#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak info sekitar Mercedes Benz lewat chassis bus OH
OH 1521, OH 1525, OH 1526, OH 1626 dan OH 1830 dalam
hubungannya dengan pemilihan bus mudik lebaran 1435 H khsusnya
bus-bus antar kota antar provinsi ke Tapanuli Selatan Sumatra
Utara pun menikmati musik Lagu-Lagu Tapsel)
________________________________________________________
_______________
Kata Pengantar
_______________
Seperti kita ketahui tak lama lagi akan memasuki bulan Ramadhan
1435 H yang kemudian disusul dengan masuknya bulan Syawal sebagai
bulan dimana penduduk Nusantara secara umum akan berbondong-bondong
pulang kampung alias mudik bagi yang merantau tentunya.
Nah...!
Dalam rangka mensukseskan acara mudik ini, khsusnya untuk para kawan
perantau asal Sumatra Utara tentu tak ada salahnya kita perdalam
pengetahuan kita mengenai bus yang akan kita tumpangi khsusnya
mengenai bus Marcedes Benz sebagai bus umum yang pada umumnya
menjadi pilihan CV.PO, PT. transportasi darat jalur Antar Lintas
Sumatra.
Dari hasil pengamatan penulis, sekilas terlihat bahwa dalam 2 tahun
terakhir ini para perusahaan transportasi Sumatra bersaing untuk
dapat meiliki Bus Marcedes Benz OH 1521, OH 1526, OH 1626
dan OH 1830.
"Apakah nilai lebih dari setiap kode chassis bus OH dari setiap
Marcedez Benz tersebut dan berapa harganya adalah hal utama
yang mau penulis jawab lewat postingan ini.
Selamat menyimak...!
__________________________________
Sekilas Mercedes-Benz di Dunia
__________________________________
* Hal asal mu asal
Mercedes-Benz (pengucapan bahasa Jerman: ( [mɛʁˈtseːdəs ˈbɛnts])
adalah sebuah perusahaan otomotif asal Jerman yang memproduksi
berbagai macam kendaraan seperti mobil, truk, dan bus.
Mercedes-Benz adalah salah satu perusahaan mobil paling dikenal di
dunia dan juga perusahaan mobil tertua di dunia yang bertahan
sampai sekarang. Mobil mereka terkenal berteknologi dan memiliki
tingkat keamanan tinggi.
Asal perusahaan ini di awal 1880-an, ketika Gottlieb Daimler dan
Carl Benz menemukan mobil secara terpisah di selatan Jerman. Daimler
dan Wilhelm Maybach, yang bersama menemukan Mesin empat-tak, bekerja
sama di Cannstatt (kota di distrik Stuttgart); Benz memiliki tokonya
di Mannheim dekat Heidelberg. Tidak ada catatan kedua penemu pernah
bertemu.
Pada awal 1900-an, mobil Daimler dibuat di Untertürkheim (juga sebuah
kota di distrik Stuttgart) dijual dengan sukses oleh agen Austria yang
bernama Emil Jellinek, yang memasok mobil tersebut dengan nama putrinya,
Mercédès.
* Hal Penemu
Mercedes-Benz adalah divisi dari Daimler AG. Asal mula Mercedes-Benz
berasal dari penemuan Karl Benz atas mobil berbahan bakar bensin pertama
di dunia yang dipatenkan bulan Januari 1886, Benz Patent Motorwagen.
serta jasa dari Gottlieb Daimler serta teknisi Wilhelm Maybach.
Mobil-mobil Mercedes pertama kali dijual pada tahun 1901 oleh Daimler
Motoren Gesellschaft. Mobil pertama yang memakai merek Mercedes-Benz
diproduksi tahun 1926 setelah adanya merger antara perusahaan Benz
dengan Daimler menjadi perusahaan Daimler-Benz.
SLR McLaren wana silver pada acara European Motor Show di Brussels
tahun 2006 Antara tahun 2003 dan 2009, Mercedes-Benz memproduksi mobil
sport dalam jumlah terbatas bersama dengan McLaren Automotive.
Proyek ini merupakan bentuk kolaborasi tambahan setelah mereka bekerja
sama di Formula Satu yang sebagian saham timnya dimiliki Mercedes.
Mercedes-Benz SLR McLaren memiliki bodi carbon fibre dengan mesin V8 5.4L
dengan supercharger. Mesin ini menggunakan silinder blok yang sama
dengan SL55 AMG dan CLS55 AMG, meskipun dimodifikasi sehingga mampu
mengeluarkan tenaga maksimal 460 kW (625 PS; 617 bhp) dengan torsi
780 N·m (575 ft·lbf). SLR McLaren mempunyai kecepatan maksimum sekitar
337 km/jam.
* Hal Penamaan mobil
Sampai tahun 1994, Mercedes-Benz menggunakan sistem alfanumerik untuk
mengelompokkan mobil-mobil mereka, terdiri dari angka yang menunjukkan
kapasitas mesin mobil jika dikali 100 dan diikuti huruf-huruf yang
menandakan tipe bodi dan tipe mesin.
"C" menandakan bahwa model bodinya coupe/cabriolet.
"D" berarti menggunakan mesin diesel.
"E" (untuk "Einspritzen") berarti memakai mesin bensin dengan injeksi.
Di beberapa kejadian, jika tidak ada tulisan "D" atau "E" maka
memakai mesin bensin karburator.
"G" melambangkan kendaraan off-road Gelandewagen.
"K" digunakan tahun 1930-an, menandakan mesin dengan supercharger
("Kompressor").Untuk SSK, K nya adalah "Kurz" (short-wheelbase/
sumbu roda pendek).
"L" melambangkan "Leicht" (lightweight) untuk model sedan sport, dan
"Lang" (long-wheelbase/sumbu roda panjang) untuk model sedan.
"R" singkatan dari "Rennen" (racing/balap), digunakan untuk mobil
balap. (contohnya 300SLR).
"S" berarti "Sport" untuk model performa tinggi atau "Special" untuk
model teratas/unggulan.
"T" singkatan dari "Touring" dan menandai jenis mobil estate/
station wagon.
Untuk beberapa model, nomor-nomor pada penamaan mobil itu tidak sesuai
dengan kapasitas mesin mobilnya. Nomor-nomor ini diberikan hanya untuk
menentukan posisi mobil tersebut di jajaran mobil Mercedes-Benz.
Setelah tahun 1994, Mercedes-Benz memperbaharui sistem penamaan mobil
mereka. Sekarang, model-model mobil dikelompokkan dalam kelas-kelas yang
penamaannya sampai 3 huruf (lihat di atas), kemudian diikuti dengan 3
digit angka (atau 2 digit untuk model AMG). Untuk varian dengan model
sama (seperti varian estate atau varian mesin diesel) tidak lagi diberikan
huruf yang berbeda. Di beberapa kasus, penamaan ini tidaklah selalu pasti.
Contohnya, SLR dan SLS-AMG tidak mengikuti nama ini.
Sama seperti sebelumnya, 3 nomor pada model-model Mercedes-Benz tidak
mempunyai hubungan dengan kapasitas mesin mobil tersebut. Nomor tersebut
terkadang malah berkaitan dengan keluaran tenaga mesin. Contohnya, E250
CGI mempunyai tenaga mesin lebih besar daripada E200 CGI karena adanya
perbedaan tuning mesin, meskipun keduanya memakai mesin 1.8L.
Beberapa model juga ditambahi beberapa fitur khusus yang disimbolkan dengan:
"4Matic" berarti mobil itu menggunakan penggerak 4 roda.
"Bluetec" menandakan mesin diesel dengan pipa gas buang selective
catalytic reduction.
"BlueEfficiency" menandakan adanya fitur efisiensi bahan bakar (injeksi,
start-stop system, modifikasi aerodinamika, dll.)
"CGI" (Charged Gasoline Injection) menandakan Injeksi bensin langsung.
"CDI" (Common-rail Direct Injection) menandakan mesin diesel dengan
teknologi common-rail.
"Hybrid" menandakan mobil hybrid.
"NGT" menandakan menggunakan bahan bakar gas.
"Kompressor" menandakan mesin dengan supercharger.
"Turbo" menandakan mesin dengan turbocharger, hanya digunakan
di model Kelas A, B,? dan GLK.
* Hal Produksi Mercedes Benz dibeberapa negara
Disamping negara aslinya Jerman, mobil-mobil Mercedes-Benz juga diproduksi/
dirakit di negara-negara berikut:
Argentina (bus, truk dan van Sprinter. Pabrik pertama Mercedes-Benz diluar Jerman.)
Austria (G-Class)[3]
Bosnia dan Herzegovina
Brasil[4] Memproduksi truk, bus dan C-Class. Didirikan 1956.
Kanada
Mesir melalui Egyptian German Automotive Company
Hungaria (konstruksi dari pabrik baru ini diumumkan tanggal 18 Juni 2008 untuk
generasi berikutnya dari A- dan B-Class)[5][6]
India[7]
Indonesia
Iran (Diberhentikan sejak 2010[9])
Malaysia[10]
Meksiko—Mercedes Benz de Mexico adalah cabang Mercedes terbesar diluar
negeri dilihat dari pendapatan kotor, total penjualan, jumlah mobil yang
diproduksi, dan jumlah karyawan, serta melayani untuk hampir seluruh
kawasan Amerika Latin dan Amerika Utara.
