Selasa, 01 Mei 2012

"KI HAJAR DEWANTARA"

#SELAMAT SIANG PARA DONGAN#
(Mangaligi Sejarah Tokoh Pendikan Nasional Indonesia) _______________________________________________________________








Dongan ale dongan, pada Hari Pendikan Nasional ini, saya tertarik menyajikan informasi yang berhubungan dengan pendidikan, khususnya mengenai Ki Hadjar Dewantara sebagai tokoh pendidikan nasional.

 Tujuannya, untuk mengingat kembali bagi kita semua betapa pentingnya meningkatkan pendidikan dilihat dari perjuangan tokohnya. Semoga informasi yang tersaji memberi manfaat.
___________________________________

Ki Hadjar Dewantara Lahir dan wafat
___________________________________






















- Lahir di Yogyakarta, 2 Mei 1889
– Meninggal di Yogyakarta, 26 April 1959 pada umur 69 tahun
- Soewardi berasal dari lingkungan keluarga Keraton Yogyakarta. Ia menamatkan pendidikan dasar di ELS (Sekolah Dasar Eropa/Belanda). Kemudian sempat melanjut ke STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputera), tapi tidak sampai tamat karena sakit. ___________________________________

Aktivitas Ki Hadjar Dewantara
___________________________________

Dongan ale dongan...!

- Beliau adalah aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia

- Ia juga aktif dalam organisasi sosial dan politik. Sejak berdirinya Boedi Oetomo (BO) tahun 1908, ia aktif di seksi propaganda untuk menyosialisasikan dan menggugah kesadaran masyarakat Indonesia (terutama Jawa) pada waktu itu mengenai pentingnya persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara.

- Ia juga menjadi anggota organisasi Insulinde, suatu organisasi multietnik yang didominasi kaum Indo yang memperjuangkan pemerintahan sendiri di Hindia Belanda.

- Ia adalah pendiri Perguruan Taman Siswa, suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi jelata untuk bisa memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi maupun orang-orang Belanda.

- Ia juga pernah bekerja sebagai penulis dan wartawan di beberapa surat kabar, antara lain, Sediotomo, Midden Java, De Expres, Oetoesan Hindia, Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer, dan Poesara. Pada masanya, ia tergolong penulis handal. Tulisan-tulisannya komunikatif dan tajam dengan semangat antikolonial.

- Kolomnya yang paling terkenal adalah "Seandainya Aku Seorang Belanda" (judul asli: "Als ik een Nederlander was"), dimuat dalam surat kabar De Expres pimpinan DD, tahun 1913. Isi artikel ini terasa pedas sekali di kalangan pejabat Hindia Belanda. Berikut Video Pendukungnnya :


_________________________

Hari Pendidikan Nasional
_________________________

- Tanggal kelahirannya diperingati di Indonesia sebagai Hari Pendidikan Nasional. Bagian dari semboyan ciptaannya, tut wuri handayani, menjadi slogan Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia.
______________________

Penghargaan Pemerintah
______________________

- Potret dirinya diabadikan pada uang kertas pecahan 20.000 rupiah tahun emisi 1998.
- Ia dikukuhkan sebagai pahlawan nasional yang ke-2 oleh Presiden RI, Soekarno, pada 28 November 1959 (Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 305 Tahun 1959, tanggal 28 November 1959)
- Namanya diabadikan juga sebagai salah satu nama kapal perang Indonesia, yaitu KRI Ki Hajar Dewantara.


___________

Kesimpulan
___________

Dongan ale dongan...!

- Semboyan yang dipopulerkan Ki Hajar Dewantoro dalam memajukan pendidikan Indonesia adalah "ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani.

- Artina dison, muda dijolo jadima contoh, muda ditonga-tonga mangalehen semangat, di bolakang magalehen dorongan. Tut wuri Handayani.

- Dengan bemodalkan on attong, semoga pendidikanta sannarion, apalagi tu masa nagot ro, sai murtumajuna manian, sahingga sude hita rap menikmatina, rap mangarasoina.

- Sahingga muse tarcapai hagiot ni Ki Hajar Dewantara on, songoni muse hagiot ni si "Sati Nasution" sangape "Willem Iskandar" sebagai tokoh pendidkan ta di Tapanuli.

Khususon tu para anggi yang masih dalam usia sikola :

- Gogoi hamu anggi namarsikolai, rajin hamu marsiajar, ulang sai nekat-nekat. Insya Allah saulakon marpangulak doi halojaon nai sikolahon munui. Botimada para anggi sasudena.

- Dan tu para orang tua :








"Selamat Siang...! Enter...!(rfs)
______________________________________________________
Cat : Sumber utama wikipedia Indonesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar