Saturday, January 28, 2012

"ANALISIS ISI PESAN DAN TAFSIR KONOTATIF"

#SELAMAT PAGI BAYO DAN BORU REGAR SEDUNIA"
(Sekilas Pendapat Pada Analisis Isi Pesan Gambar)
________________________________________________________________
Kakakakaka...kkk...menarik menyimak menanggapi memahami pernyataan Ito si boru regar pada photo profil dari group ini. Karena itu, ingin rasanya memikirkan menimbang mengingat memutuskan dan mengetikkan pendapat tentang macam hal yang berhubungan dengan photo diatas, sebagai berikut dengan sattabi patujolon
 ____________________
Karya Seni yang baik
____________________
Para bayo dan boru regar...! ahli seni pernah berkata tetang suatu gambar yang dikatakan bernilai seni/indah/bagus, "Karya seni dikatakan baik jika karya seni tersebut dapat menyentuh perasaan". Menghubungkannya dengan gambar propil yang sudah ada dengan yang diusulkan oleh ito borreg maka saya berpendapat gambar yang sudah ada yang lebih menyentuh perasaan.
________________________
Denotatif dan Konotatif
________________________
Seperti kita ketahui arti itu ada dua yaitu arti denotatif atau arti sebenarnya (sesuai kamus/seperti yang terlihat mata) dan arti konotatif atau ganda (tergantung orang yang melihat/ menafsir).

Menghubungkannya dengan pernyataan si ito, maka jelas ito ini menafsir berdasarkan arti denotatif (terlihat sepasang pengantin, bukan seorang bayo dan seorang boru).

Saya sendiri menafsir itu seorang bayo dan seorang boru dalam pakaian adat (tergambar juga ada unsur budayanya) dengan kata lain saya menafsir secara konotatif.
________________________
Komunikasi Yang Efektif
________________________
Komunikasi dikatakan efektif jika komunikator berorientasi pada komunikan. Komunikatornya adalah si ito borreg. dan komunikannya adalah pemilik group/admin. Sedangkan orientasi adalah penyesuaian yang bisa saja disebut adaftasi, penyusunan strategi, cara makkatai atau pangalaho dalam menyampaikan motif komunikasi sahingga tarcapai nai roha.

Hubungannya dengan masalah, jika orientasi ito bagus/mantap bukan tidak mungkin PP nya akan diganti adminnya, jika tidak tentu pula sebaliknya. _________________________
Analisis isi Pesan Gambar
_________________________
Para Bayo dan Boru Regar...! Berikut unsur-unsur penting dalam suatu gambar :
1. Unsur Materi
Materi atau inti pesan dari suatu gambar itu harus jelas. Karena hal ini yang utama ditangkap oleh pikiran kita pada setiap gambar.

Pendapat saya : Materi gambar yang sudah ada cukup jelas, semua orang tau bahwa itu pakaian adat.

2. Unsur Etika
Etika dalam suatu gambar juga cukup penting, artinya gambar tersebut jangan sampai dikatakan gambar yang tidak sopan/tidak baik/malu-maluin.

Pendapat saya : Etika gambar yang sudah ada cukup terjaga.

3. Unsur Estetika
Yah..jelas gambar dalam hal ini perlu terlihat indahnya, gantengnya/cantiknya hingga bisa saja menimbulkan pesona.

Pendapat saya : Gambar yang sudah ada cukup estetis, ganteng dan cantik nian si bayo dan si boru (ingin rasanya berphoto seperti itu)

4. Unsur Perasaan Keadilan
Unsur ini jelas berhubungan dengan penilaian logika.

Pendapat saya : Di penilaian ini si ito kenanya. Saya duga beliau merasa tidak adil/tidak pantas/tidak sesuai gambar dengan nama group disebabkan penafsirannya si Bayo itu adalah si bayo regar dan si boru itu adalah si boru Regar yang sedang bersanding.

Kakakakakaka...kkk...masa bersanding ?
Hahahahaha.....kkk...atau memang yang bersandingnya ?
Hihihihihihi...iii...ngak usah dipikirin kenapa rupanya ?
Hohohohohoho...ooo...patenang disi, so hupatenang dison.
Hehehehehehe...eee...baen parbasuani ito, aso mangan hita.
Inoma gonan. Kritikan yang sehat dan membangun ito. Memanglah ito itu yang disebut "Siregar Partangga sabolas". Botima.

Enter...! somurseru namar FB on. Enter....! Selamat Pagi dan Selamat beraktifitas. _____________________________________________________________
Bob Moiz Siregar, Ramtani Ritonga, A Haris Dongoran dan 5 lainnya menyukai ini.