Nigeria[11] (bus, truk, utility motor dan van Sprinter)
Filipina
Rusia (E-Class)
Spanyol (Vitoria[perlu disambiguasi])
Afrika Selatan[12]
Korea Selatan (Mercedes-Benz Musso dan MB100 diproduksi oleh SsangYong Motor Company)
Thailand (merakit mobil C, E dan S class oleh Thonburi Group)[13]
Turki[14]
Britania Raya—SLR dibuat di McLaren Technology Centre di Woking. Brackley,
Northamptonshire adalah markas utama Mercedes Grand Prix dan Brixworth,
Northamptonshire adalah lokasi dari Mercedes-Benz HighPerformanceEngines
Amerika Serikat: Mercedes-Benz M-Class Sport Utility, R-Class Sport Tourer,
dan SUV mewah GL-Class dibuat di pabrik dekat Tuscaloosa, Alabama.
Vietnam: mobil penumpang dan komersial. Didirikan tahun 1995.
* Hal Kejuaraan Balap Mobil
1. Formula 1
Mercedes-Benz ikut ambil bagian di kejuaraan dunia ini tahun 1954 dan 1955,
tapi karena gagal untuk merebut gelar juara untuk Juan-Manuel Fangio,
perusahaan ini memutuskan untuk keluar setelah ikut 2 musim saja.
Padahal Juan adalah salah satu pembalap F1 terbaik sepanjang sejarah.
Mercedes-Benz kembali ke arena ini sebagai pemasok mesin pada tahun 1990
dan memiliki sebagian saham dari Team McLaren. Kerjasama ini terbilang
sukses, termasuk dengan kemenangan Mika Häkkinen tahun 1998 dan 1999
serta Lewis Hamilton tahun 2008. Kerjasama dengan McLaren berlanjut
hingga pembuatan mobil sport Mercedes-Benz SLR McLaren.
2. Pencurian Data
Tahun 2007, McLaren dan Mercedes didenda 100 juta dolar AS karena mereka
mencuri data teknik rahasia milik Ferrari.
Tahun 2009, Brawn GP, tim Formula Satu debutan milik Ross Brawn yang memakai
mesin Mercedes, menang sebagai juara konstruktor pada tahun itu dan juga
menjadikan Jenson Button sebagai juara pembalapnya. Pada akhir musim,
Mercedes-Benz menjual kepemilikan saham McLaren sebanyak 40% ke McLaren
Group dan membeli 70% saham tim Brawn GP. Maka, ditahun 2010 nama tim
berubah menjadi Mercedes GP dan tim ini menjadi tim milik Mercedes-Benz.
* Hal Inovasi
Banyak teknologi-teknologi mobil yang telah ditemukan oleh pabrikan
Mercedes-Benz sepanjang sejarah mereka berdiri, diantaranya:
Mesin pembakaran dalam, ditemukan oleh Benz dan Daimler & Maybach tahun 1886.
Daimler menemukan radiator honeycomb yang masih digunakan oleh semua kendaraan
berpendingin air sampai saat ini.
Daimler menemukan karburator yang masih digunakan sampai akhirnya belakangan
ini digantikan oleh injeksi. "Chassis drop"— mobil yang dinamai "Mercedes"
oleh Daimler adalah mobil pertama dengan konfigurasi modern, mempunyai
"carriage" lebih rendah dan satu set as depan belakang, menggunakan Mesin
depan dan penggerak roda belakang. Mobil-mobil sebelumnya adalah "horseless
carriages", mempunyai titik pusat gravitasi tinggi dan konfigurasi mesin dan
drivetrain yang beragam.
* Hal Mobil penumpang pertama yang memiliki rem di keempat rodanya
Sistem konstruksi pengaman mobil dengan crumple zones depan dan belakang,
pertama kali dikembangkan oleh Mercedes-Benz tahun 1951. Penemuan ini
dianggap sebagai salah satu penemuan paling penting di konstruksi otomotif
khususnya bagian keamanan.
Tahun 1959, Mercedes-Benz mematenkan sebuah alat yang dapat menghindari
slip dengan cara mengatur kerja mesin, transmisi, dan rem mobil.
Tahun 1987, Mercedes-Benz mengaplikasikan patennya ini dengan memperkenalkan
sistem kontrol traksi.
Kontrol traksi dan airbag untuk pasar Eropa merupakan inovasi dari
Mercedes-Benz. Teknologi ini diperkenalkan tahun 1986.
Mercedes-Benz adalah pabrikan pertama yang menggunakan sabuk pengaman
pretensioner pada S-Class tahun 1981. Pada saat terjadi tabrakan,
sebuah pre-tensioner akan mengencang dengan sendirinya, sehingga menghindari
penumpangnya dari cedera yang lebih serius.
Bulan September 2003, Mercedes-Benz memperkenalkan transmisi otomatis
pertama di dunia dengan 7 percepatan yang mereka namakan 7G-Tronic.
Program Stabilitas Elektronik (ESP), brake assist, dan berbagai macam
perangkat keamanan lainnya, semuanya dikembangkan, dites, dan
diimplementasikan di mobil penumpang pertama kali oleh Mercedes-Benz.
Mercedes-Benz tidak membuat berita besar-besaran tentang penemuannya ini.
Mereka malah membuat lisensi teknologi ini untuk digunakan oleh para
pabrikan otomotif lainnya di seluruh dunia-dalam nama meningkatkan
keamanan pengemudi dan penumpang. Sebagai hasilnya, sekarang crumple
zones dan anti-lock braking system (ABS) menjadi standar di hampir
semua mobil-mobil modern.
* Hal Mesin 8 silinder (Mesin Mercedes M156)
Mesin 8 silinder paling bertenaga di dunia saat ini adalah milik Mercedes-AMG,
6208 cc M156 yang mempunyai tenaga 85 PS per 1000cc-nya. Mesin V8 ini dinamai
'63 AMG', dan digantikan oleh mesin M113 '55 AMG' di banyak model. Mesin M156
ini mampu memproduksi tenaga sampai 391 kW (532 PS; 524 bhp), tapi pencapaian
tenaga ini agak sedikit berbeda di tiap-tiap modelnya.
(W211) E320 CDI yang menggunakan Mesin V6 2.8L diesel dengan variable
geometry turbocharger (VGT) dan common rail berhasil mencatat 3 rekor
uji ketahanan dunia. Mobil ini mampu menyelesaikan 100.000 mil (160.000 km)
dengan kecepatan rata-rata mencapai 224.823 km/jam.
2 mobil lainnya yang identik berhasil memecahkan rekor yang sama untuk
menyelesaikan 100.000 km dan 50.000 mil(80.000km). (semua rekor ini
diresmikan oleh FIA).
Mercedes-Benz adalah penemu dari sistem yang dinamakan Pre-Safe, yang
gunanya untuk mendeteksi adanya kecelakaan tak terduga dan menyiapkan
sistem pengaman mobil sehingga bisa merespon dengan tepat.
Teknologi ini juga dapat menghitung berapa tenaga rem yang diperlukan
untuk menghindari kecelakaan pada situasi kritis, langsung bekerja saat
pengendara menekan pedal remnya. Para penumpang juga diamankan dengan
mengencangkan sabuk pengaman, menutup sunroof dan jendela, dan mengubah
posisi tempat duduk ke posisi optimal.
Sederet penemuan perangkat keamanan membantu Mercedes-Benz memenangkan
penghargaan Safety Award di penghargaan "What car?" tahun 2007.
Sumber :
Wikipedia Bahasa Indonesia
_____________________________________________________
Sekilas sejarah tentang Mercedes-benz di indonesia
_____________________________________________________
Mercedes-benz adalah sebuah merek mobil yang diproduksi oleh DaimlerChrysler,
DaimlerChrysler adalah perusahaan mobil tertua didunia, karena merupakan
satu-satunya perusahaan mobil tertua didunia mobil hasil produksi daimler
chrysler terkenal memiliki kualitas yang paling tinggi.
Tahun 1894
Kendaraan Mercedes-Benz pertama di Indonesia, Benz-Model Phaeton
(2000 cc 1 silinder 5 hp untuk delapan orang), dimiliki oleh
Susuhunan Surakarta
Tahun 1907
Pertama Daimler-Britse Daimler (4 cylinder 45 hp) kendaraan di
Indonesia, yang dimiliki oleh Susuhunan Solo
Tahun 1970
Kerja Sama antara Mercedes-Benz dan Volkwagen untuk merakit kendaraan
di Jakarta
Dimulainya perakitan kendaraan Mercedes-Benz Komersial di Tanjung Priok
Pendirian PT Star Motor Indonesia sebagai agen tunggal dari Daimler-Benz AG
di Indonesia, berlokasi di Jl. Cik Ditiro, Jakarta
Pendirian PT Jerman Motor Manufacturing sebagai Produsen dan Assembler
produk Daimler-Benz di Indonesia, berlokasi di Tanjung Priok, Jakarta Utara
Tahun 1973
Dimulainya Mercedes-Benz penumpang perakitan mobil di Tanjung Priok
Tahun 1978
Pendirian Pabrik di Wanaherang Bogor (50 km dari Jakarta)
Peresmian Apprentice Pusat Pelatihan dan After Sales Service di Ciputat
Tahun 1979
Dimulainya kerjasama antara Bus manufaktur di Wanaherang Plant dengan
Volkswagen
Tahun 1981
Dimulainya manufaktur truk
Tahun 1982
Peresmian PT Jerman Motor Manufacturing di Wanaherang
Tahun 1983
Pendirian PT Star Engines Indonesia di Wanaherang
Tahun 1985
Dimulainya perakitan mesin Mercedes-Benz oleh PT Star Engine Indonesia
Tahun 1996
Mengakuisisi Sertifikasi ISO 9001. Para produsen pertama yang
terakreditasi di Indonesia
17 Nov 1998
Penggabungan DaimlerChrysler Indonesia Daimler-Benz AG dengan Chrysler Corp USA
Maret 2000
Akuisisi PT Star Engine Indonesia dengan PT Motor Manufacturing Jerman
Jun 2000
PT Star Motors Indonesia menjadi PT DaimlerChrysler Distribution Indonesia
PT Jerman Motor Manufacturing Indonesia menjadi PT DaimlerChrysler
31 Jan 2008
PT DaimlerChrysler Indonesia menjadi PT Mercedes-Benz Indonesia
PT DaimlerChrysler Distribution Indonesia menjadi PT Mercedes-Benz
Distribution Indonesia
Sumber :
http://teknologi.kompasiana.com/otomotif/2011/05/15/mercedes-benz-mobil-mewah-terbaik-indonesia-sejarah-364208.html
____________________________________________________________
Marcedes Benz OH 1521, OH 1525, OH 1526, OH 1626 dan OH 1830.
