Saturday, September 29, 2012

"SIBUALBUALI PARJOLO"

#SELAMAT MALAM KOMUNITAS PARSIPIROK"
(Melihat sejarah motor sibualbuali parjolo)
Oleh : Team Diskusi Group FB Komunitas Parsipirok (Kompas)
_______________________________________________________________

Para kawan...!

Sebelum mengurai lebih banyak mengenai apa yang di  maksud dengan "Si bualbuali  Parjolo" tentu tak ada salahnya, menyampaikan pemahaman saya dulu yang mungkin perlu juga dikoreksi :

* Pada situs "Tapanuli Selatan Dalam Angka" yang juga telah dikutif pada blog ini (Lihat Sibualbuali di sada masa) dikatakan bahwa Fa. Sibualbuali pertama kali didirikan pada tanggal 1 Januari 1937.

* Mengatahui tanggal berdirinya motor ini tentu terpikir juga sama kita, apakah tanggal berdirinya ini sama artinya dengan pertama kalinya ada motor di Sipirok.

* Jika "Iya" maka kita bisa mengambil kesimpulan, bahwa motor/
mobil pertama kali ada di Sipirok adalah si bualbuali dengan
ilustrasi gambar bercat merah (Seperti sering terlihat di internet ini
yang disamping motor ada gambar orang berkacamata/photo No.3).

* Jika "tidak" Tentu pula terpikir, kira-kira seperti apaya
motor di sipirok sebelum Fa. Sibualbuali ini didirikan dan
apakah motor tersebut bernama sibualbuali juga dan mengapa
disebut sibualbuali

Untuk menjawab pertanyaan di atas tentulah tidak mudah dan
tak bisa pula dikarang-karang. Karena itu kita mengenal istilah
"Pelaku Sejarah dan Ahli Sejarah".

Saya pribadi bukanlah pelaku sejarah dan ahli sejarah. Tetapi
orang yang siap mempelajari sejarah dan cinta sejarah,
"Wisata histori sejarah sipirok akan memberikan kepuasan bathin"
kata P. Budi Hutasuhut dalam tulisannya "Sipirok kota kecil
melahirkan orang besar". Dan saya sedang melaksanakan apa
yang dikatakan P. Budi Hutasuhut ini lewat dunia maya.

Para kawan...!

Tulisan ini berisi hasil pelajaran sejarah / analisa photo
terhadap data (photo-photo pada tulisan ini) dengan maksud
"Untuk mendapatkan gambaran perjalanan sejarah motor di
Sipirok - Angkola (Penulis tidak menemukan ada tulisan
yang menceritakan Sejarah Motor Sibualbuali Parjolo di
mesin pencari google sebelum tulisan ini di buat)
dan photo bahan analisa ini bersumber nari Status
N. Harahap
____________________

Sumber Pengetahuan
____________________

Pakar komunikasi kelahiran sipirok yang juga tokoh Pers Nasional
A.M Hoeta Soehoet dalam buku Pengantar Komunikasi karangan
beliau mengatakan, "Ada 3 sumber pengetahuan yaitu cerita para
orang tua, buku/media dan pengalaman".

Pemahaman saya pada pernyataan ini dan jika dibungkan dengan
tulisan maka cerita para orang tua mengenai keadaan sibual
buali pada masa lampau yang bisa saja disampaikan
lewat generasinya/anaknya akan menjadi dasar pengetahuan.

Buku yang merupakan salah satu bagian dari media cetak sudah
pasti merupakan sumber juga. Begitupun media elektroniknya
yang pada saat ini "Internet" menjadi salah satu cabangnya.
Adapun pengalaman sudah semestinya, karena kita juga mengenal
istilah pengalaman adalah guru yang terbaik.
____________________________

Sibualbuali Parjolo (Analisa Photo)
____________________________

* Photo No. 1

Pada photo tersebut, dibawah gambar motor/mobil tertulis,
"Kota Sipirok 1928" Dibawahnya ada tulisan "Mobil sibualbuali
perta". maksudnya pertama/parjolo.

Bagi saya disebut tahun 1928 cukup logis, karena Fa. Sibualbuali
(cat merah pertama) berdiri 1937. (1937 dikurang 1928 = selisih
kurang lebih 9 atau 10 tahunan). Dan photnyapun masih BW/hitam
putih. Artinya gambar ini yang duluan ada baru gambar sib ualbuali
cat merah di atas.

Adapun motor ini disebut sibualbuali tidak ada tertulis/merk
(Seperti sibualbuali cat merah), tetapi jika kita mengacu pada
sejarah motor-motor lainnya di nusantara yang pada umumnya
menyebutkan nama motornya sesuai dengan ciri khas alam setempat
maka motor ini  disebut sebagai motor Sibualbuali pertama
menjadi cukup logis seperti seperti logisnya motor batang pane adanya
di Batang pane, Silindung dari rura silindung. Sampagul memang
punya orang Tapanuli bukan orang Jawa. Bintang Utara memang
dari Utara bukan dari Selatan.

Mengenai perkembangan motor sekitar tahun 1930 pada situs BPM
Blogger dengan judul  "Histori Card" mengatakan :

Pada tahun 1930an, kebanyakan teknologi dalam permobilan sudah
diciptakan, walaupun sering diciptakan kembali di kemudian hari
dan diberikan kredit ke orang lain. Misalnya, pengemudian roda-
depan diciptakan kembali oleh Andre Citroën dalam peluncuran
Traction Avant pada 1934, meskipun teknologi ini sudah muncul
beberapa tahun sebelumnya.

Kesimpulan Analisa Photo No.1

Bagi saya  pribadi ; body, tahun, latar belakang photo masuk diakal
sebagai model/bentuk "Motor Parjolo Sibualbuali" atau Cikal bakal
motor sibualbuali bercat merah sampai sekarang ini.

Disebut motor ini sebagai motor Sibualbuali bukanlah berdasarkan
bukti tertulis (sebelum ada bukti) tetapi berdasarkan cerita para
orang tua-tua kita dan kebiasaan masyarakat di Tapanuli yang
"Menyebutkan nama motornya berdasarkan kondisi geografis
daerah setempat." artinya memang sibualbuali itu ada di wilayah
sekitar sipirok dan photo ini bersumber dari sana.

* Photo No. 2

Mengacu pada pernyataaan diatas, maka gambar photo No.2 ini dapat dikatakan merupakan pengembangan dari motor No. 1.

Berikut Pernyataan pendukung :

1. Dari Simanjuntak di kutif  Harahap :

 "Adong mada donganku sakarejo, marga Simanjuntak sian Sidimpuan tuturku jadi marompung harana nomor 14 oppungon. jadi hupatidahon mada gambar on. Songonon ma parjolo sibualbuali product chevrolet usa,  habisi masukma GMC ningia, dungi muse dibolakong motor on gambar ni bargot dohot sigean. Pandok ni opung on taon 70an onma ditengget ia manuju pekanbaru giot tu  tg pinang kep.riau, sadari saborngin ma so solalu tu pkbaru waktu i. Nasotarlupahon oppung on ningia adong  musikna pake klakson, nalongonan molo dibegei rado tarilu ilu iba mambegena apalagi lagi diranto ro motor sibualbuali on. Imada sada ciri khas sibualbuali on, pandok ni oppungi"

2. Dari Marga Sormin mengenai stasiun pertinggal :

 "Stasiunnya/loketnya masih ada di Pasa Gadang ( daerah pecinaan) di kota
padang... masih tertulis di tembok tebal ruko jaman belanda...tertulis
disana "STASION OTO BUS SI BUALBUALI..." di seberangnya loket
Antar Lintas Sumatera (ALS)... semua tempat ini sudah tak digunakan lagi....
tinggal kenangan...."

