada na sesuai mangihutkon tangga
nada mulai dari do rendah sampai do tinggi, terompet i mangkuling
memanfaatkan tenaga vacuum sian intake manifold, sementara tombolna
disusun sarupo dohot piano di setang sitiur (setang setir / stuur stang),
na mamainkon biasona kenek na i do i. Haranni sompit ni dalan, margeldok
martikungan, dipalu ma kalakson i disamping sebagai hiburan fungsi
utamana sabotulna anso motor na ro sian jolo mamboto adong motor na
asing na got ro marsilaosan. Dung i sapambotoanku izin trayek ni
Sibualbuali 1937 i Sian Sabang sampai Merauke na mabeteng i..
- Sada nai... ende Si Negerneger adong do hubunganna dohot Bus
Sibualbuali .. horas....(Ende ada di sudut kanan blok ini Uda.
Olo...botuldo) atau isonma langsung so ummomo :
_____________________________________________________________
Cat :
*Sampai 17 April 2015 dilihat 1.283 kali.
(Menyimak info atau Mangaligi Sejarah ni Motor Sibualbuali asal
Sipirok Tapanuli Selatan Angkola)
* Oleh Group FB Kompas dan Sipirok Narobi
_______________________________________________________________
______________________
Kata Pengantar
______________________
Dok. Tapanuli Selatan Dalam Angka |
"Balun-balun bide inang sari olo, balun sambalun nai maroppot po tang
kho ari. Aha dope dongan keta tu Sipirok tengget ma motorta Sibualbuali".
Dongan ale dongan...! demikian salah satu syair lagu yang memberi
gambaran betapa "Khasnya Sipirok dengan adanya "Motor Sibualbuali" ini.
Dan lebih khas lagi Supir dan si boru Regarnya, "Supirna pe boto malo
mardongan-dongan, denggan sude di jago salamat pardalanan. Juguk
mada di topi ima si boru regar naro sian Sipirok manuju Panyabungan...
" ninna muse.
Dongan ale dongan...!
Tentang bagaiman parjuguknya si boru regar
sama supirnya ini, urusan mereka la itu. Sedangkan yang menjadi
urusan saya dalam tulisan ini adalah
"Apa, mengapa, dan bagaimana
motor Sibualbuali itu" itunya .
Botul. Bo dohot Tul...!
BOru TULang. Hahahaha.. ....
Selamat Menyimak...!
_____________________________________________________
Sekilas Gambaran Awal Berdirinya bus Fa. Sibualbuali
_____________________________________________________
Berikut beberapa kutipan tentang awal berdirinya :
- Jauh sebelum Indonesia merdeka, di Tapanuli Selatan telah berdiri
sebuah perusahaan angkutan (bis) yang dinamai Fa. Sibualbuali
(diambil dari naama gunung di Sipirok).
- Perusahaan bis ini didirikan secara resmi oleh Sutan Pangurabaan Pane
di Sipirok pada tanggal 1 Januari 1937. Namun sebelumnya beliau adalah
pengusaha hasil-hasil bumi yang handal yang tidak hanya beroperasi di
Sipirok/Padang Sidempuan tetapi juga di Kotanopan/Muara Sipongi.
- Uniknya, latar belakang Sutan Pangurabaan Pane adalah seorang guru
dan sastrawan lokal di Tapanuli Selatan yang dikemudian hari beliau lebih
dikenal sebagai ayah dari tokoh-tokoh terkenal berikut : Sanusi Pane,
Armijn Pane dan Lafran Pane.
Berikut beberapa kutipan tentang alasan berdirinya :
- Di masa-masa awal lahirnya bis jarak jauh (long distance bus)
karena moda transportasi dari dan ke daerah Tapanuli Selatan hanya
satu-satunya dengan jalan darat.
- Kota Sipirok/Padang Sidempuan yang berada di pedalaman Sumatra
(utara) yang jaraknya sangat jauh dengan kota-kota besar seperti Medan,
Padang dan Pekanbaru (rata-rata 12 jam pada masa kini). Berbeda dengan
di daerah lain yang moda trasnportasinya sudah jauh berkembang apalagi
pada moda transportasi laut dan kereta api.