____________________________________________________________
* OH 1521 (Kurang Lebih Rp. 599.000.000,-)
PT. Mercedes-Benz Indonesia (MBI), merevitalisasi kembali bisnisnya
di segmen komersial, yaitu memasarkan sasis untuk bus premium. Sebagai
bukti, setelah meluncurkan sasis bus paling top, OH 1526 Euro3, pada akhir
Januari lalu, disusul dengan OH 1521 Euro3.
Khusus untuk peluncuran OH1521 akhir minggu lalu di Bandung, MBI
mengundang para pemilik armada di Pulau Jawa, Bali, Lombok dan Sumatera,
terutama dari perusahaan otobus (PO) untuk melihat dan mencoba langsung
produk bus tersebut. Mereka juga diberi kesempatan mencoba OH1526 yang
menggunakan mesin 6 silinder atau kapasitas lebih besar untuk angkutan
jarak jauh atau antara propinsi.
Lebih Irit
Sebenarnya, OH1521 bukan produk total baru. Versi yang baru saja
diluncurkan menggunakan mesinnya sudah memenuhi standar emisi Euro3
(sebelumnya Euro2). Mesin 4 silinder ini, selain ramah lingkungan,
juga lebih irit konsumsi bahan bakarnya. Berdasarkan spesifikasi yang
dikeluarkan MBI, kendati tenaga mesin tidak berubah, namun torsinya naik
12 persen. Hasilnya, konsumsi bahan bakar lebih irit 36 persen.
Di segmen komersial, saat ini Mercedes-Benz hanya mengandalkan sasis
untuk bus. Sedangkan untuk truk, terutama di kelas 2 ton, tidak lagi
ikut bermain. “Sudah ada Mitbusihi yang kebetulan saat ini memdominasi
pasar truk di Indonesia dan satu grup dengan kita,” jelas Rudi
Borgenheimer, CEO dan Presdir PT MBI. Karena itulah, MBI konsentrasi
pada sasis bus premium.
Tiga Varian
Saat ini MBI memasarkan tiga jenis sasis untuk bus, yaitu OH 1518,
OH 1521 dan 1525 (sekarang digantikan oleh OH1526). Pada kuartal
pertama, MBI telah berhasil menjual 130 unit sasis secara ritel,
paling banyak adalah OH1525, 115 unit. Menurut MBI dengan penjualan
sebanyak itu, Mercedes-Benz menguasai pasar sasis bus 51 persen.
Melihat perkembangan penjualan berbagai kategori kendaraan selama
kuartal pertama 2010 dan terjadinya perubahan trendangkutan penumpang
ke bus besar, plus makin gencarnya parawisata di Indonesia, MBI yakin
tahun ini bisa menjual paling tidak 850 unit sasis bus.
Dijelaskan pula, tiga varian sasis bus yang dipasarkan Mercedes-Benz,
OH1518 untuk jarak sedang dan dekat. Sedangkan OH1521 untuk jarak
sedang atau parawisata. Sedangkan OH1526 untuk jarak jauh dengan
medan lebih berat. “Karena itulah kita menggunakan mesin lebih beasar,
6 silinder. Tenaganya lebih besar dari OH1521 yang diluncurkan
sekarang ini,” Rudi.
Kedua sasis bus terbaru ini, dijual dengan harga off-road Rp 599 juta
untuk OH1521 dan 639 juta untuk OH1526. Untuk bodi, Mercedes-Benz
mempercayai pada beberapa koroseri di Bogor, Magelang dan Malang.
“Kendati demikian, kita tetap mengontrol kualitasnya,” jelas Yuniadi
H. Hartono, Deputy Pemasaran PT MBI.
Spesifikasi
OH1521 OH1526
Mesin
4-silinder, Euro3
(OM 924LA) 6-silinder Euro3
(OM 906 LA)
Kapasitas (cc)
4.800 6.374
Tenaga (kw/PS @rpm)
155(210) @2.200 194 (260) @2.200
Tosi maks (Nm @rpm)
740 @1.480–1.600 950 @1.200-1.600
Berat – GWV (kg)
15.000 15.000
Kecepatan maks kpj
120 120
Daya tanjak %
34 36
Kapasitas tangki BBM liter 300 300
ZBJ
Sumber :
http://bismania.org/buletin/berita-pengumuman-kegiatan/mercedes-benz-luncurkan-oh-1521-euro-iii/
* OH 1525 (Kurang Lebih Rp. 645.000.000,-)
Tahukah Anda :
Kenapa Jatah Solar Mercedes Bens Seri 1525 OH lebih sedikit dari 1521 OH
Intercooler. Ada pertanyaan yang muncul dari salah satu teman yang
menanyakan kenapa jatah solar bis Mercedes Bens (MB) 1521 intercooler
dan MB 1525 Electric berbeda, jatah solar untuk MB 1525 electric cenderung
lebih sedikit padahal secara logika engine/mesin baru dengan kapasitas 6374
cc harusnya membutuhkan asupan solar lebih banyak, tapi kenyataannya malah
ngga tuh!
1a2288d12a4f08f576c4dad7ec57d9c4
Berikut contoh perhitungan perbedaan solar antara MB 1521 Intercooler
dan MB 1525 Electric:
MB 1521 Intercooler (5958 cc) jatah solar 890 liter untuk trayek
Bogor – Padang PP, Jarak Bogor – Padang adalah 1460 km = 2920 km PP,
Jadi jatah solar/km adalah jarak tempuh PP/Jatah solar PP = 2920 km/890
liter = 1 liter : 3,28 km atau 1 liter = 3 km
MB 1525 Electric (6374 cc) jatah solar 790 liter untuk trayek Bogor – Padang
PP, Jarak Bogor – Padang adalah 1460 km = 2920 km PP, Jadi jatah solar/km
adalah : jarak tempuh PP/jatah solar PP = 2920 km/790 liter = 1 liter :
3,69 km atau 1 liter = 3,5 km
0fb35bdafd12b0d43b69cdeb91a191c4
Benz OH 1521
Dari hasil perhitungan diatas disimpulkan bahwa, MB 1525 lebih irit
dibanding MB 1521, sedangkan tenaga yang dihasilkan jauh lebih besar,
soal bagaimana performanya MB 1525 OH? Nah sekarang, kenapa MB 1525 OH
bisa lebih irit? Ini dia penjelasan teknisnya
Sistem penyemprotan BBM pada Mercedes dengan mesin seri 300 seperti pada
MB 1521 Intercooler dengan mesin OM-366LA, masih menggunakan sistem
injection pump manual sehingga terdapat banyak kekurangannya bila
dibandingkan dengan sistem injeksi elektronik pada seri 900 seperi pada
kenapa OF 8000 dengan mesin seri OM-904LA, OH 1525 dengan mesin seri OM-906LA,
XBC 1518 dengan mesin seri OM-904LA, IBC-1632 dengan mesin seri OM926LA,
antara lain:
Takaran penyemprotan BBM ke ruang bakar pada seri 900 susah sesuai dengan
kebutuhan mesin, hal ini terlihat dari sedikitnya asap karbon yang keluar
pada knlapot, beda dengan seri 300 yang asapnya lebih banyak, terlebih
lagi saat aklearasi.
Pada saat deklearasi atau lepas gas terlebih lagi saat turunan, kontrol
unit mesin seri 900 akan mematikan sistem penyemprotan sehingga tidak
ada solar yang disemprot ke ruang baker, kondisi ini berbeda dengan seri
300 yang masih menyemprotkan BBM saat deklearasi. Jadi jelas kenapa
OF 8000, OH 1525, XBC 1518 , IBC-1632 lebih hemat BBM dibanding dengan
abang-abangnya yang masih menggunakan seri mesin 300
Sumber :
http://bismania1.blogspot.com/2012/07/mercedes-bens-oh-1525-lebih-irit-dari.html
* OH 1526 (Harga Kurang Lebih Rp. 647.000.000,-)
...........................
Satu hal yang menarik perhatian saya setiap kali melihat bus Mercy OH1526,
adalah mesinnya yang mampu menghasilkan emisi standar EURO 3. DH Salut dan
sangat mengapresiasikan langkah yang diambil Mercedes-Benz.
Disaat gonjang-ganjing pro dan kontra rencana pemerintah menaikkan level
emisi gas buang menjadi EURO 3. Disaat masih banyak banget kendaraan umum
maupun pribadi yang nggak lolos uji emisi. Disaat blog-blog otomotif
(khususnya roda dua) mempergunjingkan instalasi perangkat injeksi.
Tanpa banyak koar-koar Mercedes-Benz sudah lebih dahulu ‘sadar diri’
dan siap menyongsong era langit biru. Salut empat jempol kaki dan
tangan dari DH.