3. Dari Sitompul mengenai bukti motor ini pernah ada di Sipirok

"Sipengirim, adinda NHH dan saya, opung kami, Samiun siregar dari masa
 kanak2 sampai meninggal nya bekerja sebagai supir Sibualbuali, pernah
punya 2 buah motor Sibualbuali tapi dirampas oleh bolanda si bottar
mata i dan dibawa ke daerah aceh/kotaraja. Di jamannya, sibualbuali
ini adalah raja jalanan di sumatra dan perintis transportasi dari sumatera
ke jawa, namun sekarang turun kelas nyaris hanya pekan-pekan,
bisa bertahan hanya karena fanatisme atau militanisme"

"Najolo huengot adong do motor ni amatta songonon modelna merkna
Chevrolet..." kata salah seorang pendiskusi pula..

Para  kawan...! Jika pernyataan di atas dihubungkan dengan
sejarah motor Chevrolet, maka dapat diasumsikan motor ini adalah
"Chevrolet Suburban". Mengenai hal ini situs chepy story.com,
mengatakan :

Chevrolet Suburban adalah model paling signifikan dalam sejarah
Chevrolet. Chevrolet tipe ini sangat mempengaruhi industri
otomotif. Suburban adalah jenis mobil SUV pertama yang sanggup
mengangkut banyak. Dikatakan Suburban Carryall (karena sanggup
memuat berbagai barang).

Asal-muasal mobil ini bisa diikuti jejaknya pada tahun 1933 dengan
rangka truk seberat setengah ton dan sanggup memuat 8 penumpang,
sangat berguna untuk keperluan Garda Nasional dan Unit Konservasi
Sipil.

Mengacu pada salah satu situs yang menceritakan sejarah "Batu Lubang"
Sibolga, dengan dukungan photo tulisan Chevrolet Suburban ini maka
bukan pula pada masa itu Chevrolet  ini hanya ada di Tapsel juga sudah
ada di daerah lainnya di tanah batak.

Sedangkan mengenai plat motor kendaraan, Saiful Bakhri Sitompul
mengatakan, " System penomoran/plat kenderaan sannari masih
peninggalan belanda, BB itu adalah untuk keresidenan tapanuli..."
katanya untuk menjawab pertanyaan diskusi seputar  plat motor.

Kesimpulan Photo No. 2.

Kakakakaka...kkk...kkk...sorry para dongan, nanggo bisa au mambaen
tulisanan resmi olo (Tanpa Bahasa Angkola). Harana hebat do hurasa
carito ni motoron.

Maksudku, urut-urutan (No. Ni Photo-i) madung gambaran ni sejarahna
doi. Photo No.1 dohot No. 2-i sungguh mandukung tu tu lisan "Sibualbuali
di Sadamasa/photo No.3".
___________________________

Sibualbuali di Sada Masa
___________________________

Para kawan ... ! info sibualbuali di sada masa dapat anda dapatkan pada http://akhirmh.blogspot.com/2012/01/fa-sibualbuali-pt-als-dan-cv-sampagul.html

atau http://angkolafacebook.blogspot.com/2012/03/sibualbuali-disada-masa.html...
(Hasil diskusi FB).

Dok. Namora Habibie (Grouf Komunitas Parsipirok-Kompas)

______________________

Sibualbuali Sannari
______________________

Sibualbuali sannari saya belum
dapat menyajikan info kecuali
memberikan gambaran lewat
photo disamping.
_______

Penutup
_______

Demikian yang dapat saya sampaikan
mengenai analisa photo untuk
mendapatkan sejarah motor Sibualbuali di Sipirok
 dengan fokus tulisan "Sibualbuali Parjolo".



Dan pada para kawan yang telah
mengeluarkan pendapatnya saya
ucapkan terimaksih. Dan mohon
ijin pendapatnya saya muat di blog
ini tentunya untuk  tambahan
pengetahuan generasi kita
masa-masa mendatang.



Selamat malam.....! Musik untuk anda :

_____________________________________________________________
Cat : Tulisan ini bukanlah tulisan resmi yang mendapat persetujuan dari pihak
"Motor Sibualbuali"  atau "Arsif Daerah" tapi hanya pendapat pribadi dalam satu
diskusi status FB di Kompas. Jika suatu saat ada yang ingin mengetahui sejarah persisnya silakan menghubungi pihak yang berkompeten/berwenang/ahli sejarah.

*Sampai 3 Agustus 2013 dilihat 395 kali.


PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

No comments:

Post a Comment