- Hasil bumi yang melimpah di masa lalu (utamanya kopi) menjadi pemicu
dan yang menjadi sumber biaya pendirian usaha-usaha jasa angkutan bis
di Tapanuli Selatan.
- Disamping itu, masyarakat Tapanuli Selatan yang sudah lama
mengecap pendidikan menumbuhkan minat para warga untuk mengarungi
daerah-daerah lain yang lebih jauh.
_______________________________________________
Beda ni Motor Sibualbuali Najolo Dohot Sannari _______________________________________________
Dongan ale dongan...! Najolo maksudku dison dopak somerdeka, sangape
nung mardeka, tai para dongan napo adong pada masa on. Madung ?.
Songoni muse
au. napo adong pada masa on. Aso jelas taligima perbedaanna sian
bebarapa sudut :
1. Hal Ulu
- Molo diligi gambar sibualbuali najoloi marulu. Sannari naong benamarulu.
Tentang tudia kehe ulu ni sibualbuali on, aupe nanggo huboto. Apakah
dimakan jaman, sangape madung dipareteteli parkara-kara nahuboto.
Tai bukti na adong motor on unga huida di bagas ni Tulang si Gandalap.
Hal lainna dongan, Carito ni parcarito, muda got mangoluhon motor
on ulu nai do ninna di putar. Saro melayuna di engkol arokku.
Hahahahaha...ulang da martata, serius do on boru tulang.
2. Hal Body
- Pada situs Tapsel Dalam Hitungan angka idokkon, " Penampilan bis
Sibualbuali pada waktu itu sesungguhnya sangat bersahaja Desain kabin
bis hanya berupa konstruksi kotak buatan ‘karoseri’ Sipirok, dengan
jendela kiri kanan, penutup jendela dari kanvas tebal warna coklat tua.
- Jadi jelas dongan, bebeda dohot sannari baik di motor Sibualbuali
namenek atapun nagodang nai (maksudku marcedes nai).
3. Hal Mesin
Dok. Habiie Hrp (Grouf FB Kompas) |
- Mesin dan chasis yang digunakan bis ini nomor wahid buatan Amerika
yang di produksi oleh General Motor Company (GMC). Konon mesin
GMC ini terkenal sangat 'bandel' untuk medan yang sulit sekalipun.
Dengan ruang jelajah yang sangat berat dan berbahaya apalagi setir
bis yang belum dilengkapi powersteering sudah tentu sopir yang
dibutuhkan adalah orang yang berani dan handal (baik dalam
menjalankan bis maupun memperbaikinya jika terjadi kerusakan
selama perjalanan khususnya pada mesin).
- I muse ma nina dongan, tentang kondisi mesinna najolo.
- Sannari, alagleh anggia, ungada do au Sian Sipirok tu Sidimpuan
tolu kali maradian haran ni mesinna mogok. Mogok di jalan dongan.
Ah..........!
4. Hal Klakson
- Carito ni parcarito dongan, klakson ni motor Sibualbuali on nataboan
begeon. Nanggo dao bedana ninna sian suara ni piano. Jadi molo
dipasang ma klakson nai, ra do ninna halak markaluaran sian bagas
nabe got mangaligi motor on, sambil monortor-nortor.
Ninna doba.
- Sannari, mambege kalkson ni motori sendiri ra hatcit ulu. Tet...tet... tet...
nina sajo mai nabisa. Ima kadang-kadang muda di kalakson jolma di
dalani lek nara ia manyimbil.
Kadang ia muse noma man dokkon tu motori, "Tetttttttttttttttt....."
ningia muse. Arokku doda.
Ima jo tusi kapala ka tua mengenai pandapotku tu perbedaanna.
Selanjutna mengenai terayek na noma.
Harusongonipe, indon gambarannaba, aso um mantap :
_____________________________
Trayek Na jolo sampe sannari
_____________________________
Na jolo dongan...! indonma :
- Pada awal pendiriannya armada bis Sibualbuali melayani angkutan
penumpang dan barang dengan tujuan jarak pendek ke beberapa tempat
di wilayah selatan Sumatera Utara seperti Muara Sipongi, Natal, Sibolga
dan Tarutung.