Mengenai aspek teknis, sasis OH 1526 sebenarnya adalah pengembangan
dari pendahulunya OH 1525.
Terbukti dari basis mesinnya masih sama plek. Tipenya OM906LA 6 silinder
sebaris, plus perangkat doping khas mesin diesel turbocharger. Pun ada
Intercooler yang bertugas mendinginkan aliran angin yang dimampatkan
sebelum ditendang turbo. Manttaaappp!!!
Dengan komposisi ini OH 1526 mampu memproduksi daya maksimal hingga 260 hp,
dan torsi badak khas diesel sebesar 950 nm@1200-1600 rpm.
Untuk menyalurkan tenaga ke roda, dikaryakanlah sebongkah girbok tipe G-85
pengoperasian manual 6 percepatan maju, dan 1 percepatan mundur.
Lantas apa perbedaan mendasarnya dibanding mesin OH 1525?
Jawabannya adalah pada sistem manajemen mesin. OH1526 menggunakan ECU terbaru,
yang telah diseting ulang agar lolos standar emisi euro 3, namun menghasilkan
daya tenaga yang lebih besar dibanding pendahulunya. Perbedaan outputnya
mencapai 20 hp. Mantaaappp!!!
Tak hanya itu, pabrikan Mercedes-Benz mengklaim OH 1526 mampu mengirit
BBM hingga 15%.
Kelebihannya belum lah habis. Sasis OH 1526 juga mendapatkan revisi
suspensi. Mercedes-Benz menjamin bantingan lebih empuk, dan juga lebih
lincah dalam menaklukkan tikungan dibanding pendahulunya.
Hmmmm…semoga nggak disalah gunakan driver bus malam speed freak yang
suka ugal-ugalan di Pantura.
Saya jadi membayangkan apa jadinya jika OH1526 dilengkapi dengan
suspensi udara? Pasti tambah top-markotop. Serasa naik sedan pribadi xixixixi…
Satu impian saya yang belum kesampaian. Kepingin naik bis malem yang
nyaman full-option tujuan Bali dari Jakarta. Penasaran aja kayak apa
rasanya dibanding naik pesawat. Dari segi waktu tempuh naik bus jelas
kalah telak, tapi kan ‘sensasi’nya sangatlah berbeda.
Apakah suatu saat nanti impian saya menjadi kenyataan diatas OH 1526?
Well…who knows?
Sumber :
http://duniahariyadi.wordpress.com/2012/02/03/bus-mercedes-benz-oh1526-mantap/
* OH 1626 ( (Harga Kurang Lebih Rp. 639.000.000,-)
JOGJAKARTA (DP) — Mercedes Benz Indonesia meluncurkan produk
barunya untuk kendaraan niaga. Mereka meluncurkan chassis bus
OH 1626 yang memakai suspensi udara sebagai kelengkapan standar.
Selain chassis baru bus OH 1626, diperkenalkan chassis OH 1830 pula.
Peluncuran dilakukan di Jogjakarta pada 11 Mei 2012. Dua chassis
baru ini membuat Mercedes-Benz Indonesia akan semakin memperluas
jajaran produk kendaraan bus ramah lingkungan berstandar Euro 3.
Mercedes-Benz klaim konsumsi bahan bakar lebih efisien, ramah
lingkungan, tenaga besar dan semakin nyaman dengan hadirnya
suspensi udara (Air Suspension) pada tipe OH 1626 dan OH 1830.
Chassis terbaru ini juga memiliki kelebihan berupa space frame.
Ini memungkinkan bus dibangun dengan kapasitas bagasi bawah yang
jauh lebih besar daripada pendahulunya tanpa terhalang oleh chassis.
“Chassis OH 1626 bisa dipanjangkan sehingga memiliki kelebihan bagasi
lebih besar. Selain itu ada air suspension dari pabrik yang telah
diuji dan menambah kenyamanan,” kata Diyanto Prayudiman, Bus Sales
Manager Mercedes-Benz Indonesia, di Sheraton Hotel, Yogyakarta.
Chassis Bus OH 1626 bermesin 6-silinder segaris, berstandar Euro 3,
memiliki torsi 950 Nm sejak 1200 – 1600 rpm dengan tenaga 260 hp
pada 2200 rpm. OH 1626 dipasarkan dengan harga Rp 749.000.000
(off-the-road).
Sedangkan chassis bus OH 1830 bermesin 6-silinder segaris, yang
berstandar Euro 3, dengan torsi sebesar 1200 Nm sejak 1400 rpm
dengan tenaga 300 hp pada 2200 rpm. OH 1830 dipasarkan dengan
harga Rp 919.000.000 (off-the-road).
Kini, Mercedes Benz Indonesia telah memiliki empat pilihan produk
di segmen rear engine luxury bus: OH 1521, OH 1526, OH 1626 dan
OH 1830. Mercedes Benz Indonesia pun menargetkan minimal 50 persen
pasar luxury bus .
“Tahun ini OH 1626 produksi sekitar 400 unit dan sudah ada
pelanggan-pelanggan di belakangnya tersebar di seluruh Indonesia
tapi sebagaian besar pembelinya di Pulau Jawa sekitar 80 persen,”
kata Diyanto.
Namun untuk chassis OH 1830, Diyanto mengatakan bahwa belum
secara resmi diluncurkan.”Sejauh ini diproduksi 50 unit namun
telah dimiliki beberapa perusahaan bus,” tukasnya. (dp/REK)
SUMBER :
http://dapurpacu.com/mercedes-benz-indonesia-luncurkan-chassis-bus-barunya/
OH 1830. (Harga Kurang Lebih Rp. 919.000.000,-)
Chasis dan Mesin Mercedes Benz
Full Chasis Mercedes-Benz MB OH 1830
Mercedez-Benz mengeluarkan banyak varian untuk mesin diesel yang
dipasang pada busnya. Mulai dari seri 300 sampai seri 900. Sebelum
berbicara lebih lanjut, ada baiknya pembacaan seri mesin dimengerti
terlebih dahulu, misal:
OM 906 LA
OM : Mesin diesel
906 : angka 900 merupakan mesin
seri 900 dan angka 6 merupakan
jumlah silindernya, kalo xx4 ya
berarti 4 silinder
L : intercooler
A : Turbocharger
Di Indonesia ada beberapa seri yang dipasang pada chassis bus
Mercedes-Benz antara lain :
Seri 300
1. OM352
OF1113/42 130HP
OF1113/44 130HP
OF1113/45 130HP
OF1113/51 130HP
2. OM352A
OH1113/34 150HP
3. OM366
OF1113/45 145HP
OH1113/51 145HP
4. OM366A
OF1113/45 170HP
OF1518/52 180HP
OH1113/51 180HP
OH1113/51 170HP
OH1518/51 180HP
OH1518/60 180HP
5. OM366LA
OF1521/52 210HP
OH1521/60 210HP
OH1521/51 210HP
Seri 900
1. OM904LA
OF8000 152HP
OH1518 XBC 180HP
2. OM924LA
OH1521E3 210HP
3. OM906LA
OH1725 250HP
OH1525 250HP
OH1526 260HP
OH1626 260HP
4. OM926LA
OH1632 320HP
OH1830 300HP
Seri 400
~ OM457LA 1836 360 HP
Dalam membahas bisnya MB jangan dicampur adukkan antara seri chassis
dan seri mesin. Seri chassis itu misalnya OH-1518, OH-1521, OH-1525,
OH-1725 dll. Sedangkan seri mesin kodenya OM. Chassis yang berbeda
bisa jadi menggunakan mesin yg basisnya sama atau bahkan persis sama.
OH-1518 dan OH-1521 menggunakan mesin seri OM-366, bedanya OH-1518
menggunakan OM-366A sedangkan 1521 menggunakan OM-366LA. Perbedaan
keduanya hanya terletak di intercooler (berkode L). Bahkan pada
OH-1525 & OH-1725, atau jika nanti bakal keluar OH-1526, ketiganya
sama2 menggunakan mesin OM- 906LA. Tetapi seri chassis yang sama
(OH-1518 misalnya) bisa jadi menggunakan mesin yg berbeda.
OH-1518 lama menggunakan OM-366A, sedangkan OH-1518 baru (XBC)
menggunakan mesin OM-904LA.
* O500R 1836 (Harga Kurang Lebih Rp 1,039 milyar)
(Menyimak info sekitar Mercedes Benz lewat chassis bus OH
OH 1521, OH 1525, OH 1526, OH 1626 dan OH 1830 dalam
hubungannya dengan pemilihan bus mudik lebaran 1435 H khsusnya
bus-bus antar kota antar provinsi ke Tapanuli Selatan Sumatra
Utara pun menikmati musik Lagu-Lagu Tapsel)
________________________________________________________
_______________
Kata Pengantar
_______________
Seperti kita ketahui tak lama lagi akan memasuki bulan Ramadhan
1435 H yang kemudian disusul dengan masuknya bulan Syawal sebagai
bulan dimana penduduk Nusantara secara umum akan berbondong-bondong
pulang kampung alias mudik bagi yang merantau tentunya.
Nah...!
Dalam rangka mensukseskan acara mudik ini, khsusnya untuk para kawan
perantau asal Sumatra Utara tentu tak ada salahnya kita perdalam
pengetahuan kita mengenai bus yang akan kita tumpangi khsusnya
mengenai bus Marcedes Benz sebagai bus umum yang pada umumnya
menjadi pilihan CV.PO, PT. transportasi darat jalur Antar Lintas
Sumatra.