"KUTIPAN TENTANG BLOGGER"

#SELAMAT PAGI TAPANULI#
(Sekilas Pendapat Pada Blogger)
______________________________
Para dongan-dongan sasudena,  berikut kutipan mengenai  blog “Bapak Blogger Indonesia” sewaktu diwawancarai SDA Asia Magazine; bahwa “…blogger lebih baik daripada non-blogger. Mengapa? Karena, blogger melakukan sesuatu dan menulis pengalamannya dalam blog-nya. Oleh karena itu, mereka lebih ekspresif, lebih peka terhadap sekitar, lebih beropini, lebih percaya dengan keyakinannya, dan akhirnya lebih partisipatif.

Ya, beberapa dari mereka, karena faktor usia, masihmem-blog mengenai apa yang dianggap orang lain sebagai “isu tak penting”. Hal ini akan berubah seiring perubahan status blogger yang tak selamanya menjadi anak SMA atau mahasiswa. Harapan saya, di masa depan adalah hadirnya generasi berkualitas, yakni mereka yang lebih nyaman menyuarakan kepeduliannya, mengambil pengetahuan dari isu di sekitar mereka, dan akhirnya mengambil tindakan, tidak sekedar duduk diam”.***

     Yah...para dongan, kiranya  para  blogger ini tidak hanya diam dan  menulis,  mereka juga  di harap untuk tetap terlibat dalam setiap ak ti fitasnya.

"OPPU NI KOTUK (TUKANG KOTUK ADAT)"

#SELAMAT MALAM MARGA'S FAMILY COMMUNITY# 
(Sekilas Pemahaman Pada Istilah Adat)
_______________________________________________________
Para dongan samarga pun so sa marga yaitu para ipar atau lae,...horas...!

Mambege hata nai ginjangi bukan tidak mungkin akan menimbulkan naluri ingin tahu bagi kita tentang apa itu tukang kotuk adat, siapa tukang kotuk ini dan bagaimana pula cara makkotuk adat serta apa pula hubungannya dengan oppu ni kotuk. Adalah pertanyaan yang mau saya coba jawab lewat tulisan ini.

Jawabannya bukanlah karena bertanya pada hatobangon ni huta atau mereka para ahli adat. sebab, bagaimana pula saya bisa ketemu mereka, sementara saya anak parjalang yang jauh dari hatobangon ataupun koum sisolkot. Saya hanya seorang putra batak yang tinggal ditonga- tongan ni laut malaka, dan sedang belajar tentang adat lewat FB ini. Karena itu sumber pelajarannyapun di cari sendiri. Berikut hata patujolona yang dikutif dari salah satu acara adat : ____________________________________________________________
"Baen dison dope Oppu ni Kotuk pangoalan bisuk dinasada on markhasuhutan atco dapot tabaritahon tontang godang dohot hosa. ulang adong beon tinggal sada marlangkap dua ulang tubu nguas dohot male. Parasaan dipakilalaan di nasada on markasuhuton. Baen disondoi namanjadi oppuni kotuk Patuan Banggor baen tu hita nomaon helpasanna, Attong huhelpaskonma tu oppuni kotuk Patuan Banggor".

Para kawan ataupun iboto pemilik marga...! maka setelah dihelpaskon tu oppu ni kotuk, oppu ini pun berkata : "...attong totop maon hai haturkon hormat dohot sattabi. Saridho mandok sattabi, sattabi sappulu, sappulu noli hami marsattabi. Tu tua sahala anak ni raja anak ni namora. ..........................................................

Hami sude sian suhut sibaholonan, songoni muse au oppu ni kotuk, mambege hata ni kahanggi namanyambut mangaluagi di haroroatta sasudena. Nada on attong, nasasambut mada hami amang rajakku raja nami............................

Baru lalu ma tutoru ima burangir na hombang dua sarangkap... mangido on ulang tarlubang simanjojak...................... baruma koris mangkasar bulan dipasarung mungut-ungut di endak maturendut..."
____________________________
Pengertian Tukang Kotuk Adat
____________________________
Para dongan sapardiskusian, berdasarkan uraian diatas saya punya gambaran, bahwa yang dimaksud Oppu ni Kotuk dalam istilah adat adalah seorang pembicara (Pakkobar) yang berhak memberikan penuturan/perincian/pemberi arti dalam setiap pelaksanaan adat. Karena itu Oppu ni Kotuk ini adalah seorang ahli adat yang sangat diharapkan kehadirannya dalam setiap kegiatan adat.
______________________________
Oppu ni Kotuk dalam Acara Adat
______________________________
Para dongan Marga's Community, pertama saya mendengar istilah Oppu ni Kotuk adalah pada acara "Pengangangkatan Sultan Desa na Walu". Pada proses adatnya Oppu ni Kotuk inilah yang memberi perincian tentang sagala manfaat dari parasarana adat, seperti burangir, ulos, tanda-tanda kemahkotaan, dll.

