Monday, May 29, 2023

Sekilas info tentang Lilin dan Tugu Lilin

 Sekilas info tentang Lilin dan Tugu Lilin









*Pemahaman Awal

Lilin adalah sumber penerangan yang terdiri dari sumbu yang diselimuti oleh bahan bakar padat yang mudah terbakar. 


Sebelum abad ke-19, bahan bakar yang digunakan biasanya adalah lemak sapi (yang banyak mengandung asam stearat).


Sekarang yang biasanya digunakan adalah parafin. Sebelum penemuan penerangan listrik, lilin dan lampu minyak biasa digunakan untuk penerangan. 



https://s.lazada.co.id/s.krMNM?cc


Di daerah tanpa listrik, lilin masih digunakan secara rutin sebagai salah satu sumber penerangan. 


Dengan menyebarnya penerangan listrik, saat ini lilin lebih banyak digunakan untuk keperluan estetika, misalnya perayaan ulang tahun, pewangi ruangan, makan malam yang romantis, tujuan keagamaan atau ritual, penerangan darurat saat listrik padam, dan sebagainya.


*Tugu Lilin

Tugu Lilin adalah sebuah tugu yang berada di Kota Surakarta.Tugu ini dibangun dengantujuan yaitu untuk memperingati 25 tahun lahirnya hari kebangkitan nasional. Penghitungan ini dimulai sejak berdirinya perkumpulan Budi Utomo yang diselenggarakan pada tanggal 20 mei 1908 silam tepat pada pukul 09.00 pagi di salah satu ruang di Jakarta yaitu, STOVIA. Ruang tersebut kini dinamakan Museum Kebangkitan Nasional.


Sejak 1928 Budi Utomo resmi menjadi bagian dari PPPKI,sebuah federasi perkumpulan pergerakan politik yang diprakarsai oleh PNI dibawah pimpinan Soekarno.Pada bulan April 1933 PPKI mengadakan rapat di Kota Surakarta.



https://s.lazada.co.id/s.krlr2?cc


Pada rapat tersebut dikemukakan sebuah gagasan dengan kesepakatan untuk mendirikan sebuah tugu yang digunakan untuk memperingati ke 25 tahun Kebangkitan Nasional di Kota Solo. 


Menantu Pakubuwana X, yakni KRT Woerjaningrat yang saat itu merupakan ketua Boedi Oetomo mendapatkan tugas untuk membangun sebuah monumen bersejarah dalam pergerakan tersebut. Komite Tugu Kebangsaan pun segera dibentuk dengan tujuh orang anggota dan diketuai oleh Mr. Singgih.

_____

Cat : Wiki Indo




https://s.lazada.co.id/s.krltX?cc


No comments:

Post a Comment