Dari hasil pengamatan penulis, sekilas terlihat bahwa dalam 2 tahun
terakhir ini para perusahaan transportasi Sumatra bersaing untuk
dapat meiliki Bus Marcedes Benz OH 1521, OH 1526, OH 1626
dan OH 1830.
"Apakah nilai lebih dari setiap kode chassis bus OH dari setiap
Marcedez Benz tersebut dan berapa harganya adalah hal utama
yang mau penulis jawab lewat postingan ini.
Selamat menyimak...!
__________________________________
Sekilas Mercedes-Benz di Dunia
__________________________________
* Hal asal mu asal
Mercedes-Benz (pengucapan bahasa Jerman: ( [mɛʁˈtseːdəs ˈbɛnts])
adalah sebuah perusahaan otomotif asal Jerman yang memproduksi
berbagai macam kendaraan seperti mobil, truk, dan bus.
Mercedes-Benz adalah salah satu perusahaan mobil paling dikenal di
dunia dan juga perusahaan mobil tertua di dunia yang bertahan
sampai sekarang. Mobil mereka terkenal berteknologi dan memiliki
tingkat keamanan tinggi.
Asal perusahaan ini di awal 1880-an, ketika Gottlieb Daimler dan
Carl Benz menemukan mobil secara terpisah di selatan Jerman. Daimler
dan Wilhelm Maybach, yang bersama menemukan Mesin empat-tak, bekerja
sama di Cannstatt (kota di distrik Stuttgart); Benz memiliki tokonya
di Mannheim dekat Heidelberg. Tidak ada catatan kedua penemu pernah
bertemu.
Pada awal 1900-an, mobil Daimler dibuat di Untertürkheim (juga sebuah
kota di distrik Stuttgart) dijual dengan sukses oleh agen Austria yang
bernama Emil Jellinek, yang memasok mobil tersebut dengan nama putrinya,
Mercédès.
* Hal Penemu
Mercedes-Benz adalah divisi dari Daimler AG. Asal mula Mercedes-Benz
berasal dari penemuan Karl Benz atas mobil berbahan bakar bensin pertama
di dunia yang dipatenkan bulan Januari 1886, Benz Patent Motorwagen.
serta jasa dari Gottlieb Daimler serta teknisi Wilhelm Maybach.
Mobil-mobil Mercedes pertama kali dijual pada tahun 1901 oleh Daimler
Motoren Gesellschaft. Mobil pertama yang memakai merek Mercedes-Benz
diproduksi tahun 1926 setelah adanya merger antara perusahaan Benz
dengan Daimler menjadi perusahaan Daimler-Benz.
SLR McLaren wana silver pada acara European Motor Show di Brussels
tahun 2006 Antara tahun 2003 dan 2009, Mercedes-Benz memproduksi mobil
sport dalam jumlah terbatas bersama dengan McLaren Automotive.
Proyek ini merupakan bentuk kolaborasi tambahan setelah mereka bekerja
sama di Formula Satu yang sebagian saham timnya dimiliki Mercedes.
Mercedes-Benz SLR McLaren memiliki bodi carbon fibre dengan mesin V8 5.4L
dengan supercharger. Mesin ini menggunakan silinder blok yang sama
dengan SL55 AMG dan CLS55 AMG, meskipun dimodifikasi sehingga mampu
mengeluarkan tenaga maksimal 460 kW (625 PS; 617 bhp) dengan torsi
780 N·m (575 ft·lbf). SLR McLaren mempunyai kecepatan maksimum sekitar
337 km/jam.
* Hal Penamaan mobil
Sampai tahun 1994, Mercedes-Benz menggunakan sistem alfanumerik untuk
mengelompokkan mobil-mobil mereka, terdiri dari angka yang menunjukkan
kapasitas mesin mobil jika dikali 100 dan diikuti huruf-huruf yang
menandakan tipe bodi dan tipe mesin.
"C" menandakan bahwa model bodinya coupe/cabriolet.
"D" berarti menggunakan mesin diesel.
"E" (untuk "Einspritzen") berarti memakai mesin bensin dengan injeksi.
Di beberapa kejadian, jika tidak ada tulisan "D" atau "E" maka
memakai mesin bensin karburator.
"G" melambangkan kendaraan off-road Gelandewagen.
"K" digunakan tahun 1930-an, menandakan mesin dengan supercharger
("Kompressor").Untuk SSK, K nya adalah "Kurz" (short-wheelbase/
sumbu roda pendek).
"L" melambangkan "Leicht" (lightweight) untuk model sedan sport, dan
"Lang" (long-wheelbase/sumbu roda panjang) untuk model sedan.
"R" singkatan dari "Rennen" (racing/balap), digunakan untuk mobil
balap. (contohnya 300SLR).
"S" berarti "Sport" untuk model performa tinggi atau "Special" untuk
model teratas/unggulan.
"T" singkatan dari "Touring" dan menandai jenis mobil estate/
station wagon.
Untuk beberapa model, nomor-nomor pada penamaan mobil itu tidak sesuai
dengan kapasitas mesin mobilnya. Nomor-nomor ini diberikan hanya untuk
menentukan posisi mobil tersebut di jajaran mobil Mercedes-Benz.
Setelah tahun 1994, Mercedes-Benz memperbaharui sistem penamaan mobil
mereka. Sekarang, model-model mobil dikelompokkan dalam kelas-kelas yang
penamaannya sampai 3 huruf (lihat di atas), kemudian diikuti dengan 3
digit angka (atau 2 digit untuk model AMG). Untuk varian dengan model
sama (seperti varian estate atau varian mesin diesel) tidak lagi diberikan
huruf yang berbeda. Di beberapa kasus, penamaan ini tidaklah selalu pasti.
Contohnya, SLR dan SLS-AMG tidak mengikuti nama ini.
Sama seperti sebelumnya, 3 nomor pada model-model Mercedes-Benz tidak
mempunyai hubungan dengan kapasitas mesin mobil tersebut. Nomor tersebut
terkadang malah berkaitan dengan keluaran tenaga mesin. Contohnya, E250
CGI mempunyai tenaga mesin lebih besar daripada E200 CGI karena adanya
perbedaan tuning mesin, meskipun keduanya memakai mesin 1.8L.
Beberapa model juga ditambahi beberapa fitur khusus yang disimbolkan dengan:
"4Matic" berarti mobil itu menggunakan penggerak 4 roda.
"Bluetec" menandakan mesin diesel dengan pipa gas buang selective
catalytic reduction.
"BlueEfficiency" menandakan adanya fitur efisiensi bahan bakar (injeksi,
start-stop system, modifikasi aerodinamika, dll.)
"CGI" (Charged Gasoline Injection) menandakan Injeksi bensin langsung.
"CDI" (Common-rail Direct Injection) menandakan mesin diesel dengan
teknologi common-rail.
"Hybrid" menandakan mobil hybrid.
"NGT" menandakan menggunakan bahan bakar gas.
"Kompressor" menandakan mesin dengan supercharger.
"Turbo" menandakan mesin dengan turbocharger, hanya digunakan
di model Kelas A, B,? dan GLK.
* Hal Produksi Mercedes Benz dibeberapa negara
Disamping negara aslinya Jerman, mobil-mobil Mercedes-Benz juga diproduksi/
dirakit di negara-negara berikut:
Argentina (bus, truk dan van Sprinter. Pabrik pertama Mercedes-Benz diluar Jerman.)
Austria (G-Class)[3]
Bosnia dan Herzegovina
Brasil[4] Memproduksi truk, bus dan C-Class. Didirikan 1956.
Kanada
Mesir melalui Egyptian German Automotive Company
Hungaria (konstruksi dari pabrik baru ini diumumkan tanggal 18 Juni 2008 untuk
generasi berikutnya dari A- dan B-Class)[5][6]
India[7]
Indonesia
Iran (Diberhentikan sejak 2010[9])
Malaysia[10]
Meksiko—Mercedes Benz de Mexico adalah cabang Mercedes terbesar diluar
negeri dilihat dari pendapatan kotor, total penjualan, jumlah mobil yang
diproduksi, dan jumlah karyawan, serta melayani untuk hampir seluruh
kawasan Amerika Latin dan Amerika Utara.
Nigeria[11] (bus, truk, utility motor dan van Sprinter)
Filipina
Rusia (E-Class)
Spanyol (Vitoria[perlu disambiguasi])
Afrika Selatan[12]
Korea Selatan (Mercedes-Benz Musso dan MB100 diproduksi oleh SsangYong Motor Company)
Thailand (merakit mobil C, E dan S class oleh Thonburi Group)[13]
Turki[14]
Britania Raya—SLR dibuat di McLaren Technology Centre di Woking. Brackley,
Northamptonshire adalah markas utama Mercedes Grand Prix dan Brixworth,
Northamptonshire adalah lokasi dari Mercedes-Benz HighPerformanceEngines
Amerika Serikat: Mercedes-Benz M-Class Sport Utility, R-Class Sport Tourer,
dan SUV mewah GL-Class dibuat di pabrik dekat Tuscaloosa, Alabama.
Vietnam: mobil penumpang dan komersial. Didirikan tahun 1995.
* Hal Kejuaraan Balap Mobil
1. Formula 1
Mercedes-Benz ikut ambil bagian di kejuaraan dunia ini tahun 1954 dan 1955,
tapi karena gagal untuk merebut gelar juara untuk Juan-Manuel Fangio,
perusahaan ini memutuskan untuk keluar setelah ikut 2 musim saja.
Padahal Juan adalah salah satu pembalap F1 terbaik sepanjang sejarah.
