Tuesday, January 17, 2012

"ZIKIR DIBAGASAN PODA NALIMA"

#SELAMAT PAGI TAPANULI# 
(Sekilas Pendapat Pada Budaya-Tinjauan Agama )
__________________________________________________________

Marukir masojid goar ni Rasululloh
di ukir pak regar di atas kayu jati
marzikir berarti mengingat Alloh
mengingat Alloh tanda muslim sejati

Para kaum muslimin maslimat dimanapun berada, mohon ijin kasih pendapat mengenai hubungan ni zikir tu ate-ate/roha. Pendapat ini mohon di koreksi jika ada yang kurang pas. Trims sebelumnya.

Seperti kita ketahui salah satu poda sian poda na lima adalah "Paias Rohamu". Memahami pernyataan ini menimbulkan tanda tanya dalam diri saya, "bagai mana caranya paias roha?". Sepintas tergambar olehku lewat perkataan sehari hari saat di Angkola dulu. Mereka bilang ulang iba gut-gut, padao dokki, ulang margabus, ulang paoto- otohon....dst.

Dan terhadap hal ini sayapun setuju. Untuk pendalaman pengetahuan maka saya mencoba lihat dari sisi lain, yaitu sisi tinjauan agama islam. Dan ternyata saya temukan beberapa firman yaitu : "orang-orang yang beriman lagi hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati akan menjadi tenteram.” (QS Ar-Ra’du : 28).

"Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya." [QS Al Ahzab 33:41]

"Hai orang-orang beriman, janganlah hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barangsiapa yang berbuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang merugi." [QS Al Munaafiquun 63:9]

“Karena itu, ingatlah Aku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.” [Al Baqarah:152].

Memahami uraian-uraian di atas tergambar olehku bahwa yang dimaksud "Paias Rohamu" dalam poda nalima adalah padao gut-gut, padao dokki, padao gabus, padao paoto-otohon dan ingot hamatean dohot jangan lupa zikir. "...sada noma ubat na denggan, pabahat zikir ingot hamatean" ning Srimulyani vokalis Tapanuli sian kurnia music dalam lagu berjudul gut-gut.

Selamat pagi semua dan Selamat beraktifitas. Kakakakakaka....kkkk...ombus angin...enter.(rfs)

No comments:

Post a Comment