- Selanjutnya berkembang, Untuk tujuan jarak jauh bis Sibualbuali dengan
tujuan utama Pematang Siantar dan Kota Medan dengan pool bis di Padang
Sidempuan. Besar kemungkinan peran bis Sibualbuali ini sangat penting
masa itu dalam melayani masyarakat Tapanuli Selatan bermigrasi ke
Tanah Deli (Medan).
- Dan lebih berkembang lagi, Sibualbuali memperpanjang trayek menuju
Air Bangis, Bukit Tinggi dan Padang. Kemudian disusul dengan trayek
untuk Muara Bungo, Sungai Penuh dan Jambi yang selanjutnya hingga
ke Palembang.
- Sukses Sibualbuali akhirnya sampai ke Tanjung Karang/Pelabuhan
Panjang yang menobatkan dirinya sebagai pionir bis jarak jauh yang
mampu mengarungi jalan-jalan di Sumatera dengan medan yang
masih penuh hutan belantara.
Berdasarkan uraian diatas, maka dapat kita ketahui Sibualbuali itu
bukanlah sembarang motor dongan. Motor ini punya nilai lebih dalam
menaklukkan sengitnya/ngerinya/sempitnya jalan jalan pulau sumatra
pada masa lampau.
Sannari dongan...! Indonma :
- Napala marsicaritoan beda ate, harana marap tabotobe. Molo hudokkon
annon "Hidup segan mati tak mau, mabiar muse iba. Sak roha ipaturun
ditonga dalan muda mulak saulakon sian tano silebanon". Hehehehe....
________________________________
Penutup (Kesimpulan dan Saran)
________________________________
- Alasan utama adanya motor sibualbuali karena perlunya transportasi
pada masalalu untuk menjual hasil-hasil pertanian/perkebunan dari Sipirok.
Dan alasan ini semakin kuat mengingat jauhnya jarak antara Sipirok
dengan kota lainnya.
- Pendirinya adalah Sutan Pangurabaan dan awal berdirinya pada tanggal
1 Januari 1937
- Trayeknya paling jauh sampai pada Tanjung Karang Pada masa lampau
- Nilai lebih motor masa lampau ini disamping ada pada bodynya juga pada
mesinnya yang bandel buatan Amerika produksi General Motor Company
(GMC).
Dongan ale dongan...!
Hidup memang terus berkembang, kemajuan jaman tak dapat dihindari,
inovasipun silih berganti, tapi hati saya berkata "Sibualbualiku tetaplah abadi".
Jasa-jasamu dalam memajukan pertanian/perkebunan dan putra-putri Sipirok
tidak akan dilupakan.
Wahai para putra-putri Sipirok yang sudah juppang hamoraon hagabeonnya,
tidakkah para koum tersentuh hatinya untuk memajukan Sibualbuali ini
kembali ? untuk kembali pada masa jayanya, masa sibualbuali sinonim/sarupo
dengan Sipirok :
Muda hita nung satahi
akkon do hita sa pandok
muda adong sibual buali
adong doi halak Sipirok
Hahahahaha...entahlah. Hanya Allah Swt yang maha mengetahui.
Horas para dongan, horas para iboto pun koum sisolkot sasudena
pencinta trasportasi narara iye da....andora. Andora ni parsipirok
"Sibualbuali". Ehem....!
Musik Katua....! Biade kenekkon, tu boru regar sajo dottong rohania.
Musikkkkkkkkk...kkkk...kkk....kakakakakakakak...kkk...kkk....
Tulittttt.......tttt...tulilit...tulitttttt.....
tulittttt....tu lililittulitttttttt....tttt....
Sai selamatma sineger-negeri...
agen ni sibual-buali....
tu siantar tu sipirok
padang panjang vort de kock
sai selamatma sineger-negeri...
(Ido tusi...on ma baru lagu goarna.
Ulahi joba songon nasbas........Lanjutt....tttttt.....)
Sai selamatma sineger-negeri...
agen ni sibual-buali....
tu siantar tu sipirok
padang panjang vort de kock
sai selamatma sineger-negeri.
(Sodapppp...ppppp....tujulo ligin supir...!
Mainkan ito parbaju narara.....)
Motor batang gadis ....supirna natua-tua....
lao tu tarutung..... mamolus aek godang....
sahat madisi....minum tuak tolu poti....
huida boru tobing rohakki humosik-hosik
Bolo-bolo...hihi
bolo-bolo...haha...
pauba rohami....
o halak hita....
(Kakakakak...kkk..kkkk...paubabo halak hita...!
Ulang sai holan naminum karejom....! Padao gut-gut...!
ringgas tusaba....ulang korupsi....arupi uma... oban
manerter borutulangmi....) Hahahahaha.....lanjut....!
Tulittttt.......tttt...tulilit...tulitttttt.....
tulittttt....tu lililittulitttttttt....tttt....
Medan.....medan.....medan....medan.....
biade cangkene....modom dottong kho...
sapai jo inaattan got tu medan dei sanga inda....
Hahai ibo.....! Tamba aek uda....! Makan minum...
makan minum....musikkkkk.....kkkk.....
Sai selamatma sineger-negeri...
agen ni sibual-buali....
tu siantar tu sipirok
padang panjang vort de kock
sai selamatma sineger-negeri...
...........................................
Para dongan....! Horas....! Enter.. ! (rfs)
________________________________________________________________
Cat : Info tulisan Oleh Mahmulsyah Daulay, cerita para orang tua dan
pengalaman sendiri juga masukan dari situs Tapanulis Selatan
dalam angka.
Gunawan Siregar, Maksum Panjaitan, Rara Daffa, Rahmat Parlindungan Siregar,
Soel Bahrie Siregar dan 6 orang lainnya menyukai ini.
Dongan ale dongan...! Setelah hal ini di posting berikut tambahan infonya
yang diambil dari grouf FB Kompas (Komunitas Parsipirok) :
- Hutambai saotik da kahang : Hal Ulu, Dompak i inda adong dope Chasis
khusus untuk bus, ditambai muse kondisi dalan na super extreem,tekongan
patah dengan jarak pendek, jadi dipake ma Truck GMC dibaen jadi Bus.
Na di engkol i as ni masin do i, i pe harana dinamo sitater na i ma sego,.
- Anggo jeges do dinamo
sitaterna lek sarupo do i dohot motor2 saonnari; dung i kalaksonnai,
dompak menek ole-ole do hami dokkon i, sarupo do dohot terompet,
biasona disusun 8 terompet dohot nada na sesuai mangihutkon tangga
nada mulai dari do rendah sampai do tinggi, terompet i mangkuling
memanfaatkan tenaga vacuum sian intake manifold, sementara tombolna
disusun sarupo dohot piano di setang sitiur (setang setir / stuur stang),
na mamainkon biasona kenek na i do i. Haranni sompit ni dalan, margeldok
martikungan, dipalu ma kalakson i disamping sebagai hiburan fungsi
utamana sabotulna anso motor na ro sian jolo mamboto adong motor na
asing na got ro marsilaosan. Dung i sapambotoanku izin trayek ni
Sibualbuali 1937 i Sian Sabang sampai Merauke na mabeteng i..
- Sada nai... ende Si Negerneger adong do hubunganna dohot Bus
Sibualbuali .. horas....(Ende ada di sudut kanan blok ini Uda.
Olo...botuldo) atau isonma langsung so ummomo :
_____________________________________________________________
Cat :
*Sampai 17 April 2015 dilihat 1.283 kali.
salam kenal.......
ReplyDeletesaya oscart... mau tanya apakah PO bu sibualbuali masih beroperasi?
kalo masih beroperasi adakah no telp yg bisa di hubungi?
terimakasih....
Masih beroperasi Oscart. Lebih lengkapnya di sini : http://sibualbuali.blogspot.com/
ReplyDeleteTrims atas comentarnya.
Terima kasih dan salam kenal...
ReplyDeleteSaya ingat, pertama kali dan terakhir kali naek Sibualbuali waktu pulang kampung bersama kelurga besar... Sewa bis "aneh" itu tahun 86/87 dari Bukittinggi ke Bunga Bondar, Sipirok...
Salam juga Kahang Robby. Trims comentarnya.
ReplyDelete