Mercedes-Benz kembali ke arena ini sebagai pemasok mesin pada tahun 1990
dan memiliki sebagian saham dari Team McLaren. Kerjasama ini terbilang
sukses, termasuk dengan kemenangan Mika Häkkinen tahun 1998 dan 1999
serta Lewis Hamilton tahun 2008. Kerjasama dengan McLaren berlanjut
hingga pembuatan mobil sport Mercedes-Benz SLR McLaren.
2. Pencurian Data
Tahun 2007, McLaren dan Mercedes didenda 100 juta dolar AS karena mereka
mencuri data teknik rahasia milik Ferrari.
Tahun 2009, Brawn GP, tim Formula Satu debutan milik Ross Brawn yang memakai
mesin Mercedes, menang sebagai juara konstruktor pada tahun itu dan juga
menjadikan Jenson Button sebagai juara pembalapnya. Pada akhir musim,
Mercedes-Benz menjual kepemilikan saham McLaren sebanyak 40% ke McLaren
Group dan membeli 70% saham tim Brawn GP. Maka, ditahun 2010 nama tim
berubah menjadi Mercedes GP dan tim ini menjadi tim milik Mercedes-Benz.
* Hal Inovasi
Banyak teknologi-teknologi mobil yang telah ditemukan oleh pabrikan
Mercedes-Benz sepanjang sejarah mereka berdiri, diantaranya:
Mesin pembakaran dalam, ditemukan oleh Benz dan Daimler & Maybach tahun 1886.
Daimler menemukan radiator honeycomb yang masih digunakan oleh semua kendaraan
berpendingin air sampai saat ini.
Daimler menemukan karburator yang masih digunakan sampai akhirnya belakangan
ini digantikan oleh injeksi. "Chassis drop"— mobil yang dinamai "Mercedes"
oleh Daimler adalah mobil pertama dengan konfigurasi modern, mempunyai
"carriage" lebih rendah dan satu set as depan belakang, menggunakan Mesin
depan dan penggerak roda belakang. Mobil-mobil sebelumnya adalah "horseless
carriages", mempunyai titik pusat gravitasi tinggi dan konfigurasi mesin dan
drivetrain yang beragam.
* Hal Mobil penumpang pertama yang memiliki rem di keempat rodanya
Sistem konstruksi pengaman mobil dengan crumple zones depan dan belakang,
pertama kali dikembangkan oleh Mercedes-Benz tahun 1951. Penemuan ini
dianggap sebagai salah satu penemuan paling penting di konstruksi otomotif
khususnya bagian keamanan.
Tahun 1959, Mercedes-Benz mematenkan sebuah alat yang dapat menghindari
slip dengan cara mengatur kerja mesin, transmisi, dan rem mobil.
Tahun 1987, Mercedes-Benz mengaplikasikan patennya ini dengan memperkenalkan
sistem kontrol traksi.
Kontrol traksi dan airbag untuk pasar Eropa merupakan inovasi dari
Mercedes-Benz. Teknologi ini diperkenalkan tahun 1986.
Mercedes-Benz adalah pabrikan pertama yang menggunakan sabuk pengaman
pretensioner pada S-Class tahun 1981. Pada saat terjadi tabrakan,
sebuah pre-tensioner akan mengencang dengan sendirinya, sehingga menghindari
penumpangnya dari cedera yang lebih serius.
Bulan September 2003, Mercedes-Benz memperkenalkan transmisi otomatis
pertama di dunia dengan 7 percepatan yang mereka namakan 7G-Tronic.
Program Stabilitas Elektronik (ESP), brake assist, dan berbagai macam
perangkat keamanan lainnya, semuanya dikembangkan, dites, dan
diimplementasikan di mobil penumpang pertama kali oleh Mercedes-Benz.
Mercedes-Benz tidak membuat berita besar-besaran tentang penemuannya ini.
Mereka malah membuat lisensi teknologi ini untuk digunakan oleh para
pabrikan otomotif lainnya di seluruh dunia-dalam nama meningkatkan
keamanan pengemudi dan penumpang. Sebagai hasilnya, sekarang crumple
zones dan anti-lock braking system (ABS) menjadi standar di hampir
semua mobil-mobil modern.
* Hal Mesin 8 silinder (Mesin Mercedes M156)
Mesin 8 silinder paling bertenaga di dunia saat ini adalah milik Mercedes-AMG,
6208 cc M156 yang mempunyai tenaga 85 PS per 1000cc-nya. Mesin V8 ini dinamai
'63 AMG', dan digantikan oleh mesin M113 '55 AMG' di banyak model. Mesin M156
ini mampu memproduksi tenaga sampai 391 kW (532 PS; 524 bhp), tapi pencapaian
tenaga ini agak sedikit berbeda di tiap-tiap modelnya.
(W211) E320 CDI yang menggunakan Mesin V6 2.8L diesel dengan variable
geometry turbocharger (VGT) dan common rail berhasil mencatat 3 rekor
uji ketahanan dunia. Mobil ini mampu menyelesaikan 100.000 mil (160.000 km)
dengan kecepatan rata-rata mencapai 224.823 km/jam.
2 mobil lainnya yang identik berhasil memecahkan rekor yang sama untuk
menyelesaikan 100.000 km dan 50.000 mil(80.000km). (semua rekor ini
diresmikan oleh FIA).
Mercedes-Benz adalah penemu dari sistem yang dinamakan Pre-Safe, yang
gunanya untuk mendeteksi adanya kecelakaan tak terduga dan menyiapkan
sistem pengaman mobil sehingga bisa merespon dengan tepat.
Teknologi ini juga dapat menghitung berapa tenaga rem yang diperlukan
untuk menghindari kecelakaan pada situasi kritis, langsung bekerja saat
pengendara menekan pedal remnya. Para penumpang juga diamankan dengan
mengencangkan sabuk pengaman, menutup sunroof dan jendela, dan mengubah
posisi tempat duduk ke posisi optimal.
Sederet penemuan perangkat keamanan membantu Mercedes-Benz memenangkan
penghargaan Safety Award di penghargaan "What car?" tahun 2007.
Sumber :
Wikipedia Bahasa Indonesia
_____________________________________________________
Sekilas sejarah tentang Mercedes-benz di indonesia
_____________________________________________________
Mercedes-benz adalah sebuah merek mobil yang diproduksi oleh DaimlerChrysler,
DaimlerChrysler adalah perusahaan mobil tertua didunia, karena merupakan
satu-satunya perusahaan mobil tertua didunia mobil hasil produksi daimler
chrysler terkenal memiliki kualitas yang paling tinggi.
Tahun 1894
Kendaraan Mercedes-Benz pertama di Indonesia, Benz-Model Phaeton
(2000 cc 1 silinder 5 hp untuk delapan orang), dimiliki oleh
Susuhunan Surakarta
Tahun 1907
Pertama Daimler-Britse Daimler (4 cylinder 45 hp) kendaraan di
Indonesia, yang dimiliki oleh Susuhunan Solo
Tahun 1970
Kerja Sama antara Mercedes-Benz dan Volkwagen untuk merakit kendaraan
di Jakarta
Dimulainya perakitan kendaraan Mercedes-Benz Komersial di Tanjung Priok
Pendirian PT Star Motor Indonesia sebagai agen tunggal dari Daimler-Benz AG
di Indonesia, berlokasi di Jl. Cik Ditiro, Jakarta
Pendirian PT Jerman Motor Manufacturing sebagai Produsen dan Assembler
produk Daimler-Benz di Indonesia, berlokasi di Tanjung Priok, Jakarta Utara
Tahun 1973
Dimulainya Mercedes-Benz penumpang perakitan mobil di Tanjung Priok
Tahun 1978
Pendirian Pabrik di Wanaherang Bogor (50 km dari Jakarta)
Peresmian Apprentice Pusat Pelatihan dan After Sales Service di Ciputat
Tahun 1979
Dimulainya kerjasama antara Bus manufaktur di Wanaherang Plant dengan
Volkswagen
Tahun 1981
Dimulainya manufaktur truk
Tahun 1982
Peresmian PT Jerman Motor Manufacturing di Wanaherang
Tahun 1983
Pendirian PT Star Engines Indonesia di Wanaherang
Tahun 1985
Dimulainya perakitan mesin Mercedes-Benz oleh PT Star Engine Indonesia
Tahun 1996
Mengakuisisi Sertifikasi ISO 9001. Para produsen pertama yang
terakreditasi di Indonesia
17 Nov 1998
Penggabungan DaimlerChrysler Indonesia Daimler-Benz AG dengan Chrysler Corp USA
Maret 2000
Akuisisi PT Star Engine Indonesia dengan PT Motor Manufacturing Jerman
Jun 2000
PT Star Motors Indonesia menjadi PT DaimlerChrysler Distribution Indonesia
PT Jerman Motor Manufacturing Indonesia menjadi PT DaimlerChrysler
31 Jan 2008
PT DaimlerChrysler Indonesia menjadi PT Mercedes-Benz Indonesia
PT DaimlerChrysler Distribution Indonesia menjadi PT Mercedes-Benz
Distribution Indonesia
Sumber :
http://teknologi.kompasiana.com/otomotif/2011/05/15/mercedes-benz-mobil-mewah-terbaik-indonesia-sejarah-364208.html
____________________________________________________________
Marcedes Benz OH 1521, OH 1525, OH 1526, OH 1626 dan OH 1830.
____________________________________________________________
* OH 1521 (Kurang Lebih Rp. 599.000.000,-)
PT. Mercedes-Benz Indonesia (MBI), merevitalisasi kembali bisnisnya
di segmen komersial, yaitu memasarkan sasis untuk bus premium. Sebagai
bukti, setelah meluncurkan sasis bus paling top, OH 1526 Euro3, pada akhir
Januari lalu, disusul dengan OH 1521 Euro3.
