Friday, December 23, 2016

Sejarah Klakson Telolet



#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak info sekitar Klakson Bus sekaligus menikamti
suara, bunyi, atau jeritan ke-hebohannya)
________________________________________________________













__________________

Kata Pengantar
__________________

"Telolet...lolet...telolet...telolet lolet...
Telolet...lolet...telolet...telolet lolet...

Tet...!
Lolet...lolet...
Telolet...lolet...telolet...telolet lolet..."

Kira-kira demikian gambaran Klakson bus Nusantara di
pikiran penulis dari Tahun 40 - 70'an dari hasil
cerita para orang tua tanah Batak Angkola yang secara
umum lebih dikenal dengan "Sinegernegeri"

Dengan kata lain...!

Bunyi klakson bus pada masa ini masih terasa nilai
seninya, karena bunyi klaksonnya tidak monoton.

Ehem...ehem...ehem..

...dan...

Ehem...!

Entah apa yang terjadi pada Bus Nusantara

"Tet...!
Tetet,,,!
Te...te...te...te..tetet....!"

Kira-kira demikian gambaran Klakson bus Nusantara yang
penulis ketahui dari Tahun 80'an - 2010'an.

Bunyi klakson bus ini sepertinya sangat monoton. Bahkan
terkesan menjengkelkan karena tak ada sedikit-pun nilai
seni dalam bunyinya.

Jika ditangga nadakan Bunyi Klakson Bus pada masa ini,
hanya bisa berbunyi "Re". Tak bisa berbunyi "mi. pa, so,
la, si dan do".

Karena itu...!

Tak heran jika Klakson Bus pada masa ini tak terlalu
diperdulikan orang. Karena tak ada kesan minta di
perdulikan.

Dan ikibatnnya...!

Bus pada masa ini banyak yang terbalik, banyak yang masuk
jurang, karena Klakson busnnya bukan menyuruh orang lain
untuk minggir, untuk keluar dari jalur bus, tapi justru
membuat bus itu sendiri terpaksa keluar dari jalurnya
karena takut menabrak orang. Dunia...dunia...!

Para kawan sekalian...!

Waktu-pun berlalu, hingga memasuki tahun 2010 - Sekarang.
Dan ternyata Klakson bus itu berkembang, bunyinya tidak
lagi hanya sebatas Telolet..telolet atau Tet..tetet...!

Tapi justru bisa berbunyi :

- Jangan Clean di jalan itu, mau mati Clean yah...!
  (= Telet..telolet. Teloletlolet...lelet...!)

- Kepinggir semua kalau tidak ingin saya tabrak...!
  (= Neneng..neneng...neng. Neneng..neneng...nengggggg...!)

- Buru dikit. Belanda sudah dekat. Awas polisi di Depan...!
  (Berrrrrr,....eue...ue...tiutttt....tututututut...ttt. Tut...!

- Dan lain sebagainya bunyi itu kawan, sehingga kalau di
  bahasa batakkan bunyi Klakson Bus pada masa kini hamir
  sama dengan "Matubekbek" Boru Batak. Tapi jangan Clean
  bilang-bilang yah.

Para kawan sekalian...!

Karena Klakson bus pada masa sekarang sama dengan matubekbek
maka tak heran, orang yang mendengarnnya-pun banyak yang :

- Menjadi bingung
 (Ini Bus mau mencari sewa atau mau pamer kehebatan).

- Menjadi Tertawa
  (Karena variasi bunyinya banyak dan tak jarang terdengar
  sangat lucu)

- Menjadi kesal
  (Bukan tidak mungkin sorang bayi yang lagi tidur nyeyak
  menjadi terbangun garagara kalkson ini).

...dan...

Sepertinya menjadi saingan bagi Klakson atau suara dari
mobil-bobil ambulance dan polisi.

Kawan-kawan sekalian...!

Berikut info kelengkapannya.

...dan...

Selamat menyimak...!

______________________________

Sekilas info tntang Klakson
______________________________








Ket :
Ilustrasi Klakson bus Sibualbuali (bus lainnya)
tahun 50 ,60, 70'an

* Pengertian

Klakson adalah trompet elektromekanik atau sebuah alat
yang membuat pendengarnya waspada.

Biasanya klakson digunakan pada kereta, mobil dan kapal
untuk mengkomunikasikan sesuatu, di mana biasanya pada
negara maju,digunakan untuk memperingati pengendara yang
kurang tertib atau jika pengendara lain diprediksi akan
menyebabkan kecelakaan.

Sedangkan di negara berkembang, klakson memberi tahu
pendengarnya bahwa ada kendaraan yang datang, mengingatkan
akan kemungkinan bahaya yang terjadi,ingin mendahului,
atau menyatakan perasaan emosional. (MK)


* Cara Kerja Klakson











Ket :
Aksi Bus ALS Klakson Telolet Zig Zag Bikin Bingung
Pengendara Motor - YouTube

Suara khas dari klakson ketika ditekan berasal dari sebuah
elektromagnet yang digunakan untuk menggerakan baja spiral.

Jika elektromagnet tersebut diberi arus, spiral tersebut
bergerak ke arah magnet. Ketika spiral berpindah di titik
maksimum ke arah magnet, sambungan dilepaskan yang
menyebabkan arus berhenti untuk beberapa saat dan
menyebabkan baja spiral tersebut mengendur.

Setelah itu, elektromagnet kembali begerak ke arah besi.
Siklus ini terjadi berulangkali dan menyebabkan baja
spiral berosilasi kembali yang menghasilkan suara
klakson tersebut.

* Sejarah Klakson






Ket :
HEBOH!!! Haryanto HR 26 -New Tatto 505- di Terminal Poris -
Klakson telolet, strobo, & sirine polisi - YouTube

Klakson elektrik ditemukan oleh Miller Reese Hutchison yang
merupakan kerabat Thomas Edison.Klakson di terapkan pada
mobil mulai tahun 1908. Pertama kali klakson ini dipasang
pada mobil pribadi yang arus listriknya berasal dari
baterai sel kering berkekuatan 6 volt, dan pada tahun 1911
arus listrik untuk membunyikan klakson menggunakan baterai
yang bisa diisi ulang. (MK)

* Aturan Klakson












Ket :
Perang Telolet Semua Bus Premium Class Pandawa87 - YouTube

Pihak berwenang sudah mempunyai aturan yang ditujukan
kepada produsen kendaraan bermotor untuk membedakan bunyi
klakson sesuai dengan ukuran kendaraannya.

Peraturan tersebut berguna untuk mengidentifikasi jenis
kendaraan yang datang. Sebagai contoh bunyi klakson truk
atau bus berbeda dengan mobil sedan, biasanya suara klakson
pada bus atau truk terdengar jauh lebih dalam dan lebih
kencang. Jadi pengemudi kendaraan lain bisa lebih waspada
karena tahu kendaraan apa yang akan melewatinya.

* Bahasa Lain Klakson


Asal kata klakson berasal dari bahasa yunani kuno yaitu
klazo yang artinya menjerit. Di sebagian besar negara dalam
bahasa sehari-hari mereka menyebutnya car horn.

Di Romania dan Belgia mereka menyebutnya claxon, lalu di
Perancis mereka menyebut klakson dengan ejaan klaxon. (MK)

_____________

Penutup
_____________

Demikian infonya para kawan sekalian...!

...dan...

Selamat malam...!













___________________________________________________________
Cat :





No comments:

Post a Comment