Saturday, November 3, 2012

"SEJARAH BECAK DUNIA SAMPE TU BECAK SIPIROK"

#SELAMAT MALAM PARA KAWAN"
(Melihat sejarah becak dunia sampai ke becak Sipirok)
Oleh : Team Diskusi Kompas
___________________________________________________

Para kawan...!

Selamat bermalam minggu. Berikut
sekilas info  via internet, pendapat
pribadi penulis dan hasil diskusi FB
di Kompas mengenai macam hal yang
berhubungan dengan becak.

Semoga memberi manfaat...!
__________________________________

Sejarah Penemu Becak Pertama Kali
__________________________________

Para kawan...! Ada tiga pendapat yang berkembang di dunia maya
ini mengenai "Si apa pertama kali yang menemukan becak" yaitu :

Pendapat pertama :
BECAK diyakini pertama kali beroperasi di Jepang, dengan
nama "Jinrikisha" sekitar tahun 1869. Kata Jinrikisha mulai
masuk dalam kamus Oxford English Dictionary tahun 1887.

Pendapat ke dua :
Becak ditemukan oleh Albert Tolman, seorang pandai besi dari
Amerika tahun 1848 di Worcester, Massachussets, untuk kepentingan
pekerjaannya sebagai misionaris.

Pendapat ke tiga :
Becak atau jinrikisha diciptakan oleh tiga orang, antaralain,
Izumi Yosuke, Suzuki Tokujiro, dan Takayama Kosuke pada tahun 1868.
Mereka terinspirasi pada penggunaan kuda penarik kereta yang populer
lebih dahulu.

Sejak tahun 1870, Pemerintah Jepang mengeluarkan izin produksi
serta penjualan jinrikisha bagi tiga penemu ini. Tahun 1872 ada
sekitar 40.000 jinrikisha beroperasi di Tokyo.
_________________

Asal kata becak
_________________

Pada situs http://best-sellerbooks.blogspot.com/2012/05/asal-usul-
becak.html dikatakan :

Di Indonesia, kata “becak” kemungkinan besar diambil dari dialek
Hokkien: be chia, yang berarti kereta kuda. Di Indonesia ada dua
jenis becak yang lazim digunakan, yakni becak dengan pengemudi di
belakang, jenis ini biasanya ada di Pulau Jawa. Serta becak dengan
pengemudi di samping. Jenis ini biasanya ditemukan di Pulau Sumatra.
_________________________________________

Sejarah Singkat becak masuk ke Indonesia
_________________________________________

hurahura.wordpress.com dalam tulisan yang berjudul "becak di
Batav ia dikatakan :

Belum begitu jelas bilamana becak dikenal di Indonesia. Diduga,
sebagaimana ditulis dalam www.majalah-historia.com, becak didatang
kan ke Batavia dari Singapura dan Hongkong pada 1930-an.

Pendapat lain mengatakan becak diperkenalkan dari Makassar ke
Batavia akhir 1930-an. Dasarnya adalah catatan perjalanan
seorang wartawan Jepang ke berbagai daerah di Indonesia,
termasuk Makassar.

Selanjutnya dikatakan :

Dalam terbitan 1937 itu disebutkan, becak ditemukan orang
Jepang yang tinggal di Makassar, bernama Seiko-san. Dia adalah
pemilik toko sepeda. Karena penjualan seret, dia memodifikasi
sepeda yang tak terjual itu menjadi kendaraan roda tiga.

Menurut majalah Star Weekly (1960), becak masuk ke Indonesia awal
abad ke-20 untuk keperluan pedagang Tionghoa mengangkut barang.
Pada 1937 becak dikenal dengan nama “roda tiga”. Sebutan becak
baru digunakan pada 1940 ketika becak berfungsi masal sebagai
kendaraan umum.
______________________________________

Sejarah Singkat Becak Padang Sidempuan
______________________________________

Akhir Matua Harahap, pada situs http://akhirmh.blogspot.com/
2012/01/sejarah-becak-vespa-padang-sidempuan.html mengatakan :

Awal mula Becak Vespa di Padang Sidempuan. Pada tahun 1971 (ketika
saya SD kelas 1) becak dayung mulai terlihat beberapa di jalan-jalan
kota. Kehadiran becak dayung ini di satu sisi seakan memperluas
fungsi sepeda dan di sisi lain menjadi pesaing baru bagi sadu
(delman). Becak dayung tumbuh sporadis bagaikan jamur di musim
hujan. Ini bisa dimengerti, karena sadu adalah suatu alat transpor
tasi yang memiliki investasi tinggi (karena harga kuda mahal).

Biasanya pemilik sadu adalah pemilik kuda. Beberapa diantara
pemilik kuda/sadu bahkan ada yang memiliki puluhan sadu/kuda.

Selanjutnya dikatakan :

Usaha becak dayung adalah suatu investasi yang relative lebih
murah dibandingkan sadu. Mobilitas penduduk dalam kota yang
semakin tinggi, pasokan becak dayung dari Medan, Tebing Tinggi
dan Kisaran semakin deras. Untuk memperkuat positioning becak
di dalam kota, sejumlah pemilik/pengusaha becak dayung membentuk
organisasi yang disebut Perbeda (Persatuan Becak Dayung).