Khusus untuk peluncuran OH1521 akhir minggu lalu di Bandung, MBI
mengundang para pemilik armada di Pulau Jawa, Bali, Lombok dan Sumatera,
terutama dari perusahaan otobus (PO) untuk melihat dan mencoba langsung
produk bus tersebut. Mereka juga diberi kesempatan mencoba OH1526 yang
menggunakan mesin 6 silinder atau kapasitas lebih besar untuk angkutan
jarak jauh atau antara propinsi.
Lebih Irit
Sebenarnya, OH1521 bukan produk total baru. Versi yang baru saja
diluncurkan menggunakan mesinnya sudah memenuhi standar emisi Euro3
(sebelumnya Euro2). Mesin 4 silinder ini, selain ramah lingkungan,
juga lebih irit konsumsi bahan bakarnya. Berdasarkan spesifikasi yang
dikeluarkan MBI, kendati tenaga mesin tidak berubah, namun torsinya naik
12 persen. Hasilnya, konsumsi bahan bakar lebih irit 36 persen.
Di segmen komersial, saat ini Mercedes-Benz hanya mengandalkan sasis
untuk bus. Sedangkan untuk truk, terutama di kelas 2 ton, tidak lagi
ikut bermain. “Sudah ada Mitbusihi yang kebetulan saat ini memdominasi
pasar truk di Indonesia dan satu grup dengan kita,” jelas Rudi
Borgenheimer, CEO dan Presdir PT MBI. Karena itulah, MBI konsentrasi
pada sasis bus premium.
Tiga Varian
Saat ini MBI memasarkan tiga jenis sasis untuk bus, yaitu OH 1518,
OH 1521 dan 1525 (sekarang digantikan oleh OH1526). Pada kuartal
pertama, MBI telah berhasil menjual 130 unit sasis secara ritel,
paling banyak adalah OH1525, 115 unit. Menurut MBI dengan penjualan
sebanyak itu, Mercedes-Benz menguasai pasar sasis bus 51 persen.
Melihat perkembangan penjualan berbagai kategori kendaraan selama
kuartal pertama 2010 dan terjadinya perubahan trendangkutan penumpang
ke bus besar, plus makin gencarnya parawisata di Indonesia, MBI yakin
tahun ini bisa menjual paling tidak 850 unit sasis bus.
Dijelaskan pula, tiga varian sasis bus yang dipasarkan Mercedes-Benz,
OH1518 untuk jarak sedang dan dekat. Sedangkan OH1521 untuk jarak
sedang atau parawisata. Sedangkan OH1526 untuk jarak jauh dengan
medan lebih berat. “Karena itulah kita menggunakan mesin lebih beasar,
6 silinder. Tenaganya lebih besar dari OH1521 yang diluncurkan
sekarang ini,” Rudi.
Kedua sasis bus terbaru ini, dijual dengan harga off-road Rp 599 juta
untuk OH1521 dan 639 juta untuk OH1526. Untuk bodi, Mercedes-Benz
mempercayai pada beberapa koroseri di Bogor, Magelang dan Malang.
“Kendati demikian, kita tetap mengontrol kualitasnya,” jelas Yuniadi
H. Hartono, Deputy Pemasaran PT MBI.
Spesifikasi
OH1521 OH1526
Mesin
4-silinder, Euro3
(OM 924LA) 6-silinder Euro3
(OM 906 LA)
Kapasitas (cc)
4.800 6.374
Tenaga (kw/PS @rpm)
155(210) @2.200 194 (260) @2.200
Tosi maks (Nm @rpm)
740 @1.480–1.600 950 @1.200-1.600
Berat – GWV (kg)
15.000 15.000
Kecepatan maks kpj
120 120
Daya tanjak %
34 36
Kapasitas tangki BBM liter 300 300
ZBJ
Sumber :
http://bismania.org/buletin/berita-pengumuman-kegiatan/mercedes-benz-luncurkan-oh-1521-euro-iii/
* OH 1525 (Kurang Lebih Rp. 645.000.000,-)
Tahukah Anda :
Kenapa Jatah Solar Mercedes Bens Seri 1525 OH lebih sedikit dari 1521 OH
Intercooler. Ada pertanyaan yang muncul dari salah satu teman yang
menanyakan kenapa jatah solar bis Mercedes Bens (MB) 1521 intercooler
dan MB 1525 Electric berbeda, jatah solar untuk MB 1525 electric cenderung
lebih sedikit padahal secara logika engine/mesin baru dengan kapasitas 6374
cc harusnya membutuhkan asupan solar lebih banyak, tapi kenyataannya malah
ngga tuh!
1a2288d12a4f08f576c4dad7ec57d9c4
Berikut contoh perhitungan perbedaan solar antara MB 1521 Intercooler
dan MB 1525 Electric:
MB 1521 Intercooler (5958 cc) jatah solar 890 liter untuk trayek
Bogor – Padang PP, Jarak Bogor – Padang adalah 1460 km = 2920 km PP,
Jadi jatah solar/km adalah jarak tempuh PP/Jatah solar PP = 2920 km/890
liter = 1 liter : 3,28 km atau 1 liter = 3 km
MB 1525 Electric (6374 cc) jatah solar 790 liter untuk trayek Bogor – Padang
PP, Jarak Bogor – Padang adalah 1460 km = 2920 km PP, Jadi jatah solar/km
adalah : jarak tempuh PP/jatah solar PP = 2920 km/790 liter = 1 liter :
3,69 km atau 1 liter = 3,5 km
0fb35bdafd12b0d43b69cdeb91a191c4
Benz OH 1521
Dari hasil perhitungan diatas disimpulkan bahwa, MB 1525 lebih irit
dibanding MB 1521, sedangkan tenaga yang dihasilkan jauh lebih besar,
soal bagaimana performanya MB 1525 OH? Nah sekarang, kenapa MB 1525 OH
bisa lebih irit? Ini dia penjelasan teknisnya
Sistem penyemprotan BBM pada Mercedes dengan mesin seri 300 seperti pada
MB 1521 Intercooler dengan mesin OM-366LA, masih menggunakan sistem
injection pump manual sehingga terdapat banyak kekurangannya bila
dibandingkan dengan sistem injeksi elektronik pada seri 900 seperi pada
kenapa OF 8000 dengan mesin seri OM-904LA, OH 1525 dengan mesin seri OM-906LA,
XBC 1518 dengan mesin seri OM-904LA, IBC-1632 dengan mesin seri OM926LA,
antara lain:
Takaran penyemprotan BBM ke ruang bakar pada seri 900 susah sesuai dengan
kebutuhan mesin, hal ini terlihat dari sedikitnya asap karbon yang keluar
pada knlapot, beda dengan seri 300 yang asapnya lebih banyak, terlebih
lagi saat aklearasi.
Pada saat deklearasi atau lepas gas terlebih lagi saat turunan, kontrol
unit mesin seri 900 akan mematikan sistem penyemprotan sehingga tidak
ada solar yang disemprot ke ruang baker, kondisi ini berbeda dengan seri
300 yang masih menyemprotkan BBM saat deklearasi. Jadi jelas kenapa
OF 8000, OH 1525, XBC 1518 , IBC-1632 lebih hemat BBM dibanding dengan
abang-abangnya yang masih menggunakan seri mesin 300
Sumber :
http://bismania1.blogspot.com/2012/07/mercedes-bens-oh-1525-lebih-irit-dari.html
* OH 1526 (Harga Kurang Lebih Rp. 647.000.000,-)
...........................
Satu hal yang menarik perhatian saya setiap kali melihat bus Mercy OH1526,
adalah mesinnya yang mampu menghasilkan emisi standar EURO 3. DH Salut dan
sangat mengapresiasikan langkah yang diambil Mercedes-Benz.
Disaat gonjang-ganjing pro dan kontra rencana pemerintah menaikkan level
emisi gas buang menjadi EURO 3. Disaat masih banyak banget kendaraan umum
maupun pribadi yang nggak lolos uji emisi. Disaat blog-blog otomotif
(khususnya roda dua) mempergunjingkan instalasi perangkat injeksi.
Tanpa banyak koar-koar Mercedes-Benz sudah lebih dahulu ‘sadar diri’
dan siap menyongsong era langit biru. Salut empat jempol kaki dan
tangan dari DH.
Mengenai aspek teknis, sasis OH 1526 sebenarnya adalah pengembangan
dari pendahulunya OH 1525.
Terbukti dari basis mesinnya masih sama plek. Tipenya OM906LA 6 silinder
sebaris, plus perangkat doping khas mesin diesel turbocharger. Pun ada
Intercooler yang bertugas mendinginkan aliran angin yang dimampatkan
sebelum ditendang turbo. Manttaaappp!!!
Dengan komposisi ini OH 1526 mampu memproduksi daya maksimal hingga 260 hp,
dan torsi badak khas diesel sebesar 950 nm@1200-1600 rpm.
Untuk menyalurkan tenaga ke roda, dikaryakanlah sebongkah girbok tipe G-85
pengoperasian manual 6 percepatan maju, dan 1 percepatan mundur.
Lantas apa perbedaan mendasarnya dibanding mesin OH 1525?
Jawabannya adalah pada sistem manajemen mesin. OH1526 menggunakan ECU terbaru,
yang telah diseting ulang agar lolos standar emisi euro 3, namun menghasilkan
daya tenaga yang lebih besar dibanding pendahulunya. Perbedaan outputnya
mencapai 20 hp. Mantaaappp!!!
Tak hanya itu, pabrikan Mercedes-Benz mengklaim OH 1526 mampu mengirit
BBM hingga 15%.
Kelebihannya belum lah habis. Sasis OH 1526 juga mendapatkan revisi
suspensi. Mercedes-Benz menjamin bantingan lebih empuk, dan juga lebih
lincah dalam menaklukkan tikungan dibanding pendahulunya.
Hmmmm…semoga nggak disalah gunakan driver bus malam speed freak yang
suka ugal-ugalan di Pantura.
Saya jadi membayangkan apa jadinya jika OH1526 dilengkapi dengan
suspensi udara? Pasti tambah top-markotop. Serasa naik sedan pribadi xixixixi…
Satu impian saya yang belum kesampaian. Kepingin naik bis malem yang
nyaman full-option tujuan Bali dari Jakarta. Penasaran aja kayak apa
rasanya dibanding naik pesawat. Dari segi waktu tempuh naik bus jelas
kalah telak, tapi kan ‘sensasi’nya sangatlah berbeda.
Apakah suatu saat nanti impian saya menjadi kenyataan diatas OH 1526?
Well…who knows?
Sumber :
http://duniahariyadi.wordpress.com/2012/02/03/bus-mercedes-benz-oh1526-mantap/
* OH 1626 ( (Harga Kurang Lebih Rp. 639.000.000,-)
JOGJAKARTA (DP) — Mercedes Benz Indonesia meluncurkan produk
barunya untuk kendaraan niaga. Mereka meluncurkan chassis bus
OH 1626 yang memakai suspensi udara sebagai kelengkapan standar.
Selain chassis baru bus OH 1626, diperkenalkan chassis OH 1830 pula.
Peluncuran dilakukan di Jogjakarta pada 11 Mei 2012. Dua chassis
baru ini membuat Mercedes-Benz Indonesia akan semakin memperluas
jajaran produk kendaraan bus ramah lingkungan berstandar Euro 3.
Mercedes-Benz klaim konsumsi bahan bakar lebih efisien, ramah
lingkungan, tenaga besar dan semakin nyaman dengan hadirnya
suspensi udara (Air Suspension) pada tipe OH 1626 dan OH 1830.
Chassis terbaru ini juga memiliki kelebihan berupa space frame.
Ini memungkinkan bus dibangun dengan kapasitas bagasi bawah yang
jauh lebih besar daripada pendahulunya tanpa terhalang oleh chassis.
“Chassis OH 1626 bisa dipanjangkan sehingga memiliki kelebihan bagasi
lebih besar. Selain itu ada air suspension dari pabrik yang telah
diuji dan menambah kenyamanan,” kata Diyanto Prayudiman, Bus Sales
Manager Mercedes-Benz Indonesia, di Sheraton Hotel, Yogyakarta.
Chassis Bus OH 1626 bermesin 6-silinder segaris, berstandar Euro 3,
memiliki torsi 950 Nm sejak 1200 – 1600 rpm dengan tenaga 260 hp
pada 2200 rpm. OH 1626 dipasarkan dengan harga Rp 749.000.000
(off-the-road).
Sedangkan chassis bus OH 1830 bermesin 6-silinder segaris, yang
berstandar Euro 3, dengan torsi sebesar 1200 Nm sejak 1400 rpm
dengan tenaga 300 hp pada 2200 rpm. OH 1830 dipasarkan dengan
harga Rp 919.000.000 (off-the-road).
Kini, Mercedes Benz Indonesia telah memiliki empat pilihan produk
di segmen rear engine luxury bus: OH 1521, OH 1526, OH 1626 dan
OH 1830. Mercedes Benz Indonesia pun menargetkan minimal 50 persen
pasar luxury bus .
“Tahun ini OH 1626 produksi sekitar 400 unit dan sudah ada
pelanggan-pelanggan di belakangnya tersebar di seluruh Indonesia
tapi sebagaian besar pembelinya di Pulau Jawa sekitar 80 persen,”
kata Diyanto.
Namun untuk chassis OH 1830, Diyanto mengatakan bahwa belum
secara resmi diluncurkan.”Sejauh ini diproduksi 50 unit namun
telah dimiliki beberapa perusahaan bus,” tukasnya. (dp/REK)
SUMBER :
http://dapurpacu.com/mercedes-benz-indonesia-luncurkan-chassis-bus-barunya/
OH 1830. (Harga Kurang Lebih Rp. 919.000.000,-)
Chasis dan Mesin Mercedes Benz
Full Chasis Mercedes-Benz MB OH 1830
Mercedez-Benz mengeluarkan banyak varian untuk mesin diesel yang
dipasang pada busnya. Mulai dari seri 300 sampai seri 900. Sebelum
berbicara lebih lanjut, ada baiknya pembacaan seri mesin dimengerti
terlebih dahulu, misal:
OM 906 LA
OM : Mesin diesel
906 : angka 900 merupakan mesin
seri 900 dan angka 6 merupakan
jumlah silindernya, kalo xx4 ya
berarti 4 silinder
L : intercooler
A : Turbocharger
Di Indonesia ada beberapa seri yang dipasang pada chassis bus
Mercedes-Benz antara lain :
Seri 300
1. OM352
OF1113/42 130HP
OF1113/44 130HP
OF1113/45 130HP
OF1113/51 130HP
2. OM352A
OH1113/34 150HP
3. OM366
OF1113/45 145HP
OH1113/51 145HP
4. OM366A
OF1113/45 170HP
OF1518/52 180HP
OH1113/51 180HP
OH1113/51 170HP
OH1518/51 180HP
OH1518/60 180HP
5. OM366LA
OF1521/52 210HP
OH1521/60 210HP
OH1521/51 210HP
Seri 900
1. OM904LA
OF8000 152HP
OH1518 XBC 180HP
2. OM924LA
OH1521E3 210HP
3. OM906LA
OH1725 250HP
OH1525 250HP
OH1526 260HP
OH1626 260HP
4. OM926LA
OH1632 320HP
OH1830 300HP
Seri 400
~ OM457LA 1836 360 HP
Dalam membahas bisnya MB jangan dicampur adukkan antara seri chassis
dan seri mesin. Seri chassis itu misalnya OH-1518, OH-1521, OH-1525,
OH-1725 dll. Sedangkan seri mesin kodenya OM. Chassis yang berbeda
bisa jadi menggunakan mesin yg basisnya sama atau bahkan persis sama.
OH-1518 dan OH-1521 menggunakan mesin seri OM-366, bedanya OH-1518
menggunakan OM-366A sedangkan 1521 menggunakan OM-366LA. Perbedaan
keduanya hanya terletak di intercooler (berkode L). Bahkan pada
OH-1525 & OH-1725, atau jika nanti bakal keluar OH-1526, ketiganya
sama2 menggunakan mesin OM- 906LA. Tetapi seri chassis yang sama
(OH-1518 misalnya) bisa jadi menggunakan mesin yg berbeda.
OH-1518 lama menggunakan OM-366A, sedangkan OH-1518 baru (XBC)
menggunakan mesin OM-904LA.
* O500R 1836 (Harga Kurang Lebih Rp 1,039 milyar)
ini PT Mercedes Benz Indonesia (MBI) mengumumkan harga resmi
kedua produk komersial anyarnya, minibus Sprinter dan sasis
bis O 500 R 1836.
Harga yang ditawarkan adalah Off the road. Pada sasis diluar
bodi tipe O 500 R 1836 dilepas Rp 1,039 milyar. Kemudian
Sprinter A2 14 seat Rp 809 juta, Sprinter A3 20 seat
Rp 799 juta dan Sprinter A4 22 seat Rp 845 juta.
Seperti diketahui, MBI melepas minibus Sprinter dengan
mengutamakan kenyamanan. Antara lain berkat aplikasi pijakan
pintu yang rendah, pintu geser otomatis, tinggi interior 1,9 m
dan sound sistem mumpuni untuk menghibur penumpang.
"Tak hanya itu, Sprinter ini didukung oleh kekuatan mesin
diesel 2.2 liter hemat bbm yang bertenaga 150 dk dan torsi
330 Nm. Dengan torsi tinggi, membuat mobil ideal untuk
berbagai kondisi jalan di Indonesia. Mulai dari jalan bebas
hambatan dan tanjakan terjal," papar Olaf Petersen, Direktur
Penjualan Kendaraan Komersial MBI.
Sedangkan sasis bis O 500 R 1836 diperuntukan bagi perusahaan
transportasi yang berminat menghadirkan kenyamanan dan keamanan
bagi penumpangnya.
Bis ini sudah dilengkapi stabiliser pada axle depan dan belakang.
Untuk fitur keselamatan di jalan, bus ini juga sudah menggunakan
sistem pengereman full air brake yang dilengkapi dengan anti-lock
braking system (ABS), exhaust brake dan top brake. Fitur lainnya
adalah electronic tachograph. (Mobil.otomotifnet.com )
Sumber :
http://mobil.otomotifnet.com/read/2013/06/03/341459/166/1/Ini_Harga-Harga_Bis_Mewah_Mercedes_Benz_Indonesia
___________
Penutup
___________
Demikian infonya para kawan. Semoga dapat membantu dalam
pemilihan bus mudik lebaran 1434 H ini.
Selamat Malam...!
________________________________________________________
Cat :
http://hargahargamobil.com/merek/mobil-mercedes-benz/harga-bus-baru-mercedes-benz-2012.html/
Link Affiliasi: http://ngeklik.com/?id=parlin72
No comments:
Post a Comment