Tentunya demikian pula pada acara-acara adat lainnya seperti pernikahan/haroan boru, pemberian marga, pemberian gelar, dll.
_________________________
Syarat Jadi Oppu ni Kotuk
_________________________
* Gelarna minimal Mangaraja.
  "Tando na doi Mangaraja, natanamo boti babanso, didia sajo adong nahorja ia do         makkotuk pangalaho" ninna.

 * Sanggup Manjagit Mangalehen
"Muda tutu iba tukang kotuk adat (mangaraja) sanggup manjagit mangalehen, jeges usahona sahingga inda idokkon raja nalalaen" ninna muse

* Mamboto na Hurang dohot na Lobi
 "Si tiop tali pinuttun ni parsidangan, namamboto nahurang dohot nalobi. Martopap di luat siborang, ondo namamboto jantan dohot boru-boru" hata lainna.

* Pistar mambota Aha Nai bagasan roha
 "Pargaja-gaja ni nibung na pahae-hae aek sosa. Au namalo sumambut lidung napa sahutkon aha dibagasan roha" ninna muse. * Dll. ___________________________________________________________
Para pemilik marga batak...! khususon pejantan tangguhnya, sudahkah anda siap jadi Mangaraja ? Jadi Mangaraja dongan, mangaraja tukang kotuk adat namalo sumambut lidung, namamboto aha nai bagasan roha ni halak ?

Kakakakaka...semoga anda semua dapat menjadi mangaraja, yang jadi raja pangalahona raja pula pakkataionna seperti pakkataionni oppu ni kotuk nai  tulisanon..

Ahhhhhhhhhhhhhhhh...indahnya sastra batak. I like.

Enter...! Hurang lobina saya minta maaf.(rfs) __________________________________________________________
Adeliana Siregar, Sondak Hasibuan, Wein Harahap dan 3 orang lainnya menyukai ini.

"MODOM DOHOT NIPI"

#SELAMAT PAGI TAPANULI#
(Sekilas Pendapat Mengenai Masalah Psikologi) _____________________________________________
Moloma di amat-amati para dongan saparcolekan di dunia mayaon, jabatdo nung bongin ari status namarkaluaranpe mengenai "Modom Noma". Taringot mengenai modom on taringot muse ma au mengenai "Nipi". Harana marap tabotobe, nabahatan do jolma marnipi-nipi hran ni modom on. Haran nion muse attong anggia, kongsi ito sangape iboto, napala sala narohakku ipadalamjo par binotoan mengenai nipi on ate ?

_____________
PANGARTIAN
_____________
Nai dokkon nipi ima pangalaman bawah sadar niba namalibatkon mata niba, pinggol niba, pikiran niba, perasaan niba, sangape indra lainna na tarjadi pada saat modom. Ninna anggia. Umumna hal nai nipihon jarang tarjadi di dunia nyata. Harusongonipe bisado nipi mangalehen gambaran tentang hal nagot tarjadi (Nipi niba masopak dakka hatiha manaek latcat, sangape rutcur iba tu tano nai dege mangalehen gambaran adong kaluarga niba nagot marpulang tu rahmatulloh).

Bope nipi tarjadi dibawah sadar, bisa juodo “tar” songon nasadar iba bahaso iba sadar sedang marnipi. Pada saat kajadian on adongdo jolma nabisa mangatur keadaan ni nipi nia-i. (Songon nipi ni jolma na mangalami hona panyakit, marnipi ia ubatni panyakit nia misalna bulung gadung). Madung ? Hal lainna, jotjotdo pada saat tarjadi nipi, emosi niba tarlibat. Misalna manyongkir iba, sangape jadi tangis.

Molo 72 jom iba inda modom bisama tarjadi tu iba aha nai dokkon “Gangguan Psikotik” Sabagai gambaranna bisa mambaen mata niba marrara bolnang muse, tai pandangan cuma sameter ipe nasongon bayangan noma sude tarida. Mardalanpe teleng, pupu got unjom, unggal sangape junggelek. Padahal nanggona mabuk tai hurang modom. Haran ni-i, modomon memang porlu aso sehat, disampingi bisa muse marnipi. (Anggo bisa marnipi iba natabo-tabo boh. Bila porlu jadi pilot iba aso bisa ihabangkon kapal, ne botul ?)
________________
GUNA NI NIPI
________________
Moloma marguru panulis tu Sigmund Freund (Tokoh Psikologi) targambarma bahaso guna ni nipion antara lain :
~ Palaluhon sogo ni roha. Contona , Moloma sogo rahani Baginda Torabika tu Mangaraja Saulakon, bisa do di jingkang ia. Carana malalui nipi. Songoni muse Mangaraja saulakon, bisa itangkis ia. Carana malaui nipi juo. Intina ahape sogo ni roha niba tu halak bisado di palalu malalui nipi. Madung ?
~ sumber ni ilmu, bisa juo sesuatu naso binoto carana di dunia nyata jadi binoto di nipi. Parsaba jae mar nipi ulang mulakhulak manaru eme iciptahonma sada katapel na godang aso ikatapelkon noma harung ni emei sian saba jae tu SD opatan.

_____________
KESIMPULAN
_____________
Demikian sekilas pendapat para dongan mengenai apa itu mimpi yang sering kita sebut dengan bunga tidur. Dan ternyata semuanya itu ada gunanya. Dan semoga kita dalam setiap mimpi menemukan pula hal yang indah-indah, hingga mimpi kita tidak menjadi beban yang tidak kita mengerti. Semoga. _______________________________________________________________
Basry Bayo Regar, Khairul Adi Putra Siregar, Frans Marpaung dan Wieldha Harahap menyukai ini.

# L-O-S-O-K #

#SELAMAT PAGI TAPANULI# 
(Sekilas Pendapat Pada Masalah Psikologi)
________________________________________________________________
Biade Butet...! nango raho an tupokeni" ning sada umama tu boru nia na lagi juguk martukkolisang di jolo ni tatarangi. Mambege hal on, ijawab si Butet attong, "Inda uma. Uma mada kehe losok rohaku" ning si Butet musema sambil manyonduk gulei sian kuali dohot losok nia, sahinggo tukkap tu tataringi.

Adalah salah satu gambaran penerapan contoh losok di Tapanuli disamping losok-losok lainnya yang memang bisa saja terjadi pada semua orang dewasa baik laki-laki maupun perem. Perempuan maksudnya. Catatan ini ingin mamboto ataupe mengetahui, "Biasi jolma bisa losok ?".
________________
PANGERTIANNA
________________
Menurut (Edy Zaqeus: 2008) Rasa malas sangape losok dalam BBA (Bahasa Batak Angkola) diartikan sebagai keengganan seseorang untuk melakukan sesuatu yang seharusnya atau sebaiknya dia lakukan. Masuk dalam keluarga besar rasa malas adalah menolak tugas, tidak disiplin, tidak tekun, rasa sungkan, suka menunda sesuatu, mengalihkan diri dari kewajiban,dll.

Cukup jelas narohakku parnyataan nai ginjangi haran ni i nangkon pola dipajelasbe, baik dalam bahasa indonesia maupun bahasa bataknya, sekaligus sebagai gambaran bahwa tulisan inipun masih dipengaruhi losok juga.

Pendapat lain menyebutkan bahwa malas juga merupakan salah satu bentuk perilaku negatif yang merugikan. Pasalnya pengaruh malas ini cukup besar terhadap produktivitas. Karena malas, seseorang seringkali tidak produktif bahkan mengalami stag. Badan terasa lesu, semangat dan gairah menurun, ide pun tak mengalir. Akibatnya tidak ada kekuatan apapun yang membuat Anda bisa bekerja. Kalau dibiarkan saja, penyakit malas ini akan semakin ‘kronis’.
_____________________________________
TUJUAN DOHOT ALASAN HARUS JELAS
_____________________________________
Anggo narohakku, salah satu panYebab manusia menjadi malas adalah tidak jelasnya sesuatu mengapa harus diperbuat. Artina dison, jika si Butet dalam contoh di atas tidak mau kepasar bukan tidak mungkin disebabkan oleh ketidak pahamannya mengapa harus kepasar, mau ngapain disana, mengapa harus saya, lebih bagus tidur, dll.
Semua hal ini jika tanpa alasan dan tujuan yang jelas dapat menyebabkan si butet menjadi malas ke pasar.
_________________________
MOTIVASI YANG RENDAH
_________________________
Motivasi yang rendah ini memang ada hubungannya dengan tujuan dan alasan yang harus jelas. Karena tanpa hal ini motivasi seseorangpun bisa rendah. diubah. Menurut pakar psikologi yang menurut saya nangkon pola sidok goar mandokkon, "seseorang berperilaku malas terhadap pekerjaan atau suatu kegiatan disebabkan karena dia tidak memiliki motivasi yang kuat setiap kali mengerjakan sesuatu.

Seorang yang malas bekerja, motivasinya terhadap pekerjaan tersebut sangat rendah. Sikapnya terhadap pekerjaan itu cenderung negatif akibat persepsi yang diberikannya terhadap pekerjaan itu kurang baik. Ini lantaran sistem nilai yang ada dalam dirinya membuat dia berperilaku malas untuk melakukan pekerjaan itu. Sementara terhadap pekerjaan lainnya mungkin tidak begitu".
 ______________________________
KEBIASAAN DAN LINGKUNGAN
______________________________
Kebiasan dan lingkungan juga sangat besar pengaruhnya pada "Losok". Kita tentunya cukup sering mendengar istilah "Kecil teranjak-anjak, besar terbawa-bawa" artinya seseorang yang terbiasa losok roha dari kecil akan sangat besar pengaruhnya pada saat beliau dewasa. Kalaupun dapat dirobah akan sangat membutuhkan waktu yang lama setelah keberhasilan melakukan adaptasi misalnya pada lingkungan yang serba sibuk. Lingkungan juga sangat besar pengaruhnya.

Artinya mereka yang tingggal di lingkungan keluarga yang serba malas dapat mempengaruhi dirinya untuk malas. Begitu juga dari segi lingkungan tetangga ataupun lingkungan tempat kita bekerja. Jika hal ini tak dapat kita hindari bukan tidak mungkin pula akan mempengaruhi pekerjaan kita pada suatu saat.
_______________
KESIMPULAN
_______________
Kiranya uraian diatas telah memberi gambaran pada kita, bahwa losok itu tidaklah terjadi begitu saja. Tapi jelas-jelas ada penyebabnya. Karena itu, jika kita ingin untuk "Tidak Losok Roha Namangoluon" maka mari kembali kita pelajari penyebabnya, kita analisa hingga dapat menjadi guru. Dan jika sudah namanya guru, tentu dapat kita parguru.

Pendek hata, "Mari sama belajar untuk dapat menghindari losok roha namangoluon". Dengan menghindari losok roha, berarti kita telah menghilang satu penghalang untuk dapat lebih marsonang ni roha di hangoluanon. Wassalam. '
________________________________________________
Bayo Parlungun menyukai ini.

"ANAK KHASIAN"

#SELAMAT PAGI TAPANULI#
(Sekilas Pendapat Pada Masalah Prilaku)
___________________________________________________________
Para dongan ataupun kongsi, para ito ataupun iboto yang di bona pasogit ataupun di huta sihadaon ataupun di huta na leban, apa kabar ?. Mohon ijin, saya ingin buat status analisis isi pesan di malam jum'at ini dari salah satu Lagu Batak yang berjudul, "Anak Khasian". Cipt. Mayjenpol Soaloon Simatupang, Msc.
___________________________
 ALASAN ANALISIS ISI PESAN
____________________________
Lagu ini menarik bagi saya bukan saja karena aransemen musiknya atau karena penyanyinya, tapi inti pesan pada lagu tersebut menurut hemat saya cukup mendidik khususnya bagi anak perantau atau anak parjalang. Mengapa tidak....!
Berikut sepenggal syair pembukanya sebagai pernyataan dari seorang ibu pada anaknya:

 "Anak khasiankuuuuuuuuuuuu....sinuan tunaskuuuuu, ingot maaaaaa sudeeeeee naung salpuiiiiiiiiiii, di napa borhat ho tu rattoiiiiiiiiii. Hujalang tanganmi mancai gomos, huhut manetek ilu....."

Dongan atapun kongsi.....! memaknai kata, "anak hasian" sudah meberi gambaran adanya kasih sayang orang tua yang tulus apalagi dengan dukung tambahan, "sinuan tunas khu". Rasa-rasanya tergambar pula adanya sejenis harapan agar si anak tetap menjadi orang baik dimanapun berada. Berikut rincian harapan Orang tua tersebut :

UNANG SONGON SARINDAN
Seperti kita ketahui, sariddan adalah sejenis tumbuhan yang menompang pada tumbuhan lain dan cukup sering terlihat melampau batas dari pohon yang di tumpanginya. Indah syairnya dikatakan demikian, "...unangggg.......gggg songon sarindan di dakka-dakkaa.....aaaaaaa. Lomokpe bulung ni...iiiii idaon, manang jekkar peiiiiiiiiiiii......tatapon. Alaiiiiii....iii jangar idaaaaa...aaaaaa on doi tahe, marguru tu nadeba....aaaa. Sipata di haholongi dibaen sipata mandaoni, alai nung di putikkoni tahe, gabe laos dibolongggggggggggggggkon".

Adalah gambaran dari keinginan orang tua agar sianak dikehidupan ini menjadi orang yang berguna, dan jangan sombong serta jangan malu bertanya. Begitu juga dengan kasih sayang, hendaknya orang yang tahu membalas budi orang lain.

SAI ULAMA SI ULAONMU
Mendapat kerja yang terbaik di tanah perantauan memang harapan semua orang, tapi nasib manusia bisa berbeda-beda. Karena itu pekerjaanpun bisa berbeda-beda pula. Ada yang dengan mudah mendapatkannya dan ada pula yang cukup sulit. Terhadap semua ini orang tua berpesan, "Sai ulama si ulaonmu, ulang lalap beho mangihutkon akka paremani. Burjuhoma marpadot anakku. Martangiang/mando'a maho mangula sa sude ula onmu. Ingot damang nang dainangmon. Namar mudu-muduho saleleng on. Ulang lilu ho anak khasianku. Sai ulama na denggani". Mantap bukan ?

PAPOSMA NANG ROHAM
Untuk dapat berhasil ditanah perantauan bukanlah hal yang mudah, macam tantangan akan di hadapi dan terhadap hal ini orang tua berpesan, "Asa unang bemasa sisongoni, lului na diho dalan ni ngolumi. Paposma nang roham o tondikku.....". kata si ibu tersebut sekaligus sebagai pemotivasi hidup di tanah perantauan.

ULANG LUPA MARDO'A
Sebagai orang yang beragama, tetunya kita percaya bahwa campur tangan Allah Swt pada kehidupan kita sangat besar. Karena itu, selalulah ber doa, meinta pada yang maha kuasa agar keinginan kita dapat tercapai, "Molo sipata pe lomos namangganggu rohami, pasahat ma dirim tu Tuhani, ido haporusanmi". ninna para dongan ataupun kongsi.

KESIMPULAN
Lagu, "Anak Khasianku" adalah suatu lagu yang berisikan harapan-harapan orang tua pada anaknya di "Tanah Perantauan" agar menjadi orang yang baik, mau bekerja untuk mendapatkan perobahan hidup yang lebih baik, selalu bersabar, bersykur dan ber do'a dalam setiap usaha yang kita laksanakan.

Semoga kita paham akan lagu tersebut dan dapat pula memaknainya sebagai satu motivasi untuk mendapatkan aha nadirohattabe. Amin ya robbal alamin.(rfs)

"PANTUN HUMOR ANGKOLA 2"

#SELAMAT PAGI TAPANULI# 
(Mari Belajar Bikin Pantun)
________________________________________
Mamolus motor sedan
maroban pisang dua mayang
mamolusma poreban
maroban pisang dua mayang

Boltok eme si boto
itonga-tonga ni harangan
boltok inda tar paoto-oto
muda male mangido mangan

Maruttung mada adong borngin
marguna senter di nagolap
maruttung mada adong arian
muda bongin jadi golap

Bahat halak manjou-jou
muda mardalan martolu-tolu
napistar ma halak Batang Toru
modal saribu leng mangolu

I suanma lasiak
manubusi napu di ari poken
idokkonma arga maribak
molo diskon 50 porsen

Mangamuk horbo mandege-dege
parbattean diparsipakkon
mangamuk satpol PP mandege-dege
parjagalan diparsipakkon

Muda mardalan tu nadao
ulang lupa maroban tukkot
muda malungun sian nadao
martona tu koum sisolkot

Toba doda halak utara
panddokkon ni Amattua
tabodo halak Jakarta
duhut-duhut arga sajuta

Pisang madabu ipangan manuk
manuk marlojong idanggur gupak
Misang marlojong ikojar manuk
manuk makkojar maroban gupak

Bayo angin bayo alogo
slogan ni marga harahap
muda ro angin nasangat gogo
masuk tu bagas tiarap.

Jambatan di Panyabungan
torunai maratte bosi
hupajuguk marangan-angan
sian diade asal ni bosi

Adong martrup kala saratus
tiop ari jadi boban
adong truk banna saratus
on mada truk namaroban ban

Hu papodom aso tar sinok
hape mata lek bolnang
hupa bolnang aso tarsinok
hape tar sinok mata lek bolnang

Mardalan pat tu Sappean
tombus muse tu Batu Horpak
ma tolu ari iba malean
pupu muse dope hona dopak

Itappul batang ni botik
hona tu baju margota-gota
ma pandapotan nasa otik
ipe akkon hosa-hosa

Landit mardalan tu Panggulangan
itopi dalan lasiak disuan
hatcit mada nahapuloan
ikelilingi saba naung di suan

Halak marbada martere-tere
marlojong tartuktuk dibatubatu
pisang mas marbatu sere
pisang sitambatu marbatubatu

Mago anduk waktu maridi
I takko jihin naso tarida
Marendema panukkiri
Inda tarida nasotarida

Ro tu bagas mangan
utte utte namanis sian si Alaman
namanisma namar saripe
margandeng dua kiri kanan

Naganjilma di Batang Toru
Palang ni pittu palang togu
naganjil mada mangolu
parumaen diabing amang boru

Manyuan lasiak disi Bulan-bulan
suan dilambung nisi martulan
manyiak ate-ate marbulan bulan
selingkuh sadari idokkon sabulan

Kakakakaka...kkk.... Selamat Pagi dan Selamat Beraktivitas. ________________________________________________________________
Ramtani Ritonga, Dimas Regar, dan Luckiest Haris menyukai ini.

"HATA-HATA SERE UBAT NI RERE"

#SELAMAT SIANG TAPANULI# 
(Sekilas Renungan Akhir Bulan) __________________________________________________________________________
* Holong saias ni roha tarsongon saba namugorsing, tabo liginon dohot sude halak
mangharop. Holong mangalada songan eme namalapat, susah manyabina, ipangan motci muse dope.

Hahahaha....makanya jangan mangalada holongnya boru tulang. ___________________________________________________________________________
* Bisa sajo hagagalani songon na buat dorong tu bolakang untuk kemudian manyipak sampe tu langit.

Kakakakak...kkk...bisa mattong. Makanya teruslah marjabar- jebur, puntang panting pahae pahulu. Insya Allah sipakanmu Regar sampe tu langit. Olo botul doda kahanggi. ___________________________________________________________________________
* Pade doba KTP naung habis diparpanjang, tai molo kamalaratan diparpanjang ise mandokkonna pade.

Hehehehe...nasusama kaluar sian kamalaratanonba Jhon. Bia nomaon ? Jadi na giot boru tulangi di au ba.
___________________________________________________________________________
* Sopala bia so mangan robung pe iba di hangoluanon. Yang penting bia carana aso ulang tar lobung iba di hangoluanon.

Ido...! Ido napenting, ulang sanga tarlubang simanjojak. Ne botul uma ni si lokot ? ___________________________________________________________________________
* Bisa sajo di suatu saat hangoluanon songon bau te ni manuk. Sian dia pe iba ro, tudiape iba kehe sude bau te ni manuk. Haran ni-i rap taparesobe majo bajutta dohot saraorta siapa tahu adong te ni manuk.

Kakakakakak....madung ? adongde boru tulang ? ___________________________________________________________________________
* Rencanai tar songon sige doi di paragat, sidegeon niba, sitiopon niba maroban garigit sangape gupak untuk mancapai puncak. Puncaki sendiri rasona songon ngiro. tabo, borgo tu aru-arui.

Hahahaha...pandokkon ni katuai doba. Ise ison katua...! katua...?
Ibege hode ?
___________________________________________________________
* Ibaen lupak-lupak nisaba aso umomodo marsaba. Ijalahan pe adaboru niba nanggo tola dianggap sabai, irimbasi, ipakkur, isuan torus dipalimus-limus baru di babo.

Ah........hopeda Lubis...! nasattak ma anggia ho. Ago da anggia marmotcak hamu nasaripe isabaan, naroha nai pagut ni ambaroba ulumu hape na hona gupak. ___________________________________________________________________________

Kakakakaka....rap togosbe ta tiop ate ulang malua ate.
Enter...! ahade nagot maluai ? Ah...Entermada.
Selamat Pagi dan Selamat beraktifitas nimmu, sosidung.
Narere ma anggia ho. Olo...! Olo ningia muse...!(rfs) _______________________________________________________________________
Mas Bob Apa Adanya, Ramtani Ritonga, Bayo Parlungun, Zakaria Shaputra Bambang Ermansyah dan 4 lainnya menyukai ini.

"ULANG ISI TUNAI TOLADO MARUTANG"

#SELAMAT PAGI TAPANULI# 
(Istilah dalam Pamahaman)
_________________________
  O ale dongan, dongan ale dongan. Olo boto dongan...! Judul di atas jika diterjemahkan secara bebas samalah artinya dengan “Jangan pakai TU”. Maksudnya ada istilah-istilah tertentu dalam Bahasa ni halak hita tidak baik menggunakan kata “TU”.

Untuk mengetahui kebenaran pernyataan ini, maka saya mencoba mencari beberapa kata yang pakai "TU" untuk kemudian menghilang kannya. Tujuannya hanyalah martaxi-taxi agar FB ini lebih seru. Dan hasilnya dongan :

- TARBATUBATU -------------TARBABA(?)
- MARSITUNJANGAN ----------MARSINJANGAN(?)
- PITUPULUPITU-------------PIPULUPI(?)
- TULANG-------------------LANG(?)
- SIPATU-------------------SIPA(?)
- TUDATU-------------------DA (!)
- AMATTUA------------------AMATTA (!)
- NATTULANG----------------NATLANG(?)
- TUTU---------------------........(????)
- BUTUHA-------------------BUHA(!)
- TOTTU--------------------TOT(!)
- PURBATUA-----------------PURBAA(!)
- TULASON------------------LASON(?)
- TARUTUNG-----------------TARUNG (!)
- TARTUKTUK----------------TARKK (?)
- BUNTUNG------------------BUNNG(!)
- PARMITU------------------PARMI(!)
- PITU---------------------PI(?)
- MAPISTARTU---------------MAPISTAR(+)
- KOTUK--------------------KOK(?)
- SOTUK--------------------SOK(!)
- IHUTUR-------------------IHUR(?)
- IPOTUK-------------------IPOK(?)

KESIMPULAN :
- Ternyata dengan menghilangkan huruf "TU" pada kata-kata tertentu justru bisa menimbulkan :
1. Kata tersebut menjadi takberarti/tak punya arti
2. Terjadi kebalikannya
3. Menimbulkan kebingungan
4. Hanya partataan Dongan ale dongan...!

Ternyata yang dimaksud halak hitai, inda pade molo disi 'TU' nai, tidaklah berlaku pada semua kata, tapi hanya kata-kata tertentu pada kata sifat,seperti :
- Ulang mapade-TU/mapolos-TU
- Ulang malambat-TU/mahipas-TU
- Ulang mamale-TU/mabutong-TU
- Dll.

Hal lainnya dongan, ulang disi "tunai" bisa juga artinya ulang dibayar "cash" artinya tolado "marutang".

Kakakakaka...kkk....toladomartutang ! Enter...! Kredit bo hondai...!
Enter...! Pinjambo tu bank an...!
Enter(rfs)
______________________________________________________
Ucok Lay Rayy, CapuNk Regar, dan Masjuwita Pulungan menyukai ini.

"MARSINONDANG MARCAHAYO SONGON BULAN SI OPAT BOLAS"

#SELAMAT MALAM TAPANULI# 
(Mengingatkan Pesan Moral Dari Tanah Kelahiran) _______________________________________________
Kakakaka...kkk...para dongan katuai, kapalai sangape gurui dohot kahanggi-i, berikut inti poda ni ortu yang mungkin perlu dingatkan aso lek tetap di jalur poda ngoluttaon. Selamat membaca bo kele-kelebo : __________________________________________________
Amang marpesan :
Tu hamu amang anak sidara doli dohot si dara budi naung parjolo mangoli bope na parpudi na tinggal di huta bope di rattoi _________________________________________________
Amang inang...!
Tor sigodong-godong, manongos itak anggodong soada itak sappohul pinomatna kirim solom. Kirim solom galunggung hararatte manjalin luka kirim solom malungun haranni holong ni roha Ranggas jala ronggis hajujuran ni hariomboja horas jala torkis ulang be nian bagi mahua.
________________________________________________
Amang inang...!
Baen madung diajaran hamu poda aso lek manjago hormat hamu tu na tobang sangape tu natua-tua Burangir saba tonga tolu rakkap karakona. Ise najais marnatobang tolu ribu tilakona.
________________________________________________
Amang inang...!
Madung suan songon ratte ni jala ranging marsiranggongan jala jalin marsijalinan tu pinuttun nai marsitiopan. Hamu sude nasasanggar saria-riado dohot salak-lak sasingkoru sa anak hamu amang inang jala saboru suman hamu songon namarsada ina _______________________________________________
Onpe amang inang tangi hamu disipaingot ni ama ina munu songoni muse poda ni opputta najumolo suhuti muda lupa hamu amang inang ra ma hamu tangis marsipareon.

Ijuk dohot imbalo, ugari dohot uhum, bisuk hamu dinamar pangalaho malo nian hamu mar koum. Suman hamu amang inang songon bulan si opat bolas marsinondang marcahayo hamu di parkarejoan munu, dipakkataion munu songoni muse di pangalaho munu, aso torang nai sude maroban sonang.
________________________________________________________
Amang inang...! au dison mewakili orang tua munu mandokkon, horas marhatorkisan nian hamu sudena manang nadidiape maringanan sai barokah muse nian naijalahan. Botima.
_______________________________________________________
Enter...! Kakakakakak...marpikir kapalaida, ingot selalu sipaingot.(rfs)

"STAN NI POREBAN"

#SELAMAT PAGI TAPANULI#
(Latihan Menyusun Puisi)
________________________
Potang ni ari di topi ni aek lappesong
di sopo saba nadi laungi ni pisang
Boltokku marreuk mangido mangan
si pareonku manetek tu bibirki atcim

Mangaligi au tu jae huida motor sedan
mangaligi au tu julu hu ida si poriban
hutatap tu ginjang sude marsingorsingor
hutatap tu jolo mangingotkon au tu najolo

Najolo oppung nisi paingot mangingotkon
bisa malattuk baba amang mangan soda
hangoluan on amang da songon roda
roda marputar songon roda ni sedan

olo da Namboru, olo da Tulang
olo da anak ni namboru olo da boru ni Tulang

Adong langit adong muse tano
adong borngin adong muse arian
Adong udan adong lasniari
adong na gabean adong na dagolan
adong namalean adong na butongan

adong natuari adong dua ari
adong ikontori adong muse atsugari
Atsugari roda hangoluanku roda sedan
tottu murmagabe marmotor sedan
aso tarida halak si poreban
siporeban na sangat stan
da songon stan namar stan-setan
_______________________________________________
Kakakaka...stande sanga se-tan. Enter...! (rfs) _______________________________________________
Bambang Ermansyah menyukai ini.