Namun demikian, tidak lama setelah inovasi becak mesin motor
Honda mulai menjamur, di sana sini muncul beberapa bentuk becak
jenis baru yang kemudian dikenal sebagai Becak Vespa. Bentuk
Becak Vespa ini berbeda dengan becak mesin motor Honda (juga
dari merek Yamaha) yang menggunakan bak/kabin becak dayung,
tetapi lebih menyerupai kabin Becak Siantar. Dalam perkembangan
nya kabin Becak Vespa Padang Sidempuan mengalami modifikasi
ke arah rancangan yang berbentuk kapsul. Inilah protype awal
Becak Vespa Padang Sidempuan--suatu inovasi baru dalam dunia
becak dan sebuah revolusi dalam arsitektur becak modern.
___________________________________________________

Sejarah Becak Masuk Sipirok (Hasil diskusi Di Kompas)
___________________________________________________

Para kawan...! Jika Akhir Matua
Harahap mengatakan bahwa becak
vesva sudah mulai ada sekitar
1971 di Padang sidempuan,
maka saya berpendapat 1978
(Kurang lebih 5 tahun setelah
ada becak di PSP/ketika penulis
masih SD sudah ada becak
di Sipirok.

Yang saya ingat pada masa ini, adalah bengkel las yang ada di
tikungan jalan ke pasar/ depan sambal taruma dahulu. Di bengkel
ini pernah saya lihat memperbaiki becak mesin honda (merk
tak dapat saya pastikan apakah honda atau tidak).

Hal lainnya yang saya ingat, ketika saya SD kelas 6 juga sudah
sering naik becak mesin ini dari Pasar Sipirok dan sekitarnya
ke Anturmangan (Ibu saya boru Anturmangan).

Ketika hal ini saya turunkan sebagai status di  "Kompas/group
FB), ipari Muchlis Simatupang mengatakan :

Maksudna arokku mulai andigan adong beca beroperasi
do ate Ipar..?? Muda inda silap au dikisaran taon 78 / 79,,waktu
i dua dope,,kebetulan dua-dua par banjar bolakang pasar Sipirok
nappunasa,,sada ima Oppungi Par pucal (umak Pi'i) sada nai,
nahuboto goarna.

Sedangkan ipar Saiful Bakhri Sitompul mengatakan :
Nasada nai i, bagasnia di samping masin padi nai pasar
bolakang/tipa2, motor borompit (moge sannari) dopei, songon na
di siantari, huengot jungada hai tengget tu saba pasarmalam
di jaman najolo, memang sekitar 70an.

Dari hasil pengamatan penulis, perkembangan becak mesin di
Sipirok di era tahun 80'an cukup pesat. Nyaris semua desa
khususnya yang dekat kejalan besar (Jl. Tarutung Medan atau
jalan Merdeka salah satu anggota msyarakatnya sudah punya
becak.

Asumsi penulis terjadinya perkembangan becak ini disebabkan
jauhnya jarak antara desa-desa di Sipirok dengan pusat kota.
Sehingga tak dapat dipungkiri, becak ini memang sangat di
butuhkan.

Mengenai kondisi becak ini, perlu tidaknya dipertahankan di
Sipirok M. Simatupang melanjutkan :

muda idokkon tar-partahankon mkn relatip ate Ipar,harana beca
sbg salh-satu moda transportasi leng dibutuhkon masyarakat
kalangan tertentu dht di daerah2 tertentu muse,cm persainganna
do mkn na mur ketat.
____________________________________________

Kesimpulan Uraian Sejarah Becak Di Sipirok
____________________________________________

Para kawan...!

Yang dapat saya simpulkan dari uraian di atas adalah :

*Becak masuk ke Sipirok sekitar taon 70'an (sekitar taon
78-79).

*Pemiliknya ima Oppungi Par pucal (umak Pi'i) sada nai,
nahuboto goarna.....bagasnia di samping masin padi nai pasar
bolakang/tipa2, motor borompit (moge sannari) dopei.

*Becak ini memang sangat dibutuhkan untuk menunjang roda
perekonomian di Sipirok

*Sampai sekarang becak ini masih tetap beroperasi.
___________________________

Kesimpulan Umum dan Saran
___________________________

Demikian yang dapat saya sajikan lewat tulisan ini, kiranya
dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai macam
hal yang berhubungan dengan becak, khususnya becak
Padang Sidempuan dan Becak Sipirok.

Khusus untuk becak Sipirok, kiranya pemda setempat lebih
memperhatikan kesejahteraan para tukang becak ini, karena
mereka juga punya peran besar dalam melancarkan roda
perekonomian di Sipirok

Khusus pula untuk para anggi di Sipirok, kiranya tulisan ini
dapat memuaskan wisata histori becak Sipirok. Botima anggia.

Selamat malam dan horas...! Musik...kkkkk.....

_____________________________________________________
Cat :
*Trims pada group "Kompas" yang membantu menyajian data pada
tulisan ini.
*Image gambar dari Album Adi Putra Siregar
*Jika ingin tahu lebih banyak mengenai sejarah becak Padang
Sidempuan dapat berkunjung lewat link :
http://akhirmh.blogspot.com/ 2012/01/sejarah-becak-vespa-
padang-sidempuan.html
* Sampai 22 Pebruari 2013 dilihat 74 kali.


PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

1 comment:

  1. facebook itu unik, sejarahnya menarik dan saya pribadi tertarik untuk menjadi pengguna facebook, baik untuk sekedar bersosialisasi maupun berjualan jasa like.

    ReplyDelete